10 Film yang Mirip dengan Ghostbusters: Afterlife dari Segi Elemennya

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

Kehadiran Ghostbusters tidak hanya menjadi fenomena di dunia film saja, melainkan hingga merambah ke media hiburan lainnya. Contohnya lagu “Ghostbusters” yang dinyanyikan oleh Ray Parker Jr. langsung bertengger di puncak Billboard Hot 100 mengiringi kepopuleran filmnya.

Lalu film sekuelnya pun hadir dengan kesuksesan serupa. Jadi sangat wajar apabila hingga kini fans sejati Ghostbusters masih banyak dan akan terus bertambah dengan dirilisnya film Ghostbusters: Afterlife.

Generasi terkini memang wajib mengenal sosok para pemburu hantu ini yang berjaya di era 1980an. Film horor dengan konsep komedi seperti Ghostbusters: Afterlife sebenarnya cukup banyak.

Berbagai macam hantu atau makhluk menyeramkan seolah bisa menjadi bahan lelucon meski tetap hadir dengan penggambaran yang menakutkan. Berikut Bacaterus susun beberapa film yang memiliki elemen sama dengan film arahan Jason Reitman ini.

1. Ghostbusters (1984)

Film Mirip Ghostbusters afterlife_Ghostbusters (1984)_

Peter Venkman, Ray Stantz, dan Egon Spengler adalah tiga ilmuwan parapsikologis eksentrik yang memulai bisnis memburu hantu di kota New York. Salah satu klien mereka adalah Dean Barrett dan mereka bertemu dengan hantu yang kuat bernama Zuul, pelayan Gozer.

Selain memburu hantu, tim ini ternyata juga diburu oleh pihak kepolisian yang mencurigai bisnis mereka.

Film komedi supranatural ini telah menjadi fenomena budaya sejak dirilis tahun 1984. Ia sukses secara komersial dan menuai pujian dari para kritikus akan kualitasnya yang apik dalam memadukan action, komedi dan horor. Ketiga pemeran utamanya juga langsung menjelma jadi bintang papan atas Hollywood, terutama Bill Murray.

2. Ghostbusters II

Film Mirip Ghostbusters afterlife_Ghostbusters II_

Akibat kerusakan kota New York ketika mereka memburu Gozer, Ghostbusters digugat dan bisnis mereka ditutup oleh pemerintah.

Namun, ketika ditemukannya sebuah sungai penuh dengan ektoplasma dan munculnya lagi ancaman supranatural, mereka berempat harus kembali mengenakan kostum dan peralatan tempur. Mereka sekali lagi harus menumpas kekuatan jahat yang mengancam warga kota.

Ghostbusters II memiliki premis dengan konsep kekuatan supranatural jahat yang unik. Timbunan ektoplasma (slime) yang mengalir di bawah kota berasal dari energi negatif warga kota. Sehingga untuk melawannya, mereka harus mendapatkan energi positif dari seluruh warga kota New York.

Sayangnya, premis ini tidak bisa diwujudkan dengan baik dalam film yang masih dihuni oleh tim yang sama dengan film sebelumnya. Meski kualitasnya jauh menurun, namun penghasilan film ini tidak berbeda jauh dengan film pertamanya.

Akan tetapi, pihak Columbia Pictures menganggap film ini membuat perusahaan menelan kerugian yang besar.

3. Ghostbusters (2016)

Film Mirip Ghostbusters afterlife_Ghostbusters (2016)_

Dua penggiat paranormal, Erin dan Abby, bergabung dengan insinyur nuklir Jillian dan petugas subway Patty untuk melawan invasi hantu di kota New York. Empat wanita tersebut kemudian menjadikan keahlian mereka ini sebuah bisnis dan memiliki seorang asisten pria untuk menerima panggilan di kantor.

Namun, mereka menghadapi sebuah rencana jahat dari seorang ilmuwan gila yang ingin mengundang hantu dan arwah sebanyak mungkin untuk menebar ancaman di kota. Bahkan sang ilmuwan berencana untuk membuka portal untuk mengundang hantu dari dimensi lain demi menambah kekuatan.

Setelah menunggu selama 27 tahun, fans Ghostbusters akhirnya bisa menyaksikan kembali kisah terbaru dari kelompok pemburu hantu legendaris ini.

Sayangnya, proyek reboot ini justru dicibir oleh para fans juga kritikus film yang membuat sekuelnya gagal dibuat. Meski termasuk salah satu film box-office, tapi film ini membuat Columbia Pictures kembali merugi.

4. Beetlejuice

Film Mirip Ghostbusters afterlife_Beetlejuice_

Adam dan Barbara adalah pasangan hantu yang tewas dalam kecelakaan di jembatan. Rumah mereka kemudian dibeli dan ditempati oleh keluarga Deetz.

Pasangan hantu ini mulai mengganggu keluarga Deetz agar pergi dari rumah. Akan tetapi, justru Keluarga Deetz menggunakan jasa arwah bernama Betelgeuse untuk mengusir pasangan hantu tersebut.

Film komedi horor bernuansa fantasi ini adalah salah satu karya terbaik Tim Burton dengan performa akting apik dari Michael Keaton sebagai Betelguese.

Suntikan komedi dalam kisah horornya sangat bagus dengan pilihan kostum serta make-up yang aneh dan unik. Sehingga, sangat wajar apabila film ini kemudian meraih Oscar di kategori Best Makeup.

5. Goosebumps

Film Mirip Ghostbusters afterlife_Goosebumps_

Zach yang baru pindah ke Madison bekerja sama dengan Hannah dan Champ untuk memburu setan yang keluar dari buku karangan R.L. Stine, ayah Hannah. Sang penulis pun ikut turun tangan untuk menangkap setan dan monster yang dia ciptakan sendiri dari imajinasinya.

Goosebumps adalah film komedi horor berdasarkan buku cerita anak yang sangat populer di era 1990an. Buku yang memiliki keunikan dengan banyak jalan cerita sesuai dengan pilihan pembacanya ini ditampilkan kembali nuansa keseramannya lewat film ini.

Goosebumps menuai pujian karena ritmenya yang enak untuk dinikmati dan juga mengungkit nostalgia para pembaca bukunya.

6. The Frighteners

Film Mirip Ghostbusters afterlife_The Frighteners_

Frank adalah seorang arsitek yang mempelajari ilmu hitam dan bisa berkomunikasi dengan hantu setelah istrinya mati karena kecelakaan. Dia menggunakan keahlian barunya ini untuk menghasilkan uang.

Namun, tiba-tiba muncul sesosok arwah jahat yang melakukan banyak pembunuhan. Frank harus menghadapi Grim Reaper tersebut sembari menghindari kejaran FBI yang mencurigai aktivitasnya.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram