Bacaterus / Entertainment / Film Barat / 10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton

10 Film Musikal Hollywood Terbaik yang Wajib Ditonton

Film bergenre musical, memang terkesan segmented. Tidak semua menyukainya. Adegan demi adegan terpotong oleh lagu, musik dan dansa. Bahkan terkadang dialognya pun ikut dinyanyikan. Dan yang lebih dahsyatnya lagi, mayoritas film jenis ini memiliki durasi yang lumayan panjang. Minimal 2 jam, bahkan bisa lebih.

Tetapi, ada sensasi tersendiri yang membedakan film musical ini dengan film bergenre lainnya. Kita akan dibawa hanyut dengan mudahnya oleh lagu yang menggambarkan perasaan sang karakter. Saat senang atau sedih, lantunan lagu dan musik yang ditampilkan menjadi poin penting dalam film yang mayoritas terinspirasi oleh drama musical Broadway ini.

Berikut ini kami pilihkan 10 film musical terbaik yang tidak hanya menampilkan kualitas yang bagus tetapi juga populer dan banyak dikenang oleh para penontonnya. Dan pastinya, lagu-lagu yang ditampilkan sangat memorable bagi siapa pun yang pernah menyaksikannya.

10 Film Musikal Hollywood Terbaik

1. Mary Poppins [1964]

mary poppins

Bisa dibilang, film produksi Walt Disney Pictures ini adalah yang mengangkat genre musical menjadi populer di mata publik, setelah sebelumnya banyak film musical yang diangkat dari pentas teater Broadway. Mengadaptasi dari buku berseri karya P.L. Travers, film ini menggabungkan antara live-action dengan animasi khas Disney.

Di ajang Academy Awards, film ini dinominasikan di 13 kategori dan berhasil membawa pulang Oscar dari kategori Best Actress untuk Julie Andrews, Best Film Editing, Best Original Music Score, Best Visual Effects, dan Best Original Song, “Chim Chim Cher-ee”, karya The Sherman Brothers. Maka tidak heran jika film ini telah masuk ke kategori klasik saat ini.

2. The Sound of Music [1965]

the sound of music

Julie Andrews kembali bersinar di film yang merupakan adaptasi dari pentas teater musical Broadway yang diangkat dari memoir The Story of the Trapp Family Singers karya Maria von Trapp yang mengisahkan pengalamannya di Salzburg pada masa perang di tahun 1938. Pesan film ini, musik menjadi penyelamat dan penyemangat hidup keluarga Trapp di era perang tersebut.

Film klasik ini, selain sebagai salah satu film terlaris dunia, juga berhasil meraih 5 Oscar dari 10 kategori nominasi, yaitu Best Picture, Best Director untuk Robert Wise, Best Music, Best Sound Mixing dan Best Film Editing. Meski tidak berhasil meraih Oscar, Julie Andrews kembali masuk nominasi Best Actress selama dua tahun berturut-turut.

3. Grease [1978]

grease

Film musical romantis ini diperankan oleh pasangan John Travolta dan Olivia Newton-John. John Travolta adalah aktor yang bernyanyi di film ini dan Olivia Newton-John adalah penyanyi yang berakting di film ini. Hebatnya, mereka berhasil memaksimalkan potensi mereka dalam bernyanyi dan berakting, sehingga film ini menjadi populer di masa itu dan melambungkan karir mereka masing-masing.

Meski hanya masuk di satu kategori sebagai nominasi saja, yaitu di Best Original Song untuk “Hopelessly Devoted to You” yang dilantunkan oleh Olivia Newton-John, tetapi hampir semua lagu di film ini sangat memorable, salah satunya adalah “You’re the One That I Want” yang berhasil memuncaki tangga lagu Billboard Hot 100.

Walhasil, film ini menjadi banyak inspirasi bagi film-film musical lainnya, salah satunya adalah Kuch Kuch Hota Hai [1998] yang memiliki kesamaan dalam salah satu adegannya. Dalam soundtrack-nya, sang legenda Frankie Valli membawakan lagu yang diproduseri oleh Bee Gees berjudul “Grease” yang juga menjadi lagu No.1 di Billboard Hot 100.

4. Moulin Rouge! [2001]

moulin rouge

Film karya Baz Luhrmann ini membangkitkan kembali genre film yang sempat mengalami mati suri selama hampir dua dekade. Dibintangi oleh Ewan McGregor dan Nicole Kidman, film ini mengambil setting di Montmartre Quarter di Paris, Perancis. Filmnya sendiri dipenuhi oleh lagu-lagu hits yang digubah kembali dalam bentuk yang lebih unik.

Salah satu lagu soundtrack-nya, “Lady Marmalade” yang dilantunkan oleh Christina Aguilera dan rekan-rekannya menjadi No.1 hits di Billboard Hot 100 yang turut membantu popularitas film yang berhasil meraih dua Oscar dari 8 nominasi, yaitu Best Costume Design dan Best Art Direction.

5. Chicago [2002]

chicago

Menyusul kesuksesan Moulin Rouge! [2001], sutradara Rob Marshall terinspirasi untuk mengangkat pentas musical Broadway terkenal ke layar lebar. Dibintangi oleh trio Catherine Zeta-Jones, Renee Zellweger, dan Richard Gere, film ini menyuguhkan film dalam nuansa teatrikal yang kental tetapi sangat menghibur.

Meski dasar ceritanya berlatar belakang tentang kriminal, jalan cerita kemudian semakin seru dengan menanjaknya popularitas para terdakwa wanita ini. Disinilah mereka bersaing demi meraih popularitas dari media. Ketiga pemeran utama ini bernyanyi dan berdansa tanpa menggunakan dubbing atau pemeran pengganti. Benar-benar sebuah totalitas maksimal.

Film ini pun kemudian masuk radar Oscar dan berhasil meraih 6 Oscar dari 13 kategorinya, salah satunya adalah Best Picture, dimana film ini menjadi film musical pertama yang berhasil memenangi kategori tersebut di era modern setelah terakhir kali Oliver! [1968] meraihnya hampir 4 dekade sebelumnya.

6. Across the Universe [2007]

acros the universe

Bagi fans The Beatles, film musical ini wajib ditonton. Kenapa? Karena film ini menampilkan 34 lagu milik The Beatles dalam alur cerita yang menarik meski cenderung surealis dan kelam. Kita pastinya akan diajak berdendang bersama dalam potongan-potongan adegan diantara penggalan-penggalan dialog yang beraroma politik dan kemanusiaan.

Evan Rachel Wood dan Jim Sturgess didapuk sebagai pemeran utama yang mampu membawa lagu-lagu The Beatles dalam nuansa yang berbeda tetapi tidak kehilangan esensi dari liriknya sendiri. Mereka seolah-olah membuat lagu-lagu tersebut hidup dalam diri mereka. Selain itu, banyak juga artis terkenal yang tampil sebagai cameo, seperti Bono dan Salma Hayek.

7. Sweeney Todd: The Demon Barber of Fleet Street [2007]

sweeney todd

Siapa yang menyangka jika Johnny Depp bisa juga bernyanyi dalam sebuah film musical? Di film karya Tim Burton ini, Depp berperan sebagai tokoh utama, Sweeney Todd, seorang pencukur rambut yang membunuh banyak pelanggannya dan bekerja sama dengan partner-in-crime, Mrs. Lovett, untuk menghilangkan jejak perilaku kriminal mereka.

Film ini memang terkesan kelam, dengan jalan cerita yang bisa dibilang sadis meski juga diselipkan beberapa humor yang cukup menyentil, tetapi lewat perannya, Johnny Depp berhasil masuk nominasi Oscar di kategori Best Actor. Segala kritikan tajam yang mengarah kepada film ini di awal perilisannya, ditepis dengan baik lewat raihan penghargaan yang berlimpah.

8. Les Miserables [2012]

les miserables

Film ini adalah sebuah film yang murni bergenre musical dibandingkan dengan film-film musical lainnya. Karena hampir semua dialog diubah dalam bentuk lantunan lagu yang sesuai adegan demi adegan yang ditampilkan dalam film yang mengambil setting di Paris pada era 1800an ini. Semua pemeran di film ini melantunkan dialog mereka dengan sangat baik selayaknya penyanyi opera profesional.

Hugh Jackman, Russell Crowe, dan Amanda Seyfried menjadi tokoh-tokoh utama dalam film yang berdurasi cukup panjang ini. Tetapi yang berhasil mencuri perhatian adalah Anne Hathaway, yang berhasil meraih banyak penghargaan atas perannya sebagai Fantine, seorang wanita pekerja pabrik yang sengsara. Rintihannya sangat menyentuh hati begitu dia mendendangkan lagu “I Dreamed a Dream” yang sangat sendu.

9. La La Land [2016]

la la land

Mayoritas kritikus film dan para moviegoers menasbihkan film ini sebagai film musical terbaik abad ini. Hal ini tidak terlalu berlebihan, mengingat kualitas film ini jauh di atas rata-rata film musical lainnya. Dari musik dan lagunya yang sangat catchy, chemistry Ryan Gosling dan Emma Stone yang sangat klop, jalan cerita yang menarik, dan cinematography yang indah serta dinamis.

Sudah pasti, film karya Damien Chazelle ini, selain sukses secara kualitas, tetapi juga secara komersialitas. Total $445 juta diraih dari bujet produksi yang hanya sebesar $30 juta. Di ajang Academy Awards, film ini Berjaya dengan dinominasikan di 13 kategori, menjadi salah satu film dengan nominasi terbanyak, dan berhasil meraih 6 Oscar diantaranya.

10. Beauty and the Beast [2017]

beauty and the beast

Salah satu film live-action dari karya terbaik animasi Disney ini menampilkan akting memikat dari Emma Watson dan Dan Stevens. Jalan ceritanya tidak diubah sama sekali dari versi aslinya, hanya terdapat beberapa penambahan agar terkesan lebih kekinian. Bahkan semua lagu-lagu yang dilantunkan dalam versi animasinya, kembali ditampilkan dengan nuansa yang lebih fresh.

Film yang bertabur bintang ini mampu mendorong semua potensi yang dimiliki oleh para pemerannya dan juga seluruh elemen filmnya. Penonton akan dibawa hanyut dengan dialog demi dialog dan lagu demi lagu yang ditampilkan dengan sangat baik oleh para pemerannya, terutama Emma Watson. Maka kemudian, film ini menjadi film musical dengan pendapatan tertinggi saat ini.

Film Musikal Terbaik Lainnya

Sudah menonton semua film di atas tapi masih ingin menonton film musikal? Tenang saja, Bacaterus akan memberikan rekomendasi film musikal terbaik lainnya yang wajib Anda tonton. Berikut daftar lengkapnya:

Topik Terkait:

Artikel Terkait

About the Author:

Dhany Wahyudi
Film telah lama menjadi hiburan utama sedari kecil, menjadikan saya sebagai moviegoers yang tidak pernah melewatkan film-film berkualitas, terutama dari perfilman Hollywood. Sudah senang menulis sejak remaja dengan membuat banyak karya tulis, seperti cerpen dan artikel, saat ini saya sedang terjun dalam bisnis buku. Motto saya, “Be better for tomorrow.”

Leave A Comment