6 Rekomendasi Film Indonesia yang Mirip 12 Cerita Glen Anggara

Ditulis oleh Suci Maharani R

12 Cerita Glen Anggara (2022) memang bikin banyak orang menitikan air mata dan sulit move on. Bagaimana tidak, film garapan Fajar Bustomi ini menyajikan alur yang dipenuhi dengan adegan dan dialog yang menyentuh hati.

Tak hanya itu, kepiawaian akting dari para pemerannya semakin membuat hati penonton terenyuh dan tak bisa menahan tangisannya.

Bagi kamu yang jatuh cinta banget dengan film 12 Cerita Glen Anggara (2022), sepertinya kamu juga harus menonton film lainnya yang ceritanya mirip.

Sebut saja Heart (2006), film jadul ini pasti akan membuat kamu menangis bombay. Tak hanya satu, sebenarnya ada beberapa film yang memiliki cerita atau kisah serupa yang bisa kamu tonton.

Makanya, kali ini Bacaterus akan merekomendasikan beberapa film indonesia yang mirip dengan 12 Cerita Glen Anggara (2022). Mau tahu ada film apa saja? Bagi kamu yang sudah penasaran banget, ada baiknya mencari tahu jawabannya di bawah ini.

1. Ku Kira Kau Rumah

ku kira kau rumah_
Tahun Rilis 2021
Genre
Sutradara
Pemeran Prilly Latuconsina Jourdy Pranata Shenina Cinnamon

Ku kira kau rumah (2022) menjadi saingan sekaligus film yang memiliki kemiripan dengan 12 cerita glen anggara (2022).

Dalam film ini, lagi-lagi Prilly Latuconsina akan berperan sebagai seorang gadis yang berjuang melawan penyakit mental. Niskala didiagnosa menderita penyakit bipolar yang secara perlahan-lahan merenggut kebahagiaan dan kebebasan hidup niskala.

Namun saat Niskala mulai merasakan kasih sayang dan bisa melepaskan semua bebannya bersama Pram, hal ini malah membuat ayahnya sangat marah.

Pasalnya, ia beranggapan Pram-lah yang sudah memberikan pengaruh buruk pada putrinya. Namun bagi Niskala, hanya Pram yang memahami bagaimana sakitnya ia ketika merasa seperti dikasihani oleh semua orang.

Bagi Niskala, hanya Pram yang bisa menumbuhkan kepercayaan diri dan membuatnya merasa sangat dicintai. Tapi amarah sang ayah membuat Niskala jatuh ke kegelapan untuk kesekian kalinya.

Hingga gadis ini sempat berpikir untuk mengakhiri hidupnya. Melihat bagaimana Niskala dan keluarganya, Pram mengambil keputusan yang mengubah hidup Niskala untuk selama-lamanya.  

2. Pinky Promise

pinky promise_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Drama, Comedy
  • Produksi: Mp Pro Picture
  • Sutradara: Guntur Soeharjanto
  • Pemeran: Agni Pratistha, Alexandra Gottardo, Chelsea Islan, Dhea Ananda, Dhea Seto

Pinky Promise (2016) menjadi salah satu film yang memiliki kemiripan dengan 12 Cerita Glen Anggara (2022).

Film garapan sutradara Guntur Soeharjanto ini akan mengisahkan kehidupan di rumah berwarna merah jambu atau pink. Jangan salah mengira, rumah ini adalah tempat hidup bagi para wanita dan pria yang sedang berjuang melawan kanker payudara dan kanker lainnya.

Di rumah inilah Kartika, Ken, Vina Dan Baby memulai persahabatan mereka dan berjuang bersama-sama. Saking solidnya, mereka sampai rela mencukur habis rambut bersama-sama untuk saling menyemangati.

Namun penyakit ganas ini memang tidak bisa disembuhkan dengan mudah, hingga satu persatu empat sahabat ini harus dipisahkan oleh kematian.

3. Heart

Heart_

Heart (2006) menjadi salah satu film paling populer dikalangan anak-anak kelahiran tahun 90-an. Film garapan sutradara Hanny R. Saputra ini memiliki kisah yang mirip dengan 12 Cerita Glen Anggara (2022).

Film ini akan mengisahkan soal cinta dan persahabatan yang harus dipisahkan karena penyakit kanker yang mematikan.

Rachel sudah lama bersahabat dengan Farel, bahkan diam-diam gadis ini menaruh hati pada sahabat kecilnya itu. Namun Rachel harus merelakan Farel, pasalnya pria itu telah jatuh cinta pada seorang gadis bernama Luna.

Tak hanya itu, Rachel juga ingin membuat hari-hari terakhir Luna yang sakit kanker lebih berwarna dan membahagiakan baginya.

4. Sebuah Lagu Untuk Tuhan

Sebuah Lagu Untuk Tuhan_
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Romantic, Drama
  • Produksi: Film One Productions, Safe Care
  • Sutradara: Alyandra
  • Pemeran: Stefan William, Eriska Rein, Nina Zatulini, Adila Fitri, Dewi Yull, Brigitta Cynthia, Tengku Firmansyah, Piyu, Firman Moza, Jennifer Eve

Sebuah Lagu Untuk Tuhan (2015) menjadi film selanjutnya yang memiliki format cerita yang mirip dengan 12 Cerita Glen Anggara (2015).

Film garapan sutradara Alyandra ini mengadaptasi kisahnya dari novel populer karya Agnes Davonar. Sementara untuk pemeran utamanya, film ini akan menampilkan kemistri yang apik dari Stefan William dan Eriska Rein.

Untuk alur ceritanya, film ini mengisahkan Gilang yang dikenal sebagai penyanyi terkenal tapi memilih vakum karena skandal sang ayah. Saat itulah ia bertemu dengan gadis tuna rungu bernama Angel.

Pertemuan inilah yang memberikan inspirasi dan perubahan besar dalam hidup gilang. Sayangnya, Angel didiagnosa mengidap penyakit kanker yang membuat cinta mereka harus terpisah karena kematian.

Baca Juga: 20 Film Indonesia Paling Sedih dan Menguras Air Mata

5. Ayah Menyayangi Tanpa Akhir

Ayah Menyayangi Tanpa Akhir_
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama
  • Produksi: Md Pictures
  • Sutradara: Hanny R. Saputra
  • Pemeran: Fedi Nuril, Naufal Azhar, Kelly Tandiono, Amanda Rawles

Ayah Menyayangi Tanpa Akhir (2015) bukanlah kisah cinta yang romantis seperti 12 Cerita Glen Anggara (2022). Film garapan sutradara Hanny R. Saputra ini memberikan gambaran bagaimana cinta orang tua terhadap anaknya.

Dibintangi oleh Fedi Nuril dan Naufal Azhar, film ini menunjukkan bahwa bukan cinta ibu saja yang sepanjang masa. Ayah pun memiliki cinta yang sama bagi putranya.

Inilah kisah Juna, seorang ayah tunggal yang berusaha mempertahankan hidup putra semata wayangnya. Setelah kepergian sang istri, Juna dikagetkan dengan diagnosa dokter mengenai kondisi putranya yang mengidap penyakit mematikan.

Juna berusaha melakukan segalanya, namun ayah dan anak ini tidak bisa melawan kehendak tuhan.

6. Surat Kecil Untuk Tuhan

Surat Kecil Untuk Tuhan_

Surat Kecil Untuk Tuhan (2011) memang tidak boleh dilupakan dalam list film yang mirip dengan 12 Cerita Glen Anggara (2022).

Film satu ini tidak hanya menunjukkan cinta seorang ayah pada putrinya, tapi persahabatan yang sangat mengharukan. Tak hanya itu, Dinda Hauw yang didapuk sebagai pemeran utamanya akan mengidap penyakit kanker Rhabdomyosarcoma yang mematikan.

1 2»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram