Bacaterus / Film Tokoh / 10 Film Terbaik yang Dibintangi Oleh Robert Downey Jr.

10 Film Terbaik yang Dibintangi Oleh Robert Downey Jr.

Ditulis oleh - Diperbaharui 22 Mei 2019

Sempat menjadi pecandu narkoba, siapa sangka jika Robert Downey Jr. kini menjadi salah satu artis dengan bayaran termahal? Konon, Downey menerima gaji hingga USD 75 juta atau kurang lebih 1 triliun rupiah berkat perannya sebagai Iron Man di sejumlah film Marvel Cinematic Universe (MCU).

Pesona Robert Downey Jr. memang sangat kuat. Di usianya yang telah menginjak lebih dari setengah abad Downey tetap memiliki kharisma yang sangat kuat. Kharisma tersebut juga diimbangi dengan kemampuan akting yang luar biasa.

Nah, bagi kamu yang juga menggemari Robert Downey Jr., ketahuilah sejumlah judul film terbaik yang dibintangi  oleh aktor tersebut. Bacaterus sudah merangkumnya khusus untukmu, lho.

1. Chaplin [1992]

* sumber: www.themoviedb.org

Dunia akting bukan hal baru bagi Downey. Pria kelahiran 4 April 1965 ini sudah memulai debutnya dalam film garapan ayahnya sendiri di tahun 1970 dengan judul “Pound”. Kala itu, Downey masih berusia 5 tahun. Namun, kemampuan akting Downey justru diakui pada awal tahun 90-an, tepatnya ketika ia memerankan sosok Charlie Chaplin dalam film yang berjudul “Chaplin”.

Charlie Chaplin dikenal sebagai aktor komedi yang kerap melakukan pantomim. Kehidupan Chaplin yang penuh kontroversi diangkat dalam film dengan judul yang sama ini. Walaupun film ini terasa membosankan, tetapi kehadiran Downey menjadi hiburan tersendiri bagi para penonton.

Berkat aktingnya sebagai Chaplin, Downey masuk dalam nominasi “Best Actor” dalam Oscar dan Golden Globe. Ia juga membawa pulang penghargaan dengan nominasi yang sama di BAFTA.

2. Tropic Thunder [2008]

* sumber: imgur.com

Tropic Thunder mempertemukan Downey dengan sejumlah aktor Hollywood ternama, seperti Ben Stiller, Tom Cruise, dan Jack Black. Di film laga ini Downey memerankan sosok Kirk Lazarus, aktor yang sedang melakukan syuting untuk film perang ber-budget besar.

Tiba-tiba Lazarus dan aktor lainnya harus menjadi “tentara” yang sebenarnya ketika mereka diserang oleh komplotan pengedar narkoba lokal. Akankah Lazarus dan kawan-kawan berhasil lolos dari peristiwa ini? Yuk, tonton saja filmnya saat kamu punya waktu luang!

3. Zodiac [2007]

* sumber: www.pinterest.es

Walaupun filmnya sudah rilis pada tahun 2007, tapi Zodiac tetap menjadi film thriller yang seru dan menegangkan. Apalagi di film ini sejumlah bintang Hollywood ternama dipertemukan, mulai dari Robert Downey Jr., Jake Gyllenhaal, dan Mark Ruffalo (pemeran Hulk).

Zodiac sendiri merupakan film yang mengisahkan pembunuh berantai yang selalu mengirimkan kode-kode rahasia pada kantor surat kabar setelah ia melakukan aksi brutalnya. Paul Avery (Robert Downey Jr.) adalah jurnalis yang meliput kasus-kasus sang pembunuh. Avery tertarik untuk memecahkan kode-kode rahasia yang dikirim oleh si pembunuh.

Bersama seorang kartunis bernama Robert Graysmith (Jake Gyllenhaal), Avery mulai melakukan penyelidikan untuk mengungkap misteri pembunuhan berantai ini. Apakah Avery dan Graysmith berhasil memecahkan teka-teki ini? Atau justru mereka lah yang menjadi korban si pembunuh berikutnya?

4. Iron Man dan Film MCU Lainnya [2008 – 2019]

Robert Downey Jr. bergabung dengan Marvel pada tahun 2008. Kala itu, film Iron Man [2008] menjadi awal mula dari serangkaian film-film MCU lainnya. Perannya sebagai Tony Stark alias Iron Man memang cukup menyita perhatian. Stark sendiri digambarkan sebagai pria perlente, kaya, dan memiliki keinginan untuk menjadi superhero berteknologi canggih.

Sejak Iron Man mendapatkan respon yang baik dari penonton di seluruh penjuru dunia, Downey pun selalu tak pernah absen memerankan sosok Iron Man di film-film MCU lainnya. Namun, di tahun 2019 tersiar kabar bahwa Downey tidak lagi memerankan Iron Man.

Pemberitaan tersebut juga nampak diamini dengan terbunuhnya karakter Iron Man saat melawan Thanos dalam Avengers: Endgame [2019]. Di film tersebut Iron Man menggunakan Infinity Stones untuk mengalahkan Thanos. Akibat tak kuat menahan kekuatan Infinity Stones, Iron Man pun tewas disaksikan oleh para Avengers lainnya.

5. Sherlock Holmes [2009]

* sumber: screenrant.com

Di tengah kuatnya image Downey sebagai Iron Man, ternyata aktor tampan ini juga berani keluar dari zona nyaman untuk mencoba peran baru. Downey mengambil peran di Sherlock Holmes. Downey pun dianggap sukses memerankan Holmes, sosok detektif fisksi yang begitu santai tapi sangat cerdas dan memiliki insting yang tajam.

Mengambil setting London pada tahun 1890, Holmes bersama sahabat karibnya, Dr. John Watson (Jude Law), mencoba menghentikan Lord Blackwood (Mark Strong) yang ingin mengambil alih London. Walaupun mengusung setting yang terbilang oldschool, tetapi film ini menyajikan berbagai efek visual yang menarik.

6. Wonder Boys [2000]

* sumber: www.moviesteve.com

Dalam film Wonder Boys, Robert Downey Jr. bukan aktor pemeran utama. Namun, Downey mendapatkan porsi yang terbilang lumayan pada film yang disutradarai oleh Curtis Hanson.

Sinopsis film ini berfokus pada Grady Tripp, seorang profesor Bahasa Inggris, yang hidupnya dipenuhi oleh masalah dengan murid-muridnya, selirnya, sampai dengan sang penerbit (Robert Downey Jr.) yang menunggu novel keduanya.

Film ini merupakan film dengan cerita yang ringan. Tanpa kita sadari, setiap tokoh dalam film ini memiliki hubungan satu sama lain meskipun fokus ceritanya memang berada pada Profesor Grady.

7. Heart and Souls [1993]

* sumber: www.imdb.com

Film-film bagus dari Robert Downey Jr. tidak hanya terbatas pada MCU saja. Di tahun 1993, Downey pernah membintangi sebuah film berjudul “Heart and Souls” yang mengantarkannya meraih penghargaan sebagai “Best Actor” pada ajang Academy of Science Fiction, Fantasy, & Horror Films tahun 1994.

Kisah film ini berfokus pada Thomas Reilly (Robert Downey Jr.), seorang pebisnis yang membantu empat arwah (jiwa) korban kecelakaan bus. Keempat arwah tersebut memiliki masalah dunia yang belum terselesaikan. Reilly lah orang yang nantinya akan membantu keempat arwah tersebut untuk menyelesaikan urusan dunianya masing-masing.

8. The Judge [2014]

* sumber: The%20Judge

Di tengah popularitasnya sebagai Iron Man, Downey kembali membintangi film yang sama sekali bukan film superhero. The Judge adalah sebuah film bergenre drama kriminal yang mampu memainkan emosi penontonnya.

Downey memerankan sosok Hank Palmer, pengacara besar yang kini harus membela ayahnya yang terlibat kasus pembunuhan. Palmer sendiri berada di sebuah dilema, antara membela ayahnya atau justru membalas dendam lantaran rasa sakit hati akibat didikan ayahnya semasa ia kecil.

9. Short Cuts [1993]

* sumber: www.imdb.com

Downey mungkin hanyalah seorang figuran dalam film drama komedi ini. Akan tetapi, kehadiran Downey dalam “Short Cuts” memang memberikan warna tersendiri untuk membuatmu interest menonton film ini.

Short Cuts menceritakan tentang kehidupan bertetangga di pinggiran Kota Los Angeles. Film ini berisi 9 cerita pendek dengan kelucuannya tersendiri. Downey sendiri mendapatkan peran Bill Bush, seorang penata rias yang bermain di salah satu apartment tetangganya bersama sang istri.

10. Chef [2014]

* sumber: movie4uz.wordpress.com

Kalau kamu penggemar setia MCU, kamu pasti mengetahui sosok Harold Hogan alias “Happy” dalam berbagai film Iron Man. Bahkan, sosok Happy ini kembali muncul dalam film Avengers: Endgame dan Spider-Man: Far From Home. Sosok asisten pribadi Tony Stark ini diperankan oleh Jon Favreau yang juga menjadi sutradara film Iron-Man [2008] dan Iron-Man 2 [2010].

Nah, di film “Chef” ini Downey kembali dipertemukan dengan Jon Favreau. Jon kembali menjadi sutradara sekaligus aktor utama dalam film ini. Sementara kehadiran Downey sebagai pemeran pembantu di film ini juga cukup menyita perhatian.

Sinopsis film ini adalah tentang Carl Casper (Jon Favreau), chef yang kehilangan pekerjaannya di restoran sehingga membuka usaha food truck sembari berusaha menyatukan keutuhan keluarganya kembali. Downey sendiri berperan sebagai Marvin, mantan suami dari mantan istri Carl, yang bertindak sebagai investor usaha Carl.

Dari 10 judul film Robert Downey Jr. ini, manakah yang ingin kamu saksikan lebih dulu? Kamu pun bisa menambahkan judul film Downey lainnya yang mungkin belum kami bahas di sini. Tulis rekomendasimu di kolom komentar, ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar