Bacaterus / Film Psikologi / 10 Film Psikologi Terbaik untuk Mengenal Karakter Manusia

10 Film Psikologi Terbaik untuk Mengenal Karakter Manusia

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 April 2020

Film bukan saja hanya bisa memberi hiburan, namun juga bisa membuat kamu mempelajari banyak hal. Salah satunya membuat kamu mengenal beragam kepribadian dan karakter manusia melalui film-film bergenre psikologi. Film psikologi merupakan film yang ceritanya mengangkat mengenai sisi lain dari kepribadian seseorang yang biasanya menjadi tokoh utama film tersebut.

Dalam film psikologi, kamu akan melihat betapa rumit dan kompleksnya karakter dan kepribadian manusia. Oleh karena itu, biasanya film-film ini juga memiliki jalan cerita yang cukup membingungkan dan sering dibuat dengan twist ending yang tidak terduga. Dari banyaknya film bergenre psikologi, berikut 10 film psikologi terbaik yang bisa menjadi referensi tontonan kamu.

1. Black Swan (2010)

Black Swan (2010)

Black Swan merupakan film bergenre thriller psikologi yang disutradarai oleh Darren Aronofsky dan dibintangi oleh Natalie Portman. Film ini berhasil memenangkan lima piala Oscar pada ajang Academy Award ke 83 dalam kategori Best Picture, Best Director, Best Actress, Best Cinematography, dan Best Film Editing. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 8.

Black Swan mengisahkan tentang kehidupan Nina, seorang ballerina yang berambisi untuk mendapatkan peran utama dalam pertunjukan balet Swan Lake. Dalam film ini, kamu akan melihat bagaimana emosi dan psikologi seorang tokoh utama yang berubah-ubah hingga ia tidak bisa membedakan mana karakter aslinya dan mana karakter ratu angsa yang diperankannya.

2. The Silent of The Lambs (1991)

The Silent of The Lambs (1991)

Dari era film tahun 90-an, The Silent of The Lambs menjadi salah satu film psikologi terbaik yang disutradarai oleh Jonathan Demme dan dibintangi Jodie Foster. Film ini juga sukses di berbagai ajang penghargaan seperti BAFTA Awards, Golden Globe Awards, serta lima kategori di Academy Awards termasuk kategori Best Picture dan Best Director.

Film ini berkisah tentang seorang agen FBI yang mendapat tugas untuk menginterogasi seorang tahanan di rumah sakit jiwa yang dikenal sangat berbahaya. Tahanan tersebut merupakan seorang psikiater yang didakwa kasus pembunuhan dan kanibalisme, dimana ia sangat paham bagaimana cara mengelabuhi perilaku manusia. Film ini memiliki rating 8,6 dari situs IMDb.

3. Split (2017)

Split (2017)

Film Split adalah film mengenai perilaku kepribadian ganda yang terinspirasi dari kisah nyata Billy Michigan, seorang pria yang memiliki 24 kepribadian. Kisah ini kemudian dituangkan dalam tokoh Kevin yang diperankan oleh James Mc Avoy. Film yang disutradarai oleh M. Night Shyamalan ini juga merupakan sekuel dari film Shyamalan sebelumnya, Unbreakable.

Dalam film Split, Kevin dikisahkan sebagai seorang yang tidak bisa mengontrol kepribadian mana yang akan muncul dari dalam dirinya. Hal ini menjadi suatu ancaman karena diantara 24 kepribadiannya, ada beberapa karakter yang memiliki sifat jahat dan tidak segan untuk melukai orang lain. Di situs IMDb, film ini memiliki rating 7,3.

4. Gone Girl (2014)

Gone Girl (2014)

Gone Girl merupakan film bergenre psikologi yang digabungkan dengan unsur drama romance dan misteri arahan sutradara David Fincher. Film ini dibintangi oleh Ben Affleck dan Rosamund Pike. Film ini diadaptasi dari sebuah novel dengan judul yang sama karya Gillian Flynn yang terbit tahun 2012.

Film ini berkisah tentang pasangan suami istri yang awalnya harmonis dan seolah sempurna, Nick dan Amy. Keadaan berubah ketika suatu hari Amy menghilang dari rumah. Selanjutnya kamu akan melihat bahwa mereka sebenarnya memiliki relasi yang janggal dan aneh dengan kepribadian si istri yang tidak bisa ditebak. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 8,1.

5. A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind adalah film biografi yang diangkat dari kisah nyata seorang ahli matematika terkemuka sekaligus peraih nobel, John Forbes Nash. Film ini disutradarai oleh Ron Howard dan dibintangi oleh Russel Crowe yang memerankan tokoh Nash. Film A Beautiful Mind berhasil memenangkan lima kategori Oscar termasuk diantaranya Best Picture dan Best Director.

Dikisahkan Nash adalah seorang matematikawan jenius namun ia mengidap penyakit schizofrenia. Ini membuatnya berhalusinasi dan tidak bisa membedakan antara fantasi dan realita. Film ini akan mengajak kamu melihat bagaimana perjuangan Nash dan orang-orang sekitarnya untuk melawan penyakit tersebut. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating 8,2.

6. Shutter Island (2010)

Shutter Island (2010)

Shutter Island merupakan sebuah film psikologi thriller yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio dan disutradarai oleh Martin Scorsese. Film ini mengisahkan mengenai seorang federal U.S Marshall yang mendapat tugas untuk menyelidiki kasus hilangnya seorang pasien di rumah sakit jiwa yang berada di sebuah pulau terpencil bernama Shutter Island.

Mengikuti film ini akan membuat kamu ikut menebak teka-teki dan berbagai kejadian yang terjadi di rumah sakit jiwa tersebut. Potongan teka-teki tersebut akan terkuak hingga memunculkan misteri lain mengenai kondisi kejiwaan sang marshall sendiri. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 8,1.

7. Orphan (2009)

Orphan (2009)

Dari genre film horror, Orphan merupakan salah satu film horror psikologi yang menarik untuk kamu tonton. Film ini disutradarai oleh Jaume Collet-Serra dan menampilkan artis cilik kala itu, Isabelle Fuhrman yang berperan sebagai Esther, sosok anak kecil berusia sembilan tahun yang misterius dan penuh rahasia

Dikisahkan sepasang suami istri, Kate dan John Coleman memutuskan untuk mengadopsi seorang anak dari panti asuhan pasca mereka kehilangan anak ketiganya yang meninggal sebelum lahir. Namun rupanya gadis sembilan tahun yang mereka adopsi memiliki kondisi psikologis yang berbahaya. Di situs IMDb, film ini memiliki rating sebesar 6,9.

8. The Machinist (2004)

The Machinist (2004)

Film The Machinist merupakan sebuah film psikologi thriller yang disutradarai oleh Brad Anderson dan dibintangi oleh Christian Bale. Film ini juga banyak diperbincangkan karena totalitas yang dilakukan oleh seorang Christian Bale dalam menurunkan berat badannya hingga 30 kilogram demi perannya dalam film ini,

Dalam film ini, Christian Bale memerankan tokoh Trevor Reznik, Trevor adalah seorang pekerja pabrik yang menderita insomnia. Ini membuatnya tidak bisa tidur berbulan-bulan hingga membutnya kebingungan dengan apa yang terjadi dalam hdupnya. Di situs IMDb, film ini memiliki rating sebesar 7,7.

9. Identity (2003)

Identity (2003)

Identity merupakan film bergenre psikologi thriller yang disutradarai oleh James Mangold. Dibintangi oleh John Cusack, Ray Liotta, Amanda Peet, dan sederet aktor dan aktris lainyya, identity mengangkat kisah tentang kepribadian ganda seorang pembunuh bernama Malcolm Rivers.

Dalam film ini, Malcolm membuat sebuah ceritanya sendiri untuk membunuh satu-persatu kepribadiannya tersebut. Hal ini harus dilakukan karena salah satu kepribadiannya adalah karakter jahat yang sudah membunuh banyak orang di dunia nyata. Di situs IMDb, film ini memiliki rating sebesar 7,3.

10. Joker (2019)

Joker (2019)

Joker merupakan film drama thriller psikologi yang rilis tahun 2019 dan sedang banyak diperbincangkan karena mendapatkan banyak kategori nominasi Oscar. Film ini disutradarai oleh Todd Phillips dan merupakan film Spin Off dari DC Universe. Tokoh Joker dalam film ini diperankan oleh Joaquin Phoenix yang sangat total memerankan karakter badut tersebut.

Film Joker versi ini lebih berfokus pada kehidupan Arthur Fleck hingga ia akhirnya menjadi sosok Joker. Dalam film ini, kita akan melihat bagaimana suram dan kacaunya kehidupan di sekeliling Arthur yang berpengaruh terhadap kondisi psikologisnya. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 8,6.

Itulah sepuluh film psikologi terbaik yang bisa menjadi rekomendasi tontonan kamu untuk lebih mengenal beragam karakter dan kepribadian manusia. Manakah yang sudah kamu tonton? Apa yang kamu rasakan setelah menonton film-film tersebut? Bagikan tanggapannya di kolom komentar ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *