bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Juli 2021

Menarik perhatian melalui perannya sebagai Lee Dong Sik dalam drama Beyond Evil (2021), Shin Ha Kyun rupanya memang seorang veteran di dunia seni peran Korea Selatan. Akting yang meyakinkan sudah menjadi keahliannya sejak belasan tahun lalu. Melalui film Shin Ha Kyun terbaik yang kami pilihkan di bawah ini, Anda bisa menilainya sendiri.

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 1

Shin Ha Kyun membintangi film dengan spektrum yang cukup luas, entah genre atau peran yang dia bawakan. Anda bisa beberapa kali melihatnya berakting sebagai tentara, bisa juga melihat dia bermain sebagai seorang lelaki yang sangat kesepian karena cinta. Ingin tahu apa-apa saja film berkualitas yang dibintangi aktor kelahiran 1974 ini? Berikut pilihannya!

1. Joint Security Area

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 3
  • Tanggal/Tahun Rilis: 9 September 2000
  • Genre: Misteri, Thriller, Drama, Action
  • Produksi: Myung Films
  • Sutradara: Park Chan Wook
  • Pemeran: Lee Byung Hun, Song Kang Ho, Kim Tae Woo, Shin Ha Kyun, Lee Young Ae

Pada film Shin Ha Kyun yang menghabiskan budget hingga 900 juta Won ini sang aktor berperan sebagai Pvt. Jung Woo Jin dari pihak Korea Utara. Dia menjadi satu dari dua tentara Korea Utara yang tewas ditembak sebanyak delapan kali pada sebuah insiden penembakan misterius. Penyelidikan terhadap kasus ini berada di bawah Mayor Angkatan Darat Swiss, Sophie E. Jean (Lee Yong Ae) atas nama Neutral Nations Supervisory Commission.

Tewasnya Woo Jin membingungkan penyelidikan karena menghadirkan dua keterangan yang berbeda. Lee Soo Hyeok (Lee Byung Hun) seorang tentara Korea Selatan mengakui penembakan tersebut tapi sebelum itu dia memberi kesaksian bahwa dirinya pingsan dan diculik saat buang air kecil.

Sementara menurut keterangan Oh Kyeong Pil (Song Kang Ho), tentara Korea Utara yang selamat, Soo Hyeok datang dengan sadar dan menerobos perbatasan lalu menembak semua orang. Di sisi lain, seorang saksi Private First Class dari Korea Selatan, Nam Sung Shik (Kim Tae Woo) malah mencoba membunuh diri. Apa yang sebenarnya terjadi?

Melalui perannya dalam film ini, Shin Ha Kyun memenangkan penghargaan sebagai Best New Actor dalam ajang 3rd Director’s Cut Awards dan Best Supporting Actor pada 8th Chunsa Film Art Awards dan 21st Blue Dragon Film Awards.  Anda harus menontonnya segera!

2. Welcome to Dongmakgol

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 5
  • Tanggal/Tahun Rilis: 4 Agustus 2005
  • Genre: Drama, Komedi, Tragedi
  • Produksi: Showbox (Distributor)
  • Sutradara: Park Kwang Hyun
  • Pemeran: Jung Jae Young, Shin Ha Kyun, Kang Hye Jung, Im Ha Ryong

Welcome to Dongmakgol merupakan film Shin Ha Kyun yang mendapat penghargaan sebagai Best Film pada ajang 4th Korean Film Awards (2005. Ia juga terpilih sebagai Audience Choice Awards for Most Popular Film saat penyelenggaraan 26th Blue Dragon Film Awards. Di sini dia berperan sebagai tentara Korea Selatan bernama Pyo Hyun Chul.

Dongmakgol adalah sebuah desa yang terletak di pegunungan terpencil. Ia terisolasi dari dunia luar dan karena posisinya tersebut Dongmakgol tidak terdampak kerusakan akibat perang yang tengah berlangsung di Korea. Suatu hari seorang pilot pesawat tempur AS bernama Neil Smith (Steve Taschler) terjebak dalam badai dan memutuskan untuk mendaratkan pesawatnya di sebuah desa.

Di tempat lain tidak jauh dari desa, satu peleton tentara Korea Utara disergap oleh tentara Korea Selatan; tiga di antaranya  berhasil melarikan diri dan tiba di Dongmakgol. Tanpa terduga, di desa tersebut mereka bertemu dengan dua tentara Korea Selatan yang meninggalkan unit mereka.

Kelucuan sangat terasa karena penduduk desa benar-benar tidak mengetahui konflik yang terjadi antara mereka. Hingga akhirnya rasa persahabatan antara orang-orang itu muncul seiring kebiasaan serta kerap sama-sama membantu masyarakat Desa Dongmakgul dalam banyak hal.

3. Sympathy for Mr. Vengeance

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 7
  • Tanggal/Tahun Rilis: 29 Maret 2002
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Studio Box, TMS Entertainment
  • Sutradara: Park Chan Wook
  • Pemeran: Song Kang Ho, Shin Ha Kyun, Bae Doona, Han Bo Bae

 Dalam film yang disutradari oleh Park Chan Wook ini, Shin Ha Kyun berperan sebagai seorang pemuda tuna rungu yang bekerja di pabrik bernama Ryu. Dia memiliki saudara perempuan penderita sakit ginjal yang sangat butuh transplantasi segera. Dalam keadaan tak punya uang karena dipecat dari pabrik, dia pun menjual ginjalnya pada kelompok pedagang pasar gelap. Sayangnya mereka mengambil ginjal Ryu tanpa membayar sepeser pun.

Semakin buntu, Ryu seperti mengesampingkan akal sehat saat menerima saran dari sang kekasih, Cha Young Mi (Bae Doona) untuk menculik putri mantan bosnya di pabrik, Park Dong Jin (Song Kang Ho). Namun, semua berantakan saat dalam penculikan, putri Dong Jin bernama Yu-Sun meninggal karena tenggelam. Duka semakin bertambah saat saudara perempuannya memilih bunuh diri setelah mengetahui jalan yang dipilih Ryu guna mengobati penyakitnya.

4. The Front Line

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 9
  • Tanggal/Tahun Rilis: 20 Juli 2011
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: TPS Company
  • Sutradara: Jang Hoon
  • Pemeran: Shin Ha Kyun, Go Soo, Lee Je Hoon, Ryu Seung Soo

Setelah sukses berakting dalam film JSA (2000) dan Welcome to Dongmakgol (2005), Shin Ha Kyun kembali bermain sebagai seorang tentara Korea Selatan yang ikut bergerak saat Perang Korea terjadi pada 1950 lalu. Kali ini peran yang dia bawakan bernama Kang Eun Pyo.

Kang Eun Pyo ditangkap bersama Kim Soo Hyeok (Go Soo) oleh pihak tentara Korea Utara. Tiga tahun kemudian, perang belum usai. Kang Eun Pyo ditugaskan untuk menyelidiki peristiwa pembunuhan yang menewaskan seorang perwira Korea Selatan yang ketika itu sedang bertempur di Aerok Hills. Untuk melakukan tugasnya ini dia ditemani oleh Kapten Jae Oh. Mampukan Eun Pyo melakukan tugasnya?

Film Shin Ha Kyun yang satu ini tidak kalah berprestasi, bahkan ada lebih banyak penghargaan yang didapatkan. Paling tidak The Front Line dinobatkan sebagai Best Film pada beberapa ajang bergengsi sekaligus, yaitu 20th Buil Film Awards, 48th Grand Bell Awards, 31st Korean Association of Film Critics Awards, dan 15th Udine Far East Film Festival.

5. Save The Green Planet!

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 11
  • Tanggal/Tahun Rilis: 4 Agustus 2003
  • Genre: Sci-Fi, Comedy, Thriller
  • Produksi: CJ Entertainment (Distributor), Koch-Lorber Films (Distributor)
  • Sutradara: Jang Joon Hwan
  • Pemeran: Shin Ha Kyun, Baek Yoon Sik, Hwang Jeong Min, Lee Jae Yong

Byeong Gu (Shin Ha Kyun) percaya bahwa alien dari Andromeda akan menyerang Bumi. Dia juga memercayai bahwa satu-satunya orang yang dapat mencegah kedatangan mereka adalah dirinya. Bersama pacarnya yang ajaib, Byeong Gu menculik seorang CEO Perusahaan Kimia Yoojae karena yakin bahwa CEO tersebut adalah makhluk luar angkasa yang tinggal di Bumi.

CEO itu pun berkali-kali mencoba melarikan diri tapi segala cara digagalkan oleh Byeong Gu. Mengikuti permainan Byeong Gu yang aneh, CEO itu meyakinkannya bahwa bensin yang ada di bagasi mobilnya adalah penawar untuk ibu Byeong Gu yang sedang koma.

Saat Byeong Gu berlari ke rumah sakit guna menyelamatkan sang ibu, sang CEO segera melarikan diri yang sebelumnya ada dalam keadaan tersalib. Apa yang terjadi selanjutnya? Anda harus nonton film Shin Ha Kyun yang cukup unik ini, karena berkat aktingnya sebagai Byeong Gu, sang aktor berhasil meraih penghargaan Best Actor di ajang 4th Busan Film Critics Awards.

Baca juga: Tampan dan Sukses, Ini 10 Aktor Korea dengan Bayaran Termahal

6. No Mercy for the Rude

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 13
  • Tanggal/Tahun Rilis: 24 Agustus 2006
  • Genre: Komedi, Drama, Action, Crime
  • Produksi: Lotte Entertainment (Distributor)
  • Sutradara: Park Cheol Hee
  • Pemeran: Kim Min Joon, Shin Ha Kyun, Yoon Ji Hye, Lee Han Wi

Killa (Shin Ha Kyun) adalah anak yatim piatu yang dibesarkan di sebuah panti asuhan. Killa punya cara bicara yang unik karena dia cadel. Akibatnya, Killa kecil kerap di-bully sehingga dia tidak pernah bicara dan lebih suka menghabiskan waktunya sendirian sembari menonton televisi atau makan makanan kesukaannya.

Tumbuh dewasa Killa memutuskan untuk menjalani operasi guna memperbaiki gangguan bicaranya. Untuk melakukan itu, Killa membutuhkan biaya yang besar. Dia kemudian menjadi seorang pembunuh bayaran, khusus menghabisi orang-orang jahat. Hingga suatu hari, saat dia berhasil menyelesaikan pekerjaan yang terakhir, sesuatu mengubah hidupnya. Penasaran?

7. Inseparable Bros

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 15
  • Tanggal/Tahun Rilis: 1 Mei 2019
  • Genre: Drama, Family, Life, Friendship, Comedy
  • Produksi: Next Entertainment World (Distributor)
  • Sutradara: Yook Sang Hyo
  • Pemeran: Shin Ha Kyun, Lee Kwang Soo, Esom, Park Chul Min

Film Shin Ha Kyun selanjutnya yang harus masuk daftar tontonan Anda terhitung baru sebab tayang pada 2019 lalu. Film yang dimaksud berjudul Inseparable Bros. Pada film yang diarahkan oleh Yook Sang Hyo, Shin Ha Kyun berakting sebagai Se Ha, seorang pria cacat yang brilian dan pandai berkata-kata hingga bisa mengesankan banyak orang.

Se Ha tidak sendiri dalam menjalani hidupnya. Dia ditemani Dong Goo (Lee Kwang Soo) yang sudah 20 tahun ini hidup seperti saudara kandung. Berlawanan dengan Se Ha, Dong Goo punya badan yang bagus dan kemampuan atletik yang luar biasa. Fisik Dong Goo benar-benar prima tapi dia tidak terlalu pintar.

Mereka lalu ditakdirkan bertemu dengan Mi Hyun (Esom); seorang gadis yang memperlakukan keduanya tanpa perbedaan dan prasangka. Dia jugalah yang membantu mereka keluar dan menghadapi dunia nyata. Film yang ringan sekaligus bermakna cukup dalam.

8. My Brother

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 17
  • Tanggal/Tahun Rilis: 8 Oktober 2004
  • Genre: Drama, Family, Life
  • Produksi: CJ Entertainment (Distributor)
  • Sutradara: Ahn Gwon Tae
  • Pemeran: Shin Ha Kyun, Won Bin, Kim Hae Sook, Lee Bo Young

Terlahir dengan bibir sumbing, Sung Hyun (Shin Ha Kyun) dibuang oleh ayahnya karena malu. Namun, sang ibu, membawanya kembali dan bertekad untuk menjaga serta membesarkannya. Tak lama, suaminya itu meninggal dunia dalam keadaan dia tengah mengandung anak kedua. Lantas dari kehamilan tersebut lahirlah Jong Hyun (Won Bin).

Perbedaan antara Sung Hyun dan Jong Hyun hanya satu tahun sehingga mereka bersekolah di tempat yang sama. Keduanya memiliki perbedaan sifat yang mencolok. Sung Hyun lebih rajin sementara Jung Hyun lebih berani. Dia bahkan terkenal sebagai petarung yang tangguh.

Hubungannya dengan sang adik tidak baik karena Sung Hyun kerap diabaikan. Pasalnya Jung Hyun merasa sang ibu lebih sayang pada sang kakak. Konflik bertambah rumit saat mereka menyukai satu gadis yang sama. Lantas siapa yang akan memenangkan hati gadis itu?

9. Café Noir

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 19
  • Tanggal/Tahun Rilis: 30 Desember 2010
  • Genre: Drama, Romance, Melodrama
  • Produksi: Polaris Production
  • Sutradara: Jung Sung Il
  • Pemeran: Shin Ha Kyun, Moon Jeong Hee, Kim Hye Na, Jung Yu Mi

Sutradara Jung Sung Il tidak main-main saat membuat Café Noir. Ini adalah sebuah film berisi kontemplasi tentang cinta dan patah hati yang dibuat berdasarkan dua karya sastra besar, yaitu novel The Sorrows of Young Werther karya Wolfgang von Goethe dan sebuah cerita pendek karya Fyodor Dostoyevsky berjudul White Nights.

Shin Ha Kyun yang dipilih sebagai pemeran utamanya bermain sebagai Young Soo. Dia adalah seorang guru musik yang memiliki hubungan terlarang dengan Mi Yeon (Moon Jeong Hee), ibu dari salah satu muridnya. Young Soo begitu patah hati saat Mi Yeon memutuskan hubungan karena suaminya telah kembali. Dia pun mencoba membunuh sang suami tapi gagal. Dari sana, Young Soo menyadari bahwa demi kebahagiaan wanita yang dicintai, dia harus pergi.

Young Soo lalu bertemu seorang wanita muda bernama Sun Hwa (Jung Yu Mi) secara tidak sengaja. Young Soo selalu melihat Sun Hwa di sebuah jembatan dan merasakan jatuh cinta. Tanpa dia ketahui Sun Hwa sedang menunggu kekasihnya. Suatu hari, Young Soo berhasil mendekati Sun Hwa yang juga terbuka padanya. Namun, saat sang kekasih kembali, Young Soo dicampakkan. Lelaki ini kesepian.

10. Thirst

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktor Shin Ha Kyun 21
  • Tanggal/Tahun Rilis: 30 April 2009
  • Genre: Horor, Misteri
  • Produksi: Moho Film, Focus Features International
  • Sutradara: Park Chan Wook
  • Pemeran: Song Kang Ho, Kim Ok Bin, Kim Hae Sook, Shin Ha Kyun

Lahir dari tangan dingin Park Chan Wook, Thirst memenangkan Jury Prize pada Cannes Film Festival 2009 lalu. Dibintangi Song Kang Ho, Thirst bercerita tentang seorang pendeta bernama Sang Hyun yang menjadi sukarelawan di sebuah rumah sakit atas dasar pelayanan. Dia menjadi bagian dari percobaan guna menemukan vaksin untuk sebuah virus yang mematikan bernama Emmanuel Virus (EV). Sayang, percobaannya gagal.

Meski demikian, saat Sang Hyun terkena infeksi penyakit mematikan, dia akan kembali sembuh total setelah menerima transfusi darah. Suatu hari dia bertemu dengan Kang Woo (Shin Ha Kyun), teman lama yang kini menjadi jemaatnya. Kang Woo kemudian mengundang Sang Hyun makan malam di rumah.

Di sana dia dikenalkan dengan Tae Ju (Kim Ok Bin), istri Kang Woo. Dari perkenalan itu, Sang Hyun tampak tertarik. Lalu, apakah Tae Ju juga tertarik? Bagaimana dengan nasib Sang Hyun selanjutnya yang mulai haus darah?

Sepuluh film Shin Ha Kyun di atas sedikit banyak memperlihatkan bahwa aktor ini tidak pernah salah memilih peran. Terbukti beberapa filmnya diapresiasi dengan sangat baik melalui penghargaan, baik di Korea Selatan atau skala internasional. Anda pasti setuju bahwa film yang dimainkan Shin Ha Kyun bukan film dengan tema-tema pasaran. Jika sudah begini Anda pasti bertambah penasaran, kan? Selamat memilih dan bersenang-senang!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram