Bacaterus / Film Horror Indonesia / Inilah 6 Film Risa Saraswati Terbaik yang Wajib Ditonton!

Inilah 6 Film Risa Saraswati Terbaik yang Wajib Ditonton!

Ditulis oleh - Diperbaharui 7 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Siapa sih yang engga kenal sama salah satu penulis kondang bernama Risa Saraswati? Perempuan yang lahir di Bandung tanggal 24 Februari 1985 silam ini dikenal dengan tulisan mistisnya yang cukup membuat kita bergidik ngeri karena kemampuannya berkomunikasi dengan ‘teman’ dari dunia lain.

Selain menjadi penulis, Risa Saraswati dikenal juga sebagai penyanyi dan penulis lagu. Banyak karya-karya nya yang melejit di pasaran baik dari lagu, buku bahkan tulisannya yang disunting ulang menjadi sebuah film.

Film yang ditulis oleh Risa Saraswati kebanyakan berasal dari kehidupan pribadinya. Cerita -cerita tersebut, ia sampaikan kepada banyak orang untuk menyampaikan pesan; baik itu mengenai moral, kehidupan, cinta, misteri dan juga sekaligus menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan ‘teman-teman’ Risa.

Peter Van Gills, Hendrick Konnings, Hans Joseph Weel, William Van Kemmen dan Jantje Heinrich Janshen; mereka semua teman spesial Risa karena telah menemani Risa dari kecil dan mereka adalah makhluk ghaib. Menarik bukan? Ingin tahu lebih lanjut mengenai cerita-cerita Risa yang dibuat menjadi film? Yuk, simak artikelnya!

1. Danur

DANUR

  • Tahun rilis: 2017
  • Genre: Horror
  • Produksi: MD Entertainment
  • Sutradara: Awi Suryadi
  • Pemeran: Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Sahreefa Daanish

Danur merupakan film yang diangkat dari buku karya Risa Saraswati berjudul Gerbang Dialog Danur. Distrudarai oleh Awi Suryadi, film ini berhasil minat penonton sebanyak 2 juta orang! Kisahnya sendiri berasal dari kehidupan Risa yang sedari kecil sudah menjadi gadis indigo. Disinilah awal mula Peter, Janshen dan William diperkenalkan.

Bermula ketika Risa kecil berumur 8 tahun berharap untuk memiliki teman bermain mengingat Ayahnya sering sekali berangkat ke luar negeri dan Ibu Risa sibuk akan pekerjaannya sebagai guru. Risa kecil yang kesepian akhirnya didatangi oleh Peter, Janshen dan William. Mereka bertiga menjadi teman yang menyenangkan untuk Risa.

Namun anehnya, Peter, Janshen dan William hanya bisa dilihat oleh Risa, sedangkan orang lain bahkan orang tua Risa sendiri tidak bisa melihatnya. Awalnya Ibu Risa menganggap Risa memiliki teman khayalan, namun karena RIsa semakin aktif berkomunikasi sendiri, Ibu Risa menjadi khawatir, sehingga beliau memanggil seorang paranormal untuk membantunya.

9 tahun berlalu, Risa akhirnya kembali ke rumah masa kecilnya. Tidak ada yang berbeda, namun kali ini rumah tersebut menjadi sedikit lebih ramai karena adanya adik Risa dan sepupu Risa, Andri. Mereka diminta untuk menjaga nenek mereka yang saat itu sedang menunggu pengasuhnya datang.

Naas, lepas dari pengawasan, Riri bermain di belakang rumah dekat pohon besar. Riri menemukan sisir yang dimiliki oleh seorang hantu jahat bernama Asih. Merasa terpanggil, Asih mulai mengganggu kehidupan Risa sekeluarga bahkan membawa Riri ke dunia ghaib.

Patah semangat karena tidak tahu harus berbuat apa, Risa tiba-tiba teringat teman masa kecilnya yang selalu ada untuknya. Apakah Risa bisa mengalahkan Asih?

Film Danur ini menjadi film yang sangat laris. Karena jumlah penontonnya yang luar biasa banyak, film ini sampai mendapat penghargaan dari MURI. Tidak heran sih apabila mengingat jalan ceritanya yang sangat menarik untuk ditonton. Kalian sudah menontonnya?

2. Danur 2: Maddah

DANUR 2: MADDAH

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Horror
  • Produksi: MD Entertainment
  • Sutradara: Awi Suryadi
  • Pemeran: Prilly Latuconsina, Shawn Adrian Khulafa, Sophia Müller

Untuk segi cerita, Danur 2: Maddah memang berbeda dengan cerita di film Danur pertama. Apabila di film Danur pertama, Risa harus berurusan dengan Asih si hantu jahat itu, kini Risa harus kembali melakukan petualangannya untuk mengusut tuntas hantu pengganggu yang berniat untuk mencelakai dirinya dan keluarganya bernama Elizabeth.

Cerita bermula saat Risa dan Riri harus menetap untuk sementara di rumah Bibi dan Pamannya karena Ibu Risa masih sangat sibuk dengan pekerjaannya di luar kota. Mau tidak mau, Risa dan Riri harus sebisa mungkin terbiasa dengan peraturan di rumah Bibi dan Pamannya. Disana tinggal juga Angki putra mereka.

Awalnya keadaan rumah biasa-biasa saja, namun semakin lama, Risa merasakan ada perasaan janggal terhadap salah satu pavilliun di belakang rumah utama. Di Pavilliun itu, biasanya Paman Risa mengerjakan pekerjaannya. Mencoba menerka-nerka apa yang terjadi, Paman Risa memperlihatkan tingkah yang sangat aneh. Menjadi pendiam.

Kemudian hari, Bibi Risa masuk rumah sakit karena traumatis setelah melihat ‘sosok’ tersebut yang bahkan Risa pun sulit melihatnya. Saat menjaga bibi nya di Rumah Sakit, Risa bertemu dengan wanita paruh baya yang bekerja sebagai orang yang memandikan jenazah.

Seakan tahu kalau Risa ‘berbakat; wanita ini memberi informasi bahwa hantu yang kuat bisa memilih apakah bau danur mereka ingin dicium oleh manusia atau tidak. Satu-satunya jalan supaya Risa bisa menjelaskan apa yang terjadi, Risa harus memperdalam kekuatannya; Maddah.

Walhasil, saat Risa berhasil melihat wujud Elizabeth si hantu jahat yang ingin mengambil nyawa Pamannya, Risa segera bertindak dengan bantuan Janshen, Peter dan William ditambah lagi teman baru Risa bernama Hendrick dan Hans.

Film ini berhasil meraup untung sebesar Rp 107 miliar! Dengan pencapaian penonton sebanyak 2,5 juta orang. Seperti yang sudah di informasikan di prolog, karya-karya Risa Saraswati ini memang layak ditonton bukan?

3. Danur 3: Sunyaruri

Danur 3: Sunyaruri

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Horror
  • Produksi: MD Entertainment
  • Sutradara: Awi Suryadi
  • Pemeran: Prilly Latuconsina, Sandrinna Michelle, Rizky Nazar

Cerita Risa Saraswati kembali menjadi salah satu film paling dilirik di tahun 2019. Mengulang kesuksesan dari film Danur sebelumnya; cerita di Danur 3: Sunyaruri kembali menghadirkan cerita Risa yang kembali harus melanjutkan petualangannya dalam melawan arwah-arwah jahat yang ingin mengusik kehidupan dirinya.

Adalah Dimas, pacar Risa yang sama sekali tidak tahu mengenai ‘bakat’ Risa dalam hal berkomunikasi dengan makhluk ghaib. Ada alasan kenapa Risa tidak mau Dimas tahu akan hal itu, karena Risa ingin menjalani hidup dengan normal dan apa adanya seperti orang lain.

Masalah muncul disaat Risa merayakan ulang tahun Dimas di rumahnya bersama beberapa teman-temannya. Ada arwah lain di dalam rumah yang tertarik dengan Risa dan mengganggunya. Namun Risa salah sangka, Risa langsung menuduh ke 5 temannya yang mengganggu dirinya hingga melukai Dimas.

Akhirnya Risa berharap supaya mata batinnya tertutup dengan mengucapkan beberapa kalimat yang berasal dari seorang wanita yang Risa pun tidak tahu siapa. Bak seperti di hipnotis, Risa mengucapkan kalimat itu dan mata batinnya benar-benar tertutup. Risa tidak bisa melihat ke 5 temannya lagi.

Untuk beberapa hari pertama, hidup Risa aman terkendali, namun lama kelamaan, arwah yang sebelumnya datang mengganggu Risa kembali hadir mengacaukan semuanya. Ternyata arwah tersebut ingin mengambil 5 teman Risa. Menurut kamu, apa cerita ini akan berakhir bahagia dan Risa bisa kembali lagi bertemu Janshen, Peter, William, Hendrick dan Hans?

4. Asih

Asih

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Horror
  • Produksi: MD Entertainment
  • Sutradara: Awi Suryadi
  • Pemeran: Sahreefa Daanish, Citra Kirana, Darius Sinathrya

Masih ingat dengan hantu jahat bernama Asih pada film Danur pertama? Risa Saraswati menulis cerita Asih untuk melengkapi Danur Universe, supaya para pembaca juga para penonton mengerti kisah Asih. Kenapa dan bagaimana Asih bisa menjadi arwah jahat.

Dikisahkan seorang perempuan bernama Ita yang tinggal bersama suaminya Andi & seorang anak yang lahir sebulan lebih awal bernama Amelia, bayi mungil cantik yang disukai oleh semua orang di desa tersebut. Namun karena ada kabar kalau ada hantu bernama Asih yang suka menculik anak, Ita khawatir bukan main makanya Ita minta bantuan dukun bernama Abah.

Abah menceritakan bahwa Asih sebenarnya bernama Kasih. Dia ditinggal suaminya, dicampakan keluarga dari kedua belah pihak dan diusir masyarakat di desanya. Akhirnya Asih pergi merantau dalam keadaan hamil. Tidak kuat dengan tekanan hidup, Asih memilih untuk gantung diri di sebuah pohon yang ternyata berada tak jauh dari rumah Ita dan Andi.

Sejak saat itu, Asih menjadi arwah jahat yang mencari bayi baru lahir untuk dijadikan pengganti anaknya. Abah membantu keluarga tersebut untuk menyelamatkan Amelia. Setelah berhasil, Asih dikunci di pohon tersebut dengan cara menancapkan sisir miliknya di pohon sampai 37 tahun kemudian, Riri adik Risa mengambil sisir tersebut dan melepaskan arwah Asih.

Film Asih ini berhasil menarik minat penonton sebanyak 1 juta orang pada 5 hari pertama penayangannya. Bisa ditebak seseram apa bukan film nya? Sebagai saran, lebih baik teman-teman menonton dulu Danur pertama sebelum menonton Asih karena teman-teman akan bingung kalau tidak tahu asal Asih darimana. Oke?

5. Rasuk

Rasuk

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Horror
  • Produksi: MD Pictures & Dee Company
  • Sutradara: Ubay Fox
  • Pemeran: Shandy Aulia, Miller Khan, Denira Wiraguna

Tulisan lain Risa Saraswati yang berhasil memikat 900.000 penonton adalah Rasuk. Rasuk menceritakan tentang kehidupan Langgir; seorang gadis belia yang kehidupannya selalu dirundung masalah. Langgir dipenuhi kebencian dan iri dengki dengan beberapa temannya yang ia anggap memiliki kehidupan yang jauh lebih layak dari dirinya.

Dalam cerita, salah satu teman Langgir, Lintang, akan segera berangkat ke Singapura. Namun karena ingin menghabiskan waktu bersama teman-temannya yang dipanggil kelompok Putri Sejagat bersama Abimanyu, pria yang disukai Langgir.

Akhirnya Lintang mengajak mereka ke villa Pamannya bernama Karma Rinjani. Celaka, rencana perjalanan mereka malah berubah 180 derajat. Dari awalnya menyenangkan, perjalanan mereka malah berantakan terganggu oleh hal mistik setelah bertemu dengan gadis bernama Kumalasari.

Usut punya usut, ternyata Kumalasari merupakan arwah jahat yang ingin mencelakakan Langgir karena Langgir dinilai paling kuat mengingat banyaknya kebencian yang ada di dalam dirinya. Film Rasuk tidak ada kaitan dengan Danur Universe ya.

Jadi buat kalian yang belum nonton Danur 1,2,3 tidak masalah kalau mau menonton film Rasuk tanpa harus kebingungan. Dibungkus rasa ngeri, penonton dijamin bergidik! Yuk yang belum nonton filmnya, kita nonton bareng!

6. Silam

Silam

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Horror
  • Produksi: Pichouse Films
  • Sutradara: Jose Purnomo
  • Pemeran: Zidane Khalid, Nova Elisa, Surya Saputra

Sama dengan film Rasuk, film Silam tidak ada hubungannya dengan film Danur, namun film ini ditulis dari cerita Risa Saraswati. Meskipun bukan termasuk Danur Universe, Silam menjadi film yang layak untuk ditonton. Menceritakan tentang seorang anak laki-laki bernama Bagaskara. Hidupnya sulit setelah ia kehilangan Ayahnya dan Ibunya selalu menyalahkan Bagas atas kematian suaminya itu.

Bagas stress bukan main, belum lagi dia jadi bahan rundungan 1 kelas temannya. Menjadikan Bagas semakin tertekan. Ingin keluar dari masalah tersebut, Bagas menemukan foto saudara kembar Ayahnya. Ia pun segera mencari alamat Pamannya itu untuk ikut tinggal bersamanya. Beruntung, sesampainya di rumah Pamannya, Bagas disambut dengan ramah.

Bagas senang sekali karena dirinya diterima. Namun entah kenapa Bagas merasa ada yang janggal di keluarga Pamannya ini. Mereka selalu menyambut Bagas dimanapun kapanpun mereka saling berpapasan di rumah. Rasa janggal Bagas semakin menjadi saat ia melihat ada seorang wanita yang menaruh sesajen di depan Rumah.

Rasa tidak nyaman mulai terasa oleh Bagas. Ia bahkan sering diganggu oleh hantu wanita berbaju putih. Saat mencoba melarikan diri dari hantu itu, Bagas akhirnya menemukan jawaban dari kejanggalan yang ia rasakan selama ini. Kira-kira apa ya jawaban dari pertanyaan Bagas itu? Film ini punya ending yang engga bisa kalian duga loh! Yuk tonton filmnya!

Nah, itu tadi film-film karya tulisan Risa Saraswati yang oke sekali untuk ditonton bersama dengan teman-teman pada weekend nanti. Ditemani pop corn dan minuman ringan, dijamin malam minggu kalian akan seru banget. Hati-hati di setiap jump scare yang muncul. Lumayan bisa membuat mangkok pop corn mu tumpah! Selamat menonton.

Jangan lupa, kita juga ada referensi nonton film horor lainnya loh. Yuk cek artikelnya di Film Horor Indonesia Terbaik dan Paling Menyeramkan!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *