bacaterus web banner retina

18 Film Komedi Indonesia Terbaru dan Paling Lucu di 2022

Siapa yang setuju jika industri film nasional terbilang cukup mahir dalam menciptakan film ber-genre komedi?

Sejak era Warkop DKI di tahun 80 sampai 90-an, film komedi nasional memang cukup kocak dan mampu mengundang tawa. Meskipun ada beberapa film komedi yang bisa dikategorikan ‘garing’, tapi tetap saja ada sejumlah film komedi terbaik yang sayang bila dilewatkan begitu saja.

Butuh hiburan dan ingin menonton film-film komedi Indonesia yang masih fresh? Bacaterus akan merekomendasikan daftar film komedi Indonesia terbaru yang wajib ditonton di tahun ini. Yuk, jangan lewatkan ulasan selengkapnya!

1. Srimulat: Hil Yang Mustahal – Babak Pertama

film komedi indonesia terbaru_Srimulat Hil Yang Mustahal – Babak Pertama_

Ingin memperkenalkan grup lawak Srimulat kepada generasi muda, Fajar Nugros membawa spirit ini lewat film garapannya. Srimulat: Hil Yang MustahalBabak Pertama (2022) adalah film yang mengangkat perjalanan karir para anggota Srimulat bisa sampai di Ibu Kota.

Untuk membuat karakter yang mirip dengan aslinya, beberapa pelakon sampai rela melakukan diet ketat dan lainnya.

Sebut saja Bio One yang melakukan diet ketat, hanya untuk mendapatkan bentuk tubuh yang sama dengan mendiang Gepeng. Namun Bio One mengatakan bahwa diet yang dilakukannya bukanlah diet sehat, sehingga ia meminta fans untuk tidak mengikutinya.

2. Ngeri Ngeri Sedap

film komedi indonesia terbaru_Ngeri Ngeri Sedap_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Drama, Comedy
  • Produksi: Imajinari, Kathanika Studio
  • Sutradara: Bene Dion Rajagukguk
  • Pemeran: Arswendy Beningswara Nasution, Tika Panggabean, Boris Bokir Manullang, Gita Bhebhita Butar-butar, Lolox, Indra Jegel

Melihat dari jajaran pemerannya, sudah dipastikan kalau Ngeri Ngeri Sedap (2022) adalah sebuah film bergenre komedi. Film yang disutradarai oleh Bene Dion Rajagukguk ini dibintangi oleh sederet nama besar lho, seperti Arswendy Beningswara Nasution hingga Lolox.

Sebenarnya film ini adalah adaptasi dari novel yang ditulis sendiri oleh sang sutradara. Adapun kisahnya menceritakan empat bersaudara yang memutuskan hidup di perantauan.

Sebagai ibu, Marlina merasa sangat rindu kepada anak-anaknya yang meninggalkannya di kampung. Ia pun membuat skenario agar anak-anaknya mau pulang ke Medan, meski pada akhirnya gagal. Justru rahasia yang selama ini Marlina kubur akhirnya diketahui oleh anak-anaknya dan membuat ricuh.

3. Naga Naga Naga

film komedi indonesia terbaru_Naga Naga Naga_

Petualangan keluarga para Naga memang tidak ada habisnya membuat orang-orang merasa terhibur. Itulah yang membuat Deddy Mizwar kembali mengangkat kisah ini dalam film Naga Naga Naga (2022).

Sekuel dari Nagabonar Jadi 2 (2007) ini akan mengisahkan Naga bersama putra dan sang cucu. Agar terasa fresh, Beby Tsabina didapuk untuk menjadi karakter utama dalam film ini. Adapun kisahnya berawal ketika Naga merasa ada yang salah dengan sikap sang cucu yang bernama Monaga.

Kasih sayangnya yang berlebih kepada sang cucu ternyata malah menimbulkan masalah yang membuat Bonaga bingung. Pasalnya, kelakuan buruk Monaga membuat hubungan ayah dan ibunya selalu saja dipenuhi pertengkaran.

4. My Sassy Girl

film komedi indonesia terbaru_My Sassy Girl_

Disutradarai oleh Fajar Bustomi, Falcon Pictures akhirnya secara resmi menggarap sebuah film romcom berjudul My Sassy Girl (2022). Film yang dibintangi oleh Jefri Nichol dan Tiara Andini ini memang diadaptasi dari film Korea Selatan berjudul sama, yang populer di tahun 2001.

Adapun filmnya mengisahkan Gian yang tiba-tiba saja dipertemukan dengan seorang gadis mabuk bernama Sisi. Kemanapun Gian pergi, tidak pernah sekalipun ia tidak berpapasan dengan Sisi yang kerap merundungnya.

Tapi dibalik semua itu, ternyata ada sisi gelap dalam diri Sisi yang merasa bahwa ia tidak pantas untuk merasa bahagia.

5. I Need You Baby

film komedi indonesia terbaru_I Need You Baby_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Drama, Comedy
  • Produksi: Blue Water Films
  • Sutradara: Cuk FK
  • Pemeran: Shandy Aulia, Gading Marten, Cut Keke, Dea Panendra, Joshua Pandelaki, Risma Nilawati

Film komedi terbaru yang juga tidak boleh kamu lewatkan, tentu saja ada I Need You Baby (2022). Film Garapan Cuk FK ini mempertemukan Shandy Aulia dan Gading Marten sebagai sepasang suami istri.

Adapun kisahnya mengenai Beno dan Cathy yang belum juga diberikan momongan pasca lima tahun menikah. Diancam oleh sang mertua, Cathy berusaha mencari cara agar bisa memiliki anak sebelum tahun depan.


Hingga tercetuslah ide untuk menyewa bayi oleh Cathy dan Beno. Namun keadaan bukannya membaik, malah semakin rumit dan tidak terkendali.

6. Baby Blues

BABY BLUES_

Menyambut kehadiran anak pertama mereka, Andika (Vino G Bastian) dan Dinda (Aurélie Moeremans) merasakan sakitnya dipukul ekspektasi. Pasalnya pikiran mereka soal mengurus bayi akan menyenangkan dan mudah, berakhir dengan timbulnya banyak masalah.

Saking sulitnya merawat bayi mereka, Dinda sampai terkena sindrom baby blues tapi sang suami seakan tidak memperdulikannya.

Hingga suatu malam, sebuah kejadian tiba-tiba saja membuat jiwa mereka tertukar. Alhasil pasangan ini langsung panik dan berusaha mencari cara agar bisa kembali ke tubuh masing-masing. Tapi dari kejadian ini juga Andika dan Dinda bisa saling memahami dan mengerti dengan perasaan masing-masing.

7. Ada Mertua Di Rumahku

ADA MERTUA DI RUMAHKU_

Mau tau gimana susahnya hidup bersama mertua yang nyebelin? Inilah yang dirasakan oleh Irfan (Roger Danuarta), ketika harus hidup berdampingan dengan Pak Bambang (Rano Karno).

Jangan dikira mudah, pasalnya Irfan benar-benar hanya tinggal berdua saja bersama mertua di rumahnya. Terus kemana istrinya? Sebenarnya hal ini berawal ketika Pak Bambang tiba-tiba muncul di hari pernikahannya.

Alhasil Nirmala yang awalnya membenci sang ayah, berusaha untuk berdamai dan menerima ayahnya lagi. Tapi karena pekerjaannya, Nirmala terpaksa harus bertolak ke Surabaya untuk mengurusi semua pekerjaannya.

Sementara sang suami ditinggal untuk hidup bersama dengan ayahnya, yang kerap membuat masalah dalam pernikahan mereka.  

8. Ashiap Man

ASHIAP MAN_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Drama, Action, Comedy
  • Produksi: Starvision Plus
  • Sutradara: Atta Halilintar
  • Pemeran: Atta Halilintar, Aurel Hermansyah, Nasya Marcella

Film komedi satu ini datang dari pasangan fenomenal Indonesia, yaitu Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah.

Menyutradarai sendiri filmnya, Ashiap Man (2022) mengisahkan seorang pria bernama Zul (Atta Halilintar) yang terobsesi menjadi adiwira. Bermodalkan satu potongan kain dari ibunya yang selalu ia jadikan jubah, pria ini kerap dijuluki dengan nama “Ashiap Man”.

Zul yang dikenal ramah dan baik ini juga terlibat dalam cinta segitiga, antara Aisyah (Aurel Hermansyah) dan Kiara (Nasya Marcella).

Sialnya lagi ketika pasar tempat ayahnya berjualan nasi padang kebakaran, para preman berusaha menguasai tanah perkampungan. Zul yang tidak tahan dengan aski ini, akhirnya melakukan perlawanan bersama warga kampungnya.

9. Ambo Nai Sopir Andalan

AMBO NAI SOPIR ANDALAN_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Comedy
  • Produksi: 786 Production, Timur Kota Official
  • Sutradara: Andi Burhamzah
  • Pemeran: Ambo Nai, Diny Arishandy, Malla, Cukke, Daeng Nojeng

Berbeda dengan film lainnya, Ambo Nai Sopir Andalan (2022) menjadi salah satu film komedi yang wajib ditonton. Bukan karena filmnya bisa membuat tertawa saja lho, tapi film ini adalah film pertama yang memakai bahasa Bugis.

Alasannya karena tujuan awal pembuatan film ini, untuk mengangkat budaya lokal agar tetap hidup di masyarakat modern seperti sekarang.

Filmnya sendiri menceritakan mengenai kisah hidup Ambo Nai, seorang pria yang berusaha mencari pekerjaan. Sayangnya tidak mudah baginya untuk bisa mendapatkan pekerjaan, karena ada banyak ujian yang harus dihadapinya.

Meski sulit tetapi Ambo Nai tidak pernah melupakan nilai-nilai agama, kejujuran hingga arti persahabatan dalam hidupnya.   

10. Madu Murni

MADU MURNI_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Drama, Comedy, Romantic
  • Produksi: Starvision Plus
  • Sutradara: Monty Tiwa
  • Pemeran: Ammar Zoni, Irish Bella, Aulia Sarah

Jika mendengar judul filmnya yaitu Madu Murni (2022), sepertinya tidak ada yang menyangka bahwa film ini bergenre komedi.

Filmnya sendiri mengisahkan kehidupan pernikahan Mustaqim (Ammar Zoni), si guru ngaji yang berprofesi sebagai debt collector. Berniat mendapatkan penghasilan lebih, sebagai istri, Murni (Irish Bella) menolak mentah-mentah uang haram dari suaminya itu.

Merasa tidak puas dengan pernikahannya, sesuai saran rekan kerjanya Mustaqim menikah lagi dengan Yati (Aulia Sarah).

Bukannya untung, ternyata memiliki madu cantik malah membuat burung Mustaqim tidak bisa ereksi. Menikah diam-diam dengan perempuan lain, apakah Murni bisa menerima “madu” yang dinikahi oleh suaminya itu? 

11. Devil on Top

devil on top

Tayang di Disney+ Hotstar, Devil on Top adalah film yang dibintangi oleh Cinta Laura Kiehl dan Angga Yunanda. Plot-nya berkutat pada sebuah perusahaan digital marketing bernama Facade.

Perusahaan ini baru saja kedatangan bos baru bernama Sarah (Cinta Laura). Meskipun cantik, kehadiran Sarah di Facade justru membuat Angga (Angga Yunanda) dan ketiga temannya merasa tertekan.

Suatu hari, Angga menemukan kertas bertuliskan nama-nama karyawan perusahaan. Nama Angga dan ketiga temannya ada di kertas itu.

Angga pun mengambil kesimpulan bahwa mereka berempat akan dipecat. Sebelum pemecatan itu terjadi, Angga dan kawan-kawan mencari cara untuk menggulingkan Sarah dari jabatannya.

12. Ali & Ratu Ratu Queens

ali & ratu ratu queens

Pemuda bernama Ali (Iqbaal Ramadhan) nekat pergi ke New York seorang diri untuk mencari ibunya, Mia (Marissa Anita). Mia telah menghilang dari kehidupan Ali sejak ia masih kecil. Kini, ia bertekad untuk bisa menemukan ibunya.

Sesampainya di New York, Ali justru berjumpa dengan empat orang wanita Indonesia yang dijuluki Ratu Ratu Queens. Dibantu dengan tante-tante barunya, Ali berusaha menemukan ibunya. Sayangnya, saat bertemu sang ibu justru ‘menolak’ Ali.

13. Ghostbuser: Misteri Desa Penari

Ghostbuser: Misteri Desa Penari

Sigit (Tora Sudiro) tadinya berprofesi sebagai fotografer. Namun kariernya sedang stuck sehingga ia mengalami kesulitan ekonomi. Setelah memutar otak, Sigit berencana untuk memanfaatkan keahliannya sebagai indigo.

Ya, Sigit memang bisa melihat makhluk halus semenjak dirinya masih anak-anak. Ia bermaksud untuk menawarkan jasa pemburu hantu.

Bersama dua orang temannya, Alexandra (Wulan Guritno) dan Genjing (Gary Iskak), Sigit membentuk grup pemburu hantu bernama Ghostbuser. Sigit juga dibantu oleh hantu baru bernama Ningsih.

Berbagai kejadian lucu nan kocak kerap terjadi selama tim Ghostbuser ini mengusir hantu. Film yang memadukan genre komedi dan horor ini bisa menjadi hiburan yang menarik untuk kamu.

Baca juga: Film Komedi Indonesia Terbaik dari Tahun ke Tahun

14. Nikah Yuk!

Nikah Yuk

Bukan hanya Korea Selatan yang sering membuat film ber-genre komedi-romantis. Indonesia juga cukup sering memproduksi film dengan genre rom-com. Nikah Yuk! adalah salah satu film rom-com yang tayang di bulan Februari 2020.

Seorang fotografer muda, Arya (Marcell Darwin), ingin mengejar kariernya. Namun, kedua orang tua Arya terus mendorongnya untuk menikah muda.

Arya yang asyik dengan pekerjaan dan sudah memiliki kekasih pilihan, Neyna (Aliyah Faizah), tentu saja menolak keinginan orang tuanya yang masih berusaha menjodohkan Arya dengan gadis pilihan mereka.

Suatu hari, Arya bertemu dengan Lia (Yuki Kato), seorang komikus muda yang membuat hari-hari Arya berwarna. Pertemuan keduanya membuat Arya semakin bimbang.

Ia harus menghadapi orang tua yang menuntutnya untuk segera menikah, kenyataan bahwa dirinya masih memiliki kekasih, dan perasaan nyamannya dengan Lia.

15. Temen Kondangan

Temen Kondangan
*

Apa yang kamu lakukan ketika mendapat undangan pernikahan dari mantan kekasih? Sebagian orang mungkin memilih untuk tidak datang. Sebagian juga ada yang berani datang dengan membawa pasangan barunya.

Dilema seperti ini juga dirasakan Putri (Prisia Nasution) ketika mendapat undangan pernikahan dari mantannya, Dheni (Samuel Rizal). Putri ditantang oleh teman-temannya untuk menghadiri pernikahan Dheni dengan syarat ia tidak datang sendirian.

Lantas, beranikah Putri menerima tantangan teman-temannya dan siapa lelaki yang akan dipilih Putri untuk menemaninya kondangan?

16. Mangga Muda

Mangga Muda

Agil (Tora Sudiro) berprofesi sebagai sopir taksi. Kehidupan ekonominya pas-pasan, tapi Agil beruntung memiliki seorang istri yang sangat cantik, Luli (Alexandra Gottardo), yang bekerja sebagai karyawati di salon kecantikan.

Kehidupan pernikahan Agil dan Luli terasa tak lengkap karena mereka belum memperoleh buah hati. Keinginan untuk memiliki momongan sangat kuat sehingga Agil bernazar akan menuruti semua keinginan istrinya ketika hamil.

Doa Agil terjawab, Luli hamil. Namun, bukannya senang Agil malah dibuat pusing karena nazarnya sendiri. Kini, Luli menginginkan sebuah mobil Yaris berwarna merah.

Usaha Agil untuk memenuhi keinginan sang istri selalu menemui jalan buntu sampai akhirnya ia terjerumus dalam sebuah perampokan.

17. Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan

Imperfect Karier, Cinta & Timbangan
*

Mengangkat sebuah tema yang relate dengan kehidupan sehari-hari, Imperfect: Karier, Cinta & Timbangan adalah film ber-genre drama-komedi yang bagus untuk ditonton oleh semua orang, terutama wanita yang sering merasa tidak percaya diri dengan penampilannya sendiri.

Film ini mengangkat kisah Rara (Jessica Mila), gadis bertubuh gemuk dan berkulit sawo matang yang bekerja sebagai manajer riset di perusahaan kosmetik.

Meskipun sering mendapatkan bully-an di tempat kerja, Rara tetap mencintai pekerjaannya. Ia juga didukung oleh kekasihnya, Dika (Reza Rahadian), yang mencintai dirinya dengan tulus.

Suatu ketika, Kelvin (Dion Wiyoko) selaku atasannya menawari Rara peluang untuk bisa naik jabatan. Akan tetapi, Rara harus mengubah penampilannya jadi lebih menarik. Sanggupkah Rara mengubah penampilannya dan memperoleh kenaikan jabatan?

18. Nagabonar Reborn

Nagabonar Reborn
*

Film komedi ini sempat menuai kontroversi mengenai perebutan hak cipta. Akan tetapi, kalau kamu ingin menonton film komedi yang ringan dan menghibur, Nagabonar Reborn bisa menjadi sebuah tontonan yang menarik.

Sinopsis film ini berkutat pada Nagabonar (Gading Marten) yang tumbuh menjadi pria gagah, pemberani, jujur, dan lugu. Ketika pergi ke kota, Nagabonar jatuh cinta pada Kirana (Citra Kirana) yang sudah memiliki kekasih.

Setting pada film ini adalah pada masa penjajahan Jepang ketika Belanda memutuskan untuk angkat kaki dari Indonesia. Jenderal Yoshida Harada (Harry Ponto) juga menginginkan Kirana.

Saat masih sedang galau memperjuangkan cintanya, Nagabonar ditunjuk untuk memimpin perlawanan pada Belanda yang kembali datang.

Daftar film komedi Indonesia di atas bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan hiburan. Sebagian film tersebut juga sudah bisa ditemukan di platform layanan streaming digital yang legal. Yuk, tonton semua-semua film keren di atas!

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram