Bacaterus / Film Indonesia / Suka Gunung? Nonton Dulu 8 Film Pendakian Gunung Indonesia

Suka Gunung? Nonton Dulu 8 Film Pendakian Gunung Indonesia

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Januari 2020

Setiap orang mempunyai cara yang berbeda-beda dalam menghabiskan waktu luang. Apalagi ketika disibukkan dengan rutinitas sehari-hari, liburan menjadi hal yang paling diinginkan. Ada yang senang menghabiskan waktu liburannya dengan diam di rumah, ada yang suka pergi ke mall, ada yang suka pergi ke pantai dan ada juga yang senang pergi ke gunung.

Pergi ke gunung untuk mendaki merupakan salah satu kegiatan yang banyak disukai anak muda saat ini. Selain ingin melepas penat dan melihat keindahan gunung, kita juga dituntut untuk mendaki yang pastinya menguras tenaga untuk sampai ke puncak atau wilayah tertentu di gunung yang menyuguhkan keindahan alam.

Nggak banyak film Indonesia yang membahas pendakian gunung sebagai bagian dari ceritanya. Namun ada 8 film pendakian gunung Indonesia yang pernah dibuat. Tertarik menonton film pendakian gunung Indonesia? Ayo simak dulu ulasannya di sini!

1. Gie [2005]

Gie [2005]

Film Gie karya Riri Riza ini mengambil cerita dari kejadian nyata, begitu juga dengan tokoh utamanya yang ditambah beberapa tokoh fiktif untuk menambah cerita menjadi lebih dramatis. Gie bercerita tentang perjuangan dalam memberantas ketidakdilan, penyalahgunaan kekuasaan dan tindakan korupsi ketika Indonesia masih dipimpin Presiden Soekarno.

Bukan hanya itu, di film ini juga dibahas bagaimana perubahan hidupnya ketika cita-citanya tercapai. Ketika ada waktu luang, Gie dan teman-temannya sangat suka menikmati keindahan alam. Salah satunya adalah mendaki gunung bersama Mahasiswa Pecinta Alam (Mapala) Universitas Indonesia. Film Gie bukan cuma hiburan, tapi juga media pembelajaran yang bagus.

2. Trinity, The Nekad Traveler [2017]

Trinity, The Nekad Traveler [2017]

Trinity adalah seorang wanita pekerja kantoran yang mempunyai hobi travellng. Sayangnya untuk menjalankan hobinya itu dia sering terbentur oleh kenyataan seperti jadwal cuti dan keadaan finansial. Sementara di rumah, orang tuanya selalu menanyakan perihal jodoh. Trinity menjawab akan mencari jodoh apabila daftar-daftar keinginannya sudah terpenuhi.

Dengan segala keterbatasan yang dimiliki, Trinity nekad untuk pergi berlibur mengunjungi banyak tempat di berbagai negara. Salah satu tempat yang dikunjunginya adalah Gunung Krakatau. Sebagai tempat pertama dalam perjalanannya, dalam film ini diperlihatkan bagaimana indahnya gunung berada di provinsi Lampung tersebut.

3. Romeo + Rinjani [2015]

Romeo + Rinjani [2015]

Romeo merupakan seorang fotografer freelance yang mengirim karya-karyanya untuk ditampilkan di majalah outdoor adventure. Dia senang bergonta-ganti pacar tapi nggak mau menikahi mereka karena mempunyai trauma tentang pernikahan. Trauma itu muncul setelah orang tuanya bercerai ketika dia masih berumur tujuh tahun,

Kekasih Romeo, Raline memberi kabar bahwa dia sedang hamil. Mendapat desakan untuk menikahi pacarnya, Romeo setuju dengan syarat akan menyelesaikan pekerjaannya mengambil foto di Gunung Rinjani. Dia pergi mendaki untuk memfoto beberapa tempat di Rinjani dan bertemu dengan Sharon yang dia rasa memiliki kecocokan dengan dirinya.

4. Negeri Dongeng [2017]

Negeri Dongeng [2017]

Negeri Dongeng merupakan film dokumenter yang dibuat selama tiga tahun. Tujuh orang sahabat yaitu Anggi Frisca, Teguh Rahmadi, Rivan Hanggarai, Jogie KM Nadeak, Yohanes Pattiasina dan Wihana Erlangga melakukan ekspedisi pendakian ke tujuh gunung. Ketujuh gunung itu adalah Kerinci, Semeru, Rinjani, Bukit Raya, Rantemario, Binaiya dan Cartenz.

Film Negeri Dongeng mengandung banyak pesan yang disampaikan. Terutama soal betapa kayanya alam Indonesia. Belum lagi kerusakan alam karena penebangan pohon yang digantikan oleh penambang rakyat yang dianggap lebih menguntungkan. Permasalahan-permasalahan itu ditemui para pendaki dengan melihat keadaan di sekitar dan mengajak ngobrol para penduduk lokal.

5. Sagarmatha [2013]

Sagarmatha [2013]

Shila dan Kirana merupakan dua orang yang bersahabat sejak kuliah. Mereka mempunyai mimpi untuk mencapai puncak dunia yaitu Gunung Himalaya. Shila memiliki bakat menulis cerpen sementara Kirana dalam bidang fotografi. Kombinasi keduanya akan dimanfaatkan untuk dokumentasi perjalanan mereka yang mungkin bisa menjadi karya yang menakjubkan.

Mereka memulai perjalanan mendaki gunung Himalaya, tapi masalah mulai muncul. Shila merasa cerpen yang ditulisnya nggak cukup baik untuk dirilis, dia juga sempat dilamar kekasihnya sebelum berangkat. Sementara Kirana merasa bahwa di usianya yang sudah menginjak 28 tahun, dia belum memiliki tujuan hidup yang jelas.

6. Pencarian Terakhir [2008]

Pencarian Terakhir [2008]

Sita mendapat telepon dari seseorang yang menyatakan bahwa adiknya, Gankar sudah tersesat selama dua hari bersama teman-temannya. Mereka tersesat ketika sedang mendaki Gunung Sarangan yang dikenal sebagai gunung yang angker. Bahkan kebanyakan yang tersesat di gunung itu nggak pernah kembali. Sita mengajak Oji dan Bagus untuk melakukan pencarian.

Diam-diam Bagus meminta bantuan pada Tito yang sudah lama menjauhi kegiatan pecinta alam. Tito pernah hilang bersama temannya, Norman dan hanya dia yang selamat. Bagus memaksa Tito untuk membantu pencarian. Tito merasa bahwa ini adalah kesempatannya untuk menebus kesalahannya di masa lalu.

7. My Trip My Adventure The Movie: The Lost Paradise 

My Trip My Adventure The Movie

Siapa yang nggak tahu acara My Trip My Adventure yang kerap tayang di salah satu stasiun televisi swasta? Acara yang mempertontonkan petualangan para pengisi acaranya di tempat-tempat menakjubkan di seluruh Indonesia itu selalu berhasil membuat para penontonnya berdecak kagum. Tahun lalu, sebuah film dengan nama yang sama dirilis oleh stasiun tv tempat acaranya ditayangkan.

My Trip My Adventure The Movie: The Lost Paradise bukan hanya menjelajahi tempat-tempat tersembunyi yang indah sebagaimana acara televisinya, tapi juga menampilkan sisi drama. Film tersebut bercerita tentang pencarian seorang kru yang hilang pada saat pengambilan di sebuah pulau.

8. 5 Cm [2012]

5 Cm [2012]

Lima orang sahabat yaitu Genta, Arial, Zafran, Riani dan Ian merasa berada di titik jenuh dan memutuskan untuk nggak saling menghubungi selama tiga bulan. Genta yang dianggap sebagai pemimpin, memberi kejutan dengan rencana liburan yang nggak diketahui sahabatnya yang lain. Perjalanan itu adalah mendaki Mahameru untuk mengibarkan bendera pada tanggal 17 Agustus.

Perjalanan menuju puncak Mahameru nggak dilalui dengan mudah. Mereka harus berhadapan dengan berbagai rintangan, dari mulai cuaca sampai faktor-faktor yang ada di dalam diri mereka sendiri. Perjalanan itu adalah sebuah pertaruhan yang akan mengubah hidup mereka setelahnya, mampukah mereka mencapai puncak?

Film pendakian gunung Indonesia nggak sebanyak film drama atau komedi. Karena jumlahnya yang nggak banyak, menonton film pendakian gunung Indonesia memberikan pengalaman baru yang nggak didapat dari film lain. Nggak percaya? Silakan coba sendiri. Barangkali setelah nonton kamu jadi tertarik buat naik gunung.

Ada film yang sudah pernah kamu tonton? Ceritakan pengalaman kamu di kolom komentar, yuk! Mungkin kamu mencoba naik gunung setelah nonton film itu, atau mungkin ada film pendakian gunung yang bermakna dalam buat kamu. Cerita seperti itu pasti akan disukai oleh para pembaca. Jadi, jangan sungkan untuk berbagi, teman-teman!

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *