bacaterus web banner retina

10 Film yang Mirip Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore

Perilisan film Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore menjadi tambahan ke-11 pada franchise Wizarding World, dunia fantasi penuh sihir ciptaan J.K. Rowling.

Sejak kehadiran film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001), kita sudah mulai dibuai dengan berbagai keajaiban sihir para karakternya, juga hal-hal lain di dalam dunia tersebut.

Keajaiban dunia sihir memang mengagumkan, tapi jika dimiliki oleh sosok jahat tentunya akan menyeramkan. Namun, pihak kebenaran pasti akan selalu memerangi pihak kejahatan.

Seberapa besar pun kekuatan yang dimiliki oleh penyihir jahat, penyihir yang berdiri di sisi kebenaran tentu akan bisa mengalahkannya.

Jika kalian menikmati film-film dalam franchise Fantastic Beasts, maka film-film berikut bisa menjadi pilihan berikutnya, jika kalian belum pernah menontonnya.

Beberapa film ini memiliki elemen-elemen yang sama dengan film yang mengungkap beberapa rahasia keluarga Dumbledore tersebut. Langsung disimak artikelnya, ya!

Baca juga: Sinopsis dan Review Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore

1. Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2

Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2

Meski dunia fantasi Fantastic Beasts diceritakan terjadi sebelum kisah Harry Potter dimulai, tapi berkat deretan film adaptasi dari novel-novel laris karya J.K. Rowling ini adalah yang pertama membuat kita kagum dengan dunia sihir.

Kita menjadi sangat dekat dengan tiga karakter utamanya sejak mereka kecil hingga beranjak remaja dengan segala problematika hidup dan misteri jahat di balik semua kejadian.

Harry Potter and the Deathly Hallows: Part 2 adalah film yang menjadi penutup kisah Harry Potter dan menjadi puncak perseteruannya dengan Lord Voldemort.

Tidak ada lagi pihak abu-abu kali ini, semua sudah memilih pihak masing-masing. Penyerangan Voldemort dan pasukannya ke Hogwarts menjadikan sekolah itu sebagai medan perang yang dahsyat.

Film ini menjadi yang terbaik dalam franchise Harry Potter dengan berhasil masuk nominasi Oscar di kategori Best Art Direction, Best Makeup, dan Best Visual Effects.

2. The Lord of the Rings: The Return of the King

The Lord of the Rings The Return of the King_

Aragorn memimpin pasukan terakhir umat manusia untuk melawan kekuatan jahat Sauron dan pasukannya yang besar dan ganas. Dengan bantuan bangsa Elves dan kekuatan sihir Gandalf, mereka terjun ke dalam sebuah perang yang hampir mustahil untuk dimenangkan.

Film penutup dari trilogi fantasi kolosal terbaik sepanjang masa ini menjadi puncak dari perjalanan panjang Aragorn dan rekan-rekannya dalam usaha mereka menghentikan kekuasaan jahat Sauron.

Penyihir putih Gandalf berusaha semaksimal mungkin mengeluarkan kemampuan dan strateginya agar kemenangan diraih oleh manusia.

Selain memiliki kekuatan sihir, Gandalf juga memiliki serpihan kisah yang sama dengan Albus Dumbledore. Gandalf dulu memiliki saudara sesama penyihir bernama Saruman yang tinggal di Isengard.

Saat Gandalf hendak meminta bantuan kepadanya, ternyata Gandalf terkejut mendapati Saruman berada di pihak Sauron. Kurang lebih hubungan mereka sama dengan Dumbledore dan Grindelwald.

3. The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe

The Chronicles of Narnia: The Lion, the Witch and the Wardrobe

Empat saudara masuk ke dunia Narnia lewat lemari besar di rumah mereka. Dunia fantasi itu sedang dibawah kekuasaan jahat White Witch yang membuat sebagian besar wilayahnya tertutupi salju.

Mereka dipercaya sebagai sosok yang akan menyelamatkan Narnia dari pengaruh jahat White Witch. Bersama Aslan dan pasukannya, mereka turun ke medan perang.

Jika menyebut dunia fantasi, maka yang langsung teringat ialah Narnia. Dunia yang dihuni oleh manusia, penyihir, makhluk-makhluk mitologi, dan hewan-hewan yang bisa berbicara ini memang penuh keajaiban.

Film pertama dari trilogi Narnia ini kemudian dilanjutkan dengan Prince Caspian (2008) dan The Voyage of the Dawn Treader (2010).

Jika biasanya penyihir putih itu berada di pihak yang baik, seperti Gandalf di kisah The Lord of the Rings, maka sosok White Witch di film ini berada di pihak yang jahat.

Tilda Swinton yang memerankannya berhasil menampilkan keangkeran dan kekejaman sang penyihir. Film ini menampilkan banyak makhluk mitologi yang sering hadir di banyak kisah fantasi.

4. Stardust

Stardust

Tristan nekat menembus tembok yang membawanya masuk ke kerajaan fantasi Stormhold. Dia bermaksud membawa bintang yang jatuh untuk kekasihnya, ternyata bintang itu berupa seorang wanita bernama Yvaine.

Penyihir jahat dan pangeran dari kerajaan turut mengejar Yvaine untuk menambah kekuatan mereka masing-masing. Sepanjang film yang juga dibintangi oleh Robert De Niro dan Michelle Pfeiffer ini, kita akan dibuat takjub dengan berbagai keajaiban yang ada di Kerajaan Stormhold.

Kekuatan sihir Lamia juga digambarkan dengan sangat menakutkan. Petualangan Tristan untuk menyelamatkan Yvaine sangat seru untuk disimak.

5. Enchanted

Enchanted

Film yang hadir sebagai parodi dari kisah-kisah dongeng animasi Disney ini tampil dengan berbagai elemen yang sangat menghibur.

Kebingungan Giselle yang tiba-tiba muncul di New York mengundang banyak hal lucu. Apalagi ketika Prince Edward yang tampan namun konyol ikut menyusulnya. Layaknya film-film dongeng Disney, kedua tokoh ini mencampur dialog dengan nyanyian.

Tidaklah lengkap rasanya jika kisah dongeng tidak memiliki keajaiban sihir di dalamnya. Queen Narissa adalah sosok penyihir jahat yang menjebloskan Giselle ke dunia nyata. Dia pun menyusul Giselle untuk menyudahi hidupnya setelah beberapa kali gagal membunuhnya.

Sudah tentu penggunaan ilmu sihir di tengah-tengah kota dengan kehidupan modern cukup menimbulkan banyak kelucuan.

Kemudian ketika Queen Narissa mengubah dirinya menjadi seekor naga raksasa, kekuatan sihir hitam miliknya terpampang nyata. Prince Edward dan Robert harus bahu membahu demi bisa menyelamatkan Giselle.

6. Nanny McPhee

Nanny McPhee

Seorang ayah dengan tujuh anak yang nakal kesulitan mencari pengasuh bagi mereka. Hingga datang Nanny McPhee yang berhasil menggunakan kekuatan sihirnya untuk mengubah anak-anak itu menjadi pibadi yang baik.

Nanny McPhee adalah salah satu film yang mempergunakan sihir dalam konteks kebaikan. Dengan cerita yang mendidik, film ini cocok untuk ditonton sekeluarga.

7. Oz the Great and Powerful

Oz the Great and Powerful

Cerita dalam film ini mengambil seting waktu 20 tahun sebelum kejadian di film The Wizard of Oz (1939). Tapi karena bukan berdasarkan buku yang sama, film ini dianggap sebagai spiritual prequel.

Dunia fantasi Oz yang penuh sihir ditampilkan dengan sangat memukau. Panorama alam dan makhluk-makhluk aneh terlihat menakjubkan.

Di dunia ini ada tiga penyihir: Theodora sang penyihir dari barat, Evanora sang penyihir dari timur, dan Glinda putri sang raja.

Oscar yang terbawa masuk ke Oz dari dunianya di Kansas, ditakdirkan untuk mengalahkan Evanora dan menjadi pemimpin di sisi Glinda. Akting James Franco dan Mila Kunis di film ini menuai banyak pujian.

8. The Kid Who Would Be King

The Kid Who Would Be King

Merasa dirinya hanyalah anak biasa saja, Alex ternyata ditakdirkan sebagai penerus King Arthur. Pedang Excalibur yang berhasil dicabut olehnya, membuat dirinya memiliki beban untuk menyelamatkan bumi dari rencana Morgana, seorang penyihir jahat.

Dia kemudian mengumpulkan beberapa teman dekatnya sebagai Ksatria Meja Bundar, ditambah Merlin dengan kekuatan sihirnya.

Film ini sering dianggap remeh, mungkin karena tempo film yang sedikit lambat. Padahal seluruh elemen khas petualangan fantasi yang seru ditampilkan dengan baik.

Keangkeran Morgana terekspos dengan nyaris sempurna, pesan moral tentang persahabatan dan semangat kerja sama juga tersampaikan, ditambah lagi polesan efek visual yang cukup rapih.

9. Snow White and the Huntsman

9. Snow White and the Huntsman

Penyihir jahat Ravenna menguasai tahta Kerajaan Tabor setelah membunuh King Magnus. Dia memerintah dengan kekuatan kegelapan dan mengambil jiwa para wanita muda agar tetap cantik.

Putri raja yang terbuang, Snow White, ingin menuntut kebenaran sekaligus menuntaskan balas dendam. Dibantu oleh Eric the Huntsman dan delapan kurcaci, dia menggenapkan ramalan atas takdirnya.

Jika selama ini kita mengenal Snow White sebagai putri yang lemah lembut, maka di film ini kisah itu dipelintir menjadi cerita petualangan yang seru, menegangkan dan penuh dengan ilmu sihir. Penampilan Charlize Theron sebagai Ravenna sangat menyeramkan, tapi kecantikannya tetap terjaga.

10. The Sorcerer’s Apprentice

The Sorcerer’s Apprentice

Balthazar harus mencari orang yang bisa dijadikan penerus ilmu sihir madzhab Merlin sebelum penyihir jahat Morgana le Fay bangkit kembali dan menguasai bumi dengan kekuatan kegelapan.

Diambil dari salah satu segmen di film animasi klasik Disney berjudul Fantasia (1940), The Sorcerer’s Apprentice menampilkan banyak pameran ilmu sihir yang menghibur juga menakutkan.

Bernuansa komedi, memang konsep film ini lebih kepada hiburan daripada memaparkan cerita yang serius. Meski begitu, efek visual yang disuguhkan cukup mewah dan mengagumkan.

Begitupun performa para pemerannya cukup bagus. Bahkan Nicolas Cage terlihat santai dan menikmati perannya sebagai Balthazar.

Itulah 10 film yang mirip dengan Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore. Sudah pasti semuanya mengandung unsur ilmu sihir, baik dari pihak yang baik dan juga yang jahat. Beberapa diantaranya memiliki elemen yang sama dari sisi cerita juga karakter.

Pertarungan menggunakan ilmu sihir memang terlihat seru dan menegangkan. Disitulah terlihat seberapa tinggi ilmu yang mereka miliki dan pelajari.

Seperti pertarungan antara Dumbledore dan Grindelwald yang belum usai, kita dibuat menunggu film berikutnya untuk menyaksikan lagi pertemuan mereka.

Apakah Grindelwald bisa menambah ilmu sihirnya lagi sebelum berhadapan dengan Dumbledore kelak? Sebelum waktu itu tiba, tonton dulu tiga film Fantastic Beasts yang sudah ada, ya!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram