bacaterus web banner retina

14 Rekomendasi Film Bertema Kung Fu yang Paling Ciamik!

Ditulis oleh Gerryaldo - Diperbaharui 23 Juli 2021

Siapa sih yang tidak kenal dengan ilmu bela diri yang satu ini? Ya, Kung Fu. Berasal dari Tiongkok, ilmu bela diri ini bukan hanya untuk sebagai pertahanan untuk melindungi diri sendiri namun juga dikaitkan dengan seni.

Bicara mengenai seni, sadar tidak sih kalau sekarang banyak para pembuat film yang juga terkesan akan bela diri tersebut dan memasukkannya ke dalam film yang mereka buat? Bahkan banyak yang membuatnya sebagai inti cerita!

Bogalakon atau aditokoh ternama seperti Jackie Chan, Jet Li dan Andy Lau sudah pasti menjadi bintangnya. Bacaterus juga pernah loh membahas film-film yang dibintangi mereka, salah satunya di artikel 10 film terbaik Jackie Chan. Intip juga ya!

Nah, keahlian mereka dalam menguasai bela diri ini menjadikan mereka sangat mudah memainkan peran yang mereka emban sehingga keahlian Kung Fu mereka dikenal masyarakat luas akibat film-film mereka yang tayang di pasaran. Penasaran apa saja film bertema Kung Fu terbaik versi Bacaterus? Simak artikelnya yuk!

1. IP Man

Ip Man (Copy)
  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: Action, Biographical
  • Produksi: Mandarin Films
  • Sutradara: Wilson Yip
  • Pemeran: Donnie Yen, Simon Yam, Lynn Hung

Film ini menceritakan biografi dari seorang ahli Kung Fu bernama asli Yip Man. Hidup di daerah Foshan yang dikenal sebagai rumah untuk banyaknya seni bela diri, menjadikan Ip Man sebagai salah satu ahli Kung Fu disana.

Tidak banyak yang tahu bagaimana sebenarnya kehidupan pribadi Ip Man; karena dia memang tipe orang yang sederhana. Masyarakat Foshan hanya tahu bahwa Ip Man adalah seorang ahli.

Namun kehidupan Ip Man berubah total saat Jepang menginvasi China. Semua direbut paksa. Rumah kediaman Ip Man juga diambil alih menjadi markas tentara Jepang. Ip Man akhirnya menjadi pekerja untuk menafkahi keluarganya. Disaat seperti itu, jendral Jepang bernama Miura yang merupakan Master Karate membuat pertandingan untuk seluruh ahli Kung Fu di Foshan dalam duel melawan tentara Jepang.

Ip sukarela mengikuti pertandingan tesebut karena teman baiknya hilang saat mengikuti pertandingan yang sama. Ternyata Ip tahu kalau temannya dibunuh. Marah besar, seni bela diri Wing Chun miliknya tidak ia pakai.

Dengan brutal, Ip membabat habis 10 orang lawannya tanpa ampun. Kejadian ini membuat Miura tertarik dengan Ip dan meminta Ip untuk mengajarkan ilmu bela dirinya untuk para tentara Jepang.

Miura murka dan hilang kesabaran ketika tahu Ip tidak mau mengajarkan ilmu bela dirinya. Dia meminta para tentara menangkap Ip dan menyandera keluarganya. Sebelum akhirnya tertangkap, Ip sudah mengajarkan lebih dulu ilmu bela diri untuk para pekerja yang ada di pabrik milik teman Ip, Chow. Sehingga saat ada yang akan menyerang, Ip sudah tidak khawatir lagi dan bisa fokus pada Miura.

Pertarungan sengit terjadi. Chow dan para pekerjanya bisa melawan orang-orang yang menindas mereka sementara Ip bertarung melawan Miura. Berdurasi 108 menit, teman-teman akan disuguhkan dengan kerennya ilmu bela diri Wing Chun dan pertarungan melawan penjajah. Bisakah Ip memenangkan pertandingan itu?

2. Karate Kid

Karate Kid (Copy)
  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Drama
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: Harald Zwart
  • Pemeran: Jackie Chan, Jaden Smith

Adalah Dre Parker, seorang anak remaja lelaki berumur 12 tahun yang harus ikut Ibu nya pindah dari Detroit ke Beijing setelah kantor Ibu nya mentransfer dirinya kesana. Dre kesal bukan main; tidak hanya karena dia kehilang teman-temannya, Dre juga sama sekali tidak bisa berbahasa Mandarin membuat kehidupan Dre menjadi hambar.

Disaat terpuruk seperti itu, Dre menemukan kenalan seorang gadis remaja seumur dengannya bernama Meiying, sedikit demi sedikit hari-hari Dre menjadi mengasyikan. Namun tidak lama, seorang murid Kung Fu bernama Cheng selalu mengganggu Dre; bahkan Dre dihajar habis-habisan oleh Cheng dan kelompoknya. Beruntung, seorang pria paruh baya bernama Mr. Han (Jackie Chan) menolongnya.

Usut punya usut, Mr. Han adalah seorang Kung Fu Master. Dre meminta bantuan Mr. Han untuk mengajarkan ilmu bela diri tersebut dan Mr. Han menyanggupinya. Tidak seperti yang dibayangkan, Dre menganggap cara mengajar bela diri Mr. Han konyol dan memberontak memaki Mr. Han, padahal nyatanya kegiatan yang dianggap Dre konyol adalah basic untuk menghalau dan melawan musuh.

Dre yang sudah mahir menguasai Kung Fu semakin giat berlatih untuk mengikuti turnamen Kung Fu bergengsi. Disana, Dre mendapatkan lawan berat, Cheng. Cheng bersama kelompoknya berkali-kali berbuat curang mengakibatkan grup Dre banyak yang kalah. Hal itu tidak berlaku untuk Dre, meski dirinya dicurangi dan babak belur, Dre tetap melawan Cheng sebagai lawannya sampai pertandingan berakhir.

Tidak hanya ilmu bela diri saja yang ditonjolkan dalam film Karate Kid atau The Kung Fu Dream (judul yang ada di China), namun film ini mengajarkan juga seni untuk memaafkan, menghormati dan saling mendukung satu sama lain. Dengan rating PG-13, adik-adik remaja bisa kok menonton film ini namun harus tetap di dampingi ya.

3. Drunken Master

Drunken Master (Copy)
  • Tahun rilis: 1978
  • Genre: Action, Comedy
  • Produksi: Seasonal Film Corporation
  • Sutradara: Yuen Woo Ping
  • Pemeran: Jackie Chan, Yuen Siu Tien, Hwang Jang Lee

Siapa lagi kalau bukan Jackie Chan yang cocok untuk memerankan peran ahli kung fu? FIlm ini sendiri tayang pada tahun 1978. Dibuat saat Jackie Chan masih berumur 24 tahun; bercerita tentang kehidupan remaja lelaki pembuat onar bernama Wong Fei Hung yang diperankan oleh Jackie Chan. Dirinya benar-benar senang sekali bikin kacau sehingga membuat repot banyak orang.

Kesal melihat tingkah laku anaknya, Ayah Wong segera menghukum anaknya tersebut dengan memaksa Wong untuk ikut pelatihan bela diri pada rekannya bernama Beggar So (Yuen SI Tien). Beggar So memiliki reputasi kerap ‘melumpuhkan’ anak didiknya pada saat pelatihan. Mendengar hal itu, Wong mencoba untuk kabur kembali ke rumah.

Cerita mulai semakin menarik ketika Wong harus berkelahi dengan pembunuh bernama Yim Tit San (Hwang Jang Lee). Yim terkenal dengan ‘The Devil’s Kick’. Merasa kalah telak, Wong segera menemui Beggar So untuk memperdalam ilmu bela dirinya. Selama masa pelatihan, Wong benar-benar berubah. Menjadi disiplin dan mau mendengarkan apa yang diinformasikan oleh Beggar So.

Setelah merasa sifat onar dan sombong dari Wong hilang, Beggar So akhirnya mengajarkan teknik bela diri yang disebut dengan ‘The Eight Drunken Immortals’. Berhasil. Wong mampu menguasai 7 dari 8 teknik bela diri tersebut kecuali teknik Drunken Miss yang dirasa terlalu feminin untuknya. Teknik ini dirinya pakai untuk melawan Yim setelah tahu kalau Yim ingin membunuh Ayah Wong yang adalah rivalnya.

Bertarung sengit. Wong kalah. Dirinya masih belum bisa melawan Yim yang ternyata memiliki teknik ilmu bela diri rahasia miliknya. Karena Beggar So sudah bersumpah tidak akan ikut dalam pertarungan itu, dirinya hanya menasehati Wong untuk tetap tenang dan menggabungkan seluruh elemen bela diri yang sudah diajarkan. Akhirnya Wong menguasai 8 teknik bela diri itu dan mengalahkan Yim.

4. Kung Fu Hustle

Kung Fu Hustle (Copy)
  • Tahun rilis: 2004
  • Genre: Action, Comedy
  • Produksi: Columbia Pictures Film
  • Sutradara: Stephen Chow
  • Pemeran: Stephen Chow, Danny Chan, Yuen Wah

Selain Jackie Chan, Stephen Chow juga menjadi salah satu ikon ahli kung fu di beberapa film bela diri dari China tersebut. Salah satu film suksesnya adalah Kung Fu Hustle. Dalam film ini, Stephen berperan sebagai sutradara sekaligus aktor bernama Sing; seorang miskin dan pembuat onar. yang memiliki 1 teman bernama Bone (Lam Chi Chung).

Dirinya mengagumi geng Kapak Merah yang saat itu menjadi salah satu geng yang sangat ditakuti di Shanghai. Mengaku sebagai salah satu anggota dari Kapak Merah, Sing dan Bone mendatangi salah satu pemukiman miskin padat penduduk bernama Rusun Kandang Babi. Niatnya adalah untuk memeras penduduk disana. Bodohnya tindakannya itu malah jadi berurusan dengan Geng Kapak Merah yang asli.

Kerusuhan terjadi. Geng Kapak Merah yang diketuai oleh Brother Sum engangkap Sing dan Bone, namun mereka berdua bisa lolos. Bukannya lari, Sing malah menghadap Sum untuk ikut bergabung dengan Kapak Merah. Tertarik karena mampu untuk meloloskan diri, Sum mau mengangkat dirinya menjadi salah satu anak buahnya dengan syarat membunuh 1 orang.

Usaha membunuhnya gagal, malah Sing yang jadi babak belur. Dirinya lalu memperdalam ilmu Tapak Budha yang ia pelajari dari buku.  Ternyata Sing memiliki potensi sebagai ahli kung fu dan aliran chi yang sangat kuat. Hal ini menjadi ancaman untuk Geng Kapak Merah dan musuh baru nya bernama Beast (Bruce Leung). Beast segera mencari dan merencanakan untuk menghabisi Sing.

Tak dinyana, Sin ternyata mendapatkan bantuan dari banyak orang bahkan si empunya Rusun Kandang Babi yang awalnya ingin Sin bunuh. Dengan kekuatan dalam, jurus Tapak Budha bisa ia kuasai. Sin menggunakan kekuataannya itu untuk bertarung melawan Beast. Mampukah Sim mengalahkan musuh barunya itu dan mengambil alih kekuasaan Geng Kapak Merah. Nonton filmnya yuk!

5. Fist of Legend

Fist of Legend (Copy)
  • Tahun rilis: 1994
  • Genre: Action
  • Produksi: Easten Production
  • Sutradara: Gordon Chan
  • Pemeran: Jet Li, Chin Siu Ho, Shinobu Nakayama

Berbeda dengan Jackie Chan dan Stephen Chow yang terkenal membintangi film Kung Fu bergenre komedi, Jet Li juga kerap menjadi aktor untuk film Kung Fu yang lebih serius. Aksinya saat menjadi aktor di film Fists of Legend ini juga patut diacungi jempol; menjadikan film ini adalah salah satu film terbaik yang diperankan oleh Jet Li.

Berperan sebagai Chen Zhen, mahasiswa di Kyoto University, Jepang. Dirinya kerap diganggu oleh para mahasiswa dari geng Black Dragon hanya karena dia adalah seorang China. Namun Chen banyak dibantu oleh beberapa rekannya dan profesor nya di kampus.

Melihat hal ini geng Black Dragon semakin panas dan berniat menghabisi Chen. Salah lawan, Chen yang ahli Kung Fu dengan gampang mengalahkan mereka

Chen kembali ke Shanghai ketika mendengar Master Kung Fu nya bernama Huo Yuanjia meninggal saat bertarung melawan karateka bernama Akutagawa. Dirinya mengajak Akuta untuk bertanding dan berhasil mengalahkannya dengan mudah. Chen bingung kenapa Akuta bisa menang melawan Master Huo padahal Akuta tidak ahli. Ternyata Master Huo diracun lebih dulu supaya kalah melawan Akutagawa.

Kemenangan tersebut membuat Chen menjadi selebrity lokal di Shanghai dan membuat Akutagawa marah hingga membujuk jenderal Jepang, Go Fujita. Fuji malah membunuh Akutagawa dan melimpahkan kesalahannya kepada Chen. Murid-murid Akuta naik pitam dan menyerang sekolah Chen di Shanghai, Jungwu School. Keadaan semakin kacau saat Fujita meminta profesor Chen untuk menghabisinya.

Meski di akhir film Chen menang atas semuanya dan membersihkan nama baiknya. Banyak sekali lika liku yang harus dihadapi Chen. Mulai pengkhianatan dari sekolahnya sendiri, hubungan dengan kekasihnya semakin berat dijalani, sampai berita bahwa aksi Chen bisa memicu perang antara Jepang dan China. Untuk kamu yang suka sekali film Kung Fu dengan sedikit drama didalamnya. Film ini pas untuk kalian!

6. Shaolin Soccer

Shaolin Soccer (Copy)
  • Tahun rilis: 2001
  • Genre: Action, Comedy
  • Produksi: Star Overseas Ltd.
  • Sutradara: Stephen Chow
  • Pemeran: Stephen Chow, Zhao Wei, Ng Man Tat

Stephen Chow kembali hadir di film ini. Seperti biasa, menjadi sutradara sekaligus pemeran adalah hal biasa untuk Stephen. Kali ini Stephen masih berperan sebagai Sing. Sing merupakan ahli Kung Fu Shaolin. Dirinya menginginkan bahwa seni bela diri ini bisa dibawa ke kehidupan masyarakat modern. Mencoba banyak hal, hasilnya tetap nihil. Tidak ada yang tertarik dengan Kung Fu Shaolin.

Saat akan menyerah, Sing bertemu dengan Golden Foot Fung; pesepak bola legendaris pada masanya. Kondisinya saat ini jauh berbeda dengan Fung pada waktu dulu. Pincang dan tertipu oleh rival bisnisnya, Hung (Ng Man Tat).  Sing menjelaskan bagaimana dirinya ingin membawa Kung Fu Shaolin kepada masyarakat luas melalui sepak bola. Fung setuju dan akhirnya membentuk sebuah tim sepak bola.

Fung dan Sing sukses membangun sebuah tim. Beberapa anggota tim sukarela bergabung dengan Tim Shaolin karena tim mereka kalah telak oleh Tim Shaolin; sehingga mereka merasa bakatnya akan berkembang apabila bergabung dengan Fung dan Sing cs. Ternyata satu per satu anggota memiliki bakat spesial dan siap untuk melawan Tim Evil di yang ditenagai oleh Hung, musuh bebuyutan Fung.

Bertemu dalam final pada kompetisi terbuka  di Hong Kong, para anggota Tim Evil yang tahu akan kekuatan dari Tim Shaolin menggunakan obat-obatan untuk memperkuat tenaga mereka. Mereka menggunakan obat tersebut supaya bisa mengalahkan Tim Shaolin dengan gampang. Benar saja, Tim Evil ‘menghajar’ Tim Shaolin. Namun pada saat injury time Tim Shaolin sukses membalikan keadaan.

Tim Shaolin kini balik ‘menghajar’ Tim Evil tanpa ampun. Dengan teknik bela diri yang dimiliki oleh setiap anggota Tim Shaolin juga gerakan perlawanan Kung Fu yang diajarkan Sing, mereka menang telak.

Kini setiap orang di penjuru Hong Kong jadi tertarik untuk mempelajari seni bela diri Kung Fu. Hal ini membuat Sing dan Tim Shaolin menjadi terkenal. 1 kata untuk film ini. Kocak! Kalian harus nonton juga ya.

7. Police Story

Police Story front (Copy)
  • Tahun rilis: 1985
  • Genre: Action, Crime
  • Produksi: Golden Harvest
  • Sutradara: Jackie Chan
  • Pemeran: Jackie Chan, Briggite Lin, Maggie Cheung

Bukan hanya Stephen Chow yang bisa mengerjakan 2 tugas sekaligus sebagai sutradara dan aktor utama; sang legend Jackie Chen sudah lebih dulu melakukannya. DIrinya menjadi sutradara dari film Police Story dan juga menjadi pemeran utamanya. Police Story sendiri merupakan film pertama dari seri film berjudul sama lainnya. Hingga yang terakhir adalah New Police Story.

Adalah Chan Ka Kui (Jackie Chan), polisi tangguh yang mampu menyelesaikan kasus dari bos kriminal terbesar di Hong Kong bernama Chu Tao (Chor Yuen) seorang diri. Otomatis Chan menjadi polisi berprestasi sehingga namanya dikenal di seluruh jajaran kepolisian. Namun dibalik kesuksesannya mengalahkan Chu Tao, dirinya ternyata harus menghadapi kejadian yang lebih buruk lagi.

Selepasnya Chu Tao dari penjara, Chu segera membalaskan dendamnya pada Chan. Chu Tao membunuh salah satu polisi kotor yang bekerja sama dengannya menggunakan senjata api milik Chu. Saat investigasi, Chan dianggap bersalah akibat dijebak Chu. Dari sini Chan harus memikirkan bagaimana caranya untuk membersihkan namanya kembali dan menyelamatkan temanya yang diculik, Selina (Briggite Lin).

Upaya untuk membersihkan namanya dan misi menyelamatkan Selina berlangsung sengit. Dengan kemampuan bela diri Chan, dirinya menyerang balik orang-orang suruhan Chu yang mencoba membunuhnya. Dengan gerakan Kung Fu yang Chan kuasai, dirinya bisa melumpuhkan orang-orang Chu meski dirinya terluka.

Chan didukung penuh oleh Selina dan kekasihnya May (Maggie Cheung). Mereka terus berupaya supaya kasus ini bisa selesai secepatnya. Namun melawan bos kriminal terbesar di Hong Kong sekelas Chu bukanlah perkara mudah. Chu pintar dan gesit juga sehingga beberapa kali Chan cs kewalahan meski kemenangan sudah di depan mata? Penasaran dengan cerita lengkapnya? Tunggu apalagi? Ayo nonton!

8. Tai Chi Master

Tai Chi Master (Copy)
  • Tahun rilis: 1993
  • Genre: Drama, Action
  • Produksi: Golden Harvest
  • Sutradara: Yuen Woo Ping
  • Pemeran: Jet Li, Michelle Yeoh, Chin Siu Ho

Junbao yang diperankan oleh Jet Li dan Tienbo yang diperankan oleh Chin Siu Ho adalah teman dekat. Mereka berdua merupakan biksu di Kuil Shaolin. Mereka berdua adalah pembuat onar disana sehingga dikeluarkan dari Kuil. Namun sebelum pergi, seorang guru memberi peringatan untuk Tienbo; guru itu bilang kalau ada  Disinilah cerita Junabo dan Tienbo dimulai.

Setelah keluar dari kuil, mereka berdua menuju kota untuk melanjutkan hidup. Sesampainya di kota, Junbao dan Tienbo berteman dengan Miss Li. Miss Li tahu seluk beluk kota. Mereka diajak ke salah satu bar untuk mendapatkan makanan. Di bar tersebut, mereka bertia bertemu dengan Siu Lin (Michelle Yeoh), seorang wanita yang sedang mencari suaminya.

Bertemu dengan Siu Lin merupakan awal mula masalah. Karena Siu Lin bertengkar dengan suaminya yang akhirnya ia temukan secara tidak sengaja. Ikut membantu, Junbao dan Tienbo harus berurusan dengan suami Siu Lin dan bawahannya. Ternyata istri baru dari mantan suami Siu Lin adalah kakak dari gubernur kota itu sehingga banyak yang menjaga istri baru dan mantan suami Siu Lin.

Berhasil mengalahkan beberapa orang bawahan mantan suami Siu Lin, Junbao dan Tienbo kembali ke jalanan untuk melanjutkan hidup dengan kemampuan seni bela diri yang mereka kuasai. Saat sedang perform, kemampuan Tienbo membuat wakil gubernur tertarik sehingga ia dipanggil untuk dibawa dan dilatih sebagai tentara. Tienbo pun setuju dan berpisah dengan Junbao.

Berpikir hidupnya sudah aman, ternyata Junbao dikhianati oleh temannya sendiri, Tienbo. Haus akan kekuasaan membuat Tienbo berubah persis dengan apa yang diperingati oleh guru mereka dulu. Kini Junbao dan Tienbo menjadi rival. Dibantu oleh Siu Lin, mereka berdua berniat untuk mengalahkan Tienbo. Cerita ini menarik sekali untuk ditonton. Kalian pasti tidak menyesal mengikuti ceritanya.

9. Shaolin

Shaolin (Copy)
  • Tahun rilis: 2011
  • Genre: Drama, Action
  • Produksi: Emperor Motion Pictures
  • Sutradara: Benny Chan
  • Pemeran: Andy Lau, Nicholas Tse, Jackie Chan

Cerita ini diambil pada saat era perang awal Republik Tiongkok. Dipimpin oleh panglima perang bernama Hou Jie yang diperankan oleh Andy Lau, pertarungan melawan musuhnya bernama Hou Long (Chen Zhihui) untuk merebut kembali kota yang diduduki oleh Hou Long. Mencoba melarikan diri, Hou Long akhirnya meninggal setelah dibunuh oleh Hou Jie.

Namun hidup Hou Jie berubah saat saudaranya sendiri, Song Hu (Shi Xiaohong), mengkhianati Hou. Begitu pula dengan wakil Hou, Cao Man (Nicholas Tse). Mereka berdua menganggap bahwa Hou tidak layak berada di posisinya sekarang.

Cao Man mengirim pembunuh untuk menghabisi nyawa Hou dan keluarganya. Hou, istri dan anaknya segera melarikan diri saat tahu mereka diincar. Saat mencoba melarikan diri ada kecelakaan yang membuat Hou kehilangan anak dan istrinya.

Dalam keadaan hancur, akhirnya Hou pergi ke sebuah Kuil Shaolin untuk meredakan amarahnya. Di sana, ia bertemu dengan ahli masak kuil bernama Wu Dao (Jackie Chan). Banyak bercerita mengenai penderitannya kepada Wu Dao membuat Hou tersadar akan kesalahannya di masa lalu dan bertekad untuk menjadi biksu dan mempelajari seni bela diri untuk mengkontrol semua emosinya.

Mendengar Hou masih hidup, Cao Man memerintahkan pasukannya untuk menangkap Hao di Kuil Shaolin. Keributan terjadi, belum lagi karena Hou tidak sengaja mendengar bahwa Cao Man akan menggali relik berharga China untuk dijual dan membeli senjata api model anyar.  Ini membuat Hao juga ingin menyelamatkan para buruh gali dari ancaman Cao Man.

Pertarungan besar terjadi di Kuil Shaolin. Namun ending film ini jauh diluar dugaan. Cerita akhir film akan membuat kita kaget bukan main karena memiliki plot twist. Nah setelah baca sinopsisnya, jadi penasaran kan ending film nya seperti apa? Pokoknya seru dan sama sekali engga akan pernah kepikiran deh bakal berakhir seperti itu. Yuk nonton!

10. Kung Fu Panda

Kung Fu Panda (Copy)
  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: Animated, Drama, Comedy
  • Produksi: Dramworks Animation
  • Sutradara: John Stevenson, Mark Osborne
  • Pengisi Suara: Angelina Jolie, Lucy Liu, Jack Black

Film animasi Kung Fu Panda ini sukses merebut hati orang banyak. Bukan karena film ini merupakan film animasi, tapi ceritanya yang memang dikhususkan untuk anak-anak bisa tetap dinikmati oleh orang dewasa yang mungkin bosan atau lelah menonton film bertema Kung Fu in a real life.

Bermula saat seekor Panda besar bernama Po Ping (Jack Black) yang mengidolakan The Furious Five, sebuah kelompok ahli Kung Fu yang siap melindungi kota. Po ingin sekali menjadi salah satu dari kelompok itu. Beruntung akibat kejadian konyol yang ia timbulkan, Po berhasil masuk kedalam anggota kelompok tersebut. Merasa ada yang janggal para anggota lain ribut namun sang Grand Master yakin kalau Po bisa.

Anak buah Grand Master Oogway (Randall Duk Kim) bernama Master Shifu (Dustin Hoffman) mati-matian berusaha untuk melatih Po. Karena lawan yang mereka khawatirkan kembali adalah mantan murid di tempat pelatihan Kung Fu milik Oogway bernama Tai Lung yang dikenal sadis dan tidak pandang bulu. Tai Lung dihukum karena obsesinya menjadi Dragon Warrior (sebutan untuk pejuang paling disegani).

Benar saja, Tai Lung kabur dari penjara dan mendatangi tempat pelatihan Oogway untuk mencari siapa Dragon Warrior yang mampu mengalahkan dia. Mengetahui bahwa calon Dragon Warrior adalah Po. Tai Lung meremehkannya. Tai Lung salah langkah. Po menyerang Tai Lung untuk mengusirnya supaya tidak mengganggu Kuil latihan Oogway. Namun mereka malah telibat dalam perkelahian hebat.

Menjadi film bertema Kung Fu yang bisa dinikmati oleh semua kalangan, film ini memenangkan banyak sekali penghargaan, salah satunya dari Annie Award; 7 penghargaan sekaligus! Melihat banyaknya penghargaan yang didapat, sudah bisa ditebak kan kualitas film Kung Fu Panda ini bagaimana? So, buat kalian yang doyan nonton animasi, film ini adalah pilihan tepat kalian! Ayo nonton!

11. Tai Chi 0 (Tai Chi Zero)

14 Rekomendasi Film Bertema Kung Fu yang Paling Ciamik! 11
  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Action, Comedy
  • Produksi: Huayi Brothers Media Corporation
  • Sutradara: Stephen Fung
  • Pemeran: Jayden Yuan, Angelababy, Tony Leung, Eddie Peng

Kisah dari Tai Chi 0 berawal ketika seorang anak bernama Yang Lu Chan yang dilahirkan dengan keunikan benjolan di kepalanya. Lu Chan lahir dari kalangan keluarga yang cukup kaya.

Meskipun, ayahnya tidak merawatnya sama sekali, Ibu Lu Chan mendedikasikan hidupnya untuk membesarkan anak yang dia sangat banggakan tersebut. Dia rela melakukan apapun bagi Lu Chan, bahkan jika harus menghabiskan uang milik suaminya.

Singkat cerita, Lu Chan mulai memiliki ketertarikan Kung Fu saat dia menonton atraksi bela diri yang dilakukan oleh Lao Zhao. Keinginan yang besar ini sebenarnya tidak dibarengi oleh kemampuannya, tapi Zhao melihat potensi dia ketika sadar bahwa benjolan di kepalanya bisa membuat dia menjadi orang yang sangat kuat.

Setelah Lu Chan ditinggalkan oleh ibunya meninggal, lantas selanjunya dia dibesarkan oleh Lao Zhao yang sebetulnya memanfaatkan kemampuan Lu Chan untuk menjadi pasukannya.

Namun, takdir dan petualangan Lu Chan dimulai ketika dia bertemu dengan seorang tabib yang memberitahu kondisinya, sekaligus memperlihatkan gaya Kung Fu aliran Chen yang lebih hebat dibandingkan milik Lao Zhao. Hal ini yang membuatnya tertarik untuk mempelajari Kung Fu aliran Chen.

Film ini bisa dibilang cukup unik dengan menggabungkan Kung Fu dan efek visual yang memanjakan mata. Di tambah lagi, aktor yang mendukung di Tai Chi 0 bukan kaleng-kaleng.

Jayden Yuan sendiri adalah seorang atlet wushu yang pernah menjuarai kejuaraan dunia di tahun 2005 dan 2007, di tambah aktor dan aktris kenamaan lainnya, misalnya Angelababy, Tony Leung (pernah memenangkan 4 kali aktor terbaik di penghargaan film Hongkong), Bruce Leung, dan lain-lain.

12. Tai Chi Hero

14 Rekomendasi Film Bertema Kung Fu yang Paling Ciamik! 13
  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Action, Comedy
  • Produksi: Huayi Brothers Media Corporation
  • Sutradara: Stephen Fung
  • Pemeran: Jayden Yuan, Angelababy, Tony Leung, Eddie Peng

Berlatarkan kejadian setelah kejadian di Tai Chi Zero, film ini menceritakan Kembali petualangan Lu Chan untuk berguru Kung Fu aliran Chen. Pasca kejadian di film sebelumnya, akhirnya Lu Chan menikah dengan anak dari Grandmaster Chen, Chen Yu Niang. Di saat pesta pernikahan mereka, muncul kakak tertua dari Yu Niang, Chen Zai Yang.

Kedatangan Zai Yang tidak disambut dengan baik oleh ayahnya. Hal ini disebabkan Zai Yang lebih tertarik dengan teknologi seperti merancang pesawat, Namun, karena ini pula Zai Yang mendapatkan masalah dengan Zhang Fi Ying yang sekarang bekerja dengan pemerintahan. Zai Yang terlilit hutang yang sangat besar karena biaya pengembangan rancangan teknologinya.

Kembali ke Lu Chan, dia sekarang mempelajari Kung Fu aliran Chen dibantu oleh istrinya. Meskipun banyak pertentangan karena masa lalu dari perguruan kung fu aliran Chen, hal tersebut tidak lantas membuat Grandmaster Chen dan Yu Niang meragukan keinginan Lu Chan belajar Kung Fu.

Masalah baru yang muncul akibat kedatangan Zai Yang, memaksa Lu Chan dan Yu Niang harus melawan pasukan-pasukan yang dibawa oleh Fi Ying.

Film Tai Chi Hero berhasil melanjutkan kesuksesan dari film pertamanya. Tanpa mengurangi efek visual yang diperlihatkasn di film pertamanya, film ini berkembang dengan cerita yang lebih intens dan aksi Kung Fu yang memukau.

Namun sayangnya, film yang direncanakan menjadi trilogi, tidak menunjukkan perkembangan terbarunya. Sehingga sangat disayangkan, film yang bercerita tentang petualangan Lu Chan sebagai Tai Chi Master menggantung begitu saja.

13. The Grandmaster

The Grandmaster (Copy)
  • Tahun rilis: 2013
  • Genre: Action, Comedy
  • Produksi: Sil-Metropole Organisation, Bona Film Group
  • Sutradara: Wong Kar-wai
  • Pemeran: Tony Leung, Zhang Ziyi, Chang Chen, Zhao Benshan

Jika melihat film berlatarkan kisah nyata seorang grandmaster Wing Chun, Yip Man, rasanya tidak akan pernah bisa dilepaskan dari film yang dibintangi oleh Donnie Yen (Ip Man). Film The Grandmaster sejatinya juga menceritakan kembali kisah Ip Man yang dimulai deri dia diterima menjadi murid oleh grandmaster Chan Wah Shun hingga cerita ketika dia menikahi Cheung Wing Sing.

Masalah dalam film ini pun muncul ketika Gong Yutian, seorang grandmaster Kung Fu dari Tiongkok bagian Utara yang telah pensiun, memutuskan untuk mewariskan Kung Fu Tiongkok Utara kepada Ma San, dan berpendapat bahwa Selatan juga harus memiliki pewarisnya sendiri.

Hal tersebut membuat perkelahian besar yang melibatkan para ahli Kung fu untuk mengalahkan Gong, namun seluruh upaya para ahli Kung Fu tersebut terhadang oleh Ma San.

Kung Fu Tiongkok Selatan yang merasa dianggap lemah oleh Gong Yutian, akhirnya meminta Ip Man untuk menantangnya sebagai perwakilannya. Tantangan tersebut diterima oleh Gong Yutian, namun ditentang oleh anaknya Gong Er yang merasa kalau ayahnya bisa mengalahkan Ip Man.

Untuk melawan Gong Yutian, Ip Man diharuskan untuk melawan tiga ahli Kung Fu terlebih dahulu. Semua pertarung dimenangkan oleh Ip Man, bahkan Gong Yutian menganggap kalau Ip Man sudah menang tanpa harus mengalahkannya.

Kekalahan tersebut tidak bisa diterima oleh Gong Er karena merasa telah merendahkan nama besar keluarganya. Pertarungan Ip Man dan Gong Er pun terjadi, dan hal tersebutlah yang menjadi benang penghubung di antara keduanya setelah itu.

Film ini merupakan debut pertama Wong Kar Wai dalam menyutradari film Kung Fu. Sinematografi dan koreografi yang ditunjukkan dalam film ini bisa dibilang memukau sehingga tak salah jika film ini bisa masuk dalam nominasi Oscar serta mendapatkan beberapa penghargaan lainnya.

Meski pun film adaptasi lepas, namun untuk pemeran tokoh di film bisa dibilang pas. Tony Leung sukses berakting membawakan karakter Ip Man yang berbeda, di tambah dengan narasinya yang menambah intens cerita di film tersebut.

14. Red Cliff

Red Cliff I
  • Tahun rilis: 2008 & 2009
  • Genre: Action, Historical
  • Produksi: Chengtian Entertainment
  • Sutradara: John Woo
  • Pemeran: Tony Leung, Takeshi Kaneshiro, Zhang Fengyi, Chang Chen

Film yang dibintangi oleh Tony Leung ini bercerita tentang salah satu peristiwa penting yang terjadi di zaman Tiga Kerajaan di Tiongkok, Pertempuran Chibi.

Ya, Red Cliff atau Chibi merupakan salah satu tempat pertempuran antara dinasti Wei yang dipimpin oleh Cao Cao dengan aliansi dinasti Shu dan Wu yang dipimpin oleh Liu Bei dan Sun Quan.

Film ini dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama dimulai dengan kekalahan Liu Bei beserta kedua saudara, Guan Yu dan Zhang Fei, dalam pertempuran Changban melawan Cao Cao, yang membuat mereka beserta penduduknya tersebut terpaksa angkat kaki dari tanah Changban.

Kekalahan tersebut membuat Zhuge Liang, selaku penasehat Liu Bei, menemukan ide untuk bekerja sama dengan Sun Quan untuk melawan Cao Cao, yang memang ingin mengalahkan wilayah dinasti Shu dan Wu yang berada di selatan Tiongkok, dengan meyakinkan Zhao Yun, ahli strategi perang dari Wu, dan Sun Shangxiang, adik dari Sun Quan.

Kerja sama antara alinasi Sun Quan dan Liu Bei ini menjadi beberapa pertempuran terjadi melawan pasukan Cao Cao.

Meskipun film besutan John Woo lebih banyak menceritakan tentang teknis strategi perang, drama pertempuran, dan sejarah. Beberapa adegan di film ini bisa dibilang memukau dengan koreografi Kung Fu, khususnya wushu, di dalamnya.

Seperti ketika Zhao Yu harus kembali ke Changban melawan ribuan pasukan Cao Cao untuk menyelamatkan anak Liu Bei dan istrinya. Nah, bagaimana sangat pantas bukan ditonton juga 'kan, apalagi jika menikmati film sejarah perang.

Film bertema Kung Fu memang masih banyak. Namun Bacaterus rangkum menjadi 14 terbaik saja ya supaya kalian bisa mengikuti filmnya. Pemain dalam film-film diatas juga terkenal kok jadi pasti makin asyik untuk dipantengin.

Nah, jadi tunggu apalagi? Siapin camilan kamu lalu nonton deh! Dijamin ngakak dan terhibur sekali. Oh iya, Dari seluruh film di atas, mana nih yang kira-kira kalian suka? Tulis di kolom komentar ya!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram