15 Rekomendasi Film Korea yang Berdasarkan Kisah Nyata

Ditulis oleh Yanyan Andryan

Film Korea selalu mempunyai sudut pandang menarik di setiap jalan cerita yang disajikannya. Mulai dari genre drama, komedi, thriller, bahkan horor bisa dikemas dengan cara apik dan terkadang disajikan lewat plot twist yang tak terduga. Maka tak heran, penonton selalu diajak untuk tidak boleh ketinggalan satu momen pun saat film tersebut diputar.

Salah satu film dari Korea yang sangat menarik untuk ditonton adalah yang bertemakan kisah nyata. Film dengan genre ini tentunya menawarkan jalan cerita yang dapat memberikan rasa penasaran bagi yang menyaksikannya. Oleh karena itu, film keluaran Negeri Ginseng ini selalu mendapatkan tempat yang begitu spesial bagi para penonton.

Bagi kalian yang ingin menikmati film-film Korea yang diangkat dari kisah nyata, Bacaterus akan memberikan rekomendasinya di bawah ini. Berikut adalah ulasan selengkapnya untuk kalian.

1. Hope

Hope_
  • Tahun Rilis: Oktober 2013
  • Genre: Drama, Criminal, Based on True Story
  • Produksi: Lotte Entertainment (Distributor)
  • Sutradara: Lee Joon Ik
  • Pemeran: Lee Re, Sol Kyung Gu, Uhm Ji Won, Kim Hae Sook

Film Korea yang berdasarkan kisah nyata berjudul Hope (2013) akan membuat hati siapa pun teriris. Kisah memilukan dalam film ini adalah peristiwa tragis yang sungguh-sungguh dialami seorang gadis cilik berusia 8 tahun yang dikenal dengan nama samaran ‘Na Young’. Cerita ini menggemparkan Korea Selatan pada 2008 lalu dan dikenal dengan nama Cho Doo Soon Case.

Cho Doo Soon berusia 57 tahun adalah pelaku bejat yang menculik dan memerkosa Na Young di toilet sebuah gereja ketika gadis cilik itu pergi ke sekolah. Na Young hampir tewas sebelum akhirnya ditemukan oleh orang tuanya. Akibat kejadian memilukan tersebut, organ-organ bagian dalam Na Young mengalami kerusakan.

Pada versi filmnya, sosok Na Young diperankan oleh aktris cilik Lee Re dengan nama Im So Won. Perjuangan So Won dan kedua orang tua melalui ujian berat dalam film ini memperlihatkan betapa hancurkan kehidupan Na Young dan keluarga saat peristiwa itu terjadi. Dijamin banjir!

2. Silenced

Silenced
*
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Drama Based on True Story
  • Produksi: Samgeori Pictures
  • Sutradara: Hwang Dong-hyuk
  • Pemeran Utama: Gong Yoo da Jung Yu-mi

Film ini berdasarkan sebuah novel berjudul Dokani yang ditulis oleh Kong Ji-Young dan dirilis pada tahun 2009. Ceritanya sendiri mengangkat kisah nyata tentang pelecehan seksual yang terjadi kepada murid-murid di sekolah tuna rungu yang ada di kota Gwangju.

In-Ho adalah seorang guru seni baru di sebuah sekolah untuk anak-anak tuna rungu. Pada hari pertama mengajar, ia melihat salah satunya muridnya penuh luka akibat hukuman yang diberikan oleh beberapa guru.

Di waktu yang lain, ia membawa muridnya bernama Yeon-Du ke rumah sakit karena mengalami luka memar. Menurut dokter di rumah sakit tersebut, Yeon-Du telah mengalami pelecehan seksual.

Berawal dari peristiwa itu, ia menemukan fakta bahwa kepala sekolah, kepala administrasi dan beberapa guru telah melakukan pelecehan seksual terhadap sebagian siswa. Ia lalu meminta bantuan kepada aktivis hak asasi manusia bernama Seo Yoo-jin untuk mengungkap kejadian tersebut.

3. Memories of Murder

Memories of Murder
*
  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Crime Drama
  • Produksi: CJ Entertainment dan Sidus Pictures
  • Sutradara: Boong Joon-Ho
  • Pemeran Utama: Song Kang-ho dan Kim Sang-kyung

Korea tahun 1986, di waktu tersebut banyak sekali kasus pembunuhan yang korbannya rata-rata perempuan berusia muda. Sebelum dibunuh, korban terlebih dahulu diperkosa oleh sang pelaku, dan mayatnya dibuang dalam selokan maupun tempat tertentu.

Pada saat itu juga, seorang detektif senior bernama Park Doo-Man berusaha untuk memutus rantai pembunuh tersebut dengan mencari pelaku sebenarnya. Ia kemudian dibantu oleh detektif muda, Seo Tae-Yoon dalam memecahkan setiap kasus demi kasus.

Kepolisian Korea Selatan akhirnya berhasil mengetahui pelaku pembunuhan berantai yang sempat menggegerkan penduduk kota Hwaseong, Korea dalam rentang 1980-an. Pelaku merupakan seorang pria berusia 50-an yang mengidap kelainan jiwa.

Di tahun 2019, kepolisian Korea Selatan akhirnya mengumumkan bahwa seorang pria berusia sekitar 50 tahun bernama Lee Choon-Jae adalah pelaku pembunuhan tersebut. Ia mengaku telah membunuh lebih dari 10 orang dalam peristiwa pembunuhan berantai Hwaseong antara tahun 1986 hingga 1991.

4. A Taxi Driver

A Taxi Driver
*
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Historical Action Drama
  • Produksi: The Lamp
  • Sutradara: Jang Hoon
  • Pemeran Utama: Song Kang-ho dan Thomas Kretschmann

Berlatar belakang di tahun 1980, Kim Man-Seob adalah seorang ayah yang bekerja sebagai supir taksi di Seoul. Suatu hari, ia mengantarkan orang asing asal Jerman bernama Jürgen "Peter" Hinzpeter menuju ke kota Gwangju. Peter sendiri merupakan seorang jurnalis yang akan meliput berita tentang kerusuhan sipil yang terjadi di kota tujuannya tersebut.

Film ini diterima sangat positif oleh para kritikus dan memuji pendekatan uniknya dalam menggambarkan peristiwa pemberontakan Gwangju. A Taxi Driver mewakili Korea Selatan dalam ajang Academy Awards ke-90 untuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Selain itu, film berdurasi dua jam lebih ini menjadi film terlaris kedua di Korea Selatan sepanjang tahun 2017.

5. The Chaser

The Chaser
*
  • Tahun Rilis: 2008
  • Genre: Action Thriller
  • Produksi: Bidangil Pictures
  • Sutradara: Na Hong-Jin
  • Pemeran Utama: Na Hong-jin, Shinho Lee, dan Hong Won-chan

Jung-Ho adalah mantan detektif yang sekarang beralih profesi menjadi seorang mucikari. Suatu hari, ia mengirimkan Mi-Jin untuk menghibur seorang pelanggan yang diketahui bernama Yeong-min. Ia lalu merasa curiga dengan pelanggan tersebut dan menduga bahwa pria itu terlibat dalam sindikat perdagangan perempuan.

Dirinya kemudian berusaha mencari keberadaan Yeong-Min di tempat tinggalnya, dan menemukan mayat berlumuran darah. Jung-Ho kemudian membawanya ke kantor polisi untuk di periksa.

Yeong-Min lalu mengaku ia telah membunuh para wanita, dan telah mengubur mayat-mayat mereka secara acak. Polisi dan Jung-Ho selanjutnya melakukan pemburuan untuk mencari mayat tersebut.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram