bacaterus web banner retina

Bikin Sakit Hati, Ini 10 Film Korea tentang Perselingkuhan

Korea Selatan memang pandai menyuguhkan film-film berkualitas. Segala aspek kehidupan sering dibahas dan menjadi sorotan dalam pembuatan film maupun drama. Salah satunya film dengan tema cinta. Akan tetapi, tema percintaan juga beragam, loh.

Contohnya ada tema drama romantis, romantis komedi, romantis dengan akhir bahagia, romantis dengan akhir sedih, hingga ada pula yang menggunakan tema perselingkuhan. Walau film ini tentang perselingkuhan, tentunya bukan mengajak pemirsanya untuk selingkuh, ya.

Tapi, film-film dengan tema ini memperlihatkan sisi korban maupun sisi pelaku, supaya penonton bisa menilai sendiri makna dari kisahnya. Buat yang ingin nonton film Korea bertemakan perselingkuhan, yuk, cek rekomendasi dari Bacaterus berikut ini!

1. Intimate Stranger

Intimate Stranger (2018)
  • Tahun rilis: 2018
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: Film Monster Co., Drama House
  • Sutradara: Lee Jae Gyu
  • Pemeran: Yoo Hae Jin, Cho Jin Woong, Lee Seo Jin, Yum Jung Ah, Kim Ji Soo, Song Ha Yoon, Yoon Kyung Ho

Bersahabat sejak kecil, melalui masa sekolah, sampai mengikuti wamil pun bersama. Seok Ho (Cho Jin Woong), Tae Soo (Yoo Hae Jin), Joon Mo (Lee Seo Jin) dan Young Bae (Yoon Kyung Ho) tetap bersahabat dan sering hangout meski sudah pada menikah.

Suatu hari, Seok Ho mengundang para sahabatnya untuk merayakan 1 tahun kepindahannya ke rumah baru. Tae Soo datang bersama Soo Hyun (Yum Jung Ah), Joon Mo bersama Se Kyung (Song Ha Yoon), sedangkan Young Bae datang tanpa pasangan.

Mereka mengobrol sambil makan-makan, dan memulai permainan untuk tidak menggunakan handphone. Jika ada handphone yang berdering, maka harus diterima dengan mengaktifkan speaker. Kemudian, jika ada pesan, pesan tersebut harus dibacakan. Mereka memulai permainan iseng ini, tanpa menyadari akan seperti apa hasilnya nanti.

Pada akhirnya, karena permainan konyol ini, satu persatu keburukan pun terungkap. Joon Mo ketahuan berselingkuh dan wanita itu dalam kondisi hamil. Kemudian, Tae Soo meski sudah memiliki Soo Hyun sebagai istri, ternyata Tae Soo seorang homoseksual. Serta Young Bae yang tidak suka jika dia selalu dicemburui dengan berlebihan. Akankah hubungan para sahabat ini baik-baik saja ke depannya?

2. A Man and A Woman

A Man and A Woman

Ki Hong (Gong Yoo) tidak sengaja bertemu dengan Sang Min (Jeon Do Yeon) di kamp musim dingin khusus anak-anak berkebutuhan khusus. Mereka berdua tidak sengaja terjebak saat sedang badai salju. Dan, karena keadaan yang mendukung, mereka pun terlibat cinta satu malam.

Ki Hong dan Sang Min bukan orang tua tunggal. Mereka sama-sama masih memiliki pasangan resmi. Namun, fakta tersebut tidak menyurutkan keduanya untuk terus melanjutkan hubungan terlarang mereka.

Sampai akhirnya Sang Min mengungkapkan perselingkuhannya kepada suaminya. Dia pun memilih berpisah dan meninggalkan anak semata wayangnya untuk tinggal bersama mantan suaminya. Sang Min berpikir, Ki Hong akan melakukan hal sama sepertinya.

Sayangnya, meski Ki Hong sangat mencintai Sang Min dan ingin hidup bersamanya, dia tidak memilih Sang Min. Karena, istrinya memiliki penyakit sehingga Ki Hong harus terus di sisinya dan juga anaknya. Sang Min sangat terluka dengan keputusan Ki Hong, namun dia berusaha bangkit dan mulai melanjutkan hidupnya meski sendirian.

3. Love, Lies

Love, Lies 2016
  • Tahun rilis: 2016
  • Genre: Romance, Drama
  • Produksi: The Lamp
  • Sutradara: Park Heung Sik
  • Pemeran: Han Hyo Joo, Chun Woo Hee, Yoo Yeon Seok, Park Sung Woong, Lee Han Wi, Ryu Hye Young

Sejak kecil, Jung So Yool (Han Hyo Joo) bersahabat dengan Seo Yeon Hee (Chun Woo Hee). Mereka berdua sama-sama pandai menyanyikan lagu tradisional Korea. Setelah besar, So Yool lebih fokus pada lagu tradisional Korea, sedangkan Yeon Hee lebih menyukai lagu pop modern.

Suatu hari, Yeon Hee memilih Yoon Woo (kekasih So Yool) untuk menyanyikan lagu-lagu ciptaannya. Tentunya So Yool merasa kecewa karena sebagai kekasihnya bukan dia yang dipilih untuk membawakan lagu ciptaan Yoon Woo.

Ditambah So Yool mendapati Yeon Hee bercumbu dengan pacarnya. So Yool pun gelap mata, dia akhirnya 'menjual dirinya' kepada seorang petinggi Jepang, dengan syarat dia diorbitkan menjadi penyanyi pop yang harus lebih sukses dari Yeon Hee. Lalu, apakah pada akhirnya So Yool bisa menjadi penyanyi pop terkenal?

4. Obsessed

Obsessed (2014)
  • Tahun rilis: 2014
  • Genre: Erotic
  • Produksi: Iron Package
  • Sutradara: Kim Dae Woo
  • Pemeran: Song Seung Heon, Lim Ji Yeon, Jo Yeo Jeong, On Joo Wan, Yoo Hae Jin

Kolonel Kim Jin Pyeong (Song Seung Heon) adalah tentara Korea Selatan yang baru saja pulang berperang di Vietnam. Selama perang, dia pernah terluka dan membawa trauma ke dalam kehidupannya. Jin Pyeong memiliki seorang istri yang cantik, Lee Sook Jin (Jo Yeo Jeong). Sook Jin adalah putri dari komandan Jin Pyeong, yang berprofesi sebagai dokter.

Suatu hari, anak buah Jin Pyeong, Kyung Soo Jin (On Joo Wan), bersama istrinya, Jong Ga Heun (Lim Ji Yeon), menempati sebuah rumah di depan rumah Jin Pyeong. Karena insiden di rumah sakit di mana istrinya bekerja, Jin Pyeong menjadi lebih dekat dengan Ga Heun.

Tumbuhlah perasaan cinta di antara keduanya, yang berlanjut menjadi hubungan panas di atas ranjang. Mereka sering bertemu secara sembunyi-sembunyi, sampai akhirnya saling menjauh karena merasa tidak mungkin melanjutkan hubungan yang terlarang itu.

Tiba-tiba saja ada keputusan untuk memberangkatkan para tentara kembali ke Vietnam. Jin Pyeong yang masih trauma dengan perang, menjadi kalap dan emosional. Akankah dia benar-benar mengakhiri hubungan dengan Ga Heun?

5. The Concubine

The Concubine
  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Erotic, Romantic, History
  • Produksi: HwangKiSung Films, Lotte Entertainment, My Way Film Company Limited
  • Sutradara: Kim Dae Seung
  • Pemeran: Bae Yong Joon, Son Ye Jin, Im Sang Hyo, Kim Kwang Il, Jeon Guk Hwan

Satu lagi cerita saeguk, kali ini berlatar pada masa Dinasti Joseon. Mengisahkan tentang seorang Grand Prince Sung Won (Kim Dong Wook) yang jatuh cinta dengan Shin Hwa Yeon (Jo Yeo Jeong), seorang putri bangsawan.

Sebenarnya, Shin Hwa Yeon sedang menjalin kasih dengan Kwon Yoo (Kim Min Joon), seorang rakyat biasa. Sayangnya, Hwa Yeon dititahkan menjadi selir Raja (Jung Chan).

Hwa Yeon berusaha melarikan diri bersama Kwon Yoo. Namun, setelah melakukan malam pertama bersama, mereka tertangkap dan Hwa Yeon tetap menjadi selir raja.

Tak lama berselang, Hwa Yeon melahirkan putra Raja. Namun, Raja sakit dan tidak lama kemudian meninggal, lalu Sung Won pun diangkat menjadi Raja. Seiring berjalannya waktu, terungkaplah bahwa Raja sebelumnya telah diracuni oleh ibu Sung Won demi Sung Won bisa menjadi Raja.

Kwon Yoo yang melakukan banyak hal dan mengorbankan dirinya untuk Hwa Yeon dan putranya untuk bisa naik tahta, tidak mengira pengorbanannya sia-sia. Suatu malam, Hwa Yeon melalui malam yang panas dengan Sung Won, tanpa mengira Hwa Yeon akan membunuhnya. Hwa Yeon pun akhirnya bisa mengembalikan takhta kepada anaknya.

6. Whatcha Wearin' (My P.S. Partner)

Whatcha Wearin' (My P.S. Partner) (2012)_
  • Tahun rilis: 2012
  • Genre: Comedy, Romantic
  • Produksi: CJ Entertainment
  • Sutradara: Sung Hyun Byun
  • Pemeran: Ji Sung, Kim Ah Joong, Shin So Yul, Kang Kyung Joon, Kim Sung Oh, Moon Ji Yoon

Hyun Seung (Ji Sung) baru putus dari So Yeon, 3 bulan lalu. Bahkan So Yeon sudah memiliki pacar baru, padahal dia dan Hyung Seung pacaran sangat lama, yaitu 7 tahun. Saat sedang larut dalam kesedihannya, tiba-tiba ada sebuah telepon masuk ke handphone Hyun Seung. Bukan telepon biasa, melainkan telepon seks dari seorang wanita asing.

Wanita ini adalah Yoon Jung (Kim Ah Joong) yang berpikir dia sedang menelpon pacarnya, Seung Joon (Kang Kyun Joon), dengan handphone baru miliknya. Dia tidak memberi kesempatan kepada 'pacar'nya di telepon untuk menjelaskan. Dia terus melakukan telepon seks dengan 'pacar'nya itu.

Yoon Jung sudah 5 tahun berpacaran dengan Seung Joon, namun karena tidak kunjung dilamar maka dia berinisiatif memprovokasi Seung Joon dengan melakukan telepon seks. Pada akhirnya Yoon Jung menyadari lelaki yang dia telepon bukan kekasihnya, melainkan Hyun Seung.

Namun, setelah itu Yoon Jung dan Hyung Seung jadi semakin dekat. Hingga, suatu ketika mereka tidak sengaja bertemu dan diam-diam saling jatuh cinta.

Kedekatan ini tidak bisa berlangsung lama, karena Seung Joon pada akhirnya melamar Yoon Jung. Di hari pernikahan, Yoon Jung membongkar perselingkuhan Seung Joon dengan seorang tamu wanita. Sehingga, pernikahan pun batal. Hyun Seung yang hadir berusaha mengejar Yoon Jung dan menyatakan cintanya.

Tapi, Yoon Jung terlanjur terluka karena perbuatan Seung Joon, sehingga tidak bisa menerima Hyun Seung. Waktu pun berlalu, mereka menjalani kehidupan masing-masing. Takdir mempertemukan mereka kembali. Akan tetapi, kali ini, Yoon Jung yang menyatakan cintanya lebih dulu.

7. The Housemaid

The Housemaid (2010)
  • Tahun rilis: 2010
  • Genre: Melodrama, Erotic, Thriller
  • Produksi: Mirovision
  • Sutradara: Im Sang Soo
  • Pemeran: Jeon Do Yeon, Lee Jung Jae, Seo Woo, Youn Yuh Jung, Ahn Seo Hyun

Film ini merupakan remake dari film dengan judul yang sama pada tahun 1960. Mengisahkan tentang seorang asisten rumah tangga sekaligus pengasuh anak di keluarga kaya, Eun Yi (Jeon Do Yeon), yang digoda oleh majikannya, Hoon (Lee Jung Jae).

Eun Yi menyambut perlakuan hangat Hoon, dan diam-diam sering berhubungan seks sampai Eun Yi hamil. Lama kelamaan hal ini pun ketahuan oleh Hae Ra (Seo Woo), istri Hoon. Hae Ra pun mulai melakukan berbagai hal untuk memisahkan suaminya dan Eun Yi, juga mengaborsi bayi yang dikandung Eun Yi.

8. A Frozen Flower

A Frozen Flower (2008)
  • Tahun rilis: 2008
  • Genre: Erotic, History
  • Produksi: Offers Pictures
  • Sutradara: Yoo Ha
  • Pemeran: Jo In Sung, Joo Jin Mo, Song Ji Hyo, Shim Ji Ho, Lim Ju Hwan

Film perselingkuhan dalam genre saeguk ternyata ada banyak juga, ya. Berlatar masa kerajaan Dinasti Goryeo, Raja Goryeo (Joo Jin Mo) dengan Ratu Han Ik Bi (Song Ji Hyo) belum juga dikaruniai keturunan. Hal ini terjadi bukan kesalahan Ratu, melainkan sang Raja yang memiliki hasrat seksual yang berbeda. Dia tidak bisa menyentuh istrinya atau bahkan wanita mana pun.

Raja diam-diam memiliki affair dengan pengawal pribadinya, Hong Rim (Jo In Sung). Mereka berdua saling mencintai, namun hubungan sesama jenis tentunya tabu dan sangat dilarang keras, khususnya pada masa itu. Sehingga mereka hanya bisa merahasiakan ini, bersama sang Ratu tentunya. Demi mendapatkan keturunan, Raja menitahkan Hong Rim untuk bersetubuh dengan istrinya.

Ratu terpaksa menerima perintah dari Raja demi mendapatkan penerus takhta. Pada awalnya, Ratu hanya pasrah disetubuhi oleh Hong Rim. Namun, setelah beberapa kali melakukannya dengan Hong Rim, dia pun mulai menikmati setiap sentuhan yang diberikan Hong Rim padanya. Bagaimanakah akhir dari hubungan yang rumit ini?

9. April Snow

April Snow (2005)
  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Romantic, Drama
  • Produksi: Blue Storm Co., Ltd.
  • Sutradara: Hur Jin Ho
  • Pemeran: Bae Yong Joon, Son Ye Jin, Im Sang Hyo, Kim Kwang Il, Jeon Guk Hwan

In Soo (Bae Yong Joon) menemui istrinya di rumah sakit yang baru saja mengalami kecelakaan. Karena hal ini pula, In Soo harus pergi ke kantor polisi. Ternyata, saat kecelakaan, istri In Soo tidak sendirian di dalam mobil. Dia sedang bersama suami Seo Young (Son Ye Jin).

Pada akhirnya, mereka mengetahui bahwa pasangan masing-masing telah berselingkuh. Meski enggan, tapi In Soo dan Seo Young tetap harus merawat pasangan mereka. Karena dirawat di ruangan yang sama, secara tidak sengaja mereka pun menjadi lebih dekat.

Intensitas obrolan tentang perselingkuhan pasangan masing-masing, membuat mereka berdua merasa sebagai korban. Hal ini membuat hubungan mereka tidak hanya sekedar korban perselingkuhan, mereka pun mulai bermain api meski pasangan mereka masih terbaring tak berdaya di rumah sakit.

Naasnya, suami Seo Young meninggal, yang membuat Seo Young diam-diam menjauhi In Soo. Sedangkan istri In Soo perlahan mulai membaik dan mengakui perselingkuhannya.

Namun, apakah benar perselingkuhan Seo Young dengan In Soo hanya sekedar membalas perbuatan pasangan mereka masing-masing? Ataukah sebenarnya memang cinta yang tulus tumbuh karena luka yang sama? Lalu, keputusan apa yang akan In Soo ambil? Apakah In Soo akan meninggalkan istrinya dan mengejar Seo Young?

10. Happy End

Happy End
  • Tahun rilis: 1999
  • Genre: Romance, Drama
  • Produksi: Myung Films
  • Sutradara: Jung Ji Woo
  • Pemeran: Choi Min Sik, Jeon Do Yeon, Joo Jin Mo, Joo Hyun, Hwang Mi Seon

Choi Bo Ra (Jeon Do Yeon) sukses sebagai wanita karier, namun kurang beruntung dalam rumah tangganya. Suaminya, Seo Min Ki (Choi Min Sik) di-PHK dari pekerjaannya di sebuah bank. Padahal mereka memiliki seorang anak yang masih kecil.

Sambil berusaha mencari pekerjaan baru, Min Ki mengerjakan pekerjaan rumah sekaligus mengasuh anak mereka. Suatu hari Bo Ra bertemu dengan Kim Il Beom (Joo Jin Mo), bekas pacarnya. Karena sering bertemu, mereka jadi semakin dekat dan berani berhubungan seks.

Min Ki mengetahui perselingkuhan istrinya, namun karena dia merasa tidak berdaya maka dia seolah-olah membiarkan perbuatan istrinya tersebut. Il Beom semakin terobsesi dengan Bo Ra, dan selalu cemburu terhadap Min Ki. Lalu, bagaimanakah kelangsungan hubungan mereka?

Itulah 10 daftar film tentang perselingkuhan yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu tonton di akhir pekan. Mengkhianati pasangan tentunya hal yang salah. Walau bisa terjadi karena banyak faktor, menjaga hubungan lebih baik daripada saling menyakiti, bukan?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram