bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik Rowan Atkinson yang Sangat Lucu dan Menghibur

Ditulis oleh Siti Hasanah

Rowan Atkinson merupakan seorang aktor yang terkenal dengan karakternya yang ikonik dalam serial TV Mr.Bean. Ia dapat dikatakan sebagai rajanya komedi slapstik. Tetapi sesungguhnya ia merupakan seorang aktor dan juga komedian yang telah memerankan banyak karakter selain dari Mr. Bean. 

Rowan Atkinson telah bermain dalam beberapa film walaupun tidak semuanya sebagai pemeran utama. Setiap perannya menarik untuk ditonton karena memiliki gaya yang khas.

Berikut ini adalah beberapa film yang dibintangi oleh Rowan Atkinson. Dijamin! Deretan film ini akan membuatmu terhibur dengan komedinya yang segar dan juga menggelitik.

1. Love Actually

film rowan atkinson-1_

Film Love Actually merupakan film yang terdiri dari delapan cerita yang berkaitan satu sama lain. Filmnya memiliki tema cerita tentang beragam cerita cinta dengan yang dialami setiap orang dari berbagai usia dan latar belakang. Love Actually dibintangi oleh banyak bintang ternama seperti Keira Knightley, Colin Firth, Alan Rickman dan masih banyak lagi.

Pada film Love actually Rowan Atkinson berperan sebagai Rufus. Ia berperan sebagai seorang pelayan toko perhiasan untuk penggalan cerita mengenai pasangan suami istri, Harry (Alan Rickman) dan Karen (Emma Thompson). 

Cerita di bagian Atkinson ini mengisahkan cinta dari pasangan suami istri, Harry dan Karen, yang diuji saat ada wanita ketiga masuk dalam pernikahan mereka. Perempuan itu adalah Mia (Heike Makatsch), sekretaris dari Harry.

2. Four Weddings And A Funeral

film rowan atkinson-2_

Pada Film Four Weddings and a Funeral, Rowan Atkinson berperan sebagai seorang pendeta bernama Gerald. Ia berperan sebagai seorang pendeta yang kelihatan gugup yang membuat setiap adegan menjadi menggelitik.

Filmnya sendiri mengisahkan tentang seorang pria single bernama Charles (Hugh Grant ) yang jatuh cinta pada seorang wanita yang ia temui di pernikahan kawannya.

Wanita yang membuat Charles jatuh cinta itu adalah Carrie (Andie MacDowell). Mereka bahkan sempat menghabiskan malam bersama.

Carrie pun bercanda meminta Charles melamarnya sebelum pulang ke Amerika. Ia pun kerap bertemu kembali dengan Carrie di acara pernikahan, tetapi tidak pernah mengungkapkan perasaannya hingga menerima undangan pernikahan dari Carrie.

3. The Witches

film rowan atkinson-3_

The Witches merupakan film yang diadaptasi dari sebuah buku karya Roald Dahl dengan judul yang sama. Pada film ini, Rowan Atkinson berperan sebagai seorang manajer hotel bernama Mr. Stringer. Filmnya sendiri bercerita tentang seorang penyihir yang ingin menyingkirkan semua anak dengan mengubahnya menjadi seekor tikus.

Para Penyihir mengadakan konferensi di hotel dengan menyamarkan acara tersebut sebagai konferensi untuk pencegahan kekerasan pada anak. Seorang anak bernama Luke (Jasen Fisher) sedang berlibur bersama neneknya dan mereka menginap di hotel yang sama dengan para penyihir tersebut. 

Tanpa sengaja ia masuk ke ballroom tempat para penyihir mengadakan konferensi dan mendengar rencana jahat mereka. Ia pun berusaha mencegah hal itu.

4. Keeping Mum

film rowan atkinson-4_

Keeping Mum merupakan sebuah film dark comedy yang menceritakan tentang sebuah keluarga yang dapat mengatasi masalah dengan kehadiran seorang asisten rumah tangga bernama Grace (Maggie Smith).

Grace membantu memperbaiki hubungan dalam keluarga pendeta Walter Goodfellow (Rowan Atkinson). Hal itu karena sang kepala keluarga terlalu sibuk dengan kegiatan keagamaannya.

Cara membantu Grace, bisa dikatakan tidak biasa. Dia menyelesaikan masalah dengan membunuh orang yang menjadi sumber masalah.

Seperti ia membunuh selingkuhan dari istri sang pendeta, Gloria (Kristin Scott Thomas). Namun apa yang dilakukan oleh Grace akhirnya diketahui oleh Gloria dan anak perempuannya. Akhirnya keduanya pun tahu identitas Grace yang sesungguhnya.

5. Hot Shots! Part Deux

film rowan atkinson-5_

Film Hot shots! Part Deux merupakan sebuah film parodi dari film Rambo. Filmnya bercerita tentang sebuah tim pasukan khusus Amerika yang gagal menginfiltrasi istana Saddam Husein untuk melepaskan tahanan perang. Kegagalan ini membuat pemerintah kembali menugaskan Topper Harley (Charlie Sheen) seorang pahlawan perang untuk kembali beraksi.

Pada film Hot shots! Part Deux ini, Rowan Atkinson berperan sebagai Dexter Hayman, seorang tawanan perang yang dibebaskan oleh Topper. Misi Topper adalah untuk menyelamatkan para sandera yang ditahan di Irak oleh Saddam Husein. Misi sebelumnya sering kali gagal karena dipercaya ada seseorang yang membocorkan operasi tersebut.

6. Bean The Movie

film rowan atkinson-6_

Film Bean merupakan film yang dibuat berdasarkan karakter dari serial komedi televisi populer dengan judul Mr. Bean.

Film Bean sendiri mengisahkan tentang Bean (Rowan Atkinson) yang melakukan banyak kesalahan besar saat ia ditugaskan ke Amerika Serikat. Bean merupakan seorang penjaga museum di Royal National Gallery Inggris yang sering sekali membuat masalah.

Bean dikirim ke Amerika Serikat sebagai upaya untuk menyingkirkannya sementara karena ia kerap melakukan kecerobohan yang membuat kesal rekan kerjanya.

Ia ditugaskan untuk membawa lukisan Whistler’s Mother ke Grierson Art Gallery ke Los Angeles. Begitu tiba di Amerika pun ia sudah membuat masalah yang akan membuat penonton tertawa geli melihatnya.

7. Mr. Bean’s Holiday

film rowan atkinson-7_

Cerita Mr. Bean’s Holiday (Rowan Atkinson) kali ini mengambil tempat di Perancis. Ia memenangkan sebuah undian yang hadiahnya berupa liburan ke Perancis. Selama di Perancis ia merekam semua kegiatan berliburnya dengan menggunakan camcorder.

Saat sedang menunggu kereta ia meminta anak seorang sutradara film bernama Stepan (Max Baldry) untuk merekamnya dengan camcoder.

Kejadian itu justru membuat anak sang sutradara itu tertinggal kereta. Mr. Bean pun berusaha untuk mengantarkan Stefan bertemu ayahnya.

Perjalanan Bean untuk menemukan ayah Stefan diisi dengan adegan-adegan lucu yang membuat tertawa. Dalam perjalanan, Bean pun bertemu dengan Sabine (Emma de Caunes). Dia membantunya untuk menemukan ayahnya Stefan.

8. Rat Race

film rowan atkinson-8_

Rat Race merupakan film yang menceritakan tentang usaha beberapa orang yang berlomba untuk mendapatkan uang yang telah disembunyikan di suatu tempat.

Acara lomba tersebut digagas oleh pemilik The Venetian Resort Hotel, Donald Sinclair (John Cleese). Pada perlombaan ini para peserta menggunakan berbagai strategi untuk menghambat atau memperlambat peserta lainnya. 

Pada film Rat Race ini Rowan Atkinson berperan sebagai Enrico Pollini, seorang turis asal Italia yang memiliki penyakit narcolepsy. Enrico adalah seorang peserta yang sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Pemenang dari perlombaan tersebut adalah orang yang bisa membuka brankas di Silver City dengan kunci yang mereka miliki.

9. Johnny English

film rowan atkinson-9_

Johnny English merupakan film tentang agen rahasia bernama Johnny English (Rowan Atkinson) yang menjadi agen M17 terakhir dari Inggris.

Agen rahasia sebelumnya yaitu Agen One (Greg Wise) terbunuh di kapal selam secara tidak sengaja. Lalu agen-agen lainnya juga terbunuh saat sedang menghadiri pemakaman Agen One. Maka yang tersisa hanya satu agen, yaitu Johnny English.

Johnny English diperintahkan untuk menyelidiki permata mahkota Inggris yang telah berhasil dicuri sekalipun telah dijaga dengan ketat. Ia ditemani oleh Bough (Ben Miller) dalam menyelidiki kasus pencurian ini.

Kecurigaan mengarah pada seorang entrepreneur misterius berkebangsaan Perancis bernama Pascal Sauvage (John Malkovich).

10. Johnny English Reborn

film rowan atkinson-10_

Johnny English merupakan film parodi dari agen rahasia James Bond. Di film ini Johnny English (Rowan Atkinson) ditugaskan untuk menyelidiki rencana pembunuhan yang targetnya adalah perdana menteri dari Republik Rakyat Tiongkok.

Dia harus ke Hongkong untuk melakukan tugas penyelidikannya. Dalam melakukan tugasnya dia ditemani oleh asisten muda bernama Colin Tucker (Daniel Kaluuya).

Johnny kembali beraksi setelah kegagalan misinya di Mozambik. Pada misinya kali ini pun ia harus kembali berhadapan dengan mantan agen CIA,

Titus Fisher (Richard Schiff), yang dahulu membuat misinya di Mozambik gagal. Dari sanalah Johnny tahu jika organisasi Vortex bertanggung jawab untuk rencana pembunuhan dari Perdana Menteri Republik Rakyat Tiongkok.

Nah, kini kamu tahu film apa saja yang pernah dimainkan oleh Rowan Atkinson. Tentu saja kamu juga akan menemukan film Mr. Bean yang telah menjadi ciri khasnya.

Ia beruntung karena Mr. Bean merupakan karakter yang ia ciptakan sendiri sehingga dapat menjadi ciri khasnya. Namun selain sebagai Mr. Bean, ia juga bermain untuk beberapa film yang juga ikonik.

Film ikonik dari Rowan Atkinson lainnya, tentu saja film Johnny English yang merupakan parodi dari agen rahasia kenamaan James Bond. Rowan Atkinson juga punya serial baru di Netflix yang berjudul Man vs Bee. Sudahkah kamu menonton seriesnya?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram