Bacaterus / Film Korea / 11 Film Korea Sedih Tentang Penyakit, Siap Banjir Air Mata?

11 Film Korea Sedih Tentang Penyakit, Siap Banjir Air Mata?

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film Korea dengan ragam genre dan cerita selalu mampu membuat hati tertarik. Satu di antaranya yang memiliki banyak peminat adalah film-film dengan cerita sedih serta mengharukan. Film Korea sedih tentang penyakit adalah salah satunya.

Film-film tersebut memusatkan cerita pada kesedihan, perasaan takut kehilangan dan ditinggalkan, serta perjuangan menyembuhkan orang tersayang. Seperti pada 11 film Korea berikut ini, semuanya sedih, menguras emosi dan air mata. Penasaran? Ini dia pilihannya untuk kamu!

1. The Preparation (2017)

The Preparation (2017)

Ungkapan kasih sayang ibu sepanjang masa tergambar jelas dalam film Korea sedih tentang penyakit yang satu ini. The Preparation yang tayang pada 2017 lalu bercerita tentang cinta ibu yang tak pernah usang. Sesuai tajuknya, film ini berisikan cerita mengenai sebuah persiapan.

The Preparation menceritakan tentang bagaimana seorang ibu pengidap kanker stadium akhir menyiapkan anak lelakinya yang mengalami keterbelakangan mental agar dapat hidup mandiri. Sang ibu ingin saat dia meninggal, anaknya tetap bisa menjalani kehidupan dengan baik.

Peran ibu yang penuh kasih tersebut diperankan oleh aktris senior Korea Selatan, Ko Du Shim. Sementara peran sang anak dimainkan dengan apik oleh Kim Sung Kyun. Film sedih ini dijamin akan membuat kamu semakin rindu pada ibu. Siapkan tissue saat akan menontonnya ya!

2. The Most Beautiful Goodbye/The Last Blossom (2011)

The Most Beautiful Goodbye

Film tentang keluarga selalu punya cara untuk membuat penontonnya berurai air mata. Pun dengan The Most Beautiful Goodbye yang tayang pada 2011 lalu. Dari judulnya saja kesedihan sudah sangat terasa, kan? Film ini tentang bagaimana sebuah perpisahan yang sebenarnya sangat menyedikan, justru terasa indah.

The Most Beautiful Goodbye bercerita tentang seorang istri yang kesepian. Suami dan anak-anaknya sibuk dengan urusan masing-masing. Hingga suatu hari, dia divonis menderita kanker. Kabar ini sengaja tidak dia kabarkan pada siapa pun.

Namun, pada akhirnya semua anggota keluarga mengetahui kabar sedih tersebut. Suami dan anak-anak yang semula saling tidak peduli pada masing-masing, perlahan mulai berubah. Mereka bersiap untuk kehilangan sang ibu yang ingin pergi tanpa menjadi kesedihan untuk keluarga.

3. Salut D’Amour (2015)

Salut D’Amour (2015)

Salut D’Amour berkisah mengenai cerita cinta istimewa antara dua manusia yang tak lagi muda. Mereka adalah Kim Sung Chil yang diperankan Park Geun Hyung dan Im Geum Nim yang dimainkan oleh Youn Yuh Jung.

Bukan hanya usia yang tak lagi muda, perjalanan cinta mereka juga dibumbui banyak drama. Penyakit dementia yang diderita Kim Sung Chil serta restu dari anak perempuan Geung Nim yang tidak juga datang semakin menambah sesak dada. Bagaimana cinta mereka bertahan di usia senja dan di tengah keterbatasan?

4. A Millionaire’s First Love (2006)

A Millionaire’s First Love (2006)

Apakah kamu penggemar Hyun Bin? Pastikan untuk menonton film ini. Pada A Millionaire’s First Love, kamu akan melihat Hyun Bin berakting sebagai Je Kyung, cucu seorang pengusaha kaya raya. Hidupnya biasa berhadapan dengan kemudahan.

Hingga suatu hari sang kakek meninggal dan mewasiatkan agar Je Kyung harus tinggal di daerah pedalaman dan tanpa fasilitas yang biasa memudahkannya. Kekecewaannya pada putusan sang kakek seolah sirna saat dia jatuh cinta pada seorang gadis bernama Eun Hwan.

Sayang, kesedihan kembali datang saat dia tahu bahwa gadis yang dicintainya itu mengidap penyakit jantung. Eun Hwan yang diperankan oleh Lee Yeon Hee tidak boleh merasakan sedih dan senang secara berlebihan sebab hal tersebut bisa membahayakan nyawanya.

5. More Than Blue (2009)

More Than Blue (2009)

More Than Blue merupakan film Korea sedih tentang penyakit yang tayang pada 2009 silam. Film ini dibintangi oleh Kwon Sang Woo sebagai Key dan Lee Bo Young sebagai Cream. Mereka berdua bertemu untuk pertama kalinya di bangku sekolah. Keduanya punya latar belakang berbeda; hal yang menyatukannya adalah kesepian.

Mereka saling menemukan kebahagiaan pada diri masing-masing. Namun, kesedihan bermula saat Cream tahu bahwa Key menderita penyakit kanker. Key yang sangat mencintai Cream tidak ingin kekasihnya bersedih.

Key tidak ingin Cream kembali kesepian saat dirinya meninggal. Dia pun lantas mengenalkan Cream pada seseorang yang diharapkan dapat menggantikan dirinya menemani Cream. Apakah usaha Key berhasil?

6. Crossing (2008)

Crossing (2008)

Apakah kamu asing dengan judul film yang satu ini? Sebaiknya agendakan untuk menonton segera. Sebab Crossing (2008) merupakan film yang juga siap membuat kamu mengharu-biru karena ceritanya.

Crossing memuat cerita tentang seorang pria Korea Utara bernama Kim Yong Soo yang harus meninggalkan negaranya secara illegal. Perjalanan penuh pertaruhan ini dia lakukan untuk membantu istrinya sembuh dari penyakit TBC. Sayang, istrinya meninggal dunia.

Kesedihan semakin menjadi saat sang anak berniat menyusul ayahnya ke Korea Selatan. Namun, anak tersebut justru tertangkap di perjalanan dan ditahan. Kesedihan yang benar-benar lengkap!

7. Poetry (2010)

Poetry (2010)

Judul film yang satu ini sudah sangat melanlokis, begitu pun dengan jalan ceritanya. Poetry tayang pada 2010 lalu. Film ini berkisah tentang kasih sayang nenek pada cucunya yang terlibat sebuah kasus bunuh diri seorang siswa wanita.

Di tengah masalah yang menguras tenaga, nenek tersebut masih harus berurusan dengan penyakit Alzheimer yang mulai menyerang ingatannya. Judul film ini diambil dari kesukaan sang nenek membuat puisi. Bagaimana dia dan kekurangannya bisa menanggung masalah ini? Siapkan tissue sebelum menontonnya.

8. Wedding Dress (2010)

Wedding Dress (2010)

Tahu akan kehilangan seseorang, bagaimana keadaannya tidak akan membuat siapa pun siap. Terlebih jika kenyataan ini harus diterima saat kita masih kecil, saat kita masih membutuhkan kasih sayang dari orang dekat. Sayangnya, dalam film Wedding Dress, hal ini jadi cerita yang harus dijalani seorang So Ra.

So Ra adalah gadis kecil puteri dari Go Eun. Go Eun sendiri adalah wanita single parent yang bekerja sebagai desainer. So Ra ditinggal ayahnya sejak kecil. Hal ini sedikit banyak membentuk pribadinya menjadi anak yang susah bergaul.

Suatu ketika So Ra mengetahui bahwa sang ibu menderita penyakit kanker yang serius. Karena hal tersebut, So Ra berubah menjadi lebih terbuka pada teman-temannya. Sementara Go Eun, dengan sisa waktu yang dimiliki, merancang gaun pengantin untuk puterinya kelak.

9. A Moment to Remember (2004)

A Moment to Remember (2004)

Kita kembali ke tahun 2004 sebab di sana ada sebuah film Korea sedih tentang penyakit yang juga sayang untuk tidak ditonton. Film yang dimaksud adalah A Moment To Remember. Film genre romantis ini bercerita tentang seorang desainer dan kisah cintanya yang penuh luka.

Setelah mengetahui bahwa pacarnya adalah suami dari wanita lain, Kim Su Jin yang diperankan Son Ye Jin memutuskan untuk pergi. Dia lantas bertemu dengan Choi Chul Soo yang dengan baik dimainkan oleh Jung Woo Sung.

Chul Soo sendiri merupakan pekerja bangunan. Mereka berdua menikah dan bahagia. Hanya, suatu ketika Su Jin divonis menderita Alzheimer. Su Jin mulai melupakan segalanya termasuk Chull Soo, tetapi tidak dengan mantan pacarnya. Bagaimana hancurnya Chul Soo menghadapi kenyataan tersebut?

10. Pained (2011)

Pained (2011)

Berjudul Pained, film yang bisa membuat kamu menangis saat menontonnya ini memang bercerita tentang “rasa sakit”. Adalah Nam Soon, seorang pria yang berprofesi sebagai penagih hutang. Tidak ada yang istimewa darinya kecuali fakta bahwa dia menderita kelainan langka. Kelainan tersebut membuatnya tidak bisa merasakan sakit.

Perjalan penuh liku dimulai saat Nam Soon harus menagih hutang pada Dong Hyun. Uniknya, Dong Hyun justru memiliki penyakit Hemophilia akut. Hemophilia merupakan gangguan pada pembekuan darah yang membuat penderitanya mudah sekali berdarah.

Kisah cinta keduanya digambarkan penuh haru dalam tiap-tiap adegan. Pengorbanan, perjuangan serta penerimaan menjadi inti cerita. Kamu wajib memasukkan film Pained dalam daftar tontonan!

11. My Brilliant Life (2013)

My Brilliant Life (2013)

My Brilliant Life dibintangi oleh Song Hye Kyo dan Kang Dong Won. Film dengan pemain kawakan ini memiliki cerita yang menyayat hati. Tayang pada 2013 lalu, My Brilliant Life bercerita tentang sepasang suami istri muda yang harus menerima kenyataan bahwa anak pertamanya mengidap sebuah kelainan genetik langka.

Sebab kelainannya tersebut, sang anak bernama Ah Reum menjadi terlihat lebih tua 10 tahun dari usianya. Meski keadaannya seperti itu, kedua orangtua yang diperankan Song Hye Kyo dan Kang Dong Won tetap menyayangi Ah Reum. Keduanya tahu bahwa penderita penyakit ini tidak akan hidup lama.

Cerita mengenai luka dan sesak dada, terutama karena tokoh dalam film tersebut mengidap suatu penyakit, bukan sekadar hiburan. Ia bisa menjadi pelajaran sekaligus sebuah motivasi untuk membahagiakan orang-orang tersayang sebelum berpisah.

Waktu yang dimiliki sekarang ini bersama orang-orang tersayang, harusnya diperlakukan dengan istimewa dan tidak disia-siakan. Dengan menonton film-film di atas, semoga kamu dapat memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Jadi, sudah siap banjir air mata?

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *