Bacaterus / Film Kriminal / 10 Film Perkelahian Terbaik, Penonton Sampai Ikut Tegang!

10 Film Perkelahian Terbaik, Penonton Sampai Ikut Tegang!

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Kalau kamu lagi butuh tontonan yang seru sekaligus menegangkan, tapi nggak mau horror, film perkelahian bisa jadi pilihan. Film perkelahian bukan cuma soal baku hantam, tapi juga menyajikan kekuatan cerita yang solid.

Itulah yang membuat penonton seolah terbawa ke dunia fiksi yang dibuat dan menjadi bagian dari perkelahian itu. Saat ini, film perkelahian sudah banyak dibuat. Temanya beragam, cara eksekusi filmnya pun beragam.

Untuk sebuah film, adegan perkelahian yang baik juga harus didukung oleh cerita yang kuat. Dari sekian banyak film perkelahian yang sudah dirilis, inilah 10 film perkelahian terbaik, penontonnya sampai ikut tegang!

 1. John Wick [2014]

John Wick [2014]

Kalau nama karakternya dijadikan judul, sudah sepatutnya dia memiliki persona yang kuat. Begitulah John Wick yang diperankan oleh Keanu Reeves. John Wick adalah seorang mantan pembunuh bayaran yang sebenarnya sudah pensiun dari dunia hitam demi istrinya. Dulunya, dia adalah pembunuh bayaran yang dikenal tangguh.

Hari itu tiba, istrinya meninggal. Di waktu-waktu dia berduka, mobil kesayangannya dicuri dan anjing marisan istrinya dibunuh. Ternyata pelakunya adalah anak dari petinggi gangster Rusia. John Wick terpaksa kembali ke dunia hitam dan memburu anak itu. Tentu saja, dia harus berhadapan dengan gangster Rusia yang mencoba melindungi anak itu.

2. Bloodsport [1988] 

Bloodsport [1988] 

Kalau membahas film perkelahian, kita harus melibatkan film Bloodsport. Film ini salah satu film perkelahian favorit banyak orang. Jean Claude Van Damme dipercaya untuk memerankan karakter Frank Dux, seorang jago bela diri Amerika yang bertugas di militer.

Dia memutuskan untuk meninggalkan dunia militer dan mengikuti turnamen rahasia di Hong Kong. Turnamen itu bukan turnamen biasa seperti Olimpiade. Karena rahasia, orang-orang tertentu saja yang mengetahui keberadaan turnamen itu.

Frank Dux nggak sadar, kalau nyawanya dipertaruhkan. Selain adegan perkelahian, kita juga akan disuguhi bagaimana proses yang dilalui Frank Dux. Inilah yang menarik karena kita juga melihat sekeras apa dia berlatih.

3. Karate Kid [2010]

Karate Kid [2010]

Nggak semuanya film perkelahian itu soal mafia, gangster, atau kegiatan kriminal lainnya. Salah satunya adalah Karate Kid yang dirilis tahun 2010. Film yang cukup spesial karena melibatkan Jackie Chan yang sudah malang melintang di ranah film perkelahian dan Jaden Smith, anak dari bintang senior Will Smith. Mereka berperan sebagai guru dan murid di film ini.

Dre Parker adalah anak Amerika yang baru pindah ke Beijing. Di tempat barunya, dia nggak disambut dengan dengan ramah. Lebih parah, mereka jago kung fu. Dre secara nggak sengaja menemukan Mr. Han yang kemudian menjadi gurunya. Mr Han melatih Dre dengan keras untuk mengikuti kejuaraan tahunan dan menghadapi anak-anak jago kung fu di sana.

4. Rocky [1976]

Rocky [1976]

Sylvester Stallon nggak pernah gagal memerankan karakter-karakter yang kuat. Salah dua yang paling disukai orang adalah Rambo dan Rocky. Keduanya amat memikat dengan cara yang berbeda. Ketika menjadi Rambo, dia banyak berurusan dengan senjata api. Kali ini dia nggak memakai senjata apa pun karena Rocky Balboa adalah seorang petinju.

Apollo Creed adalah jawara tinju kelas berat sementara Rocky Balboa hanya seorang petinju amatir. Rocky mendapat kesempatan untuk bertanding melawan Apollo. Tentu saja, jauh hari sebelum itu Rocky harus melewati jalan terjal lebih dulu. Perkelahian Rocky Balboa melawan Apollo Creed adalah salah satu adegan film perkelahian paling ikonik sepanjang masa.

5. The Matrix [1999]

The Matrix [1999]

Waktu dirilis, film ini langsung jadi perbincangan banyak orang. Tahun 1999, teknologi masih sangat terbatas. Lalu film ini muncul sebagai film perkelahian yang nggak cuma seru tapi juga terasa canggih. Saat dirilis, para penonton merasa kalau mereka sedang menonton film dari masa depan.

Diceritakan kalau dunia dikuasai oleh komputer kuat dengan sistem yang disebut The Matrix. Neo, seorang hacker memutuskan untuk bergabung dengan kelompok pemberontak. Mereka terlibat perang bawah tanah melawan program komputer penjaga yang disebut agen-agen. Adegan perkelahian mereka juga menjadi salah satu adegan film paling ikonik, loh!

6. Crank [2006]

Crank [2006]

 Kalau sosok Jason Statham sudah terlibat, maka keseruan filmnya nggak usah diragukan lagi. Kali ini dia memerankan karakter Chev Chelios, seorang pembunuh bayaran yang sangat diandalkan oleh Carlito. Carlito adalah pemimpin kelompok kriminal yang kaya raya. Chev diberi tugas untuk membunuh seorang pimpinan mafia Cina, Kim Don.

Setelah melakukan tugasnya, terjadi konflik internal yang membuat Chev diracuni. Dia disuntik dengan obat sintetis Cina yang menghambat adrelani dan memperlambat jantung, karena itu dia harus memacu adrenalin terus menerus supaya bisa bertahan hidup. Dalam kondisi itu, Chev berusaha membunuh yang meracuninya.

 7. Kill Bill [2003]

Kill Bill [2003]

Film perkelahian yang satu ini bisa dibilang spesial karena dua hal. Satu, ini adalah film garapan Quentin Tarantino. Dua, tokoh utamanya perempuan. Kalau kamu ingin melihat karakter perempuan beraksi di film perkelahian, film ini nggak boleh kamu lewatkan. Salah satu film perkelahian terbaik yang disukai banyak orang lintas generasi.

Ini tentang Beatrax Kiddo yang diperankan oleh Uma Thurman. Ketika dia sedang hamil, dia dihajar habis-habisan oleh mantan bosnya, Bill. Perkelahian nggak seimbang itu membuat dia terbaring koma. Empat tahun setelahnya, dia bertekad untuk membalas dendam. Dimulailah usahanya menghabisi Bill dan antek-anteknya.

8. The Fighter [2010]

The Fighter [2010]

Meski ceritanya berpusat pada dunia tinju, tapi film perkelahian ini punya sentuhan yang berbeda dengan Rocky. The Fighter bukan cuma tentang perkelahian, tapi juga tentang narkoba dan bagaimana barang haram itu menghancurkan mereka. Bukan cuma seru dan menegangkan, tapi juga cukup emosional dengan bumbu drama keluarga di dalamnya.

Tahun 1980-an, Dickie Ecklund punya karir yang gemilang di dunia tinju. Sayangnya nggak lama, semuanya berubah ketika dia kecanduan narkoba. Kemudian, dia mengandalkan adiknya, Mickie, namun adiknya itu sering kali kalah. Lewat film ini, kita disuguhi proses yang dilalui Micky sampai kita memahami perasaannya.

9. Rush Hour [1998]

Rush Hour [1998]

 Jackie Chan nggak pernah mengecewakan kalau soal film perkelahian. Adegannya bukan cuma memukau tapi juga seringkali jenaka. Kalau kamu ingin film perkelahian yang juga memancing tawa, Rush Hour adalah pilihan terbaik. Di film ini, Jackie Chan berperan sebagai Lee. Dia beradu akting dengan Chris Tucker yang berperan sebagai James Carter.

Lee dan Carter adalah dua orang detektif yang berasal dari dua negara berbeda. Mereka harus mengesampingkan segala perbedaan mereka karena sedang menjalani misi yang sama. Mereka harus menyelamatkan putri diplomat Cina yang sedang diculik. Usaha penyelamatan itu mengandung perkelahian yang nggak cuma seru tapi juga lucu.

10. The Raid: Redemption [2011]

The Raid: Redemption [2011]

Hollywood bisa dibilang gudangnya film-film perkelahian terbaik dunia. Kabar baiknya, Indonesia juga punya film perkelahian yang berhasil mendapatkan pujian dari berbagai belahan dunia. The Raid: Redemption adalah film perkelahian asal Indonesia yang paling sukses di panggung dunia. Film ini juga yang membuat Iko Uwais dan kawan-kawan mulai diperhitungkan.

Ini tentang penyerbuan sebuah gedung apartemen yang dihuni oleh para kiriminal. Bukan tugas yang mudah karena mereka adalah orang-orang paling kejam dan ditakuti. Ditambah, penyerbuan itu dilakukan diam-diam tanpa bantuan penuh dari kepolisian. Rama dan timnya yang terjebak harus berusaha membekuk mereka sekaligus bertahan hidup.

Film perkelahian terbaik yang sudah diulas di atas, punya tema cerita yang beragam. Nggak melulu soal kriminal, ada juga soal mimpi dan pembuktian diri. Kamu bisa memilih yang sekiranya cocok dengan selera kamu. Kamu juga bisa ikut menambahkan film perkelahian terbaik versi kamu di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *