Bacaterus / Film Barat / 10 Film Parodi Paling Lucu yang Bisa Membuatmu Tertawa Lepas

10 Film Parodi Paling Lucu yang Bisa Membuatmu Tertawa Lepas

Ditulis oleh - Diperbaharui 28 Maret 2020

Film parodi mulai digandrungi sebagai tontonan menghibur dan penuh canda pada dekade 70an dan 80an. Film yang merupakan subgenre dari film komedi ini kemudian semakin produktif muncul ketika memasuki era 90an sampai dengan sekarang ini.

Walaupun tidak ada kategori penghargaan untuk jenis tontonan yang satu ini, keberadaannya selalu dinanti sebagai tayangan hiburan bagi siapa saja yang menyukainya.

Cerita dalam film parodi pada dasarnya bertujuan untuk menyindir bahkan mengolok-ngolok film-film yang sedang tenar di Hollywood. Dengan konsep komedi seperti itu, para penonton malah menyukainya sampai tertawa terbahak-bahak.

Walaupun sebagian pihak studio ada yang membuatnya secara asal-asalan, beberapa film parodi lainnya sangat sukses dan menguntungkan hingga masuk ke dalam box office.

Jika kamu penat menonton film yang itu-itu saja, Bacaterus akan memberikan rekomendasi 10 film parodi yang bisa bisa membuatmu tertawa lepas. Yuk, Langsung saja kita simak ulasannya di bawah ini.

1. Shaun of the Dead (2004)

Shaun of the Dead (2004)

Judul dan alur cerita dari film ini merujuk pada Dawn of the Dead karya sutradara spesialis film – film zombie bernama George A. Romero. Meskipun begitu, Shaun of the Dead bukanlah sebuah film parodi nyeleneh tanpa kejelasan skenario dan konflik.

Film ini digarap dengan baik lewat plot yang matang sehingga jalan cerita yang disajikan pun dapat dipahami cukup jelas oleh siapa saja yang menontonnya. Shaun of the Dead merupakan sebuah film komedi yang diperankan oleh aktor jenaka Simon Pegg dan Nick Frost.

Keduanya berperan sebagai sepasang sahabat bernama Shaun dan Ed. Diceritakan bahwa warga Kota London sedang diserang oleh wabah zombie. Kedua orang sahabat tersebut lalu bergabung bersama warga yang selamat untuk berlindung di sebuah pun sembari menunggu bala bantuan datang.

2. Scary Movie Series (2000-2013)

Scary Movie Series (2000-2013)

Scary Movie menjadi salah satu film bergenre parodi yang paling digemari sejak kemunculan perdananya di awal tahun 2000. Sangking seru dan lucunya film ini, pihak studio sudah memproduksi hingga lima seri, dan edisi terakhirnya telah rilis pada tahun 2013 silam.

Secara keseluruhan, kelima film yang telah ditayangkan mendapatkan keuntungan yang cukup besar dengan total 896 juta dollar di seluruh dunia.

Pada seri pertamanya, Scary Movie hadir membawa gelak tawa penonton dengan memplesetkan film Scream, I Know What You Did Last Summer, The Sixth Sense, dan The Matrix. Satu tahun berselang, film ini datang lagi lewat sajian komedi dari film The Haunting, The Exorcist, Poltergeist dan The Amityville Horror.

Di tahun 2003, seri ketiga Scary Movie kembali mengocok perut penonton dengan memparodikan film The Ring, Signs, Matrix Reloaded, dan The Others. Tiga tahun kemudian, edisi keempat dirilis dengan menyindir film Saw, The Village, The Grudge dan War of the Worlds. Sekuel terakhir tayang di tahun 2013, dan menyajikan komedi dari film Paranormal Activity, Black Swan, dan Rise of the Planet of the Apes.

3. Hot Shots (1991)

Hot Shots (1991)

Hot Shots! adalah sebuah film komedi keluaran 1991 yang disutradarai oleh Jim Abraham dan dibintangi aktor Charlie Sheen. Ia memerankan tokoh Sean Harley, seorang pilot Angkatan Laut AS yang sedang bertugas dalam misi Operation Sleepy Weasel.

Film ini sendiri memparodikan Top Gun yang diperankan oleh Tom Cruise serta Fabulous Baker Boys, Rocky, Superman, Gone with the Wind, dan marathon. Saat penayangan perdananya, film ini langsung berada di posisi teratas box office Amerika dan mendapatkan keberhasilan secara kritik dan komersial.

Hot Shots! meraup pendapatan lebih dari 180 juta dollar di seluruh dunia, serta memiliki rating fresh dari Rotten Tomates dengan nilai 83% dari 24 ulasan. Karena kesuksesannya, film ini mempunyai sekuel kedua berjudul Hot Shots! Part Deux pada tahun 1993.

4. Superhero Movie (2008)

Superhero Movie (2008)

Rick Riker adalah seorang siswa dari Empire High School, dan ia adalah seorang pahlawan super. Dirinya mendapatkan kekuatannya itu karena digigit oleh seekor capung radioaktif saat melakukan kunjungan lapangan ke sebuah laboratorium penelitian hewan.

Kini, ia bergabung bersama para mutan lainnya seperti Storm, Wolverine, Cyclops, Invisble Woman, dan Barry Bonds untuk bertugas layaknya superhero.

Superhero Movie memparodikan hampir semua karakter-karakter jagoan yang ada di komik Marvel, salah satunya film Spiderman dari Tobey Maguire, dan X-Men.

Film ini disutradari oleh Craig Mazin, serta dibintangi oleh Drake Bell, Sara Paxton, Christopher McDonald, dan Leslie Nielsen. Film keluaran 2008 ini meraup untung lebih dari 71 juta dollar di seluruh dunia dari anggaran produksi sebesar 35 juta dollar.

5. Airplane! (1980)

Airplane! (1980)

Film yang satu ini cukup terkenal pada masanya karena dibintangi oleh aktor dan aktris top di era tersebut, seperti Robert Hays, Julie Hagerty, Leslie Nielsen, Robert Stack, Lloyd Bridges, Peter Graves dan Lorna Patterson.

Selain itu, pebasket NBA Kareem Abdul Jabbar pun turut membintangi film komedi ini. Airplane! memparodikan film produksi Paramaount Pictures riilisan tahun 1957 yang berjudul Zero Hour!

Dalam ceritanya, film ini menggunakan komedi surealis dengan gimmick slapstick serta ditambah lewat permainan lelucon secara verbal dan visual. Airplane! menjadi film parodi yang populer dimasanya dengan mendapatkan berbagai respon positif.

Pencpta film ini lalu meraih penghargaan Writers Guild of America Award untuk kategori Best Adapted Comedy, serta masuk nominasi BAFTA Award sebagai Best Screenplay.

6. Meet the Spartans (2008)

Meet the Spartans (2008)

Meet the Spartans langsung berada di box office dengan meraup 18,5 juta dollar selama seminggu setelah penayangan perdananya. Film ini memparodikan film 300 yang dirilis di tahun 2007, serta menyindir acara TV American Idol, film Rocky Balboa, Casino Royale, Ghost Rider dan Shrek the Third.

Aktor Sean Maguire, Carmen Electra dan pemeran serial televisi Hercules, Kevin Sorbo, membintangi film yang satu ini. Cerita Meet the Spartans kurang lebih mengikuti plot dari film 300 yang dimana Leonidas memimpin pasukannya untuk bertarung melawan prajurit-prajurit tangguh dari Persia.

Bukanlah parodi jika tidak menyisipkan adegan-adegan nyelenah di tengah jalan ceritanya. Pada saat pertempuran Thermopylae, Rocky Balbo dan Ghost Rider akan memihak bangsa Persia untuk melawan ketangguhan dari Leonidas.

7. Spy Hard (1996)

Spy Hard (1996)

Aktor kawakan Leslie Nielsen memang terkenal kerap membintangi film-film bergenre parodi. Tingkah kocak dan jenaka yang ia lakoni di setiap perannya membuat dirinya cocok berada dalam film komedi.

Di film Spy Hard ini, dirinya harus memplesetkan karakter James Bond dengan berperan sebagai seorang agen rahasia WD-40 bernama Dick Steele yang berpasangan dengan agen cantik, Veronique Ukrinsky.

Keduanya mempunyai misi untuk menyelematkan perempuan bernama Barbara Dahl. Di lain sisi, mereka juga mesti mencegah kejahatan yang dilakukan oleh Jenderal Rancor yang ingin menguasai seluruh dunia.

Spy Hard cukup sukses lewat keuntungan 10,4 juta dollar di minggu pertama pembukaannya, dan langsung berada di posisi ketiga tepat dibawah film karya Tom Cruise yang berjudul Mission: Impossible.

8. Spaceballs (1987)

Spaceballs (1987)

Spaceballs tayang di tahun 1987 dengan memparodikan film-film yang populer seperti Star Wars, Star Trek, Alien, The Wizard of Oz, 2001: A Space Odyssey dan the Planet of the Apes. Film parodi bernuansa fiksi ilmiah ini dibintangi oleh Mel Brooks, Pullman, John Candy dan Rick Moranis.

Situs Rotten Tomatoes memberikan ulasan positif untuk film ini dengan peringkat rating rata-rata di angka 6.4/10. Dengan total anggaran produksi sebesar 22 juta dollar, Spaceballs akhirnya mendapatkan pendapatan sebanyak 38 juta dollar selama penayangannya di Amerika Serikat.

Pada tahun 2013, Mel Brooks dan Rick Moranis sempat membahas sekuel kedua film ini dengan memberikan judul Spaceballs III: The Search for Spaceballs II. Namun, rencana itu urung terjadi karena keduanya tidak menemukan kesepakatan.

9. Gnomeo & Juliet (2011)

Gnomeo & Juliet (2011)

Apa jadinya jika film Romeo dan Juliet diparodikan ke dalam sebuah kisah animasi yang penuh dengan canda tawa. Jika kamu penasaran akan ceritanya, bisa langsung menonton film yang satu ini.

Aktor James McAvoy mengisi suara untuk karakter Gnomeo atau Romeo dari keluarga Montague, sedangkan aktris cantik Emily Blunt mendapatkan peran sebagai pengisi suara untuk sosok Juliet dari keluarga Capulet.

Selain mereka berdua, film ini juga turut dibintangi oleh Michael Caine, Jason Statham, Maggie Smith, Patrick Stewart, Ashley Jensen, Stephen Merchant, dan Ozzy Osbourne. Gnomeo and Juliet lalu mendapatkan beragam nominasi seperti di Satellite Award untuk Original Song, The Golden Globe Award sebagai Best Original Song, dan The Critics’ Choice Award masuk ke dalam kategori Best Song.

10. Robin Hood: Men in Tights (1993)

Robin Hood: Men in Tights (1993)

Film yang satu ini merupakan sebuah cerita parodi dengan memplesetkan film Robin Hood: Prince of Thieves yang diperankan oleh Kevin Costner di tahun 1991. Film yang disutradarai oleh Mel Brooks ini dibintangi oleh Cary Elwes yang memerankan karakter “perampok baik hati” tersebut. Robin Hood: Men in Tights kemudian mendapatkan penilaian rata-rata dari Rotten Tomatoes dengan rating 5.04/10.

Diceritakan bahwa Robin telah kembali ke Inggris setelah berada dalam perang salib di Jerusalem. Ia menyadari jika Pangeran Richard telah menyalahgunakan kekuasaannya sewenang-wenang. Ia lalu mengikuti kontes memanah untuk menyingkirkan Pangeran Richard dari takhtanya. Di lain sisi, ia juga mesti menyelamatkan gadis pujaannya, Maid Maria, yang disekap oleh Sheriff of Rottingham.

Itulah 10 film parodi terlucu yang mesti kamu tonton dirumah. Kamu tidak perlu repot-repot memikirkan konflik dalam film komedi ini, karena jalan ceritanya pun penuh dengan adegan-adegan yang nyeleneh di setiap bagiannya. Semoga daftar pilihan di atas dapat membuatmu terhibur, dan bisa menjadikan hari-harimu semakin lebih menyenangkan lagi. Selamat menonton!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *