10 Rekomendasi Film Survival Jepang yang Penuh Ketegangan

Ditulis oleh Siti Hasanah

Manusia dianugerahi insting untuk bertahan hidup saat ditempatkan dalam situasi yang tidak menguntungkan. Ketika ada bahaya yang mengancam, ia akan secara refleks melakukan sesuatu yang akan menjaga kelangsungan hidupnya. Film Jepang dengan kisah seperti yang dijelaskan di atas adalah salah satu yang menjadi favorit para penonton.

Tema yang diangkat dengan cerita yang dikemas cerdas membuat film bergenre seperti banyak diminati. Selain itu, Jepang mempunyai variasi kisah survival yang sangat beragam, mulai dari game, horror dan situasi bencana lainnya. Bagi yang penasaran, simak ulasan di bawah ini, ya. Kamu akan menemukan deretan film survival Jepang yang menarik dengan jalan cerita yang tidak biasa.

1. Friend Game

10 Rekomendasi Film Survival Jepang yang Penuh Ketegangan 1
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Suspense, Horror
  • Sutradara: Jiro Nagae
  • Pemeran:  Ryo Yoshizawa, Rio Uchida, Yuki Yamada, Shimon Ukira, Nagi Nemoto
  • Produksi: Canter(Distributor)

Saat Yuichi Katakiri (Ryo Yoshizawa) kecil, ibunya berpesan bahwa persahabatan lebih penting dari urang. Beranjak dewasa, Yuichi pun terus mengingat pesan ibunya tersebut dan menjadi remaja yang selalu mengutamakan teman.

Petuah tersebut sejalan dengan prinsip permainan Friend Game yang melibatkan dirinya. Meskipun ini tidak mengorbankan nyawa, permainan ini akan menyulut pertengkaran hebat antar teman.

Yuichi yang yatim piatu dan miskin, tergoda dengan hadiah uang dengan nominal yang besar yang dtawarkan dari permainan ini. Namun, untuk mendapatkan uang tersebut tidaklah mudah. Ia harus bermain dalam sebuah permainan yang mempertaruhkan persahabatan.

Ia dan keempat temannya masuk ke dalam permainan. Mereka akan dibebankan hutang yang jumlahnya akan berkurang dan bertambah bergantung pada ketulusan mereka. Sekali mencurigai teman atau berbuat curang, maka kekalahan adalah ganjarannya. Siap-siap saja kehilangan teman.

2. Survival Family

10 Rekomendasi Film Survival Jepang yang Penuh Ketegangan 3
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Adventure, Comedy, Family
  • Sutradara: Shinobu Yaguchi
  • Pemeran: Fumiya Kohinata, Eri Fukatsu, Yuki Izumisawa, Wakanan Aoi
  • Produksi: Altamira Picture Inc

Harus bertahan hidup tanpa listrik di zaman canggih seperti sekarang ini adalah sebuah tantangan yang berat. Pasalnya semua peralatan rumaha tangga menggunakan listrik, alat komunikasi dijalankan menggunakan daya listrik, alat kantor pun semuanya membutuhkan listrik.

Namun, jika tidak ada listrik apa yang harus dilakukan untuk bertahan hidup? Premis inilah yang diangkat ke dalam film besutan sutradara Shinobu Yaguchi yang dirilis tahun 2016 yang lalu.

Dikisahkan keluarga Yoshiyuki Suzuki (Fumiya Kohinata) terjebak dalam kondisi mati listrik. Yaguchi menggambarkan keluarga Yoshiyuki sebagai potret keluarga di Jepang yang sibuk dengan urusan masing-masing sehingga keluarga tidak lagi harmonis.

Ayah lebih suka tiduran sambil menonton televisi, ibu sibuk di dapur sedangkan anak tak lepas dari gawainya. Permasalahan bermula saat kota Tokyo mengalami mati listrik. Pemadaman ini sudah barang tentu membuat tatanan kota yang sangat maju seperti Tokyo terganggu.

Belum ada kepastian mengenai kapan listrik akan nyala kembali dan semua warga termasuk keluarga Yoshiyuki harus bersabar.

Pasca pemadaman lampu, kehidupan mereka berubah total. Barang mewah seperti jam tangan atau mobil menjadi tidak berguna karena yang jauh lebih penting di situasi tersebut adalah air dan bahan makanan.

Di kondisi seperti itu, kendaraan mewah pun tidak bernilai. Sepeda adalah satu-satunya transportasi yang bisa berfungsi.

Karena keadaan yang serba tidak pasti, Yoshiyuki memboyong keluarganya ke Kagoshima, 850 mil jauhnya dari Tokyo. Perjalanan ke sana terasa jauh lebih berat karena mereka hanya mengandalkan perta kertas dan naik sepeda.

Akankah mereka sampai di Kagoshima dengan bekal seadanya dan dalam keadaan sulit seperti itu? Film bergenre komedi ini banyak menunjukan hal penting yang luput dari kehidupan manusia setelah teknologi canggih semakin berkembang dan nilai-nilai kemanusiaan semakin diabaikan.

3. As The Gods Will

10 Rekomendasi Film Survival Jepang yang Penuh Ketegangan 5
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Thriller, Horror, Sci-Fi, Adventure
  • Sutradara: Tahashi Mike
  • Pemeran: Sota Fukushi, Takayuki Yamada, Misturu Fukikoshi, Ryunosuke Kamiki
  • Produksi: Warner Bros Pictures

As The Gods Will diangkat dari sebuah seri manga karya Muneyuki Kaneshiro dan Akeji Fujimura. Film yang mengisahkan tentang permainan tradisional ini bukan film yang mengundang tawa. As The Gods Will adalah sebuah film tentang bagaimana caranya selamat dari boneka Daruma.

Kisahnya begini. Shun Takahata adalah seorang anak SMA merasa bosan dengan hidupnya. Ia berdoa agar hidupnya dipenuhi hal seru yang menantang. Doanya terkabul ketika sebuah boneka tradisional kayu Jepang, Daruma muncul di sekolahnya.

Boneka tersebut adalah sumber malapetaka yang memakan banyak korban. Terlanjur masuk ke dalam permainan bersama Daruma, Shun harus bertahan hidup dan menyelamatkan teman-teman sekolahnya.

Kini sekolah tempat Shun belajar berubah menjadi arena permainan maut. Para murid yang terjebak dalam permainan ini tidak mengetahui aturan main permainan yang mengancam nyawa ini.

Yang jelas semua harus bisa lolos dan keluar sebagai pemenang agar bisa hidup. Dia yang berhasil bertahan di akhir permainan disebut anak tuhan.

4. Me & 23 Slaves 

10 Rekomendasi Film Survival Jepang yang Penuh Ketegangan 7
  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Mystery
  • Sutradara: Sakichi Sato
  • Pemeran: Hongo Kanata, Akimoto Sayaka
  • Produksi: Excellent Film

Film survival menegangkan lainnya datang dari karya sutradara Sakichi Sato yang juga menggarap Tokyo Zombie (2005).

Kali ia menggarap sebuah film yang mengisahkan tentang 23 orang yang bergabung dalam sebuah permainan psikologi yang mempertaruhkan nyawa. Setiap pemain dibekali alat yang disebut SCM, Slave Control Method.

Permainan yang akan mengubah 23 orang menjadi budak ini diperankan oleh Eia Arakawa (Sayaka Akimoto), seorang gadis berkepribadian dingin yang terlibat dalam hubungan romantis yang ia anggap sebagai permainan.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram