Inilah 6 Film Risa Saraswati Terbaik yang Wajib Ditonton!

Ditulis oleh Gerryaldo

Siapa sih yang engga kenal sama salah satu penulis kondang bernama Risa Saraswati? Perempuan yang lahir di Bandung tanggal 24 Februari 1985 silam ini dikenal dengan tulisan mistisnya yang cukup membuat kita bergidik ngeri karena kemampuannya berkomunikasi dengan ‘teman’ dari dunia lain.

Selain menjadi penulis, Risa Saraswati dikenal juga sebagai penyanyi dan penulis lagu. Banyak karya-karya nya yang melejit di pasaran baik dari lagu, buku bahkan tulisannya yang disunting ulang menjadi sebuah film.

Film yang ditulis oleh Risa Saraswati kebanyakan berasal dari kehidupan pribadinya. Cerita -cerita tersebut, ia sampaikan kepada banyak orang untuk menyampaikan pesan; baik itu mengenai moral, kehidupan, cinta, misteri dan juga sekaligus menjadi salah satu sarana untuk memperkenalkan ‘teman-teman’ Risa.

Peter Van Gills, Hendrick Konnings, Hans Joseph Weel, William Van Kemmen dan Jantje Heinrich Janshen; mereka semua teman spesial Risa karena telah menemani Risa dari kecil dan mereka adalah makhluk ghaib. Menarik bukan? Ingin tahu lebih lanjut mengenai cerita-cerita Risa yang dibuat menjadi film? Yuk, simak artikelnya!

1. Danur

DANUR

Danur merupakan film yang diangkat dari buku karya Risa Saraswati berjudul Gerbang Dialog Danur. Distrudarai oleh Awi Suryadi, film ini berhasil minat penonton sebanyak 2 juta orang! Kisahnya sendiri berasal dari kehidupan Risa yang sedari kecil sudah menjadi gadis indigo. Disinilah awal mula Peter, Janshen dan William diperkenalkan.

Bermula ketika Risa kecil berumur 8 tahun berharap untuk memiliki teman bermain mengingat Ayahnya sering sekali berangkat ke luar negeri dan Ibu Risa sibuk akan pekerjaannya sebagai guru. Risa kecil yang kesepian akhirnya didatangi oleh Peter, Janshen dan William. Mereka bertiga menjadi teman yang menyenangkan untuk Risa.

Namun anehnya, Peter, Janshen dan William hanya bisa dilihat oleh Risa, sedangkan orang lain bahkan orang tua Risa sendiri tidak bisa melihatnya. Awalnya Ibu Risa menganggap Risa memiliki teman khayalan, namun karena RIsa semakin aktif berkomunikasi sendiri, Ibu Risa menjadi khawatir, sehingga beliau memanggil seorang paranormal untuk membantunya.

9 tahun berlalu, Risa akhirnya kembali ke rumah masa kecilnya. Tidak ada yang berbeda, namun kali ini rumah tersebut menjadi sedikit lebih ramai karena adanya adik Risa dan sepupu Risa, Andri. Mereka diminta untuk menjaga nenek mereka yang saat itu sedang menunggu pengasuhnya datang.

Naas, lepas dari pengawasan, Riri bermain di belakang rumah dekat pohon besar. Riri menemukan sisir yang dimiliki oleh seorang hantu jahat bernama Asih. Merasa terpanggil, Asih mulai mengganggu kehidupan Risa sekeluarga bahkan membawa Riri ke dunia ghaib.

Patah semangat karena tidak tahu harus berbuat apa, Risa tiba-tiba teringat teman masa kecilnya yang selalu ada untuknya. Apakah Risa bisa mengalahkan Asih?

Film Danur ini menjadi film yang sangat laris. Karena jumlah penontonnya yang luar biasa banyak, film ini sampai mendapat penghargaan dari MURI. Tidak heran sih apabila mengingat jalan ceritanya yang sangat menarik untuk ditonton. Kalian sudah menontonnya?

2. Danur 2: Maddah

DANUR 2: MADDAH

Untuk segi cerita, Danur 2: Maddah memang berbeda dengan cerita di film Danur pertama. Apabila di film Danur pertama, Risa harus berurusan dengan Asih si hantu jahat itu, kini Risa harus kembali melakukan petualangannya untuk mengusut tuntas hantu pengganggu yang berniat untuk mencelakai dirinya dan keluarganya bernama Elizabeth.

Cerita bermula saat Risa dan Riri harus menetap untuk sementara di rumah Bibi dan Pamannya karena Ibu Risa masih sangat sibuk dengan pekerjaannya di luar kota. Mau tidak mau, Risa dan Riri harus sebisa mungkin terbiasa dengan peraturan di rumah Bibi dan Pamannya. Disana tinggal juga Angki putra mereka.

Awalnya keadaan rumah biasa-biasa saja, namun semakin lama, Risa merasakan ada perasaan janggal terhadap salah satu pavilliun di belakang rumah utama. Di Pavilliun itu, biasanya Paman Risa mengerjakan pekerjaannya. Mencoba menerka-nerka apa yang terjadi, Paman Risa memperlihatkan tingkah yang sangat aneh. Menjadi pendiam.

Kemudian hari, Bibi Risa masuk rumah sakit karena traumatis setelah melihat ‘sosok’ tersebut yang bahkan Risa pun sulit melihatnya. Saat menjaga bibi nya di Rumah Sakit, Risa bertemu dengan wanita paruh baya yang bekerja sebagai orang yang memandikan jenazah.

Seakan tahu kalau Risa ‘berbakat; wanita ini memberi informasi bahwa hantu yang kuat bisa memilih apakah bau danur mereka ingin dicium oleh manusia atau tidak. Satu-satunya jalan supaya Risa bisa menjelaskan apa yang terjadi, Risa harus memperdalam kekuatannya; Maddah.

Walhasil, saat Risa berhasil melihat wujud Elizabeth si hantu jahat yang ingin mengambil nyawa Pamannya, Risa segera bertindak dengan bantuan Janshen, Peter dan William ditambah lagi teman baru Risa bernama Hendrick dan Hans.

Film ini berhasil meraup untung sebesar Rp 107 miliar! Dengan pencapaian penonton sebanyak 2,5 juta orang. Seperti yang sudah di informasikan di prolog, karya-karya Risa Saraswati ini memang layak ditonton bukan?

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram