Bacaterus / Film Mandarin / 10 Film Kung Fu Terbaru yang Wajib Ditonton di Tahun 2020

10 Film Kung Fu Terbaru yang Wajib Ditonton di Tahun 2020

Ditulis oleh - Diperbaharui 21 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Mengharuskan para ahli bela diri untuk tetap tenang dan tekun, sama sekali tidak terpancing emosi dan melawan rival tanpa harus membunuh. Bila kalian atlet bela diri dan bisa mengendalikan semua hal itu, baru kalian bisa disebut ahli kung fu. Padahal awalnya, istilah kungfu ini dipakai untuk menyebut seseorang yang lihai akan suatu keahlian seperti ahli masak, ahli tukang dan lain sebagainya.

Akhirnya istilah kungfu ini menjadi popular tersebut saat aktor Bruce Lee memperkenalkannya kepada dunia lewat film-filmnya. Sang legenda, terus menginspirasi banyak sutradara yang ingin membuat film menggunakan tema kungfu tersebut.

Dari banyaknya film kungfu yang muncul ke layar lebar, Bacaterus mulai memilah dari yang paling baru supaya kalian tetap up-to-date. Ayo mampir sini buat lihat artikelnya!

1. Enter the Fat Dragon

Enter The Fat Dragon (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama, Comedy, Martial Arts
  • Produksi: Bona Film Group
  • Sutradara: Kenji Tanigaki
  • Pemain: Donnie Yen, Teresa Mi, Niki Chow

Yakin banget, waktu nonton film ini, kalian pasti akan dibuat kebingungan melihat Donne Yen menjadi gemuk. Benar-benar gemuk. Dia melakukannya demi peran sebagai Fallon Zhu, seorang polisi Hong Kong yang patah hati karena dicampakan oleh kekasih hatinya yang sudah selangkah lagi maju ke jenjang pernikahan. Depresi, Fallon yang super ganteng itu akhirnya makan terus untuk meredakan kesedihannya.

Tak terasa, Fallon menjadi sangat gemuk! Masalah pun bertambah saat dirinya dipindah tugas ke Jepang untuk menemani seorang buron Jepang kembali ke negara asalnya. Fallon yang saat itu sudah tidak bisa bergerak banyak karena terlalu gemuk harus menghadapi musuh-musuh yang ingin membawa kabur sang buronan. Fallon yang memang sedari dulu punya keahlian kungfu langsung melawan.

Namun karena terlalu gemuk, Fallon jadi lambat sedangkan musuh-musuh yang ingin menghabisi Fallon cs. Sudah menumpuk di Jepang. Dibantu oleh teman Fallon sesama polisi Hong Kong, Thor (Wong Jing), instruktur polisi Jepang, Endo (Naoto Takenaka) dan penterjemah Fallon (Jessica Jann), mereka saling bantu untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. The Grand Grandmaster

The Grand Grandmaster (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Action, Drama
  • Produksi: GVP
  • Sutradara: Dayo Wong
  • Pemain: Dayo Wong, Annie Liu, Catherine Chau

Fei Lung (Dayo Wong) merupakan seorang ahli kungfu yang mendapatkan pengajarannya turun temurun hingga generasi ke 19. Bukannya berlatih untuk dirinya sendiri, Fei malah memanfaatkan pengajarah dari nenek moyangnya itu untuk mendirikan sebuah sekolah kungfu dan publikasi seluruh dunia akan ajaran kungfu tersebut.

Karirnya hancur setelah seorang asing, wanita cantik, menghajarnya dan sudah tentu  membuat dirinya kalah telak. Media yang melihat ini langsung memberitakan kekalahan Fei ke seluruh penjuru dunia. Merasa kalah dan dipermalukan, Fei kembali menantang wanita cantik ini untuk duel membuat media kembali menyoroti mereka berdua.

Usut punya usut, wanita cantik yang Fei ajak duel itu bernama Chan Tsang (Annie Liu), seorang atlet boxing yang membuat media gempar karena keputusannya untuk berhenti saat dirinya kalah di sebuah pertandingan bergengsi. Bukannya menganggap Chan sebagai rival, Fei malah jadi jatuh hati padanya. Waduh… Repot nih kalau begini kisahnya. Nonton ya biar gak penasaran sama endingnya yang manis!

3. The Legend of Young Justice Bao

Justice Bao (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Drama, Martial Arts
  • Produksi:
  • Sutradara:
  • Pemain: Xia Zhi Yuan, Peng Yi Bo, Liu Xin Qi

Bao Zheng (Xia Zhu Yuan) merupakan seorang lelaki yang pintar. Dia adalah sosok yang ahli dalam segala hal menyangkut kebijaksanaan. Meski kadang kepleset, Bao tetap dihormati banyak pihak. Suatu saat, Bao Zhen harus mengikuti ujian untuk menjadi pegawai negeri sipil di ibukota. Banyak soal yang harus diselesaikan. Ada juga beberapa kasus yang harus dipecahkan bersama rekan-rekan Bao.

Disaat bersamaan, Bao mendapat kabar bahwa ibu nya ditahan karena suatu hal. Saat diusut, Ibu nya Bao ternyata dijadikan kambing hitam atas kejahatan yang sama sekali bukan dilakukan oleh dirinya. Bao akhirnya berusaha untuk membersihkan nama Ibunya yang tidak bersalah itu supaya Ibu nya bisa bebas kembali.

Mampukah Bao menyelesaikan semua ujian yang diberikan, kasus yang harus dipecahkan dan sekaligus membebaskan dan membersihkan nama Ibunya?

4. The Kung Fu Master

Kung Fu Master (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Action, Martial Arts
  • Produksi: Fullon Studio Frames
  • Sutradara: Abrid Shine
  • Pemain: Neea Pillai, Jiji Scaria, Sanoop Dinesh

Kalau sudah bicara soal film dengan tema martial arts apalagi Kung Fu pasti yang terbayang negara China bukan? Weits, siapa bilang? Film The Kung Fu Master ini berasal dari Bollywood! Bercerita soal perjuangan kakak beradik yang harus menghadapi komplotan ahli kung fu lainnya yang menyerang mereka berdua, keluarga dan semua teman dekat mereka.

Rithu Ram (Neeta Pilai) baru saja bergabung di sebuah perusahaan yang terletak di sebuah bukit di bagian India sebelah utara. Karena jaraknya dekat dengan sang Kakak, Rishi Ram (Jiji Scaria), mereka berdua kerap kali bertemu saat weekend di tempat latihan kung fu yang mereka miliki bersama untuk mengajar murid-murid lainnya.

Suatu saat, Rithu dan Rishi juga keluarganya pergi untuk menikmati alam di sebuah tempat. Disana, mereka diserang oleh kriminal bernama Louis Antony (Sanoop D) dan komplotannya untuk menyerang Rithu, Rishi dan keluarganya. Sadar dalam bahaya, Rithu dan Rishi menggunakan ilmu dan keahlian kung fu nya untuk melawan balik Louis cs.

5. Ip Man 4: The Finale

Ip Man 4 (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Drama, Martial Arts
  • Produksi: Mandarin Motion Pictures
  • Sutradara: Wilson Yip
  • Pemain: Donnie Yan, Wu Yue, Vanness Wu

Masih ingat dengan film Ip Man yang sebelumnya sudah dibahas di Bacaterus dalam artikel 10 Film Kung Fu Terbaik? Film Ip Man 4 kali ini masih menceritakan kehidupan sang Ip Man (Donnie Yan) setelah ditinggal sang istri. Ip Man yang sudah semakin renta mengidap penyakit kanker tenggorokan. Sedang dalam keadaan sulit, anak Ip Man, Ip Chun malah membuat ulah sehingga mereka diusir.

Menyeberang negara ke Amerika Serikat, Ip Man dan anaknya mulai menata kehidupan mereka yang baru. Disana ia membantu muridnya bernama Bruce Lee yang diperankan oleh Kwo Kwan Chan untuk membangun sekolah seni bela diri Kung fu. Namun hal itu bukan perkara mudah, Bruce Lee mendapatkan diskriminasi ras yang membuat misi membangun berubah menjadi misi mempertahankan sekolah itu.

Masalah yang timbul bukan hanya itu saja. Untuk bisa bersekolah di Amerika, Ip Man harus mendapatkan jaminan dari komunitas dagang dan bela diri asal pecinan. Sedangkan yang diingnkan oleh Ip Chun bukanlah sekolah, tapi mengikuti jejak sang Ayah. Menjadi ahli Kung Fu sehingga dirinya hanya mau terus berlatih seni bela diri tersebut.

6. The Invincible Dragon

Invincibe Dragon (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Drama, Martial Arts
  • Produksi: Pegasus Motion Pictures
  • Sutradara: Fruit Chan
  • Pemain: Zhang Jin, Anderson Silva, Endy Chow

Kowloon (Zhang Jin) merupakan seorang polisi. Dia dikenal tegas dan sangat taat pada pekerjannya. Ini membuat banyak dari tim kepolisian yang lain menghormatinya. Suatu hari, Kowloon bertugas untuk menyamar untuk menyelidiki suatu kasus. Namun sayang, meski kasus terpecahkan, seorang rekan polisi dan tunangannya harus meninggal atas Kasus tersebut.

Kowloon depresi berat sehingga dirinya mengasingkan diri dari dunia luar sampai pada akhirnya, seorang rekan Kowloon memberi informasi bahwa ada lagi rekan polisi lain yang tewas dengan cara yang sama dengan tewasnya rekan polisi Kowloon sebelumnya. Memancing amarah Kowloon, akhirnya Kowloon setuju untuk kembali bertugas dan mencari dalangnya.

Bukan karena misi pencarian pelaku saja, Kowloon juga ingin membalaskan dendamnya atas kematian tunangannya. Penyelidikan mengarah kepada seorang mantan pensiunan tentara Amerika bernama Alex (Anderson Silva). Kowloon baru ingat bahwa saat bertugas dalam penyamaran dulu, Alex merupakan rivalnya sesama polisi. Mampukah Kowloon mengungkap kebenaran dari semua kasus tersebut?

7. The Knight of Shadow

Knight of Shadows (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Drama, Martial Arts
  • Produksi: Beijing Yaolai Film
  • Sutradara: Vash
  • Pemain: Jackie Chan, Zhong Chuxi, Ethan Juan

Keadaan dunia sudah kacau balau ketika dinding pemisah antara manusia dan monster runtuh menyebabkan, para iblis bisa masuk ke dalam dunia dengan mudah. Di sinilah Pou Songling (Jackie Chan) beraksi. Dirinya merupakan seorang pemburu iblis yang sudah sangat populer, saat menjalankan tugasnya, Pou mengetahui bahwa ada seorang gadis desa hilang entah kemana.

Menelusuri kasus tersebut, Pou akhirnya tahu kalau gadis tersebut sudah diculik oleh seorang wanita cantik bernama Xiaoqian (Elaine Zhong) dan teman iblisnya berbentuk kaca yang siap menghisap roh gadis malang tersebut. Dibantu dengan detektif polisi bernama Fei (Austin Lin) dan rekan-rekan iblis lainnya yang sudah tobat, Pou harus menyelamatkan gadis itu.

Singkat cerita, misi penyelamatan Pou ini malah jadi bercabang. Selain menyelamatkan gadis desa yang hilang, ada satu lagi hantu yang meminta tolong bantuan Pou. Belum lagi dia harus melawan Xiaoquian dengan ilmu bela dirinya yang sangat kuat. Dengan keadaan seperti ini, Puo dihadapkan pilihan sulit. Harus menyelamatkan salah satu.

8. Triple Threat

Triple Threat (Copy)

  • Tahun rilis: 2019
  • Genre: Action, Martial Arts
  • Produksi: Kungfuman Culture
  • Sutradara: Jesse V. Johnson
  • Pemain: Tony Jaa, Iko Uwais, Tiger Chen

Xian (Celina Jade) merupakan putri dari seorang pengusaha milliner yang tidak tertandingi. Ayah Xian merupakan orang bijak. Dirinya bahkan berusaha untuk membubarkan sindikat kriminal paling berbahaya di kota. Ini membuat sindikat tersebut menyewa pembunuh bayaran yang beranggotakan Collins (Scott Adkins), Joey (Michale Bisping) dan Deveraux (Micahel Jai White)

Xian yang sama sekali tidak mengerti inti permasalahan diburu oleh pembunuh bayaran tesebut. Ayah Xian yang tahu kalau putrinya dalam bahaya lantas menyewa bodyguard untuk melindungi anaknya. Beranggotakan Payu (Tony Jaa), Jaka (Iko Uwais) dang Long Fei (Tiger Chen); ternyata mereka bertiga bukan sekedar bodyguard dengan kemampuan bela diri biasa, mereka adalah pembunuh bayaran juga.

Berburu dengan waktu, Payu, Jaka dan Long Fei akhirnya bersama-sama melindungi Xian dari musuh Ayahnya. Bukan sekedar melindungi Xian, mereka bertiga berubah menjadi pembunuh sadis yang mengincar siapapun yang akan mencelakai Xian dan Ayahnya. Drama mulai terjadi setelah Jaka memasukan masalah pribadinya ke dalam misi.

9. Shadow

Shadow (Copy)

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Action, Martial Arts
  • Produksi: Village Roadshow Pictures Asia
  • Sutradara: Zhang Yimou
  • Pemain: Deng Chao, Sun Li, Zheng Kai

Kekalahan komando perang Ziyu (Deng Chao) dengan rivalnya Yang Chang (Hu Jun) mengakibatkan kota penting Jingzhou milik kerajaan Pei harus berpindah tangan. Akhirnya Raja Pei menawarkan kepada Raja Yang Chang supaya anak dari Raja Yang, Yang Ping (Leo Wu) bisa menikahi adik tercintanya guna meredakan suasana dan membuat dua kerajaan itu bersatu kembali.

Namun setelah diusut, ternyata komando perang Ziyu yang berperang dengan Yang Chang bukanlah dirinya, melainkan ‘bayangan’nya atau orang pengganti dirinya bernama Jing. Ini membuat raja Pei merasa dibodohi. Komano Ziyu sendiri sedang dalam masa penyembuhan pasca kalah bertarung dengan Jing saat latihan perang.

Jing yang sudah kepalang tanggung akhirnya memanfaatkan momen itu untuk membelot kepada tuannya, Ziyu. Drama semakin sulit saat dua kerajaan ini tidak bisa menyatu sama sekali. Perang dan pembunuhan terjadi pada orang-orang penting dalam kerajaan sampai akhirnya, Ziyu sendiri yang harus turun tangan menyelesaikan semuanya termasuk menyelesaikan urusannya dengan ‘bayangan’nya, Jing.

10. The Night Comes for Us (Netflix)

The-Night-Comes-For-Us-2018 (Copy)

  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Action, Thriller, Martial Arts
  • Produksi: XYZ Films
  • Sutradara: Timo Tjahjanto
  • Pemain: Joe Taslim, Iko Uwais, Julie Estelle

Setelah Iko Uwais, kini Joe Taslim yang ikutan mejeng di layar lebar. Kini dirinya menjadi salah satu bintang utama di film The Night Come for Us; menceritakan seorang hitman bernama Ito (Joe Taslim) yang mengkhianati kelompok Triad, organisasi yang dikepalai oleh mafia Tiongkok. Sontak Ito menjadi incaran para Six Seas; bodyguard dari kelompok Triad yang ahli dalam semua ilmu bela diri. Kungfu sampai Judo.

Ito membelot kepada Triad karena dia ingin menyelamatkan seorang anak kecil perempuan yang menjadi salah satu target pembunuhan. Ito adalah mesin pembunuh, namun entah kenapa, saat dirinya bertemu dengan anak kecil bernama Renia (Asha Kenyeri), nurani Ito tiba-tiba muncul. Akhirnya Ito meminta teman-teman lamanya untuk melindungi dirinya dan Renia.

Terlambat, para komplotan Six Seas sudah tahu keberadaan Ito dan Renia dimana. Kini bukan hanya mereka berdua saja yang jadi sasaran Six Seas dan budak-budak Triad lainnya. Teman-teman Ito juga menjadi incaran mereka karena sudah membantu menyembunyikan Ito dari mereka. Mampukah Ito dan Renia selamat dari perang berdarah itu?

Semoga daftar 10 Film Kung Fu Terbaru diatas bisa menambah referensi nonton kamu ya! Dijamin, selain kalian bisa melihat sekaligus belajar soal gerakan Kung Fu. Kalian juga akan dapat banyak pelajaran hidup dan sejarah selama nonton film-film diatas. Diramu dengan bumbu komedi, drama, romansa, aksi dan fantasi, membuat film ini jadi makin oke buat dipantengin.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *