bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik yang Diperankan oleh Matthias Schoenaerts

Ditulis oleh Desi Puji Lestari

Matthias Schoenaerts, aktor berkebangsaan Belgia ini memulai debut aktingnya saat masih berusia 13 tahun dalam film Deans (1992). Film tersebut berhasil dinominasikan pada acara Oscar untuk kategori Best Foreign Language Film.

Nama Matthias mulai dikenal lewat peran yang dia bawakan dalam film Loft (2008) dan semakin tenar sebagai Jacky Vanmarsenille dalam film Bullhead (2011).

Matthias kembali mengundang tepuk tangan berkat penampilannya sebagai Ali dalam film peraih nominasi BAFTA dan Golden Globe, Rust and Bone (2012). Dia juga memenangkan penghargaan César Award untuk kategori Most Promising Actor.

Jika kamu adalah penggemarnya, sepuluh film Matthias Schoenaerts di bawah ini pasti sudah ditonton semua, tapi kalau belum, ini saatnya!

1. The Danish Girl

The Danish Girl

Matthias Schoenaerts terlibat dalam film drama romantis biografi tahun 2015 yang disutradarai oleh Tom Hooper. Film ini dibuat berdasarkan novel tahun 2000 dengan judul yang sama karya David Ebershoff.

Ceritanya sendiri terinspirasi oleh kehidupan pelukis Denmark, Lili Elbe dan Gerda Wegener. The Danish Girl (2015) mengusung latar waktu tahun 1920-an di Kopenhagen.

Cerita dimulai ketika seorang portrait artist, Gerda Wegener, meminta suaminya, Einar, menggantikan model wanitanya yang datang terlambat untuk berpose dalam lukisan yang sedang dikerjakannya.

Setelah peristiwa ini, hidup keduanya tak pernah sama lagi karena di kemudian hari Einar meninggalkan identitasnya sebagai laki-laki dan menemukan jati dirinya sebagai ‘Lili Elbe’.

Lukisan Greda yang menggunakan Einar sebagai model, menarik perhatian para insan seni. Greda mulai melacak keberadaan art dealer bernama Hans Axgil (Matthias Schoenaerts). Hans adalah teman masa kecil Einar atau Lili yang juga pernah dicium olehnya.

Masalah Greda dan Einar atau Lili membawa mereka untuk mencari bantuan, termasuk pada seorang dokter bernama Dr. Kurt Warnekros.

Dokter tersebut telah bertemu seseorang seperti Einar sebelumnya; yang secara fisik adalah lelaki tetapi mengidentifikasi dirinya sebagai wanita. Dokter itu lantas mengusulkan sebuah ide pada pasangan Greda dan Einar: mengganti kelamin.

2. The Drop

The Drop

Bob Saginowski bekerja di sebuah bar yang dikelola sepupunya, Marvin Stipler. Bar tersebut digunakan pula oleh mafia Rusia sebagai ‘drop’ atau tempat penampungan uang ilegal.

Naas, suatu ketika bar tersebut dirampok oleh dua pria bersenjata. Sang mafia, Chovka, kemudian mengancam Marvin dan Bob untuk mendapatkan uang curian itu kembali.

Rupanya Marvin adalah dalang di balik perampokan itu. Dia melakukannya karena butuh uang untuk membayar biaya hidup ayahnya.

Marvin menjadi sangat ketakutan dan saat itu pula dia serta Bob menemukan sebuah tas di luar bar berisi uang curian dan potongan lengan, yang tampaknya dikirim oleh Chovka. Keduanya lantas bertemu Eric Deeds (Matthias Schoenaert).

Eric adalah pemilik anjing Rocco yang beberapa waktu sebelumnya ditemukan oleh Bob di tong sampah di luar rumah seorang wanita bernama Nadia, yang kemudian menjadi kekasih Bob.

Setelah mendapati potongan tangan yang mengerikan, Marvin ternyata tidak berhenti. Dia malah membunuh perampok suruhannya yang pertama dan merekrut perampok baru.

3. Red Sparrow

Red Sparrow

Dominika Egorova adalah seorang mantan balerina yang tengah berjuang untuk ibunya yang sakit. Tak bisa mendapatkan uang lagi dari balet karena cedera, Dominika mendapat tugas dari pamannya, Ivan Vladimirovich Egorov (Matthias Schoenaerts), untuk merayu seorang gangster Rusia bernama Dimitry Ustinov. Sebagai imbalan, Ivan akan bantu biaya pengobatan ibunya.

Saat berduaan dan memerkosa Egorova, Ustinov dibunuh oleh agen SVR suruhan Ivan, Sergei Matorin. Setelahnya Ivan menawarkan dua pilihan pada Egorova: dibunuh karena menyaksikan pembunuhan Ustinov atau menjadi agen SVR.

Egorova kemudian dikirim ke sebuah sekolah pelatihan, spesial untuk para ‘Sparrows’ atau agen SVR yang dapat merayu target dengan sexpionage.

Egorova lantas dikirim bertugas ke Budapest untuk mendapatkan kepercayaan seorang agen CIA bernama Nate Nash dan mengungkap mata-mata berkodekan Marble.

Egorova berhasil mengontak Nash, tetapi agen CIA itu segera mengetahui kalau wanita tersebut adalah agen intelijen Rusia; dan Nash meyakinkan Egorova untuk membelot. Egorova setuju asal Nash bisa memenuhi satu syarat.

4. The Old Guard

The Old Guard

Andromache dari Scythia, Andy, Booker (Matthias Schoenaerts), Joe dan Nicky adalah old warriors dengan kemampuan penyembuhan regeneratif yang tidak dapat dijelaskan. Dengan kemampuan itu mereka dapat melakukan banyak hal seperti menjadi tentara bayaran dan misi menolong orang lain.

Suatu ketika mereka menerima pekerjaan dari mantan agen CIS, James Copley, untuk menyelamatkan sekelompok gadis yang diculik di Sudan Selatan. Rupanya, itu hanya jebakan karena Copley ingin melihat langsung bagaimana mereka beregenerasi.

Setelah mendapat rekaman saat para old warriors beregenerasi, Copley menunjukkan video tersebut pada seorang eksekutif di bidang farmasi.

Di Afghanistan, Marinir AS Nile Freeman digorok saat melumpuhkan target militer, tapi luka parahnya itu kembali sembuh seketika. Andy kemudian berhasil melacak keberadaan Nile dan memindahkannya dari Afghanistan sebelum personil militer melakukan pengujian lebih lanjut.

Saat berkumpul dengan old warriors lain, terungkap bahwa mereka tidak benar-benar abadi.

5. Rust and Bone

Rust and Bone

Melalui perannya sebagai Ali dalam film Rust and Bone (2012), Matthias Schoenaerts menuai banyak pencapaian. Dia dinominasikan untuk berbagai penghargaan dan memenangkannya.

Ali adalah seorang ayah berusia pertengahan 20 tahun yang berjuang mencari pekerjaan untuk menghidupi putranya yang masih kecil, Sam. Tak punya uang untuk menyewa tempat tinggal, dia menumpang di rumah saudarinya.

Ali kemudian mendapat pekerjaan sebagai tukang pukul di sebuah klub malam. Pada satu malam, Ali mengantarkan seorang wanita bernama Stephanie pulang karena terluka akibat perkelahian di klub.

Stephanie bekerja di taman wisata laut setempat tapi mengalami kecelakaan hingga kakinya harus diamputasi. Kini, wanita itu harus terbiasa beraktivitas menggunakan kursi roda.

Perubahan itu membuat Stephanie depresi. Ali dan kehadirannya banyak membantu Stephanie melalui masa-masa sulit hingga wanita itu mendapatkan kaki palsu dan bisa berjalan lagi.

Suatu ketika saat Stephanie menemani Ali bertarung untuk pertandingan kick boxing, wanita itu terkejut karena Ali ternyata sudah punya anak. Setelah tak ada lagi rahasia, bagaimana kelanjutan hubungan mereka?

6. Amsterdam

Amsterdam

Kemunculan Matthias Schoenaerts dalam film Amsterdam (2022) sebagai Detektif Lem Getwiller tidak terlalu banyak, tetapi ceritanya sendiri sangat menarik untuk diikuti.

Film ini bercerita tentang persahabatan antara Burt Berendsen, Harold Woodman dan seorang perawat bernama Valerie Bandenberg. Ketiganya bertemu pada Perang Dunia I.

Mereka sempat tinggal bersama di Amsterdam sebelum masing-masing berpisah untuk melanjutkan hidup.

Burt kembali ke New York, ke tempat istrinya berada dan belasan tahun kemudian membuka praktis medis khusus para veteran perang. Harold, yang sempat menjalin hubungan dengan Velarie, kini sudah menjadi pengacara. Sayang, kabar Velarie masih kabur.

Suatu ketika Harold meminta Burt melakukan otopsi pada jasad Bill Meekins atas permintaan putrinya yang bernama Elizabeth karena dia yakin ayahnya tewas dibunuh. Burt kemudian melakukan otopsi dan menemukan racun di perut Bill.

Sayang belum sempat mengabarkannya pada Elizabeth, wanita itu tewas terbunuh; dan Burt serta Harold disalahkan sebagai tersangkanya.

7. Far from the Madding Crowd

Far from the Madding Crowd

Berlatarkan tahun 1870 di Inggris, film ini mengisahkan kehidupan Bathsheba Everdene yang bekerja di peternakan bibinya di Dorset. Di sana dia bertetangga dengan seorang petani bernama Gabriel Oak (Matthias Schoenaerts). Setelah saling mengenal, Gabriel melamar Bathsheba, tetapi gadis itu menolaknya karena merasa terlalu mandiri.

Gabriel kemudian pergi dari kota itu dan mencari pekerjaan, sementara Bathsheba mewarisi peternakan dari pamannya. Gabriel kemudian disarankan untuk mencari pekerjaan di sebuah peternakan di Weatherbury.

Sampai di lokasi Gabriel yang mendapati lokasi itu kebakaran berusaha memadamkannya dan berhasil. Esok harinya, Gabriel dikenalkan pada Bathseba sebagai pemilik baru peternakan.

Keduanya pun kembali bertemu dan kali ini sebagai tuan dan pekerjanya. Bathsheba kembali dilamar oleh seorang pria; bujangan makmur dan matang bernama William Boldwood.

Bathsheba terlihat memberi harapan, tetapi ketika dilamar, gadis itu kembali tak memberikan jawaban pasti. Sikap Bath membuat Gabriel prihatin dan menegurnya, tapi pemuda itu dipecat.

Mengingat hanya Gabriel yang mampu menangani hewan-hewan ternak, Bath kembali memanggilnya. Suatu malam, Bath bertemu dengan Frank Troy yang langsung menyatakan kekagumannya. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini Beth terperdaya dan kawin lari dengannya. Akan tetapi, Troy perlahan mulai memperlihatkan sifat aslinya.

8. The Loft

The Loft

Dalam sebuah kilas balik diceritakan bahwa ada lima pria yang sudah menikah, yang berbagi kepemilikan atas sebuah apartemen kelas atas. Mereka menggunakannya untuk bertemu secara diam-diam dengan kekasih masing-masing. Kejutan terjadi ketika sesosok mayat wanita ditemukan di apartemen tersebut dan mereka mulai mencurigai satu sama lain sebagai pelakunya.

Lima pria beristri itu adalah Vincent Stevens suami dari Barbara, Chris Vanowen suami dari Allison, Luke Seacord suami dari Ellie, Marty Landry suami dari Mimi, dan Philip Williams (Matthias Schoenaerts) adalah suami dari Vicky. Sementara itu, wanita yang ditemukan tewas di apartemen mereka diketahui bernama Sarah Deakins.

Sebelum meninggal, rupanya Sarah sempat bertemu dengan Vincent, Luke dan Marty. Vincent dan Luke tertarik pada wanita itu tapi Sarah lebih tertarik pada Vincent.

Wanita itu mengancam akan memberi tahu istri Vincent soal perselingkuhan mereka, tetapi Luke yang mendengarnya, melarang. Sarah lantas mencoba bunuh diri di apartemen dengan meminum pil dan meninggalkan sebuah catatan untuk Vincent.

9. The Laundromat

The Laundromat

The Laundromart (2019) merupakan sebuah film biografi dikemas dalam drama komedi yang diadaptasi dari buku Secrecy World mengenai Panama Papers karya penulis Jake Bernstein.

Film ini dibagi menjadi cerita tentang tiga orang berbeda yang terkena dampak buruk dari intrik sebuah firma hukum yang melibatkan Jürgen Mossack dan Ramón Fonseca.

Cerita pertama tentang Ellen Martin yang mencoba mendapatkan kompensasi atas kematian suaminya, Joe. Joe meninggal karena tenggelam sehingga Ellen meminta kompensasi kepada perusahaan kapal, yang ternyata memang melakukan penipuan.

Kisah kedua adalah milik Simone, seorang miliarder asal Afrika, putri dari Charles. Dia mendapat kompensasi tutup mulut atas perselingkuhan Charles. Sayangnya, kompensasi berupa saham ternyata hanya bagian dari perusahaan cangkang milik Mossack.

Kisah ketiga menyoroti nasib malang Maywood (Matthias Schoenaerts), yang tewas diracun ketika mencoba menipu orang kaya Tiongkok bernama Gu Kalai. Maywood meregang nyawa karena bekerja untuk perusahaan cangkang milik Mossack.

10. A Hidden Life

A Hidden Life

Epic historical drama film berjudul A Hidden Life (2019) menggambarkan kehidupan seorang petani Austria dan penganut Katolik yang taat bernama Franz Jägerstätter. Dia juga menolak berperang untuk Nazi dalam PD II.

Frans lahir dan dibesarkan di sebuah desa kecil di St. Radegund. Ketika perang pecah, dia tengah menggarap tanahnya. Franz menikah dengan Franziska dan menjalani kehidupan yang sederhana bersama tiga anak perempuan.

Franz dipanggil untuk mengikuti pelatihan dasar kemiliteran selama berbulan-bulan. Dia sempat kembali ke rumah tapi kemudian dipanggil untuk berperang. Syaratnya harus setia kepada Adolf Hitler dan the Third Reich. Meskipun mendapat tekanan dari banyak pihak, Franz menolak panggilan itu.

Franz paham betul dengan konsekuensinya tapi dia juga percaya pada kekuatan iman, pada Tuhan serta doa-doa dan cinta dan dukungan keluarga. Franz kemudian ditangkap dan dipenjara, sedangkan keluarganya terus mendapat intimidasi.

Lelaki itu akhirnya dijatuhi hukuman mati karena pilihannya. Dalam film ini Matthias Schoenaerts berperan sebagai Kapten Herder, kapten Nazi yang kejam.

Koleksi film yang pernah dimainkan oleh Matthias Schoenaerts jumlahnya mencapai puluhan; dan dari satu film, sang aktor bisa mendapatkan banyak nominasi serta penghargaan.

Nah! Sepuluh film yang kami rekomendasikan dalam artikel ini punya rating paling tinggi di antara film Matthias yang lain. Setuju? Atau kamu punya film favorit dari Matthias yang lain?

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram