bacaterus web banner retina

Seru dan Menegangkan! 10 Film tentang Suku Pedalaman Amazon

Amazon adalah salah satu hutan pedalaman yang cukup ditakuti karena keganasan alamnya. Selain kekayaan alamnya yang luar biasa, keberadaan suku asli yang terdapat di Amazon kerap menjadi inspirasi para sineas perfilman dunia untuk mengangkatnya dalam sebuah jalan cerita.

Beberapa diantaranya seperti film yang akan Bacaterus bahas dalam artikel di bawah. Seperti apa keseruan jalan cerita film-film tersebut? Yuk, simak ulasan selengkapnya di sini!

1. Wonder Woman

Seru dan Menegangkan! 10 Film tentang Suku Pedalaman Amazon 1
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Fiksi, Pahlawan Super, Aksi
  • Sutradara: Patty Jenkins
  • Pemain:  Gal Gadot, Chris Pine, Robin Wright, Danny Huston, David Thewlis, Connie Nielsen, Elena Anaya

Wonder Woman adalah film pahlawan super dari markas DC. Mengisahkan tentang petualangan putri Amazon bernama Diana Prince yang berasal dari pulau tersembunyi bernama Themyscira. Bangsa Amazon sendiri adalah bangsa yang terdiri dari para prajurit wanita tangguh yang diciptakan oleh Zeus untuk melindungi manusia.

Perjalanan Diana bermula saat Ia menyelamatkan seorang pilot yang terdampar bernama Steve. Kedekatan keduanya membawa petualangan berbahaya menghadapi Dewa Ares yang ingin menghancurkan kehidupan umat manusia lewat sebuah peperangan.

Mampukah Diana menghentikan kejahatan yang dilakukan Dewa Ares? Film bertema suku Amazon ini bisa menjadi tontonan yang menghibur di akhir pekan. Jangan lewatkan, ya!

2. The Green Inferno

Seru dan Menegangkan! 10 Film tentang Suku Pedalaman Amazon 3
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Horor, Petualangan
  • Sutradara: Eli Roth
  • Pemain: Christopher Woodrow, Molly Conners, Eli Roth, Miguel Asensio, Nicolás Lopez

Jika kamu termasuk orang yang suka dengan film bernuansa gore, film berjudul The Green Inferno menjadi salah satu rekomendasi film yang tepat. The Green Inferno mengisahkan tentang sekelompok aktivis sosial yang melakukan perjalanan ke hutan Amazon untuk menghentikan tindakan sebuah perusahaan yang ingin menguras sumber daya alam yang ada di hutan tersebut.

Hanya saja, sesampainya di hutan, mereka harus berhadapan dengan salah satu suku pedalaman Amazon yang kerap mempraktikkan kanibalisme. Di tengah hutan belantara yang ganas, mereka pun harus bertahan hidup dari para pemburu yang haus akan darah. Berhasilkah mereka menyelamatkan diri dari bahaya? Untuk mengetahuinya, sebaiknya tonton sendiri filmnya.

3. Ainbo: Spirit of the Amazon

Seru dan Menegangkan! 10 Film tentang Suku Pedalaman Amazon 5
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Animasi, Petualangan, Aksi
  • Sutradara: Jose Zelada, Richard Claus
  • Pemain: Lola Raie, Rene Mujica, Naomi Serrano, Alejandra Gollas, Bernardo De Paula, Joe Hernandez, Thom Hoffman, Dino Andrade, Yeni  Alvarez, Susana Ballesteros, Gerardo Prat, Rico Sola

Salah satu film tentang suku Amazon yang satu ini sangat tepat untuk ditonton bersama keluarga. Ainbo: Spirit of the Amazon mengisahkan tentang seorang gadis pemberani yang lahir dan dibesarkan di hutan pedalaman Amazon bernama Candamo.

Suatu hari, Ainbo menemukan kenyataan bahwa hutan tempat kelahirannya berada dalam ancaman bangsa manusia yang kerap mengeksploitasi anak-anak, menebang hutan, dan melakukan penambangan ilegal. Berdasarkan petunjuk Turtle Motelo Mama, yaitu Roh Ibu yang dipercaya oleh kaumnya sebagai pelindung.

Ainbo pun mendapat misi untuk bisa menyelamatkan tanah kelahirannya dari kehancuran dan kejahatan yang akan datang dari Yacuruna. Seperti apa aksi Ainbo dalam menghadapi musuhnya? Yuk, ajak teman-teman lain untuk menyaksikan keseruan jalan ceritanya

4. The Emerald Forest

Seru dan Menegangkan! 10 Film tentang Suku Pedalaman Amazon 7
  • Tahun Rilis: 1985
  • Genre: Petualangan, Drama
  • Sutradara: John Boorman
  • Pemain: Powers Boothe, Meg Foster, Charley Boorman

The Emerald Forest adalah film lawas tahun 1985 yang diangkat berdasarkan kisah nyata yang terjadi pada Bill Markham. The Emerald Forest mengisahkan tentang pencarian putra Bill yang diculik oleh suku 'Tidak terlihat' Amazon ketika dirinya sedang mengerjakan proyek pembangunan bendungan.

Setelah 10 tahun melakukan pencarian, Bill dihadapkan pada kenyataan bahwa putranya telah menjadi bagian dari suku penculiknya. Menampilkan kisah menarik tentang hubungan ayah dan anak yang terpisah waktu.

Film karya John Boorman ini mampu membawa penonton pada pengalaman menegangkan sekaligus menyentuh di salah satu hutan paling berbahaya di dunia. Bagaimana kisah perjalanan Bill Markham untuk bisa melihat kembali putranya? Yuk, kita sama-sama tonton filmnya!

5. The Lost City of Z

Seru dan Menegangkan! 10 Film tentang Suku Pedalaman Amazon 9
  • Tahun Rilis:  2017
  • Genre: Petualangan, Drama
  • Sutradara: James Gray
  • Pemain: Charlie Hunnam, Robert Pattinson, Sienna Miller, Tom Holland

The Lost City of Z adalah salah satu film petualangan yang diangkat dari kisah nyata dalam novel laris karangan David Grann. The Lost City of Z menceritakan tentang petualangan sosok penjelajah Inggris bernama Percy Fawcett, yang diketahui menghilang dalam ekspedisi pencarian sebuah kota misterius di pedalaman Amazon  pada awal abad ke-20.

Menampilkan banyak adegan menegangkan di hutan belantara Amazon. Film berdurasi 141 menit ini mampu membawa penonton pada petualangan seru sang penjelajah mengarungi labirin raksasa hijau yang mematikan. Biar tidak menambah rasa penasaran dengan jalan cerita filmnya. Saksikan sendiri, ya!

6. Birdwatchers

Seru dan Menegangkan! 10 Film tentang Suku Pedalaman Amazon 11
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Drama, Fiksi
  • Sutradara: Marco Bechis
  • Pemain: Claudio Santamaria, Alicelia Batista Cabreira, Chiara Caselli

Salah satu film tentang suku Amazon lainnya yang cukup menarik untuk ditonton berjudul Birdwatchers. Film fiksi ini mengisahkan tentang kehancuran komunitas penduduk asli Guarani-Kaiowa di hutan Amazon ketika hendak merebut kembali tanah leluhur yang mereka tempati dari petani lokal.

Film yang menghadirkan suku asli Guarani sebagai salah satu pemainnya ini dianggap berhasil menghadirkan gambaran mengerikan yang cukup jelas akibat eksploitasi dan pembebasan lahan penduduk suku pedalaman.

Keberhasilan sutradara asal Italia, Marco Bechis dalam menghadirkan konflik cerita memang patut diacungi jempol. Film Birdwatchers sendiri diketahui sempat masuk Venice Film Festival di Italia. 

7. The Medicine Man

Seru dan Menegangkan! 10 Film tentang Suku Pedalaman Amazon 13
  • Tahun Rilis: 1992
  • Genre:  Petualangan, Drama
  • Sutradara: John McTiernan
  • Pemain: Sean Connery, Lorraine Bracco

The Medicine Man adalah film drama petualangan karya John McTiernan yang telah dirilis pada tahun 1992. Film ini mengisahkan tentang peneliti bernama Robert Campbell yang berada di hutan Amazon setelah istri dan rekannya meninggalkannya. Keberadaan Robert di hutan Amazon sendiri adalah untuk melakukan penelitian tentang obat kanker.

Pertemuannya dengan seorang dukun dari suku pedalaman memberinya pengetahuan yang menarik tentang obat-obatan dari tumbuhan. Hanya saja, sebuah perusahaan diketahui sedang membangun jalan menuju desa yang berpotensi mengancam keselamatan penduduk asli suku pedalaman.

Hal itu pula yang membuat Robert harus berjibaku dengan waktu untuk menyelesaikan penelitiannya di hutan tersebut. Berhasilkah Robert menemukan apa yang dicari? Untuk tahu jawabannya, kamu bisa tonton sendiri filmnya.

8. Embrace of the Serpent

Seru dan Menegangkan! 10 Film tentang Suku Pedalaman Amazon 15
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Perualangan, Drama
  • Sutradara: Ciro Guerra
  • Pemain: Jan Bijvoet, Nilbio Torres, Antonio Bolivar

Embrace of the Serpent adalah yang terinspirasi dari jurnal penjelajah Eropa pertama Amazon Kolombia, Theodor Koch-Grunberg dan Richard Evans Schultes. Film ini bercerita tentang usaha seorang Etnographer asal Jerman bernama Theodor Koch-Grunberg dan penduduk lokal bernama Manduca untuk menemukan tanaman keramat yang disebut Yakruna.

Film yang diambil dengan sinematografi hitam dan putih ini dimulai saat Theo menderita sakit malaria di tengah penelitiannya. Ia dan Manduca kemudian mencari bantuan penduduk lokal. Beruntung ia dipertemukan dengan dukun bernama Karamakate, seorang anggota terakhir dari Suku Cohiuano. 

Meski keduanya kerap berkonflik akibat kebencian Karamakate kepada para pendatang yang telah merusak hutan, tetapi keduanya pun menjalin persahabatan dan mulai melakukan petualangan bersama mencari tanaman keramat tersebut.

9. End of the Spear

End of the Spear_
  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Drama, Aksi
  • Sutradara: Jim Hanon
  • Pemain: Louie Leonardo, Chad Allen, Chase Ellison, Christina Souza, Jack Guzman

End of the Spear adalah film tentang perjalanan anak seorang misionaris bernama Steve Saint, dimana ayahnya merupakan korban pembunuhan yang dilakukan oleh suku pedalaman Amazon.

Film yang dirilis pada tahun 2005 ini bermula saat dilakukan Operasi Auca pada tahun 1956. Dimana kelompok misionaris Kristen mendatangi hutan tempat penduduk Huaorani di hutan Amazon, Ekuador.

Namun, saat tiba di desa tersebut. Kelompok yang terdiri dari 6 orang tersebut mendapat serangan dari suku tersebut hingga membuat mereka tewas.

Selain mengambil sudut pandang dari Steve, putra yang menjadi korban pembunuhan, film berdurasi 112 menit ini juga menampilkan sudut pandang dari anggota suka yang melakukan penyerangan bernama Macayani. Penasaran seperti apa jalan cerita film yang satu ini. Yuk, Tonton sendiri filmnya.

10. Jungle

Seru dan Menegangkan! 10 Film tentang Suku Pedalaman Amazon 18
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Petualangan
  • Sutradara: Greg McLean
  • Pemain: Daniel Radcliffe, Alex Russell, Thomas Kretschmann, Yasmin Kassim, Joel Jackson, Jacek Koman

Jungle merupakan film yang diadaptasi dari kisah nyata petualangan Yossi Ghinsberg di hutan Amazon. Ia adalah seorang penjelajah asal Israel pada tahun 1981. Cerita sendiri bermula saat Yossi Ghinsberg dipertemukan dengan Karl, Kevin dan Marcus di LA Paz, Bolivia.

Setelah Karl menceritakan tentang keberadaan suku misterius yang memiliki peradaban maju di hutan pedalaman Amazon. Yossi pun mulai tertarik untuk bisa menemukan keberadaan mereka. Setelah meyakinkan Marcus dan Kevin, keempatnya pun melakukan penjelajahan bersama ke hutan Amazon.

Namun, dalam perjalanan mereka dihadapkan pada berbagai rintangan yang sangat berbahaya. Situasi sulit yang terjadi kerap menimbulkan konflik diantara mereka. Sanggupkah mereka bertahan di tengah hutan berbahaya tersebut? Jawabannya bisa kamu dapat dengan menonton sendiri filmnya.

Demikianlah ulasan seputar 10 film tentang suku pedalaman Amazon yang berhasil Bacaterus rangkum untuk kamu. Selain jalan cerita yang menarik, penonton juga dapat merasakan pengalaman menegangkan yang melibatkan suku-suku yang cukup terkenal di hutan terbesar dunia tersebut. Kira-kira film mana yang ingin kami tonton? Tulis komentar di bawah, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram