20 Film Petualangan Indonesia yang Terbaik dan Menginspirasi

Ditulis oleh Suci Maharani R

Berpetualang memang selalu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Bagi kamu yang memiliki hobi berpetualang, tentu bisa merasakan pengalaman dan pelajaran baru di setiap perjalanan yang dilakukan.

Tak jarang, petualang aktif membagikan pengalaman perjalanannya melalui tulisan melalui blog, buku, hingga dibuat menjadi sebuah naskah film.

Sebagai negara dengan semangat muda dan kreativitas yang sangat tinggi, Indonesia memiliki talenta untuk membuat sebuah film bertemakan petualangan. Mulai dari petualang cilik, hingga cerita cinta yang didapat ketika sedang bertualang.

Kali ini, Bacaterus akan memberikan rekomendasi film dengan tema petualangan yang seru dan menginspirasi.

1. Ada Apa Dengan Cinta 2

film petualangan indonesia_Ada Apa Dengan Cinta 2_

Ada Apa dengan Cinta 2 (2016) mungkin bukan film tentang petualangan naik gunung atau menjelajahi hutan. Film garapan Riri Riza ini sedikitnya akan membuat Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra berpetualang menikmati keindahan Jogja.

Setelah sekian lama keduanya berpisah, Jogja menjadi tempat bagi Cinta dan Rangga bertemu kembali. Pertemuan mereka ini membawa keduanya bertualang untuk menikmati keindahan alam dan kota Jogja.

Waktu-waktu indah tersebut mereka habiskan sambil membicarakan masa lalu dan impian untuk bisa menjalin hubungan kembali. Namun kenyataan tidak seindah itu, pasalnya baik Cinta dan Rangga sudah memiliki kehidupan dan bayangan masa depan masing-masing.

2. Aruna & Lidahnya

film petualangan indonesia_Aruna & Lidahnya_

Kembali dipertemukan dalam film berjudul Aruna & Lidahnya (2018), Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra bikin penggemar histeris. Apalagi film garapan sutradara Edwin ini akan membawa kamu berpetualang sambil mencicipi berbagai kuliner khas Indonesia.

Jadi tidak hanya alur ceritanya saja yang unik, tapi kamu bisa terinspirasi untuk mencoba kuliner asal daerah lainnya.

Adapun kisahnya bermula ketika Aruna diharuskan untuk meneliti virus flu burung di empat kota. Mengajak Bono yang berprofesi sebagai chef, keduanya bekerja sambil berlibur selama mendatangi Surabaya, Pamekasan, Pontianak hingga Singkawang.

3. Filosofi Kopi

film petualangan indonesia_Filosofi Kopi_

Diadaptasi dari cerita pendek karya Dewi Dee Lestari, Filosofi Kopi (2015) menjadi film petualangan yang wajib kamu tonton. Film ini mengisahkan petualangan dua sahabat yaitu Ben dan Jody, pasca menjual kedai kopi mereka.

Keduanya memilih untuk menjelajah Indonesia dengan mobil Kompi Filosofi Kopi, untuk menemukan racikan kopi terenak. Akan tetapi petualangan ini ternyata tidak semulus yang mereka kira, apalagi keputusan mereka menutup kedai adalah soal hutang.

Sialnya lagi, Ben malah membuat tantangan dengan seorang pengusaha bahwa ia akan membuat racikan kopi terenak demi uang 1 Miliar. Dengan berbagai kemelut yang harus mereka hadapi, apakah persahabatan ini tetap bisa bertahan?

4. 3 Alif Lam Mim

film petualangan indonesia_3 Alif Lam Mim_
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Action, Fantasy
  • Produksi: FAM Pictures, Multivision Plus
  • Sutradara: Anggy Umbara
  • Pemeran: Cornelio Sunny, Abimana Aryasatya, Agus Kuncoro, Prisia Nasution, Tika Bravani, Cecep Arif Rahman, Donny Alamsyah, Verdi Solaiman, Tanta Ginting, Bima Azriel

3 Alif Lam Mim (2015) adalah film futuristik yang disutradarai oleh Anggy Umbara. Film satu ini dibintangi oleh sederet nama besar, seperti Cornelio Sunny, Abimana Aryasatya dan Agus Kuncoro.

Kisahnya juga cukup bikin penasaran, yakni petualangan hidup tiga mantan santri yang kembali dipertemukan dalam sebuah misi untuk menangkap teroris. Alif yang menjadi seorang aparat, Lam menjadi seorang jurnalis dan Mim adalah guru di pesantren tempat mereka mengenyam pendidikan.

Ketiganya berusaha untuk mengusut kasus pengeboman yang mengarah pada pondok pesantren mereka terdahulu. Kira-kira bagaimana cara ketiganya untuk mengakhiri masalah ini?

5. Gerbang Neraka

film petualangan indonesia_Gerbang Neraka_
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Horror, Fantasy, Adventure
  • Produksi: Legacy Pictures
  • Sutradara: Rizal Mantovani
  • Pemeran: Reza Rahadian, Julie Estelle, Dwi Sasono, Ray Sahetapy, Lukman Sardi, Puy Brahmantya

Dibintangi oleh Reza Rahadian, Julie Estelle dan Dwi Sasono, tak heran kalau Gerbang Neraka (2017) jadi salah satu film paling direkomendasikan. Film horor garapan Rizal Mantovani ini memang memberikan kisah yang unik dan sangat menyeramkan.

Semua ini berawal ketika Ami, seorang arkeolog sedang meneliti situs Gunung Padang. Tertarik dengan mitos mengenai gunung tersebut, Tomo yang seorang wartawan majalah mistis berusaha mencari info lebih dalam lagi.

Tak sendiri ia juga bertemu dengan seorang paranormal kondang bernama Guntur Samudra, yang menemukan fakta mengejutkan. Ternyata situs tersebut menyimpan sebuah rahasia, yaitu gerbang neraka yang dijaga oleh iblis penghancur.

6. Pendekar Tongkat Emas

film petualangan indonesia_Pendekar Tongkat Emas_

Berbeda dengan film sebelumnya, kali ini kita akan membahas film kolosal berjudul Pendekar Tongkat Emas (2014). Film garapan Ifa Isfansyah ini akan membawa kamu bernostalgia dengan film atau sinetron kolosal tahun 90-an.

Kali ini Nicholas Saputra akan memerankan karakter seorang pendekar, yang berpetualang untuk mencari Pendekar Naga Putih.

Semua ini dilakukannya untuk menyelamatkan padepokan, pasca perang saudara perebutan warisan dari sang guru. Namun perjalanan yang dilewatinya tidaklah mudah, pasalnya pendekar Naga Putih dikabarkan sudah lama menghilang dan tidak diketahui keberadaannya.

7. Ben & Jody

film petualangan indonesia_Ben & Jody_

Masih dibintangi oleh Chicco Jerikho dan Rio Dewanto, kisah Ben & Jody (2022) memang terasa lebih menegangkan dari sebelumnya, karena kali ini Ben sedang berjuang untuk membantu para petani untuk melawan perusahaan yang ingin merampas tanah mereka.

Tak ingin diam saja, Jody melakukan perjalanan berbahaya untuk menemukan keberadaan sahabatnya itu. Apalagi saat tahu, sahabatnya tiba-tiba saja lenyap seperti ditelan bumi dan tidak ada seorang pun yang tahu keberadaannya.

1 234»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram