bacaterus web banner retina

Inilah 15 Film Bertema Perang Terbaru di Tahun 2022

Masih menjadi genre film yang paling diminati para moviefreak setelah film horror. Film dengan tema perang masih terus dijadikan bahan oleh para pembuat film untuk memamerkan hasil karyanya kepada para pecinta film.

Berhasil, karya-karya sutradara kondang seperti Roland Emmerich, Sam Mendes dan lainnya mampu memberondong para pecinta film untuk menontonnya. Penasaran kan gimana jalan cerita dari film-film itu, yuk simak artikelnya. Lumayan kan dapat referensi baru lagi!

1. Zeros and Ones

ZEROS AND ONES_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Action, Drama, Thriller, Adventure, War
  • Produksi: Maze Pictures, Hammerstone Studios, Rimsky Productions, Macaia Film
  • Sutradara: Abel Ferrara
  • Pemeran: Ethan Hawke, Cristina Chiriac, Phil Neilson

Seorang tentara Amerika yang bertugas di Roma berusaha untuk mengatasi serangan teroris di Vatikan sembari mencari keberadaan saudara kembarnya yang ditahan karena tuduhan perbuatan anarkis. Musuh yang penuh misteri, keberadaan saudaranya yang juga penuh misteri, semakin membuat rumit tugasnya kali ini.

Film produksi bersama antara Amerika Serikat, Italia, Jerman dan Inggris ini berusaha menampilkan ketegangan serangan teroris di kota suci Vatikan dengan cerita yang rumit penuh misteri. Memiliki premis yang potensial, sayangnya film yang membuat sutradara Abel Ferrara meraih penghargaan Best Director dari Locarno Film Festival ini banyak menuai respon negatif dari banyak pihak.

2. Dune

Dune_Poster (Copy)
*Source: Dread Central

Dune merupakan sebuah planet gurun berbahaya bernama Arrakis. Di planet ini tersedia satu-satunya sumber zat paling berharga di alam semesta, rempah-rempah yang baru, obat yang dapat memperpanjang hidup manusia, mampu membuat manusia bisa mengemabngkan pikirannya menjadi super dan membuat perjalanan yang lebih cepat dari cahaya menjadi praktis.

Duke Leto Atreides menerima penatalayanan planet gurun berbahaya Arrakis ini meskipun Leto tahu bahwa peluang menjadi penjaga planet bisa menjadi jebakan rumit yang dibuat oleh para musuhnya. Saat berangkat ke Planet Arrakis, Leto membawa Bene Gesserit Lady Jessica, Paul, dan penasihat Arrakis yang paling tepercaya. Mampukah Leto mengemban tugasnya?

3. The East

THE EAST_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama, Thriller, War
  • Produksi: Base Entertainment, France 2 Cinema, Ideosource Entertainment, Kaninga Pictures, Moonkey
  • Sutradara: Jim Taihuttu
  • Pemeran: Martijn Lakemeier, Marwan Kenzari, Jonas Smulders

Film produksi Belanda, Belgia, Indonesia, Amerika Serikat dan Prancis ini menceritakan peristiwa pembantaian rakyat Indonesia di Sulawesi Selatan oleh Kapten Raymond Westerling dan latar belakang kejadiannya.

Menggunakan empat bahasa dalam filmnya, keautentikan film ini diakui oleh para veteran perang di Belanda, meski ada organisasi veteran lainnya yang melemparkan kritikan terhadapnya.

Banyak yang menilai kisah film ini nyaris serupa dengan film Apocalypse Now (1979) yang juga menceritakan kegilaan seorang perwira dalam perang dan kegelisahan seorang prajurit yang mempertanyakan nilai moral yang ditemuinya. Syuting film ini dilakukan di Indonesia pada bulan Februari 2019.

4. The Tomorrow War

THE TOMORROW WAR_

Sekelompok tentara dari masa depan datang ke tahun 2022 untuk mengajak umat manusia bergabung berjuang bersama mereka dalam memerangi populasi alien yang mulai mendominasi di bumi sejak tahun 2048. Bergabunglah di dalamnya veteran Perang Irak yang rela meninggalkan keluarganya untuk bisa menyelamatkan umat manusia di masa depan.

Menjadi film termahal yang pernah diproduksi untuk penayangan streaming tentu menjadi beban berat tersendiri yang harus ditanggung oleh sutradaranya.

Meski jalan ceritanya menuai banyak kritikan, secara keseluruhan film ini mampu menampilkan adegan pertempuran dahsyat dengan polesan special effect yang rapih dan detail, serta performa apik dari Chris Pratt sebagai pemeran utamanya.

5. Cherry

Cherry_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: AGBO, Hdeaway Entertainment
  • Sutradara: Anthony Russo, Joe Russon
  • Pemeran: Tom Holland, Ciara Bravo, Jack Reynor

Cherry (Tom Holland) merupakan seorang anggota medis dalam Angkatan Darat Amerika. Ia bergabung dengan AD karena ia putus kuliah dan ingin mencoba untuk menjadi prajurit.

Ia pun dikirim untuk bertugas di Irak. Namun sesampainya disana, ia tidak kuat melihat kekejaman yang terjadi selama perang. Ia mempunyai trauma sendiri dan itu mempengaruhi hidupnya.

Akhirnya Cherry pulang ke rumah sebagai veteran. Setelah pulang kehidupan Cherry semakin berantakan.

Untuk membuatnya tenang dari pasca trauma, ia menjadi pengguna narkotika bersama istrinya Emily (Ciara Bravo). Suatu kali, keuangan mereka berantakan sehingga Cherry harus merampok guna memenuhi kebutuhan hariannya bersama Emily dan untuk memuaskan candunya terhadap opioid.

6. Redemption Day

Redemption Day_Poster (Copy)
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Saban Films
  • Sutradara: Hickam Hajji
  • Pemeran: Andy Gracia, Gary Dourdan, Brice Baxter

Brad (Gary Dourdan) adalah seorang vetaran perang. Sebelumnya ia merupakan prajurit Angkatan Darat Amerika yang bertugas di Suriah. Namun setelah ada kejadian tidak mengenakan, Brad berhenti dan pulang ke rumah.


Sesampainya di rumah Brad masih harus berperang dengan post traumatic disorder (PTSD) yang ia alami pasca perang. Ia berjanji untuk istirahat dan tidak lagi mengacungkan senjata.

Namun semua berubah ketika istri Brad, Kate (Serinda Swan) yang seorang Arkeolog, disandera oleh El Hadi (Samy Naceri); seorang pemimpin dari kelompok teroris di Al-Jazair.

Mendengar istrinya ada dalam bahaya, Brad langsung berangkat ke Maroko untuk menyerang balik kelompok teroris itu dan menyelamatkan istrinya. Kate disandera karena kelompok teroris itu tahu keahlian Kate. Mampukah Brad menyelamatkan istrinya tepat waktu?

7. Ghosts of War

GHOST OF WAR_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Horror, Thriller, War
  • Produksi: Miscellaneous Entertainment
  • Sutradara: Eric Bress
  • Pemeran: Brenton Thwaites, Kyle Gallner, Alan Ritchson

Di penghujung Perang Dunia II, lima tentara Amerika ditugaskan untuk mempertahankan sebuah kastil di pedalaman Prancis.

Mereka kemudian berhadapan dengan kekuatan gaib penunggu kastil itu yang lebih menakutkan daripada berperang di medan tempur. Terbawa menembus waktu, atau permainan pikiran belaka, mereka sempat berada dalam peperangan di Afghanistan.

Menyuntikkan kisah horror ke dalam film perang yang kemudian ditambah dengan unsur fiksi ilmiah tentang time loop tentu menjadi premis yang menjanjikan.

Tapi karena ceritanya terlalu rumit dengan tampilan yang membingungkan, akan membuat kita tersesat di dalamnya, sama seperti yang dirasakan oleh kelima tentara dalam film ini.

8. Greyhound

GREYHOUND_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Action, Drama, History, War
  • Produksi: Sony Pictures Entertainment, Stage 6 Films, Playtone
  • Sutradara: Aaron Schneider
  • Pemeran: Tom Hanks, Elisabeth Shue, Stephen Graham

Berdasarkan novel karya C.S. Forester, film pertempuran di lautan ini menceritakan konvoi logistik pasukan sekutu di bawah komando seorang perwira yang baru pertama kali menjalankan tugasnya di medan perang. Perjalanan mereka diikuti dan disabotase oleh kapal selam milik Jerman.

Masuk nominasi Oscar di kategori Best Sound, film yang dibintangi oleh Tom Hanks yang juga menjadi penulis naskahnya ini termasuk salah satu film perang yang wajib ditonton. Adegan pertempuran lautnya sangat spektakuler berkat special effect yang rapi, hanya saja banyak yang mengkritik sisi kedalaman ceritanya.

9. The Outpost

Outpost (Copy)
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: War, Horror
  • Produksi: Content Film
  • Sutradara: Steve Barker
  • Pemeran: Ray Stevenson, Julian Wadham, Richard Brake

Mungkin dari beberapa list film perang dalam artikel ini, hanya satu film ini saja yang mengusung perang dan horror sekaligus.

Bercerita tentang seorang businessman bernama Hunt (Julian Wadham) yang mempekerjakan mantan prajurit Royal Marine bernama D.C. (Ray Stevenson) bersama dengan tim nya untuk mengawal dirinya saat pergi ke sebuah pulau no-man island atas sebuah misi.

Para anggota dari D.C. mengatakan bahwa di pulau itu tidak ada apa-apa hanya hutan saja. Namun Hunt bersikukuh untuk kesana.

Perjalanan mereka awalnya mudah, mereka menemukan apa yang dicari oleh Hunt dari dalam sebuah bunker tua. Namun ketika mereka tidak sengaja menelisik lebih dalam lagi mengenai bunker itu, mereka menemukan ratusan mayat busuk yang mengerubungi bendera Nazi.

Mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, tim Hunt dan D.C. ternyata dihadapkan pada ritual mistik yang dilakukan oleh Nazi. Menggunakan senjata yang mereka punya, D.C. dan timnya lantas membombardir tempat itu saat mereka mulai diganggu oleh ‘mereka’ yang tidak terlihat.

Sia-sia saja, senjata mereka tidak berguna. Satu-satunya jalan, mereka harus melawan para ‘tentara’ yang tak terlihat untuk keluar dari sana.

10. Da 5 Bloods

DA 5 BLOODS_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Drama, Adventure, War
  • Produksi: 40 Acres & A Mule Filmworks, Rahway Road Productions
  • Sutradara: Spike Lee
  • Pemeran: Delroy Lindo, Jonathan Majors, Clarke Peters

Empat veteran Perang Vietnam kembali ke negara tempat mereka berperang dahulu untuk menemukan emas yang mereka simpan dan nasib pemimpin mereka.

Dalam perjalanannya, mereka dibantu oleh pengusaha kaya yang ternyata memiliki agenda rahasia sendiri. Konflik kepentingan dan trauma masa lalu menghantui para veteran ini dalam petualangan mereka di kedalaman hutan Vietnam.

Termasuk salah satu film terbaik di tahun 2020 menurut National Board of Review, film ini juga masuk nominasi Oscar di kategori Best Original Score, menjadikan film terakhir Chadwick Boseman yang dirilis sebelum wafatnya ini wajib untuk kita tonton.

Tidak hanya adegan aksinya saja yang apik, tapi juga drama psikologis yang dibuat cukup mendalam membuat film ini kuat dari sisi penceritaan.

11. The Last Full Measure

THE LAST FULL MEASURE_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Drama, War
  • Produksi: Foresight Unlimited, Provocator, SSS Entertainment, Boss Collaboration
  • Sutradara: Todd Robinson
  • Pemeran: Sebastian Stan, Alison Sudol, Asher Miles Fallica

Berdasarkan kisah nyata usaha seorang staf Pentagon dan para veteran Perang Vietnam untuk memberikan Medali Kehormatan kepada William H. Pitsenbarger, seorang pilot yang banyak menolong para tentara di medan perang saat bertugas di Vietnam.

Film ini dibintangi oleh beberapa aktor senior yang juga menjadi film terakhir bagi Peter Fonda dan Christopher Plummer.

Lebih banyak menceritakan sisi birokrasi dan prosedural kemiliteran, adegan peperangan yang minim tetap ditampilkan dengan cukup baik dengan kesan heroik dan patriotisme tingkat tinggi.

12. 1917

1917 (Copy)
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Dreamworks Entertainment
  • Sutradara: Sam Mendes
  • Pemeran: George MacKay, Dean-Charles Chapman, Mark Strong

Sinopsis & Review 1917

Film ini memiliki setting Perang Dunia Ke 1 pada tahun 1917. Adalah  Schofield (George MacKay) dan Blake (Charles Chapman), mereka merupakan prajurit muda yang diberikan misi ‘mustahil’; mereka ditugaskan untuk melintasi wilayah musuh dan memberikan pesan kepada para prajurit lainnya untuk membatalkan serangan yang akan dilakukan keesokan paginya.

Schofield dan Blake luar biasa bingung karena mereka seperti menyerahkan nyawa karena untuk sampai di tujuan, mereka benar-benar harus masuk wilayah musuh yang penuh jebakan dan apabila mereka tertangkap, mereka akan terbunuh dan 1.600 para prajurit lainnya juga akan habis karena tidak mendapatkan pesan untuk mundur dan membatalkan penyerangan.

Dikejar waktu, dua prajurit tersebut dengan sigap menjalankan misi tersebut. Blake sangat khawatir karena di antara 1.600 prajurit itu ada saudara Blake. Mereka harus benar-benar sampai sebelum pasukan Jerman melakukan jebakan lain untuk menyergap seluruh prajurit Britania Raya. Mampukah Schofield dan Blake menyampaikan pesan itu tepat waktu?

13. The Great War

THE GREAT WAR_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, War
  • Produksi: Schuetzle Company Productions
  • Sutradara: Steven Luke
  • Pemeran: Bates Wilder, Hiram A. Murray, Ron Perlman


Banyak yang mencibir kualitas film ini yang dinilai tidak memiliki adegan pertempuran yang bagus. Premis yang mirip dengan Saving Private Ryan (1998) semakin memperburuk penilaian atas film yang syutingnya tidak dilakukan di Eropa, melainkan hanya di Minnesota ini.

Kehadiran Ron Perlman dan Billy Zane tidak bisa banyak membantu film ini dari keterpurukannya. Penasaran dengan film satu ini?

14. Midway

Midway (Copy)
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Summit Entertainment
  • Sutradara: Roland Emmerich
  • Pemeran: Ed Skrein, Patrick Wilson, Luke Evans

Sinopsis & Review Midway

Midway merupakan sebuah tempat yang disasar Jepang setelah mereka berhasil melumpuhkan AS dengan menghancurkan kawasan Pearl Harbor. Dengan mengahncurkan dua kawasan itu, Jepang yakin akan benar-benar tidak bisa berkutik. Perang dilakukan terus menerus membuat AS kini murka. Mereka merencanakan penyerangan balik.

Incaran AS adalah 4 kapal induk Jepang. AS yakin mereka mampu menaklukan Jepang meski dari segi armada dan jumlah pasukan sudah dibawah Jepang. 1 kendala yang menghambat mereka adalah kode penyerangan yang dibuat oleh Jepang untuk menyerang Midway. Namun setelah mampu membuka kode tersebut, Amerika punya siasat pintar mengalahkan Jepang.

15. The Kill Team

THE KILL TEAM_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Action, Drama, Thriller, Biography, War
  • Produksi: Cornerstone Films, Nostromo Pictures, Temple Hill Entertainment
  • Sutradara: Dan Krauss
  • Pemeran: Nat Wolff, Alexander Skarsgard, Adam Long

Saat bertugas di Afghanistan, seorang tentara Amerika yang masih muda mengalami dilema moralitas ketika mendapati sikap komandannya yang memerintahkan untuk membunuh warga sipil tak bersenjata dalam tugas pengintaian mereka.

Meski tidak banyak menampilkan adegan pertempuran, film ini kuat secara penceritaan terutama mengangkat sisi psikologis yang mendalam dari dua karakter utamanya.

Cukup menegangkan dan mampu menekan perasaan kita, film ini merupakan kisah fiktif dari peristiwa nyata yang dikenal sebagai pembunuhan Maywand District, di mana judul film ini mengambil nama julukan pasukan pelakunya.

Daftar film oke di atas rasanya sudah bisa memenuhi rasa penasaran teman-teman semua nih. Tidak hanya sebagai hiburan semata, film-film perang di atas pun beberapa dibuat untuk mengenang para pasukan yang gugur dalam tugas mengingat sebagian film diangkat dari kisah nyata. Selain itu film-film perang di atas juga bisa buat kita mengetahui sejarah secara mudah.

Buat kalian yang masih punya daftar film perang oke lainnya yang tidak ada di atas, boleh loh tulis di komen, supaya di lain waktu Bacaterus bisa review filmnya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram