bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik yang Diperankan oleh Seo Hyun Woo

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Seo Hyun Woo punya perjalanan panjang di industri akting. Karirnya tercatat dimulai di tahun 2011 lalu dengan turut membintangi film White: The Melody of the Curse (2011).

Berawal dari peran-peran kecil, namanya perlahan menanjak dan diperhitungkan. Walau terhitung jarang berperan sebagai karakter utama, Seo Hyun Woo sempat beberapa kali dipercaya terlibat dalam film-film besar.

Saat Decision to Leave (2022) sukses besar, Seo Hyun Woo juga turut sukses karena dia mendapat penghargaan Best New Actor in Film di ajang Director’s Cut Awards 2023. Ingin tahu dan membuktikan kualitas Seo Hyun Woo dalam berakting? Kami pilihkan sepuluh film yang pernah dia bintangi berikut ini!

1. 1987: When the Day Comes

1987

Berlatarkan tahun 1987, film yang didasari atas peristiwa June Democratic Uprising di Korea ini, berfokus pada peristiwa kematian seorang mahasiswa sekaligus pengunjuk rasa ketika diinterogasi oleh pihak kepolisian. Kematian mahasiswa bernama Park Jong Chul itu kemudian ditutup-tutupi oleh pihak berwenang.

Dalam film ini, Seo Hyun Woo berperan sebagai Jaksa Lee Jong Kyu. Atas permintaan seorang jaksa bernama Choi, sosoknya merupakan titik awal publikasi dari kasus penyiksaan Park Jong Chul ke seluruh dunia.

Film 1987: When the Day Comes (2017) dibintangi sederet aktor dan aktris papan atas, seperti Kim Yoon Seok, Ha Jung Woo, Yoo Hae Jin, Kim Tae Ri, Park Hae Soon dan Lee Hee Joon.   

2. Decision to Leave

Decision to Leave

Park Chan Wook kembali dengan karya terbaiknya setelah sukses besar melalui The Handmaiden (2016). Tak kalah sukses dengan karya Park Chan Wook sebelumnya, Decision to Leave (2022) juga berhasil menarik hati banyak penikmat film hingga membawanya ke ajang bergengsi seperti Cannes Film Festival.

Seo Hyun Woo sendiri berkesempatan ikut meramaikan film ini sebagai Sa Cheol Seong. Cerita bermula dari pertemuan seorang detektif bernama Hae Jun dengan Seo Rae. Dia adalah istri dari korban meninggal yang ditemukan tewas di gunung yang kasusnya tengah Hae Jun tangani.

Dari pertemuan pertama, Hae Jun terlihat sudah tertarik padanya hingga penyelidikan pun terasa kabur. Hae Jun dihadapkan pada pilihan sulit: berdedikasi pada pekerjaan atau wanita lain yang menarik hatinya.

3. Juror 8

Juror 8

Kim Joon Kyeom adalah hakim ketua yang memimpin first civil participation of a criminal trial di Korea Selatan. Delapan juri telah dipilih untuk persidangan pidana pertama, salah satunya Kwon Nam Woo. Juri-juri yang dilibatkan adalah orang biasa yang ditugaskan mencari kebenaran dari kasus pidana yang disidangkan.

Kasus pertama yang dihadapi oleh Kwon Nam Woo dan juri lainnya adalah kasus pembunuhan. Pada proses persidangan terdakwa tiba-tiba menyangkal dakwaan. Para juri yang bertugas harus berkutat dengan bukti untuk memperjuangkan kebenaran.

Seo Hyun Woo dalam film ini berperan sebagai Kang Doo Sik. Dalam foto terlihat dia mengenakan seragam napi dan duduk di kursi terdakwa.

4. Beautiful Days

Beautiful Days

Beautiful Days (2018) adalah film Seo Hyun Woo yang menandai kembalinya aktris Lee Na Young setelah lima tahun beristirahat. Film ini juga merupakan film debut sutradara Jéro Yun.

Beautiful Days (2018) dibuat berdasarkan kisah nyata seorang ibu sekaligus pengungsi dari Korea Utara, yang meninggalkan keluarganya untuk melarikan diri ke Korea Selatan.

Enam belas tahun kemudian ibu itu kembali bertemu dengan putranya yang sudah beranjak dewasa. Putra si ibu memendam banyak kebencian.

Nama ibu itu adalah Lee Na Young; dia melahirkan putranya di usia muda lalu meninggalkan suami dan anaknya itu demi kehidupan yang lebih baik di luar negeri. Dalam film ini Seo Hyun Woo berperan sebagai kekasih dari Lee Na Young.

5. A Boy and Sungreen

A Boy and Sungreen

Bo Hee adalah siswa SMP yang pemalu dan berjuang dengan ketidakpastian hidup. Suatu hari Bo Hee mendapati ibunya memiliki kekasih dan ayahnya yang diketahui sudah meninggal dunia ternyata masih hidup.

Bo Hee kemudian pergi untuk mencari sang ayah dengan sahabatnya, Nok Yang. Bo Hee dan Nok Yang sama-sama berusia 14 tahun. Keduanya lahir di rumah sakit yang sama dan di hari yang sama.

Mereka punya kepribadian berbeda, tetapi tak menghalangi persahabatan yang solid. Nok Yang yang tidak memiliki ibu sedikit tahu mengerti perasaan Bo Hee. Gadis yang tomboy itu banyak membantu Bo Hee yang pemalu dalam menemukan ayahnya.

Dalam film ini Seo Hyun Woo berperan sebagai Sung Wook, pacar dari saudara perempuan Bo Hee.

6. The Man Standing Next

The Man Standing Next

Film Seo Hyun Woo berikutnya diadaptasi dari novel dengan judul yang sama, The Man Standing Next (2020). Seo Hyun Woo berperan sebagai Chun Doo Hyuk; karakternya didasarkan pada sosok Chun Doo Hwan, Direktur KCIA ke-10 dan kepala Komando Keamanan Pertahanan yang kelak menjadi presiden Korea Selatan ke-5.

Tahun 1970-an, Korea berada di bawah kendali mutlak Presiden Park yang mengendalikan KCIA. KCIA adalah organisasi yang memiliki pengaruh kuat di pemerintahan. Direktur KCIA, Kim Gyu Pyoeng harus berhadapan dengan kepala keamanan presiden.

Di tengah pemerintahan yang penuh ketakutan, mantan direktur KCIA, Park Yong Gak, mengetahui semua rahasia pemerintah.

7. Aloners

Aloners

Aloners (2021) ditulis sekaligus menjadi karya debut penyutradaraan Hong Sung Eun. Dalam film ini, Seo Hyun Woo mendampingi Gong Seung Yeon yang didapuk menjadi karakter utama.

Aloners (2021) bercerita tentang kehidupan seorang gadis bernama Jina. Dia adalah pekerja terbaik di sebuah call center serta punya hubungan baik dengan atasannya.

Jina yang percaya diri ternyata punya gangguan mental yang membuatnya sulit berinteraksi dengan orang lain. Jina menghabiskan sebagian besar waktunya dengan hanya menonton drama televisi dan video mukbang.

Dalam film ini Seo Hyun Woo berperan sebagai Seong Hun, tetangga Jina yang berencana pindah.

8. The Face Reader

The Face Reader

The Face Reader (2013) merupakan film Seo Hyun Woo yang dibintangi Song Kang Ho dan jajaran bintang lainnya.

Nae Gyeong sebagai putra bangsawan mempunyai kemampuan menilai kepribadian, kondisi mental dan kebiasaan seseorang hsnys dengan melihat wajahnya. Bakat Nae Gyeong ini membawanya ke istana dan berujung pada keterlibatannya terhadap perebutan kekuasaan.

Nae Gyeong terlibat dalam perebutan kekuasaan antara Pangeran Agung Suyang dan Jenderal Kim Jong Seo. Selain itu Nae Gyeong juga diminta mengidentifikasi pelaku pembunuhan.

Kemampuannya ini membuat Raja Munjong tertarik menggunakan jasanya. Dia pun meminta Nae Gyeong untuk mendeteksi keberadaan orang-orang yang berpotensi menjadi pengkhianat.

9. Phantom

Phantom

Pada tahun 1933, selama masa penjajahan Jepang di Korea, organisasi anti-Jepang ‘bawah tanah’ gagal membunuh residen jenderal Jepang yang baru. Pemerintah kolonial Jepang lalu mengumpulkan lima orang tersangka di sebuah hotel terpencil di tebing pantai untuk memburu mata-mata yang ada di organisasi tersebut.

Mata-mata yang disebut ‘Phantom’ tersebut terdiri atas Junji Maruyama, Park Cha Kyung, Yuriko, Baek Ho dan Cheon. Pasukan keamanan Jepang yang dipimpin Kaito bertugas menemukan mata-mata di antara mereka. Kelimanya kemudian terjebak dalam sebuah operasi penyergapan.

Seo Hyun Woo berperan sebagai Cheong Gye Jang, seorang pemalu yang punya kemampuan memecahkan kode.

10. The Vanished

The Vanished

The Vanished (2018) merupakan remake film Spanyol tahun 2012 berjudul The Body yang disutradarai oleh Oriol Paulo. Dalam versi Korea, ada Lee Chang Hee yang duduk di kursi penyutradaraan.

Filmnya bercerita tentang seorang chaebol terkenal yang sudah menikah bernama Yoon Seol Hee, yang baru-baru ini meninggal dunia. Di hari pemakamannya, jasad Seol Hee dikabarkan hilang. Jasadnya dicuri secara misterius.

Detektif Jung Sik bertugas menyelidiki kasus ini dan meminta kehadiran suami Seol Hee yang bernama Park Jin Han. Jin Han yang merupakan seorang profesor ternyata punya hubungan rahasia dengan salah satu mahasiswanya. Seo Hyun Woo dalam film ini berperan sebagai Dong Gu.

Demikian film-film Seo Hyun Woo yang punya cerita menarik dan secara rating di imdb cukup tinggi. Film-film di atas menjanjikan kualitas dari segi cerita dan akting. Melalui film-film itu pula Seo Hyun Woo tercatat telah bekerjasama dengan banyak aktor luar biasa lainnya.

Penasaran dengan aktingnya? Pilih salah satu dan tonton segera!

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram