bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik Aktor Asal Afrika Selatan Sharlto Copley

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Sharlto Copley adalah aktor asal Afrika Selatan yang sudah aktif bermain film sejak 2006 lalu. Tiga tahun pasca debut, Copley membintangi sebuah film yang mengubah perjalanan karirnya; District 9 (2009). Pasalnya, film itu masuk dalam banyak nominasi di ajang Oscar yang bergengsi. Copley sebagai pemeran utama tentu ikut mendapat sorotan.

Sejak kesuksesan District 9 (2009), sang aktor semakin sibuk dengan berbagai film dan peran yang dia mainkan. Sampai saat ini, Copley masih produktif bermain film. Apa saja film terbaik darinya yang bisa kamu tonton akhir pekan ini? Kami rekomendasikan sepuluh film terbaiknya untukmu!

1. District 9

film Sharlto Copley_District 9_

Sharlto Copley memberikan penampilan yang iconic dalam film sci-fi berjudul District 9 karya sutradara Neill Blomkamp. Film ini bercerita tentang sebuah camp di Bumi untuk alien bernama District 9 yang terkenal kotor. Para alien juga dikeluhkan melanggar hukum dan menguras sumber daya manusia.

Hampir tiga puluh tahun kemudian, setelah kerusuhan antara alien dan penduduk setempat, pemerintah menyewa Multinational United atau MNU, yaitu sebuah perusahaan senjata besar untuk merelokasi satu juta alien ke camp baru.

Petinggi MNU, Piet Smit, menunjuk salah satu karyawan MNU dan menantunya, Wikus van de Merwe (Sharlto Copley) untuk merelokasinya. Wikus kemudian mendatangi salah satu camp yang diisi alien bernama Christopher dan putranya CJ, serta teman putranya, Paul, untuk memberikan surat pindah.

Wikus lantas menemukan bahan bakar yang secara tidak sengaja terkena wajah Paul. Paul pun dibunuh oleh pimpinan tentara MNU. Tanpa diduga, Wikus yang terpapar bahan bakar tadi ternyata mulai bermutasi menjadi alien. 

2. Maleficent

film Sharlto Copley_Maleficent_

Maleficent (2014) merupakan sebuah film fantasi yang dibuat atas kerjasama sutradara Robert Stromberg dan penulis Linda Woolverton. Film yang diproduksi oleh Walt Disney ini merupakan retelling dari film animasi Walt Disney tahun 1959 berjudul Sleeping Beauty, yang ceritanya diambil dari sudut pandang tokoh antagonis. 

Maleficent adalah peri sakti yang tinggal di Moor, sebuah dunia berupa hutan ajaib yang berbatasan dengan kerajaan manusia. Dia bertemu seorang anak petani dari bangsa manusia, Stefan, dan saling jatuh cinta.

Namun, seiring bertambahnya usia, mereka berpisah. Stefan berambisi menjadi raja, sedangkan Maleficent ingin menjadi pelindung bangsa Moor.

Raja Henry yang ingin menaklukkan bangsa Moor, menyatakan bahwa siapa pun yang bisa membunuh Maleficent, akan menggantikan posisinya menjadi raja. Stefan lantas menemui Maleficent tapi tak bisa membunuhnya. Dia memilih memotong sayapnya sebagai bukti bahwa Maleficent telah meninggal kepada Henry.

Sejak itu, Maleficent mendendam dan menobatkan diri sebagai Ratu Moor ketika Stefan juga diangkat menjadi raja. King Stefan (Sharlto Copley) memiliki putri bernama Aurora.

Maleficent yang tidak diundang, kemudian datang pada acara pemberkatan. Dendam pada Stefan dia limpahkan pada putrinya; Maleficent mengutuk Aurora yang masih bayi dengan kutukan mengerikan. 

3. Elysium

film Sharlto Copley_Elysium_

Dystopian science fiction action film berjudul Elysium (2013) menjadi film Sharlto Copley berikutnya. Dia beradu akting dengan Matt Damon dan Jodie Foster dalam film yang ditulis, diproduksi dan disutradarai oleh Neil Blomkamp ini.

Tahun 2154 ketika kondisi Bumi sudah sangat berantakan, penduduk dengan kekayaan berlimpah dan kekuasaan pindah ke Elysium di luar angkasa. Spider, seorang peretas, menyelundupkan orang-orang menggunakan Med-Bays, perangkat yang dapat menyembuhkan penyakit atau kondisi apa pun, ke dalam Alysium.

Menteri Pertahanan Elysium, Delacourt, menembak jatuh dua pesawat yang dioperasikan Spider. Satu pesawat lainnya dideportasi dari Elysium. Tindakan Delacourt ditegur oleh Presiden Elysium, Patel. 

Dendam akan hal itu, Delacourt bekerjasama dengan CEO Armadyne Corp, John Carlyle. Max Da Costa yang bekerja di Bumi untuk Armadyne Corp tidak sengaja terpapar radiasi dengan dosis mematikan. Max diberi obat, tapi diberi tahu kalau hanya punya waktu lima hari untuk hidup. 

Setelah dipecat oleh Armadyne, Max membuat kesepakatan dengan Spider. Jika Max bisa mencuri informasi dari warga Elysium, Spider akan menyembuhkan Max menggunakan Med-Bay.

Tugas itu tentu tidak mudah karena Max harus berhadapan dengan tim operasi hitam pimpinan Kruger (Sharlto Copley). Dia adalah pembunuh bayaran yang bekerja diam-diam untuk Delacourt. 

4. Chappie

film Sharlto Copley_Chappie_

Dalam American dystopian science fiction action film berjudul Chappie (2015) kamu akan menemukan Sharlto Copley berakting sebagai robot penegak hukum dengan kecerdasan buatan, yang diciptakan dan dilatih oleh para gangster yang kemudian menamainya Chappie.

Kota Johannesburg membeli satu skuadron scouts-robot penyerang berlapis baja yang canggih karena tingkat kejahatan yang meroket. Robot-robot ini kemudian dikembangkan oleh ilmuwan Inggris, Deon Wilson, dan sebagian dipakai menggantikan pasukan polisi yang kewalahan.

Keberhasilan Deon dengan project Tetravaal-nya membuat insinyur Vincent Moore yang menggeluti bisnis yang sama merasa dengki. Tak puas dengan keberhasilannya, Deon secara diam-diam mencuri robot yang baru saja rusak.

Dia mencuri untuk menguji sistem kecerdasan buatan yang diciptakannya. Dalam perjalanan pulang, Deon diculik oleh geng Ninja, Yolandi. Mereka meminta Deaon memprogram ulang robot tersebut.

Deon kemudian menginstal sebuah perangkat lunak baru yang membuat si robot bisa merespon dengan kegelisahan layaknya anak kecil. Robot itu lantas diberi nama Chappie. 

5. The A-Team 

film Sharlto Copley_The A-Team_

Sebuah film action-thriller berjudul The A-Team (2010) menjadi film Sharlto Copley berikutnya yang punya cerita menarik. Kali ini diangkat dari serial televisi tahun 1980-an dengan judul yang sama. Filnya bercerita tentang John ‘Hannibal’ Smith yang ditawan di Meksiko oleh dua petugas polisi yang korup yang bekerja untuk Jenderal Javier Tuco.

Hannibal melarikan diri dan berusaha menyelamatkan temannya, Templeton ‘Face’ Peck yang sama-sama ditawan.

Dalam pengejaran, mereka berhenti di sebuah rumah sakit Angkatan Darat terdekat, meminta diantarkan oleh pilot Howling Mad Murdock (Sharlto Copley), menggunakan helikopter medis. Pertempuran udara dengan anak buah Tuco pun terjadi.

Dalam pertempuran itu Tuco tewas. Delapan tahun kemudian, saat Hannibal berada di Irak, dia dihubungi oleh agen CIA, Lynch. Hannibal mendapat tugas dalam sebuah operasi gelap untuk mengambil U.S. Treasury plates dan uang tunai lebih dari 1 miliar dollar AS yang dijadwalkan keluar dari Baghdad. Bersediakah mereka melakukannya?

6. Hardcore Henry

film Sharlto Copley_Hardcore Henry_

Hardcore Henry (2015) adalah film action sci-fi karya pertama dari sutradara Ilya Naishuller. Film ini bercerita tentang seorang pria yang terbangun di sebuah laboratorium.

Seorang ilmuwan, Estelle, memberi tahu pria tersebut bahwa dia bernama Henry dan mengaku sebagai istrinya. Estelle telah menghidupkan Henry kembali setelah kecelakaan yang membuat pria itu amnesia dan bisu. 

Dia mengganti beberapa anggota tubuh Henry yang hilang dan prosthesis cybernetic. Namun, sebelum suara Henry diganti, mereka diserbu oleh tentara bayaran yang dipimpin oleh psychokinetic Akan.

Akan mengklaim bahwa semua penemuan Estelle adalah milik perusahaannya. Estelle dan Henry melarikan diri dengan kapsul penyelamat dan mendarat di Moskow. Sayang, Estelle berhasil diculik.

Henry sendiri diselamatkan oleh Jimmy (Sharlto Copley). Jimmy bukan manusia seutuhnya karena ada bagian tubuhnya yang terdiri atas cybernetic. Dia butuh diisi daya agar tetap hidup.

Jimmy dibunuh oleh polisi suruhan Akan dan Henry berhasil lolos untuk bertemu dengan Jimmy lainnya. Jimmy-jimmy yang lain akan menjadi teman Henry dalam pelarian berbahaya ini.

7. Europa Report

Sharlto Copley_Europa Report_

American science fiction film berjudul Europa Report (2013) menceritakan tentang misi awak pertama ke Europa, salah satu dari empat bulan Galilea di Jupiter. Walau terkendala gangguan teknis yang menyebabkan hilang kontak dengan Bumi, para kru melanjutkan misinya ke Europa dan menemukan banyak bukti kehidupan di sana.

Enam astronot memulai misi, yang didanai secara pribadi, pergi ke Europa, untuk menemukan sumber kehidupan yang potensial.

Mereka adalah Komandan William Xu, Pilot Rosa Dasque, Chief Science Officer Daniel Luxembourg, Katya Petrovna sebagai Marine Biology Science Officer, Junior Engineer bernama James Corrigan (Sharlto Copley), dan Chief Engineer, Andrei Blok.

Setelah enam bulan menjalankan misi, badai matahari menghantam mereka sehingga putus kontak dengan pengendali misi di Bumi. Masalah ini membuat Corrigan tak bisa selamat.

Dua bulan mengorbit di sekitar Europa, mereka mendarat dengan selamat. Sampai di sana, kru kembali menghadapi banyak masalah. Lantas bisakah mereka menyelesaikan misi dalam keadaan berbahaya? 

8. Oldboy

Sharlto Copley_Oldboy_

Oldboy (2013) dibuat berdasarkan manga Old Boy sekaligus remake dari film Korea tahun 2003 karya Park Chan Wook. Film ini bercerita tentang seorang pria yang mencari penculiknya setelah dipenjara secara misterius selama dua puluh tahun. Pria itu bernama Jou Doucett, seorang eksekutif periklanan dan pecandu alkohol.

Suatu hari setelah gagal mendapatkan kerjasama skala besar, Joe mabuk hingga tak sadarkan diri. Begitu terbangun dia sudah ada di sebuah kamar hotel yang terkunci.

Saat ditawan Joe mengetahui berita bahwa istrinya, Donna, diperkosa dan dibunuh. Semakin menyedihkan karena dia disebut sebagai tersangka utamanya, sementara putrinya yang masih bayi, Mia, telah diadopsi.

Dua puluh tahun berada di dalam kamar terkunci tanpa alasan, Joe memutuskan untuk melarikan diri dan membalas dendam. Perjalanan Joe untuk membalas dendam pun dimulai.

Joe dibantu beberapa orang yang tersentuh oleh surat untuk Mia yang dia tulis. Hingga kemudian sampailah dia ke hadapan orang yang selama ini dicari: Adrian Doyle Pryce, The Stranger, yang diperankan oleh Sharlto Copley.

9. Free Fire

film Sharlto Copley_Free Fire_

British black-comedy film karya sutradara Ben Wheatley berjudul Free Fire (2016) adalah film Sharlto Copley berikutnya yang kami rekomendasikan. Berlatarkan tahun 1978, seorang pemuda bernama Stevo mengaku dipukuli pada Bernie oleh sepupu dari wanita yang lecehkan.

Stevo dan teman-temannya kemudian menemui penjual senjata bernama Vernon (Sharlto Copley). Stevo lantas menyadari bahwa di antara orang-orang Vernon ada pria yang memukulinya, yang diketahui bernama Harry.

Harry yang mengenali Stevo kembali menyerangnya dan menyebabkan ketegangan di antara dua kelompok itu. Namun, konflik semakin memanas ketika Harry menembak bahu Stevo karena perkataan pemuda itu tentang sepupunya.

Ketika dua kelompok tengah berseteru, tiba-tiba dua pembunuh bayaran yang membawa senapan menembaki mereka. Salah satu pembunuh itu bernama Howie.

Belum sempat Howie mengatakan siapa yang menyuruhnya, dia tewas ditembak kelompok Chris dari geng Stevo. Situasi memanas dan dua kelompok itu kembali saling tembak, membunuh dan mengkhianati satu sama lain.

10. Gringo

film Sharlto Copley_Gringo_

Satu lagi film Sharlto Copley yang kami rekomendasikan, Grigo (2018), sebuah film bergenre crime comedy tentang seorang pebisnis yang berperangai baik dan dikirim ke Meksiko untuk mengantarkan pil ganja hasil eksperimen. Dia diculik oleh kartel narkoba dan berusaha melarikan diri bersama seorang tentara bayaran. 

Harold Sonyika menelepon co-presiden tempatnya bekerja, Richard Rusk, dan Elaine Markinson, dan mengatakan dirinya telah diculik dan para penculik meminta uang tebusan sebesar lima juta dollar. Sehari sebelumnya dia, Harold, dan Elaine tiba di Meksiko dan bertemu kepala pabrik Promethium di Meksiko, Sanchez. 

Tanpa sepengetahuan Harold, Sanchez telah menjual produk Promethium terbaru kepada kartel Meksiko. Malam harinya, Harold diam-diam mengetahui bahwa Richard dan Elaine bicara mengenai rencana merger yang akan membuatnya kehilangan pekerjaan. Mengetahui nasibnya terancam, Harold menjalankan ide dan rencana yang tak terduga. 

Dia berpura-pura diculik untuk memeras perusahaannya. Namun, alih-alih memberi tebusan, Richard yang mendengar kabar penculikan Harold malah memerintahkan tentara bayaran, Mitch (Sharlto Copley), untuk menyelamatkan karyawannya itu. 

Sharlto Copley dan semua pengalamannya dalam berakting terangkum dalam sepuluh film terbaiknya yang kami rekomendasikan melalui artikel ini. Sang aktor akan mengejutkanmu dengan karakter-karakter yang dia mainkan, dari akting menjadi pilot sampai robot. Ayo mana film Sharlto Copley favoritmu?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram