Bacaterus / Film Barat / 20 Film dengan Plot Twist Terbaik yang Bikin Terkejut

20 Film dengan Plot Twist Terbaik yang Bikin Terkejut

Ditulis oleh - Diperbaharui 2 September 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film memang menjadi tontonan yang asyik untuk mengisi waktu luang. Beragam genre dan tema cerita yang seru bisa membuat para penonton terhibur. Salah satunya film yang memiliki plot twist yang akan kita bahas kali ini.

Secara singkat, plot twist adalah alur cerita yang berubah secara disengaja untuk memberikan sensasi kejutan bagi para penonton di akhir cerita.

Selain dalam film, plot twist juga sering digunakan oleh para penulis di dalam novel. Nah, apa saja judul film yang memiliki plot twist menarik. Kali ini Bacaterus telah merangkum 10 film dengan plot twist terbaik yang bisa membuat penonton terkejut. Berikut adalah daftarnya:

1. Fight Club

Fight Club

Salah satu film Brad Pitt yang satu ini memang cukup ikonik. Fight Club dirilis pada tahun 1999. Film ini merupakan adaptasi dari sebuah novel berjudul sama. Filmnya sendiri menceritakan tentang seorang pria pekerja kantoran yang terjebak dalam dunia hitam sebuah klub pertarungan ilegal.

Film yang dimainkan sederet aktor papan atas Hollywood seperti Brad Pitt, Edward Norton dan Helena Bonham Carter ini memang telah sukses mencuri perhatian penonton saat pertama kali dirilis.

Selain memiliki jalan cerita yang unik, plot twist yang dihadirkan pun dijamin bisa membuat para penonton tercengang. Seperti apa keseruan jalan cerita film yang satu ini? Kamu bisa tonton sendiri filmnya.

2. Se7en

Seven (Copy)

  • Tahun rilis: 1995
  • Genre: Psyhcological, Crime
  • Produksi: Cecchi Gori Pictures
  • Sutradara: David Fincher
  • Pemain: Brad Pitt, Morgan Freeman, Gwyneth Paltrow

Se7en sendiri menceritakan tentang seorang pembunuh berantai yang menggunakan tujuh dosa mematikan yang kerap kali dilakukan oleh manusia; yaitu kerakusan, kerserakahan, kemalasan, kemurkaan, kesombongan, nafsu dan iri hati sebagai modus untuk menghabisi nyawa para korbannya. Hal tersebut membuat kepolisian memburu pelaku pembunuhan yang dikenal sebagai John Doe.

Berangkat dari masalah diatas, dua detektif, David (Brad Pitt) dan William (Morgan Freeman) ditugaskan untuk mengusut tuntas kasus tersebut dan menangkap sang pelaku. Selama pengajaran, David dan Will harus melihat bagaimana sadisnya korban pembunuhan John Doe di TKP. Anehnya, tepat sebelum melakukan dua pembunuhan terakhir (kemurkaan dan iri hati), Doe menyerahkan diri. Ada apa gerangan?

3. Pyscho

Pyscho

* sumber: www.moma.org

  • Tahun Rilis: 1960
  • Genre: Horror, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Alfred Hitchcock
  • Pemeran: Anthony Perkins, Janet Leigh, Vera Miles
  • Perusahaan Produksi: Shamley Productions

“Psycho” menjadi salah satu pelopor film psikopat pertama di era tahun 60-an. Film yang masih berwarna hitam-putih ini mengusung tokoh utama psikopat yang berkepribadian ganda. Adalah Norman Bates (Anthony Perkins), seorang pemuda tampan dan santun yang hidup sendiri. Norman bertahan hidup dengan membuka sebuah motel.

Suatu malam, datang seorang gadis cantik bernama Marion Crane (Janet Leigh) ke motel milik Norman. Marion sedang dalam pelarian karena membawa kabur uang senilai 40 ribu USD. Sebagai pemilik motel yang baik, Norman melayani Marion dengan ramah. Namun, ketika sudah berada di kamarnya, Marion mendengar Norman bertengkar dengan ibunya. Sepintas Marion mendengar bahwa sang ibu tidak suka putranya bersikap baik kepada Marion.

Singkat cerita, Marion dibunuh oleh seseorang ketika sedang mandi. Tubuhnya ditusuk belati berkali-kali. Beberapa hari kemudian detektif yang datang ke motel Norman untuk menyelidiki kasus hilangnya Marion juga terbunuh. Kini, adik Marion dan pacarnya berusaha mencari kakaknya. Apakah mereka berdua juga bernasib tragis seperti Marion?

4. The Usual Suspect

The Usual Suspect

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Crime, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Bryan Singer
  • Pemeran: Kevin Spacey, Gabriel Byrne, Chazz Palminteri
  • Perusahaan Produksi: PolyGram Filmed Entertainment, Spelling Films International, Blue Parrot

Film The Usual Suspect sudah rilis sejak tahun 1995 dan menjadi salah satu film legendaris dengan jalan cerita yang sangat mind blowing. Film ini disutradarai oleh Bryan Singer dan dibintangi oleh Stephen Baldwin, Gabriel Byrne, dan aktor-aktor lainnya.

Film bergenre neo noir ini berkisah mengenai lima orang kriminal yang berkumpul untuk membentuk sebuah tim dan mengerjakan proyek dari sosok misterius Keyzer Soze. Teka-teki mengenai siapa sebenarnya Keyzer Soze ini menjadi teka-teki yang baru bisa kamu pecahkan di akhir cerita. Di situs IMDb, film ini memperoleh rating sebesar 8,5.

5. The Prestige

The Prestige

Sulap memang bisa membuat orang yang menonton terpana. Salah satu film tentang sulap yang bisa membuat kamu terpesona berjudul The Prestige. Film ini tidak hanya bisa membuat penonton kagum, namun juga terkejut saat melihat sisi kelam dibalik para pesulap handal.

Berkisah tentang persahabatan dua pesulap yang berubah menjadi rival setelah sebuah tragedi buruk terjadi. Film yang mengangkat cerita tentang persaingan di dunia magic ini memang berhasil membius mata penonton dengan sinematografinya yang keren dan juga dengan trik ajaib para pesulap.

Film yang dibintangi sederet aktor Hollywood ternama ini memang wajib untuk ditonton. Bagaimana aksi para pesulap dalam beraksi? Untuk mengetahui jawabannya, kamu bisa tonton sendiri film yang sudah dirilis pada tahun 2006 silam ini.

6. Memento

memento

  • Tahun Rilis: 2000
  • Genre: Horror, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Christoper Nolan
  • Pemain: Guy Pearce, Carrie-Anne Moss, Joe Pantoliano
  • Perusahaan Produksi: Summit Entertainment

Kehidupan Leonard berubah setelah dirinya dan istrinya diserang orang tidak dikenal. Istri Leonard terbunuh, sedangkan Leonard yang mencoba melawan akhrinya tumbang. Saat bangun, Leonard divonis menderita amnesia Anterograde. Jenis amnesia ini menyerang manusia dan mengakibatkan orang yang terkena amnesia ini akan kehilangan ingatan jangka pendek.

Selain mengalami amnesia Anterograde, Leonard kini juga tidak bisa menjaga hubungan dengan sesama, tidak mampu belajar hal baru dan tidak mengerti akan waktu. Semuanya membuat Leonard depresi. Disisi lain, dirinya ingin cepat sembuh dari amnesia tersebut guna melacak dan mencari pembunuh istrinya. Satu hal yang ia bisa kenali adalah sebuah foto dan tato di tubuh Leonard. 2 hal ini yang diharapkan Leonard mampu menyembuhkan dirinya dan menghabisi nyawa si pembunuh istrinya.

7. Gone Girl

Gone Girl (Copy)

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Psychology, Thriller
  • Produksi: Regency Enterprises
  • Sutradara: David Fincher
  • Pemain: Ben Affleck, Rosamurd Pike, Neil Patrick Harris

Nick Dune (Ben Affleck) dan Ammy Dune (Rosamurd Pike) merupakan sepasang suami istri yang memiliki kehidupan biasa layaknya pasangan rumah tangga lainnya. Keduanya adalah penulis dan memiliki sebuah bar di sudut kota. Meski begitu, pernikahan Nick dan Ammy bisa dibilang belum sempurna karena mereka berdua belum memiliki anak dan finansial mereka sedang goyah.

Ketika perayaan ulang tahun pernikahan mereka yang kelima, tiba-tiba saja Ammy hilang tanpa jejak bak ditelan bumi. Nick yang panic segera melaporkan kasus hilangnya Ammy kepada polisi. Ketika polisi memeriksa rumah mereka, banyak hal yang dicurigai dan mengarah kepada Nick. Namun saat polisi menemukan buku harian Ammy, keadaan jadi semakin kusut. Apa isi diary Ammy sebenarnya?

8. The Sixth Sense

The Sixth Sense

Film yang dirilis pada tahun 1999 ini memang menjadi film dengan plot twist terbaik yang akan terus dikenang sepanjang masa. Berkisah mengenai seorang psikolog anak bernama Malcolm Crowe dan seorang anak berusia 8 tahun yang memiliki kemampuan indigo bernama Cole.

Setelah sebelumnya dr. Malcolm gagal menangani seorang pasien, kini Malcolm dipertemukan dengan anak yang memiliki kasus serupa bernama Cole. Sebagai seorang psikolog, dr. Malcolm pun berusaha membantu Cole menjalani kehidupannya yang terus dihantui oleh makhluk-makhluk tak kasat mata.

Nah, bagaimana perjalanan dr. Malcolm dalam membantu Cole? Kamu bisa tonton sendiri untuk mengetahui cerita selengkapnya film dengan plot twist terbaik ini.

9. Shutter Island

Shutter Island

Salah satu film Leonardo Dicaprio berikut ini memang bisa membuat penonton mengerutkan dahi karena harus bepikir. Meskipun begitu, film ini bisa memicu rasa penasaran penonton terhadap jalan cerita. Kisahnya sendiri terbagi seorang ditektif muda bernama Teddy Daniels yang bertugas menyelidiki kasus di rumah sakit jiwa Achacliffe yang ada di Shutter Island.

Film yang diadaptasi dari sebuah novel berjudul sama ini memang berhasil menarik banyak penonton. Hal tersebut dibuktikan dengan rating yang cukup baik serta penghasilan fantastis yaitu mencapai 294 juta dolar pada masa pemutarannya.

Dengan jalan cerita yang menarik, film Shutter Island telah berhasil menampilkan plot twist yang bisa membuat penonton terkejut. Nah, biar tidak menambah rasa penasaran kamu terhadap film yang satu ini. Tonton sendiri filmnya, ya.

10. Planet of The Apes

Planet of The Apes (Copy)

  • Tahun Rilis: 1968
  • Genre: Drama, Sci-Fi
  • Sutradara: Franklin J. Schaffner
  • Pemeran: Charlton Heston, Maurice Evans, Roddy McDowall
  • Perusahaan Produksi: APJAC Productions

Diangkat dari sebuah novel Perancis berjudul La Planete des Singers karya Pierre Boulle. Film ini mengisahkan tentang peradaban kera di sebuah planet tak diketahui yang tidak sengaja ditemukan manusia karena melakukan pendaratan darurat akibat pesawat ulak alik yang ditumpangi para astronot malfungsi dan lebur menghempaskan seluruh isinya.

Adalah Landon dan Dodge; mereka berdua merupakan astronot yang selamat setelah pesawat ulak alik yang mereka tumpangi hancur. Saat sadar, mereka sudah berada di sebuah planet pada tanggal 25 November 3978. Beribu-ribu tahun setelah mereka berangkat. Ternyata mereka sampai di planet yang dihuni oleh kera yang menganggap mereka adalah alien atau semacamnya yang mau membahayakan kehidupan kera.

11. 12 Monkeys

Twelve Monkeys film mystery terbaik

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Mystery, Sci-Fi, Thriller
  • Sutradara: Terry Gilliam
  • Pemeran: Bruce Willis, Madeleine Stowe, Brad Pitt
  • Perusahaan Produksi: Universal Pictures, Atlas Entertainment, Classico

Di film sci-fi yang dibintangi oleh Bruce Willis ini, sutradara Terry Gilliam memaparkan cerita yang cukup memusingkan dengan imbuhan kisah travel time.

Datang dari masa depan, James Cole dianggap gila dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Dirinya sendiri belum bisa menjelaskan mimpi-mimpi yang menghampirinya yang hadir seolah-olah nyata. Banyak misteri yang bertaburan disana-sini yang semakin bertambah mendekati akhir film.

Spoiler: Mimpi yang dialami oleh James Cole dewasa adalah hasil penglihatan dia sendiri dimana James Cole kecil melihat kematian James Cole dewasa dan awal dari epidemic virus mematikan di kota tersebut.

12. Arrival

Arrival (Copy)

  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Drama, Sci-Fi
  • Produksi: FilmNation Entertainment
  • Sutradara: Dennis Villeneuve
  • Pemain: Amy Adams, Jeremy Renner, Forest Whitaker

Louise Banks (Amy Adams) merupakan seorang professor ilmu bahasa yang baru saja kehilangan putrinya. Saat masih dalam masa berkabung, Louis dan seluruh warga dunia dikejutkan oleh datangnya pesawat alien super besar yang mendarat di wilayah Amerika. Cemas kalau alien itu akan menginvasi bumi, pemerintah Amerika mati-matian untuk memulai kontak dengan alien tersebut.

Tanpa penyerangan, alien tersebut tidak bisa membalas kontak yang diberikan oleh pemerintah Amerika. Ini membuat Louise dan beberapa timnya mencoba untuk menterjemahkan apa maksud alien itu datang ke bumi dan apa yang ingin pemerintah Amerika inginkan sehingga komunikasi bisa berjalan baik. Film ini memiliki ending yang tidak terduga. Kalian wajib menontonnya. IMDB sendiri memberi rating 7.9/10.

13. Primal Fear

Primal Fear (Copy)

  • Tahun Rilis: 1996
  • Genre: Thriller
  • Sutradara: Gregory Hoblit
  • Pemeran: Richard Gere, Laura Linney, John Mahoney
  • Perusahaan Produksi: Rysher Entertainment

Martin Viel (Richard Gere) merupakan pengacara ternama. Dirinya selalu sukses memenangkan semua kasus yang ia tangani di persidangan. Media pun selalu menggemborkan soal kesuksesan Martin, ini membuat dirinya besar kepala dan selalu mencap dirinya sebagai pengacara yang tidak bisa ditandingi. Masyarakat memaklumi hal tersebut karena demikian adanya, namun ucapannya sendiri menjadi boomerang.

Suatu ketika, ada satu kasus pembunuh seorang uskup yang dilakukan oleh anak remaja bernama Aaron Stempler (Edward Norton). Aaron sendiri memiliki gangguan mental yaitu berkepribadian ganda. Di satu saat Aaron menjadi anak remaja super kalem, namun saat penyakitnya kambuh, Aaron menjadi orang yang dingin dan jahat. Martin yang semula tidak mengetahui Aaron seperti itu sudah terlanjur menerima kasus Aaron untuk diselidiki. Mampukah Martin menyelesaikan kasus tersebut?

14. The Others

The Others

Film horor memang menjadi salah satu favorit banyak penonton. Salah satu film horor yang bisa membuat kamu menutup mata berjudul The Others. Film ini tidak hanya menampilkan banyak adegan yang bisa membuat penonton merinding. Namun juga bisa membuat penonton akhirnya tercengang.

Film horor yang diperankan oleh Nicole Kidman ini memang cukup ikonik. Bercerita tentang seorang ibu yang harus mengurus kedua anaknya setelah kepergian suaminya pada masa perang. Mengambil setting sebuah rumah bergaya Victoria yang gelap.

Nuansa horor film yang satu ini memang bisa membuat jantung penonton berdebar. Ingin tahu keseruan film horor yang satu ini. Sebaiknya kamu saksikan sendiri teror yang ada dalam film The Others.

15. Gone Baby Gone

Gone Baby Gone (Copy)

  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Misteri, Thriller
  • Sutradara: Ben Affleck
  • Pemeran: Casey Affleck, Michelle Monaghan, Morgan Freeman
  • Perusahaan Produksi: Miramax Films

Amanda McCready merupakan anak perempuan berusia 4 tahun yang hilang selama 3 hari. Keluarga Amanda dan polisi sudah mencari sebisa mungkin namun hasilnya nihil. Polisi juga tidak memiliki kekuatan besar dalam melakukan pencarian Amanda. Tidak terima, akhirnya Ibu Amanda menyiarkan hilangnya Amanda di Televisi. Bibi dari Amanda, Beatrice sudah tidak bisa meminta bantuan polisi sehingga dirinya mempekerjakan dua detektif amatir bernama Patrick dan Angie.

Patrick dan Angie sudah mengatakan bahwa kasus itu sangat susah mengingat mereka adalah detektif amatir. Namun Beatrice tetap mempercayakan kasus tersebut kepada mereka. Ironisnya ternyata Patrick mengenal siapa yang yang menculik Amanda. Amanda tidak disakiti, malah sehat dan lebih ceria. Sang pelaku meminta supaya Amanda bisa tinggal bersamanya daripada dengan Ibunya yang lalai. Bagaimana Patrick dan Angie menghadapi situasi dilematis tersebut? Tonton filmnya ya!

16. Saw

Saw

* sumber: www.imdb.com

  • Rilis: 2004
  • Genre: Horror, Mystery
  • Produksi: Twisted Pictures
  • Sutradara: James Wan
  • Pemeran: Tobin Bell, Cary Elwes, Leigh Whannell, Danny Glover

Jigsaw (Tobin Bell) dikenal sebagai karakter pembunuh psikopat yang cerdas. Dalam setiap filmnya Jigsaw selalu merancang permainan-permainan mematikan yang dapat menyakiti bahkan membunuh pemainnya.

“Saw” pertama kali dirilis pada tahun 2004 dan disutradarai oleh James Wan. Film ini menjadi awal mula dari rangkaian permainan gila yang dirancang oleh Jigsaw.

Dua orang pria terbangun dari pingsan di dalam sebuah ruangan seperti kamar mandi. Mereka berdua adalah korban Jigsaw, pembunuh berantai psikopat yang kerap ‘mempermainkan’ korbannya dengan permainan maut yang dirancangnya sendiri.

Suka atau tidak, mereka harus mengikuti instruksi dari Jigsaw untuk memainkan setiap permainan ciptaannya yang dapat merenggut nyawa.

17. Jacob’s Ladder

Jacobs Ladder (Copy)

  • Rilis: 1990
  • Genre: Physiological Horror
  • Produksi: TriStar Pictures
  • Sutradara: Adrian Lyne
  • Pemeran: Tim Robbins, Pruitt Taylor, Elizabeth Pena

Terkena penyakit PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) merupakan hal paling ditakuti oleh banyak orang. Sayangnya penyakit ini menyerang seorang veteran perang Vietnam bernama Jacob Singer yang mengalami halusinasi berulang kali sampai dirinya mengalami depresi. Ternyata hal ini juga dirasakan oleh rekannya yang lain sesama veteran, tapi keadaan rekannya ini malah lebih parah. Dirinya sampai tidak bisa membedakan mana realita dan mana halusinasi.

Keadaan Jacob semakin mengkhawatirkan. Dirinya terus berhalusinasi mengenai iblis dan monster yang siap menangkap Jacob. Meski sudah dicoba untuk diterapi dengan seorang dokter, keadaan Jacob masih juga belum pulih. Semua keluarga dan dokter mengkhawatirkan satu hal. Apabila Jacob terus menerus seperti itu, dirinya akan benar-benar menjadi gila.

18. Identity

Identity (Copy)

  • Tahun rilis: 2003
  • Genre: Psychological, Thriller
  • Produksi: Konrad Pictures
  • Sutradara: James Mangoid
  • Pemain: John Cusack, Ray Liotta, Amanda Peet

10 orang terjebak badai di Nevada, membuat mereka semua harus berlindung di sebuah motel di pinggiran kota. Bukannya aman, 10 orang tersebut dalam keadan bahaya. Satu per satu dibunuh oleh seorang pembunuh tak dikenal. Mereka semua saling curiga karena di Motel itu hanya ada mereka berikut sang pemiliki yang juga tidak tahu apa-apa.

Di tiap korban yang meninggal selalu ada nomor yang menunjukan nomor kamar orang yang selanjutnya diincar. Mampukah Ed Dakota (John Cusack) dan yang lainnya bertahan dan selamat dari sang pembunuh berantai? Dan apakah pembunuh berantai ini ada kaitannya dengan pembunuh berantai yang sedang menunggu siding di tempat lain?

19. Unbreakable

Unbreakable (Copy)

  • Tahun rilis: 2000
  • Genre: Drama, Thriller
  • Produksi: Touchstone Pictures
  • Sutradara: M. Night Shyamalan
  • Pemain: Bruce Willis, Samuel L. Jackson, Robin Wright Penn

Elijah Price (Samuel L. Jackson) terlahir dengan penyakit langka bernama Osteogenesis Imperfecta Tipe 1 yang mengakibatkan kerapuhan total di seluruh tulang Eli. Tulang-tulang Eli ini gampang sekali patah sehingga banyak teman-temannya yang merundungnya dengan memberi Eli julukan Mr. Glass. Eli berharap dirinya bisa bertemu dengan orang yang keadaanya berlawanan dengan keadannya sekarang, yaitu super kuat.

Suatu ketika, terjadi kecelakaan kereta penumpang yang membuat 131 penumpangnya meninggal, hanya menyisakan 1 penyintas bernama David (Bruce Willis). Tanpa cacat, luka bahkan trauma, David terlihat baik-baik saja dari kecelakaan hebat tersebut. Hal ini menarik perhatian Eli, dia ingin sekali bertemu dengan David begitupun sebaliknya David ingin melihat si Mr. Glass. Mereka saling bertemu dan berbagi makna hidup.

20. The Descent

The Descent (Copy)

  • Tahun rilis: 2005
  • Genre: Adventure, Horror
  • Produksi: Celador Films
  • Sutradara: Neil Marshall
  • Pemain: Shauna Macdonald, Natalie Mendoza, Alex Reid

Rencana Sarah (Shauna Macdonald) untuk hiking dan menjelajah hutan di wilayah pegunungan Carolina Utara bersama dengan teman-teman wanitanya harus kandas di tengah jalan. Bagaimana tidak, sebuah insiden runtuhnya gua tempat mereka explore membuat Sarah dan yang lain terpecah. Peralatan seadanya membuat situasi jadi semakin kusut. Belum lagi diantara teman Sarah ada yang memiliki claustrophobia.

Meski begitu, Sarah dan teman-temannya yang lain tidak putus asa. Mereka terus mencoba untuk menjelajahi gua dan malah semakin masuk ke dalam. Ke tempat mahluk-mahluk perayap gua berada. Kalau kalian mengira mahluk ini mahluk seperti kelelawar atau laba-laba, kalian salah. Mahluk ini layaknya manusia yang memiliki cakar dan taring seperti monster yang siap menyerang Sarah dan lainnya dalam sekejap.

Nah, itulah 20 Film dengan plot twist terbaik yang bisa membuat penonton terkejut. Semoga referensi film yang telah Bacaterus bahas untuk kamu bisa menghibur kamu di kala suntuk. Selamat menonton!

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *