20 Film Petualangan Terbaik yang Sangat Seru buat Ditonton

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Film bergenre adventure (petualangan) banyak mengandung unsur-unsur hiburan yang akan lebih maksimal jika ditonton di bioskop berformat IMAX. Sensasi petualangan pasti akan lebih terasa yang didapatkan dari mayoritas eksplorasi lokasi yang eksotis dan belum terambah, pencarian penuh teka-teki yang harus dipecahkan, ataupun karena dikejar oleh pihak musuh hingga harus terus menerus berlari menghindarinya.

Normalnya, film petualangan tidak berdiri sendiri, lebih banyak disertakan dengan genre action atau comedy. Bahkan mayoritas film animasi mengandung cerita petualangan yang kental. Sejak era film bisu, Hollywood sudah sangat banyak memproduksi film petualangan yang biasanya diadaptasi dari novel-novel klasik seperti Journey to the Center of the Earth atau Robinson Crusoe.

Nah, kali ini Bacaterus akan mengulas 10 film petualangan terbaik yang wajib untuk Anda tonton. Daftar film di bawah ini kami pilihkan berdasarkan kelengkapan unsur yang harus selalu ada di setiap film petualangan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

1. The Lord of the Rings Trilogy [2001-2003]

The Lord of The Rings (Copy)
  • Tahun rilis: 2001-2003
  • Genre: Fantasy, Adventure
  • Sutradara: Peter Jackson
  • Pemain: Elijah Wood, Liv Tyler, Orlando Bloom
  • Perusahaan Produksi: New Line Cinema

Terbagi atas 3 judul, The Fellowship of The Ring, The Two Towers, The Return of the King. Ketiga cerita tersebut memiliki benang merah dimana para hobbit termasuk Froddo (Elijah Wood) dalam misi membawa cincin warisan paman Frodo yang memiliki kekuatan atas Sauron sang penguasa kegelapan. Banyak pihak yang mengincar cincin ini untuk menambah kekuasaan sehingga Froddo harus melindungi.

Salah satu pihak yang menginginkan cincin tersebut adalah Gollum/Smeagol (Andy Serkins). Dia menyerang Froddo dan para hobbit yang ikut serta menjaga cincin itu untuk dibawa ke Mordor. Peperangan terjadi dimana-mana. Salah satu perang besar yang ada di trilogy ini adalah Battle of Helm’s Deep; pertempuran besar melawan 10.000 pasukan Saruman.

2. Inception [2010]

Inception (Copy)
  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Action, Sci-Fi
  • Sutradara: Christoper Nolan
  • Pemain: Leonardo DiCaprio, Ken Watanabe, Joseph Gordon-Levitt
  • Perusahaan Produksi: Legendary Pictures

Sinopsis & Review Inception

Buat kalian yang malas mikir saat menonton film, saya sarankan skip. Tapi untuk kalian yang doyan dan bahkan seneng banget buat ngulik sebuah film, let’s watch it. Film Inception sendiri secara garis besar menceritakan bagaimana Dom (Leonardo) bersama dengan grupnya ‘mencuri’ informasi rahasia dan berharga melalui dunia mimpi. Yap. Dunia mimpi.

Namun untuk mendapatkan informasi tersebut, ada harga yang harus dibayar mahal. Usaha Dom dan timnya masuk ke dalam dunia mimpi seseorang yang jadi target mereka sama saja dengan menjalani kehidupan dengan serentetan hal tidak masuk akal karena mereka ada di dalam mimpi. Salah mengambil keputusan akan mengubah semuanya. Mampukah Dom mendapatkan informasi yang diincarnya?

3. Interstellar [2014]

Interstellar (Copy)
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Sci-Fi, Action
  • Sutradara: Christoper Nolan
  • Pemain: Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Jessica Chastain
  • Produksi: Legendary Pictures

Setelah bumi ‘musnah’, akan ada tempat tinggal baru di masa depan. Musnahnya bumi bukan karena bencana alam atau hal yang lumrah terjadi karena usia bumi. Namun karena perang besar. Perang tersebut secara otomatis mengeleminasi banyak hal. Ini membuat NASA putar otak untuk mencari hunian manusia yang lebih baik.

Infromasi yang NASA dapatkan, ada beberapa planet layak huni yang bisa dicapai dengan masuk ke dalam lubang cacing di galaksi. Berdasarkan informasi itu, NASA mengirimkan beberapa astronaut dan ilmuwan untuk menjelajahi planet-planet calon hunian baru manusia. Tapi misi tersebut menjadi sangat sulit dilakukan karena mereka kehabisan bahan bakar, menghadapi blackhole dan hal berat lainnya.

4. Indiana Jones Franchise [1981-2008]

film petualangan terbaik Indiana Jones Franchise
  • Tahun rilis: 1981 -2018
  • Genre: Drama, Action, Adventure
  • Sutradara:  George Lucas
  • Pemain: Harrison Ford, Denholm Elliott, John Rhys-Davies
  • Perusahaan Produksi: Lucasfilm

Indiana Jones adalah sosok petualang sejati yang menggunakan ilmu sejarah dan keberaniannya untuk menemukan artefak-artefak bersejarah yang juga diburu oleh pihak-pihak antagonis yang ingin memilikinya untuk kekuasaannya. Empat film sudah dihasilkan dari franchise ini, juga sebuah serial televisi dan beberapa game.

Raiders of the Lost Ark (1981) adalah film pertama yang ceritanya ditulis oleh George Lucas dan disutradarai oleh Steven Spielberg. Harrison Ford dipercaya memerankan sosok profesor sejarah ini hingga nanti sampai film keempatnya.

Misi pertama Indiana Jones adalah menemukan Ark of the Covenant, sebuah kotak yang dipercaya untuk menyimpan kitab Taurat oleh Nabi Musa dahulu. Indiana Jones harus berlomba dan bersaing dengan pihak Nazi yang juga ingin memilikinya.

Di Indiana Jones and the Temple of Doom (1984), Indiana Jones bertualang di tanah India bagian utara, dimana dia harus menolong suku setempat untuk menemukan batu mistik yang dipercaya bisa membebaskan mereka dari sihir jahat. Adegan kekerasan di film ini dianggap yang paling berat dibandingkan ketiga film lainnya. Film ini merupakan prequel film pertama.

Indiana Jones and the Last Crusade (1989) menurunkan kadar kekerasan dan lebih mengedepankan sisi petualangannya. Indiana Jones harus mencari ayahnya yang hilang ketika menyelidiki keberadaan Holy Grail, sebuah gelas yang dipercaya dipakai oleh Yesus dalam jamuan terakhirnya.

Indiana Jones and the Kingdom of the Crystal Skull (2008) melanjutkan petualangan Indiana Jones setelah terhenti selama 19 tahun dan tetap memasang Harrison Ford yang sudah mulai menua. Kali ini, Indiana Jones mencari Crystal Skull, beberapa tengkorak kristal yang dipercaya adalah warisan leluhur bangsa Indian Kuno dengan harus bersaing melawan pasukan Soviet.

5. Into The Wild [2007]

Into The Wild (Copy)
  • Tahun rilis: 2007
  • Genre: Biographical, Adventure
  • Sutradara: Sean Penn
  • Pemain: Emile Hirsch, Marcia Gay Harden, William Hurt
  • Produksi: Paramount Vantage

Sinopsis & Review Into The Wild

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram