Bacaterus / Film Barat Terbaru / 20 Film Bertema Perang Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020

20 Film Bertema Perang Terbaru dan Terbaik di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Masih menjadi genre film yang paling diminati para moviefreak setelah film horror. Film dengan tema perang masih terus dijadikan bahan oleh para pembuat film untuk memamerkan hasil karyanya kepada para pecinta film. Berhasil, karya-karya sutradara kondang seperti Roland Emmerich, Sam Mendes, Ridley Scott dan lainnya mampu memberondong para pecinta film untuk menontonnya.

Dari beberapa film perang yang dibahas, ada di antaranya yang memadupadankan cerita perang dengan cerita cinta seperti Pearl Harbor, cerita horror seperti The Outpost, cerita thriller seperti Overlord dan cerita yang diangkat dari animasi juga, Mulan! Penasaran kan gimana jalan cerita dari film-film itu, yuk simak artikelnya. Lumayan kan dapat referensi baru lagi!

1. Mulan

Mulan (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Walt Disney Pictures
  • Sutradara: Niki Caro
  • Pemain: Liu Yifei, Donnie Yen, Jason Scott Lee

Bangsa Hun menyerang sebuah kerajaan di Tiongkok membuat sang kaisar menerapkan wajib militer. Seluruh keluarga di kerajaan tersebut harus mengirimkan seorang pria untuk ikut berperang, tidak terkecuali keluarga Mulan (Liu Yifei) bermarga Fa. Namun di dalam keluarga Fa, seorang pria satu-satunya adalah Ayah Mulan yang adalah veteran dan sudah lanjut usia.

Mulan ingin sekali ikut, karena Mulan bukan gadis pesolek yang anggun dan diharapkan bisa menjadi wanita seutuhnya saat dewasa kelak. Meski cantik dan manis, Mulan adalah tipe gadis berani yang tidak takut apapun. Dia senang untuk berlatih bela diri layaknya seorang pria dan siap hadapi tantangan. Maka dari itu dirinya ingin sekali ikut wajib militer dan berperang melawan bangsa Hun.

Akhirnya tanpa sepengetahuan Ayahnya, Mulan bersiap pergi menggunakan alat perang milik Ayahnya dan menyamar sebagai lelaki. Mulan berhasil masuk dan mengikuti setiap pelatihan di kamp prajurit kekaisaran China. Saat berperang, identitas Mulan terbongkar mengakibatkan Mulan dan keluarganya dalam bahaya. Tak patah arang, Mulan terus bertarung demi kehormatannya.

2. 1917

1917 (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Dreamworks Entertainment
  • Sutradara: Sam Mendes
  • Pemain: George MacKay, Dean-Charles Chapman, Mark Strong

Film ini memiliki setting Perang Dunia Ke 1 pada tahun 1917. Adalah  Schofield (George MacKay) dan Blake (Charles Chapman), mereka merupakan prajurit muda yang diberikan misi ‘mustahil’; mereka ditugaskan untuk melintasi wilayah musuh dan memberikan pesan kepada para prajurit lainnya untuk membatalkan serangan yang akan dilakukan keesokan paginya.

Schofield dan Blake luar biasa bingung karena mereka seperti menyerahkan nyawa karena untuk sampai di tujuan, mereka benar-benar harus masuk wilayah musuh yang penuh jebakan dan apabila mereka tertangkap, mereka akan terbunuh dan 1.600 para prajurit lainnya juga akan habis karena tidak mendapatkan pesan untuk mundur dan membatalkan penyerangan.

Dikejar waktu, dua prajurit tersebut dengan sigap menjalankan misi tersebut. Blake sangat khawatir karena di antara 1.600 prajurit itu ada saudara Blake. Mereka harus benar-benar sampai sebelum pasukan Jerman melakukan jebakan lain untuk menyergap seluruh prajurit Britania Raya. Mampukah Schofield dan Blake menyampaikan pesan itu tepat waktu?

3. Midway

Midway (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Summit Entertainment
  • Sutradara: Roland Emmerich
  • Pemain: Ed Skrein, Patrick Wilson, Luke Evans

Diangkat dari kisah nyata, Midway sendiri merupakan sasaran perang pasukan Jepang setelah sebelumnya sudah menghancurkan Pearl Harbor, mengakibatkan banyaknya tentara AS yang meninggal. Jepang benar-benar ingin membuat Amerika Serikat lumpuh dengan menggencarkan perang terus menerus dengan jumlah pasukan yang besar.

Tidak tinggal diam, para pasukan AS yang tersisa merencanakan untuk balik menyerang Jepang. Ada sekitar 4 kapal induk Jepang yang ingin mereka hancurkan. Meski kalah jumlah, AS yakin mereka bisa menaklukan Jepang dan membuat Jepang mundur; namun mereka masih terkendala dengan kode penyerangan yang dibuat oleh Jepang.

Setelah tim AS bisa memecahkan kode tersebut, semua prajurit laut dan udara dikerahkan. Serangan yang mendadak membuat Jepang kewalahan. 4 kapal induk Jepang berhasil dihancurkan dan tenggelam. Hal ini jelas menghancurkan rencana Jepang untuk menyerang Amerika. Akhirnya Jepang menarik mundur semua pasukan dan Perang Pasifik selesai.

4. Overlord

Ovelord (Copy)

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: War, Thriller
  • Produksi: Paramount Pictures
  • Sutradara: Julius Avery
  • Pemain: Jovan Adepo, Wyatt Russell, Mathilde Ollivier

Mempunyai misi untuk menghancurkan menara radio Jerman di sebuah gereja tua, 4 prajurt penyintas; kopral Ford, Prajurit Boyce, Tibbet dan Chase. Hanya tersisa mereka ber-4 dari ratusan prajurit, rencana untuk menghancurkan menara radio masih terus dijalankan meskipun mereka kalah jumlah dan minim senjata. Putus asa, mereka dibantu oleh seorang gadis yang memberi mereka tempat tinggal dan makan.

Salah satu prajurit, Boyce (Jovan Adepo) yang saat itu sedang membuntuti salah satu tentara Jerman berhasil menemukan sebuah terowongan rahasia. Saat dirinya memeriksa kemana terowongan ini berakhir, Boyce menemukan fakta lain. Banyak warga sipil yang tewas karena menjadi kelinci percobaan untuk eksperimen ‘superhuman’ oleh profesor gila Jerman.

Akhirnya Boyce dan para anggota lain bukan hanya perang melawan tentara Jerman untuk menghancurkan menara radio, tapi juga harus melawan makhluk eksperimen yang kekuatannya luar bisa meski seluruh tubuhnya hancur. Di akhir cerita, kopral Ford harus jaga kandang melawan kepala tentara Jerman disaat Boyce menghancurkan menara radio sekaligus gereja tua tersebut.

5. Fury

Fury (Copy)

  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: War, Action
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: David Ayer
  • Pemain: Brad Pitt, Shia LeBeouf, Logan Lerman

Pada akhir masa Perang Dunia II ketika sekutu hampir selesai mengalahkan tentara Nazi Jerman, pasukan khusus yang dipimpin oleh Sersan Wardaddy (Brad Pitt) diberi mandat menyerang pasukan Nazi tersebut di tengah kota Jerman. Sebagai perlindungan dengan cadangan senjata yang lebih besar, mereka menggunakan sebuah Tank jenis Sherman yang diberi nama Fury.

Saat mulai berperang, Wardaddy dibantu oleh prajurit baru bernama Norman, benar-benar prajurit baru, Wardaddy memegang tugas ganda. Tetap mempertahankan Tank Fury ini dan mengajari Norman untuk tetap kuat sebagai prajurit sesulit apapun keadaannya di medan perang. Wardaddy juga ikut melindungi Norman supaya tidak ada anggotanya yang jatuh menjadi korban.

Berusaha terus untuk bertempur, Wardaddy kalah jumlah dengan pasukan Nazi. Dirinya hanya bisa mengandalkan Tank Fury yang ia komando. Apabila Tank Fury juga hancur terkena bombardir dari pasukan Nazi, maka kesempatan untuk selamat sangat tipis. Mampukah Wardaddy, Noorman dan anggota lainnya mempertahankan si Fury ini? Intip film nya yuk!

6. 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi

13 Hours (Copy)

  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: War, Action, Thriller
  • Produksi: 3 Arts Entertainment
  • Sutradara: Michael Bay
  • Pemain: James Badge Dale, John Krasinski, Max Martini

Diangkat dari kisah nyata saat konflik terjadi di Libya pada tahun 2012 silam. Para teroris yang menjadi musuh Amerika membombardir serangan mereka ke berbagai tempat khususnya ke kedutaan besar Amerika Serikat yang terletak di Benghazi, Libya. Keadaan sangat memprihatinkan mengingat banyak warga Amerika tidak bersalah berkumpul disana untuk menyelamatkan diri.

Untuk menjaga supaya kedutaan besar Amerika Serikat berikut warga Amerika di Libya tetap selamat, akhirnya CIA mengutus 6 mantan pasukan elit untuk menjaga keamanan disana. Kehadiran para sekutu Amerika di Libya juga seharusnya bisa memudahkan operasi para 6 pasukan elit ini untuk tetap menyelamatkan kedutaan besar Amerika Serikat sekaligus para warganya. Namun tidak semudah itu.

Para Sekutu tidak memiliki kekuatan penuh untuk membantu Amerika. Dalam keadaan genting seperti itu, hanya tersisa 13 jam lagi sebelum para teroris bisa menguasai kedutaan besar Amerika Serikat dan mereka masih harus menyelamatkan nyawa duta besar Amerika, Chris Steven (Matt Letscher) juga para warga Amerika lainnya.

7. Olympus Has Fallen

olympus has fallen (Copy)

  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: War, Action
  • Produksi: Millennium Films
  • Sutradara: Antoine Fuqua
  • Pemain: Gerard Butler, Aaron Eckhart, Morgan Freeman

1 tahun berlalu setelah kejadian meninggalnya istri dari Presiden Asher (Aaron Eckhart) akibat kecelakaan, mantan US Army Ranger, Mike Banning (Gerard Butler) kini bekerja di divisi Treasury negara. Karena bukan bagian dari anggota pengamanan Presiden, dirinya tidak bisa mengikuti pertemuan penting dengan Presiden Korea Selatan, Lee Taw Woo (Keong Sim) untuk membahas bahayanya Korea Utara.

Ternyata pertemuan itu hanya settingan yang dibuat kelompok teroris Korea Utara, Kang Yeonsak (Rick Yune). Tanpa sepengetahuan Presiden Lee, dirinya dibunuh dan mengambil alih gedung putih setelah bekerja sama dengan orang dalam & kepercayaan Presiden Asher, Dave Forbes (Dylan McDermott). Mendengar hal ini, Mike lantas masuk kedalam gedung putih setelah melewati perang yang tak berujung.

Mike berusaha mati-matian untuk menyelamatkan Presiden Asher, dan mendapat tanggung jawab baru untuk menon-aktifkan kode Cerberus (aktivasi nuklir) Amerika yang apabila aktif akan memicu Perang Dunia ke III. Dengan keahlian bertempurnya, Mike berhasil masuk ke dalam bunker pertahanan Presiden, menyelamatkan Asher dan mematikan kode Cerberus.

8. White House Down

White House Down (Copy)

  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: War, Action
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: Roland Emmerich
  • Pemain: Channing Tatum, Jamie Fox, Maggie Gyllenhaal

John Cale (Channing Tatum) merupakan anak buah dari Juru Bicara Gedung Putih, dirinya ingin membuat putri nya, Emily (Joey King), terkesan dengan berbohong bahwa dirinya akan di interview untuk menjadi Agen Secret Service kepresidenan untuk James Sawyer (Jamie Foxx). Acara interview tersebut berubah menjadi medan perang setelah sekelompok teroris meledakan gedung putih.

Emily yang saat itu terpisah dengan John terjebak di antara peperangan. Pintar, Emily langsung merekam hampir seluruh pelaku yang sebelumnya tidak bisa diidentifikasi oleh keamanan negara. Melihat hal tersebut tersebar, para teroris kini mengincar Emily juga meski niat awal mereka adalah mengambil alih misil Amerika dan membalas dendam terhadap meninggalnya seorang prajurit saat perang Afghanistan.

John tidak tinggal diam, dia juga memiliki tugas untuk menyelamatkan Emily sekaligus mengeluarkan Presiden James dari gedung putih saat dirinya tidak sengaja melawan teroris yang membawa presiden James untuk jadi sandera. Dibantu oleh Presiden James, John berupaya untuk menyelamatkan seluruh sandera di gedung putih termasuk anaknya Emily.

9. Battleship

Battleship (Copy)

  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: War, Action, Sci-Fi
  • Produksi: Hasbro Studios
  • Sutradara: Peter Berg
  • Pemain: Taylor Kitsch, Alexander Skarsgard, Rihanna

Kembali pada tahun 2005, saat NASA menemukan planet baru yang hampir sama persis dengan komposisi bumi dan memiliki potensi untuk dihuni. NASA akhirnya membangun sebuah satelit transmisi untuk mencari informasi atau berkomunikasi dengan siapapun yang hidup disana. Cerita maju ke tahun 2012 saat 5 kapal induk alien datang ke bumi. Mendarat di HongKong dan 4 lainnya di Hawaii.

Tidak bersahabat, kapal alien itu menghancurkan hampir seluruh kapal-kapal yang sedang bertugas di perairan tersebut. Kebetulan saat Alien menyerang, negara Jepang dan Amerika sedang latihan militer bersama. Alih-alih mengalahkan Alien, kapal laut super canggih itu malah jebol tertembak ratusan kali oleh kapal induk alien yang dilindungi seperti gelombang magnet.

Tak patah semangat, para prajurit laut antara lain komandan Alex (Taylor Kitsch), prajurit Shane (Liam Neeson), prajurit Petty (Rihanna) dan para prajurit lainnya bahu membahu untuk mengalahkan alien tersebut. Mengingat kapal canggih mereka sudah habis, akhirnya mereka menggunakan kapal perang ‘pensiunan’ USS Missouri yang tidak pernah digunakan setelah perang dunia ke-2 berakhir.

10. Black Hawk Down

Black Hawk Down (Copy)

  • Tahun rilis: 2011
  • Genre: War, Action
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: Ridley Scoot
  • Pemain: Josh Hartnett, Eric Bana, Ewan McGregor

Setelah jatuhnya pemerintahan pusat, militer besar PBB yang beroperasi di negara tersebut, Somalia, diberi wewenang untuk menjaga perdamaian. Namun, militer yang mengabdi kepada pembelot Somalia, Mohamed Farrah Aidid menyatakan perang terhadap pasukan PBB yang tersisa saat sebagian besar anggota PBB ditarik kembali ke US.

Menanggapi hal tersebut, Amerika Serikat segera mengirimkan pasukan operasi khusus untuk menjawab tantangan dari kelompok Adid. Selain itu, misi mereka adalah menangkap dua penasihat Adid yaitu Omar Salad Elmi dan Abdi Hassan Awale Qeybdiid. Tim operasi khusus yang ditugaskan berhasil menemukan 2 penasihat Adid namun para pasukan Adid tahu rencana tersebut dan mulai membombardir.

Akhirnya dua pesawat tempur Black Hawk jatuh membuat beberapa tim operasi khusus itu meninggal di tempat namun masih ada juga yang selamat. Kini tugas mereka menjadi bertambah; menyelamatkan sisa anggota yang masih hidup. Tak ada ampun, milisi Aidid yang tahu kalau pasukan AS ada di lokasi kecelakaan itu juga segera menyerang mereka. Mampukah para prajurit penyintas itu keluar dari medan perang?

11. Battle Los Angeles

Battle-Los-Angeles (Copy)

  • Tahun rilis: 2011
  • Genre: War, Sci-Fi
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: Jonathan Liebesman
  • Pemain: Aaron Eckhart, Michelle Rodriguez, Ne-Yo

Sejumlah meteor jatuh ke bumi dan mendarat di 20 titik perairan Amerika. Kebanyakan berada di wilayah Los Angeles, California. Tak disangka, meteor-meteor yang jatuh itu merupakan pesawat alien yang ingin menginvasi bumi. Para pemimpin negara, akhirnya berusaha untuk mencari jalan keluar guna menyelamatkan para penduduknya.

Adalah sersan Michael Nantz (Aaron Eckhart), dalam masa pensiunnya, Michael malah ditunjuk untuk memimpin regu dalam misi evakuasi penduduk di Los Angeles. Dia bersama tim nya terjun langsung ke titik terdekat dimana serpihan-serpihan pesawat alien tersebut berjatuhan. Diberi waktu 3 jam sebelum pemusnahan massal, Michael terus mencari para penduduk lainnya yang belum sempat terevakuasi.

Perang dimulai saat para Alien bersenjata keluar dan menembaki para tentara AS yang saat itu tengah mengevakuasi warga. Alien tersebut datang ke bumi untuk mengambil air sekaligus mengklaim bumi dengan memusnahkan seluruh penghuninya. Sengit, perang berlangsung tanpa henti. Para prajurit AS akkhirnya tahu bahwa Alien bisa menangkap sinyal radio manusia sehingga hafal taktik perang mereka.

12. The Outpost

Outpost (Copy)

  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: War, Horror
  • Produksi: Content Film
  • Sutradara: Steve Barker
  • Pemain: Ray Stevenson, Julian Wadham, Richard Brake

Mungkin dari beberapa list film perang dalam artikel ini, hanya satu film ini saja yang mengusung perang dan horror sekaligus. Bercerita tentang seorang businessman bernama Hunt (Julian Wadham) yang mempekerjakan mantan prajurit Royal Marine bernama D.C. (Ray Stevenson) bersama dengan tim nya untuk mengawal dirinya saat pergi ke sebuah pulau no-man island atas sebuah misi.

Para anggota dari D.C. mengatakan bahwa di pulau itu tidak ada apa-apa hanya hutan saja. Namun Hunt bersikukuh untuk kesana. Perjalanan mereka awalnya mudah, mereka menemukan apa yang dicari oleh Hunt dari dalam sebuah bunker tua. Namun ketika mereka tidak sengaja menelisik lebih dalam lagi mengenai bunker itu, mereka menemukan ratusan mayat busuk yang mengerubungi bendera Nazi.

Mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi, tim Hunt dan D.C. ternyata dihadapkan pada ritual mistik yang dilakukan oleh Nazi. Menggunakan senjata yang mereka punya, D.C. dan timnya lantas membombardir tempat itu saat mereka mulai diganggu oleh ‘mereka’ yang tidak terlihat.

Sia-sia saja, senjata mereka tidak berguna. Satu-satunya jalan, mereka harus melawan para ‘tentara’ yang tak terlihat untuk keluar dari sana.

13. Kingdom of Heaven

Kingdom of Heaven (Copy)

  • Tahun rilis: 2005
  • Genre: War
  • Produksi: 20th Century Fox
  • Sutradara: Ridley Scott
  • Pemain: Oralndo Bloom, Eva Green, Liam Neeson

Film ini menceritakan tentang seorang pria yang bekerja sebagai pandai besi bernama Balian (Orlando Bloom) yang hidup seorang diri dan masih merasa bersalah setelah istri tercintanya bunuh diri akibat keguguran. Hal tersebut membuatnya terus mencari pengampunan Tuhan supaya ia terbebas dari rasa dosa dan rasa bersalahnya tidak bisa menjaga istrinya.

Saat sedih seperti itu, Balian bertemu dengan beberapa pasukan perang salib. Mereka minta diizinkan untuk beristirahat, makan dan minum di tempat Balian. Namun maksud pasukan perang salib itu datang ke tempat Balian bukan hanya makan minum saja. Pemimpin pasukan, Godfrey (Liam Neeson) adalah ayah kandung Balian yang kembali untuk menjemput Balian. Namun Balian menolak untuk pergi.

Singkat cerita Balian tetap menyusul Godfrey ke Jerusalem. Disana dia ditempa dan dilatih untuk menjadi ksatria untuk memimpin rakyat Jerusalem, di sinilah masalah mulai timbul saat Balian harus terlibat cinta terlarang dengan adik perempuan Raja Jerusalem dan harus berperang melawan para tentara muslim yang dimpimpin oleh Saladin (Ghassan Massoud) untuk merebut tanah para umat Kristen di Jerusalem.

14. Dunkirk

Dunkirk (Copy)

  • Tahun rilis: 2001
  • Genre: War
  • Produksi: Warner Bros. Pictures
  • Sutradara: Christopher Nolan
  • Pemain: Fionn Whitehead, Tom Glynn-Carney, Harry Styles

Cerita dibagi ke dalam 3 sudut pandang (darat, laut dan udara). Di tiap sudut pandang, memiliki cerita masing-masing, namun setting cerita sama. Ada sekitar 400 prajurit Inggris dan Perancis yang bergabung dalam operasi milite ‘The Battle of Dunkirk’. Terdampar di Dunkirk, mereka semua kini hanya bisa menunggu takdir antara hidup dan mati.

Pada sudut pandang pertama, kita akan dibawa ke dalam cerita prajurit Tommy (Fionn Whitehead) yang sedang mencari makanan di rumah-rumah yang ada. Namun dirinya dan temannya diberondong peluru oleh tentara Jerman meninggalkan Tommy sendiri, saat sedang mencoba kabur, Tommy bertemu dengan Gibson (Aneurin Barnard), seorang tentara yang sedang mengubur rekan-rekannya yang gugur.

Mereka berdua bertemu lagi dengan tentara lainnya bernama Alex (Harry Styles). Pada sudut pandang laut, seorang marinir, Dawson (Mark Rylance) berlayar untuk menyelamatkan para tentara, sedangkan sudut pandang udara ada pilot Royal Air Force bernama Farrier (Tom Hardy)  yang berjuang untuk mengalahkan pesawat tempur musuh. Diakhir cerita, ke-3 sudut pandang itu saling berhubungan.

15. Pearl Harbor

Pearl Harbor (Copy)

  • Tahun rilis: 2001
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Touchstone Pictures
  • Sutradara: Michael Bay
  • Pemain: Ben Affleck, Josh Hartnett, Kate Beckinsale

Diangkat dari kisah nyata mengenai penyerangan basecamp tentara Amerika di Pearl Harbor oleh pasukan udara Jepang pada masa Perang Dunia ke II. Adalah Rafe McCawley (Ben Affleck) dan Danny Walker (Josh Hartnett), sepasang sahabat yang sudah berteman semenjak kecil. Hidup di tengah-tengah perang, mulai dari perang dunia pertama, mereka akhirnya memiliki cita-cita untuk jadi prajurit.

Cita-cita mereka akhirnya berhasil. Keduanya menjadi letnan pertama, namun saat pemilihan pilot Amerika dalam menjalankan misi Battle of Britain hanya Rafe yang lolos, dibantu oleh Evelyn (Kate Beckinsale), perawat yang meloloskan dirinya pada tes kesehatan padahal Rafe memiliki disleksia. Evelyn dan Rafe akhirnya dekat dan memutuskan sebagai kekasih.

Belum lama menjalin cinta, Rafe yang ditugaskan sebagai pilot dianggap telah gugur tugas saat pesawatnya tertembak. Dirundung kesedihan, Evelyn datang kepada Danny. Dalam masa damai, Jepang menyerang pangkalan AS di Pearl Harbor. Murka, pemerintah AS memerintahkan untuk menyerang balik. Disaat seperti itu, Rafe kembali ke hadapan Danny dan Evelyn yang kini sudah menjalin cinta.

16. Behind Enemy Lines

Behind Enemy Lines (Copy)

  • Tahun rilis: 2001
  • Genre: War, Action
  • Produksi: Davis Entertainment
  • Sutradara: John More
  • Pemain: Owen Wilson, Gene Hackman, Joaquim de Almeida

Pada hari natal, seorang navigator pesawat, Burnett (Owen Wilson) ditugaskan untuk menemani sang pilot, Stackhouse (Gabriel Macht) untuk menjalan misi rekognisi. Mereka diminta untuk mendapatkan visual di wilayah demiliter. Saat terbang melintasi wilayah tersebut dan mengambil gambar, Burnett melihat ada sesuatu yang janggal. Dimana pasukan ‘The Serb Volunteer Guard’ sedang mengubur sesuatu.

Saat diselidiki, ternyata mereka mengubur banyak sekali warga muslim Bosnia di pekuburan masal. Tertangkap basah menyelidiki, pesawat yang ditumpangi Burnett dan Stackhouse ditembak jatuh. Meski hancur berkeping-keping, Burnett dan Stackhouse bisa selamat. Namun belum sempat melarikan diri, Stackhouse sudah dieksekusi mati oleh pasukan Serb sedangkan Burnett bisa meloloskan diri.

Merasa sudah mengetahui banyak informasi, pasukan Serbs akhirnya mencari Burnett untuk dieksekusi. Burnett yang sebelumnya sudah tahu ada kuburan massal, bersembunyi di antara mayat-mayat supaya tidak tertangkap. Atasan Burnett, Reigart (Gene Hackman) yang tahu kalau anak buahnya dalam bahaya segera mengirim anggota lain untuk menyelamatkannya.

17. Three Kings

Three Kings (Copy)

  • Tahun rilis: 1999
  • Genre: War, Drama
  • Produksi: Village Roadshow
  • Sutradara: David O. Russell
  • Pemain: George Clooney, Mark Wahlberg, Ice Cube

Dibalut dengan nuansa aksi dan unsur komedi di dalamnya, membuat film Three Kings ini tidak terlalu ‘berat’ untuk ditonton. Film Three Kings ini menceritakan tentang misi penyelamatan sersan Troy (Mark Wahlberg) yang ditangkap oleh pasukan Irak saat dirinya dan anggota regu lainnya sedang mencari harta karun milik Saddam Hussein.

Setelah perang teluk Persia usai, masih banyak tentara Amerika yang bertahan. Bukan untuk berperang, namun untuk istirahat dan menikmati kemenangan karena perang telah berakhir. Sersan Mayor Archie (George Clooney) yang ikut merayakan kemenangan mendapatkan sebuah peta yang ternyata adalah harta Saddam Hussein berupa emas dengan jumlah yang sangat banyak.

Merasa tugas mereka sudah selesai, akhirnya Archie mengajak 3 bawahannya untuk ikut bersama dia guna mencari harta karun. Naas, mereka berhasil tertangkap oleh pasukan Irak dan membuat Troy disandera. Sebagai balasan supaya Troy dibebaskan, Archie cs diminta untuk membantu para pasukan Irak untuk melawan pasukan elite Hussein.

18. Saving Private Ryan

Saving Private Ryan (Copy)

Dengan setting Perang Dunia Ke-2 di tahun 1944,  film ini mampu membawa kita ke dalam suasana perang yang sesungguhnya. Menceritakan tentang misi penyelamatan perwira bernama Ryan. Ryan bersaudara merupakan prajurit yang terdiri dari 4 kakak beradik. Semua kakak Ryan bungsu, James Francis Ryan (Matt Damon) telah meninggal menyisakan Ryan bungsu sendiri.

Misi ini ditugaskan langsung oleh Jenderal George Marshall (Harve Presnell) dan dieksekusi langsung oleh Miller (Tom Hanks) di bawah komando komandan battalion. Mereka melakukan tugas ini dengan modal nekat karena mereka pun tidak tahu persis dimana Ryan bungsu berada. Belum lagi mereka mau tidak mau harus menembus kamp Jerman yang tidak segan untuk membunuh mereka.

Pencarian Ryan bungsu tidak mudah, mulai dari membawa orang yang salah, beberapa anggota Miller tewas tertembak sampai baku hantam internal karena adanya kesepahaman antar anggota. Setelah bertemu Ryan bungsu, Miller dan anggotanya membawa dia dengan selamat supaya dia bisa kembali lagi bersama dengan keluarganya.

19. Braveheart

Braveheart (Copy)

  • Tahun rilis: 1995
  • Genre: War, Historical Fiction
  • Produksi: Icon Productions
  • Sutradara: Mel Gibson
  • Pemain: Mel Gibson, Sophie Marceau, Patrick McGoohan

Pada abad ke-13, Skotlandia masih menjadi wilayah jajahan kerajaan Inggris yang pada saat itu dipimpin oleh King Edward I (Patrick McGoohan).

Dirinya ingin sekali membabat habis penduduk pribumi Skotlandia dengan cara meminta bangsawan Inggris untuk tidur bersama dengan pengantin wanita Skotlandia saat malam pertama mereka. Hal ini sudah pasti jadi kekhawatiran sendiri bagi tiap pasangan di Skotlandia.

Adalah William (Mel Gibson), seorang Skotlandia yang siap menikahi teman masa kecilnya Murrion (Catherine McCormack). Karena adanya peraturan yang dibuat King Edward I, mereka berdua menikah diam-diam dan selalu mencuri kesempatan untuk saling bertemu. Naas, waktu kebersamaan mereka harus pupus ketika Murrion tewas di tangan prajurit Inggris dan William tidak bisa menolongnya.

Dendam, William tak segan untuk membangun kelompok untuk menyerang tentara Inggris. Keputusannya ini menarik simpati banyak orang bahkan beberapa bangsawan juga bakal Raja Skotlandia, Robert The Bruce (Angus MacFadyen).

Didukung oleh Robert, perjuangan untuk menyingkirkan Inggris dari Skotlandia sukses besar. Namun ditengah-tengah keberhasilan William, dia dijebak dan diserahkan ke pihak Inggris.

20. The Train

The Train (Copy)

  • Tahun rilis: 1964
  • Genre: War, Thriller
  • Produksi: Les Productions Artistes
  • Sutradara: John Frankenheimer, Arthur Penn
  • Pemain: Burt Lancester, Paul Scofield, Jeanne Moreau

Terinspirasi dari kejadian nyata, film The Train mengisahkan tentang perjuangan colonel Franz Von Waldheim (Paul Scofield) untuk menyelamatkan beberapa lukisan dan benda seni tak ternilai yang sebelumnya dicuri. DIberangkatkan dari Paris, barang-barang seni itu dibawa dengan kereta ke Jerman. Misi ini diperintahkan untuk diselesaikan secara cepat mengingat barang-barang seni itu rapuh.

Misi ini ternyata tidak semudah yang dibayangkan oleh Waldheim. Dirinya harus menghadapi beberapa orang yang ingin membajak kereta tersebut. Orang-orang yang membajak kereta tersebut merupakan orang Paris sendiri yang enggan menyerahkan lukisan tersebut kembali kepada Jerman mengingat mereka sudah lama sekali memiliki karya-karya seni tersebut.

Aksi bajak kereta akhirnya dimulai. Salah satu anggota dari perusahaan kereta api Paris, Paul Labiche (Burt Lancaster) bahkan mencoba untuk membuat kereta kembali ke Paris dengan menyabotase rel kereta seolah-olah kerena menuju ke Jerman namun faktanya jalur tersebut mengarah kembali ke Paris. Bukan hanya itu saja, rel pun diledakan supaya kereta berhenti dan tidak pernah sampai ke Jerman.

20 daftar film oke di atas rasanya sudah bisa memenuhi rasa penasaran teman-teman semua nih. Tidak hanya sebagai hiburan semata, film-film perang di atas pun beberapa dibuat untuk mengenang para pasukan yang gugur dalam tugas mengingat sebagian film diangkat dari kisah nyata. Selain itu film-film perang di atas juga bisa buat kita mengetahui sejarah secara mudah.

Buat kalian yang masih punya daftar film perang oke lainnya yang tidak ada di atas, boleh loh tulis di komen, supaya di lain waktu Bacaterus bisa review film nya!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *