bacaterus web banner retina

13 Film Komedi Indonesia Terbaru dan Paling Lucu di 2021

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 20 September 2021

Siapa yang setuju jika industri film nasional terbilang cukup mahir dalam menciptakan film ber-genre komedi? Sejak era Warkop DKI di tahun 80 sampai 90-an, film komedi nasional memang cukup kocak dan mampu mengundang tawa. Meskipun ada beberapa film komedi yang bisa dikategorikan ‘garing’, tapi tetap saja ada sejumlah film komedi terbaik yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

Butuh hiburan dan ingin menonton film-film komedi Indonesia yang masih fresh? Bacaterus akan mengulas tentang 13 judul film komedi Indonesia terbaru. Yuk, jangan lewatkan ulasan selengkapnya!

1. Devil on Top

13 Film Komedi Indonesia Terbaru dan Paling Lucu di [year] 1

Tayang di Disney+ Hotstar, “Devil on Top” adalah film yang dibintangi oleh Cinta Laura Kiehl dan Angga Yunanda. Plot-nya berkutat pada sebuah perusahaan digital marketing bernama Facade. Perusahaan ini baru saja kedatangan bos baru bernama Sarah (Cinta Laura). Meskipun cantik, kehadiran Sarah di Facade justru membuat Angga (Angga Yunanda) dan ketiga temannya merasa tertekan.

Suatu hari, Angga menemukan kertas bertuliskan nama-nama karyawan perusahaan. Nama Angga dan ketiga temannya ada di kertas itu. Angga pun mengambil kesimpulan bahwa mereka berempat akan dipecat. Sebelum pemecatan itu terjadi, Angga dan kawan-kawan mencari cara untuk menggulingkan Sarah dari jabatannya.

2. Ali & Ratu Ratu Queens

13 Film Komedi Indonesia Terbaru dan Paling Lucu di [year] 3

Pemuda bernama Ali (Iqbaal Ramadhan) nekat pergi ke New York seorang diri untuk mencari ibunya, Mia (Marissa Anita). Mia telah menghilang dari kehidupan Ali sejak ia masih kecil. Kini, ia bertekad untuk bisa menemukan ibunya.

Sesampainya di New York, Ali justru berjumpa dengan empat orang wanita Indonesia yang dijuluki Ratu Ratu Queens. Dibantu dengan tante-tante barunya, Ali berusaha menemukan ibunya. Sayangnya, saat bertemu sang ibu justru ‘menolak’ Ali.

3. Ghostbuser: Misteri Desa Penari

13 Film Komedi Indonesia Terbaru dan Paling Lucu di [year] 5

Sigit (Tora Sudiro) tadinya berprofesi sebagai fotografer. Namun kariernya sedang stuck sehingga ia mengalami kesulitan ekonomi. Setelah memutar otak, Sigit berencana untuk memanfaatkan keahliannya sebagai indigo. Ya, Sigit memang bisa melihat makhluk halus semenjak dirinya masih anak-anak. Ia bermaksud untuk menawarkan jasa pemburu hantu.

Bersama dua orang temannya, Alexandra (Wulan Guritno) dan Genjing (Gary Iskak), Sigit membentuk grup pemburu hantu bernama Ghostbuser. Sigit juga dibantu oleh hantu baru bernama Ningsih.

Berbagai kejadian lucu nan kocak kerap terjadi selama tim Ghostbuser ini mengusir hantu. Film yang memadukan genre komedi dan horor ini bisa menjadi hiburan yang menarik untuk kamu.

4. Nikah Yuk!

Nikah Yuk

Bukan hanya Korea Selatan yang sering membuat film ber-genre komedi-romantis. Indonesia juga cukup sering memproduksi film dengan genre rom-com. “Nikah Yuk!” adalah salah satu film rom-com yang tayang di bulan Februari 2020.

Seorang fotografer muda, Arya (Marcell Darwin), ingin mengejar kariernya. Namun, kedua orang tua Arya terus mendorongnya untuk menikah muda. Arya yang asyik dengan pekerjaan dan sudah memiliki kekasih pilihan, Neyna (Aliyah Faizah), tentu saja menolak keinginan orang tuanya yang masih berusaha menjodohkan Arya dengan gadis pilihan mereka.

Suatu hari, Arya bertemu dengan Lia (Yuki Kato), seorang komikus muda yang membuat hari-hari Arya berwarna. Pertemuan keduanya membuat Arya semakin bimbang. Ia harus menghadapi orang tua yang menuntutnya untuk segera menikah, kenyataan bahwa dirinya masih memiliki kekasih, dan perasaan nyamannya dengan Lia.

5. Temen Kondangan

Temen Kondangan
*

Apa yang kamu lakukan ketika mendapat undangan pernikahan dari mantan kekasih? Sebagian orang mungkin memilih untuk tidak datang. Sebagian juga ada yang berani datang dengan membawa pasangan barunya.

Dilema seperti ini juga dirasakan Putri (Prisia Nasution) ketika mendapat undangan pernikahan dari mantannya, Dheni (Samuel Rizal). Putri ditantang oleh teman-temannya untuk menghadiri pernikahan Dheni dengan syarat ia tidak datang sendirian. Lantas, beranikah Putri menerima tantangan teman-temannya dan siapa lelaki yang akan dipilih Putri untuk menemaninya kondangan?

6. Mangga Muda

Mangga Muda

Agil (Tora Sudiro) berprofesi sebagai sopir taksi. Kehidupan ekonominya pas-pasan, tapi Agil beruntung memiliki seorang istri yang sangat cantik, Luli (Alexandra Gottardo), yang bekerja sebagai karyawati di salon kecantikan. Kehidupan pernikahan Agil dan Luli terasa tak lengkap karena mereka belum memperoleh buah hati. Keinginan untuk memiliki momongan sangat kuat sehingga Agil bernazar akan menuruti semua keinginan istrinya ketika hamil.

Doa Agil terjawab, Luli hamil. Namun, bukannya senang Agil malah dibuat pusing karena nazarnya sendiri. Kini, Luli menginginkan sebuah mobil Yaris berwarna merah. Usaha Agil untuk memenuhi keinginan sang istri selalu menemui jalan buntu sampai akhirnya ia terjerumus dalam sebuah perampokan.

7. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan

Imperfect Karier, Cinta & Timbangan
*

Mengangkat sebuah tema yang relate dengan kehidupan sehari-hari, “Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan” adalah film ber-genre drama-komedi yang bagus untuk ditonton oleh semua orang, terutama wanita yang sering merasa tidak percaya diri dengan penampilannya sendiri.

Film ini mengangkat kisah Rara (Jessica Mila), gadis bertubuh gemuk dan berkulit sawo matang yang bekerja sebagai manajer riset di perusahaan kosmetik. Meskipun sering mendapatkan bully-an di tempat kerja, Rara tetap mencintai pekerjaannya. Ia juga didukung oleh kekasihnya, Dika (Reza Rahadian), yang mencintai dirinya dengan tulus.

Suatu ketika, Kelvin (Dion Wiyoko) selaku atasannya menawari Rara peluang untuk bisa naik jabatan. Akan tetapi, Rara harus mengubah penampilannya jadi lebih menarik. Sanggupkah Rara mengubah penampilannya dan memperoleh kenaikan jabatan?

8. Nagabonar Reborn

Nagabonar Reborn
*

Film komedi ini sempat menuai kontroversi mengenai perebutan hak cipta. Akan tetapi, kalau kamu ingin menonton film komedi yang ringan dan menghibur, “Nagabonar Reborn” bisa menjadi sebuah tontonan yang menarik.

Sinopsis film ini berkutat pada Nagabonar (Gading Marten) yang tumbuh menjadi pria gagah, pemberani, jujur, dan lugu. Ketika pergi ke kota, Nagabonar jatuh cinta pada Kirana (Citra Kirana) yang sudah memiliki kekasih.

Setting pada film ini adalah pada masa penjajahan Jepang ketika Belanda memutuskan untuk angkat kaki dari Indonesia. Jenderal Yoshida Harada (Harry Ponto) juga menginginkan Kirana. Saat masih sedang galau memperjuangkan cintanya, Nagabonar ditunjuk untuk memimpin perlawanan pada Belanda yang kembali datang.

Baca juga: Film Komedi Indonesia Terbaik dari Tahun ke Tahun

9. Love for Sale 2

Love for Sale 2
*

Sukses dengan “Love for Sale” pertama, Visinema Pictures kembali membuat sekuel dari film tersebut. Tokoh utamanya masih Arini (Della Dartyan), tetapi ia tak lagi dipasangkan dengan Richard (Gading Marten). Di sini, sosok Richard hanya muncul sebagai cameo saja.

Arini masih menjadi pekerja di aplikasi Love Inc. Kali ini, gadis tersebut memenuhi permintaan dari seorang pemuda tampan yang frustasi karena ibunya selalu menuntutnya untuk segera menikah. Pemuda tersebut bernama Ican (Adipati Dolken). Menikah bukanlah prioritas Ican. Stres karena ibunya mencoba menjodohkan dirinya dengan gadis-gadis pilihannya, maka Ican menggunakan jasa aplikasi Love Inc.

Arini datang ke dalam kehidupan Ican. Meskipun pada awalnya hubungan Arini-Ican hanya sebatas ‘pekerjaan’, tapi sosok Arini yang mampu mencuri hati ibunda Ican mengubah persepsi Ican.

10. Cinta Itu Buta

Cinta Itu Buta
*

Kehidupan Diah (Shandy Aulia) begitu sempurna. Ia begitu mencintai pekerjaannya sebagai tour guide di negeri ginseng dan memiliki seorang kekasih tampan bernama Jun-ho (Chae In-woo). Sayangnya, kebahagiaan Diah tak berlangsung lama ketika ia memergoki kekasihnya selingkuh dengan temannya sendiri. Stres dan shock membuat Diah mengalami kebutaan mendadak.

Saat Diah terpuruk dan berusaha menyesuaikan diri dengan kebutaannya, Nik (Dodit Mulyanto) hadir dalam kehidupan Diah sebagai tetangga baru. Nik banyak membantu Diah beraktivitas. Sampai lama kelamaan Diah jatuh cinta kepada Nik tanpa pernah mengetahui wajahnya.

11. Inem Pelayan Sexy New

Inem Pelayan Sexy New

Inem (Jelita Callebaut) adalah pembantu rumah tangga yang cantik, anggun,dan seksi. Suatu hari Inem kehilangan salah satu sandal selopnya. Sandal tersebut ditemukan oleh Maromi (Beddu), orang kaya dari Madura yang perlente dan norak. Maromi meyakini bahwa pemilik sandal selop yang ditemukannya itu adalah Cinderella yang akan jadi jodohnya.

Di satu sisi, Inem ternyata bekerja di rumah Moko (Mathias Muchus) dan istrinya, Ida (Meriam Bellina). Moko adalah karyawan Maromi.

Kegigihan Maromi dalam mencari pemilik sandal selop yang ditemukannya itu membuahkan hasil. Maromi akhirnya bertemu dengan Inem dan jatuh cinta. Dengan segala usaha Maromi berjuang untuk meluluhkan hati Inem.

12. Pretty Boys

Pretty Boys
*

Duo kocak Vincent dan Desta memang selalu mampu mengundang tawa penonton. Kali ini, mereka tak menghibur sebagai pembawa acara, melainkan sebagai aktor dalam sebuah film layar lebar berjudul “Pretty Boys”.

Rahmat (Deddy Mahendra Desta) dan Anugerah (Vincent Rompies) sudah bersahabat sejak kecil. Keduanya punya cita-cita untuk menjadi terkenal. Sayangnya, Anugerah tak mendapat restu dari sang ayah, Pak Jono (Roy Marten), karena dunia entertainment dianggap dekat dengan hal-hal buruk.

Kesal karena ditentang oleh sang ayah akhirnya Anugerah nekat hijrah ke Jakarta bersama Rahmat. Alih-alih menjadi bintang terkenal, keduanya mentok menjadi pelayan dan koki restoran.

Suatu hari ketika Rahmat dan Anugerah sedang menjadi penonton bayaran di sebuah acara TV mereka bertemu dengan Roni (Onadio Leonardo), koordinator penonton yang rempong, dan Mas Bayu (Imam Darto). Akankah orang-orang baru yang mereka kenal ini akan membantu mewujudkan impian Rahmat dan Anugerah menjadi tenar?

13. Warkop DKI Reborn

Warkop DKI Reborn
*

Jika sebelumnya “Warkop DKI Reborn” sempat dibintangi oleh Vino G. Bastian, Tora Sudiro, dan Abimana Aryasatya, kini film komedi yang kembali dirilis pada tahun 2019 dibintangi oleh aktor-aktor yang lebih muda. Aliando Syarief memerankan Dono, Adipati Dolken menjadi Kasino, dan Randy Danistha memerankan tokoh Indro.

Kali ini tugas trio Warkop menjadi agen polisi rahasia untuk menyelidiki adanya money laundry di sebuah PH film. Untuk memulai penyelidikan, mereka akhirnya masuk ke dalam dunia perfilman bahkan turut serta dalam proses pembuatan film.

Butuh hiburan? 13 film komedi Indonesia ini bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan hiburan. Sebagai film di atas juga sudah bisa ditemukan di platform layanan streaming digital yang legal. Yuk, tonton semua-semua film keren di atas!

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram