bacaterus web banner retina

6 Film Terbaik Kim Tae Ri, Dari Pencopet Hingga Perompak

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 23 Juli 2021

Beberapa judul film Kim Tae Ri menyuguhkan sebuah tontonan yang berkualitas dan memukau. Aktris kelahiran 24 April 1990 ini menunjukkan kemampuan beraktingnya secara total. Meski belum begitu banyak film yang dia bintangi, kemampuan Kim Tae Ri dalam berlakon tidak mengecewakan. 

Jika Anda kepincut dengan perannya di The Handmaiden, beberapa judul film Kim Tae Ri di bawah ini juga pasti akan memuaskan. Apa saja film yang dimaksud? Berikut ulasannya!

1. Moon Young (2015)

  • Tahun rilis: 27 November 2015
  • Genre: Drama, Slice of Life
  • Produksi: KT&G Sangsangmandang 
  • Sutradara: Kim So Yeon
  • Pemeran: Kim Tae Ri, Jung Hyun, Park Wan Gyu, Park Jung Sik, Nam Bo Ra

Menjalani kehidupan sebagai anak SMA yang memiliki ayah pecandu alkohol dan ibu yang entah pergi kemana membuat Moon Young (Kim Tae Ri) tertekan. Gadis manis ini berubah menjadi sangat pendiam dan tidak mau bicara dengan siapa pun; dia menggunakan bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan orang lain.

Moon Young memiliki kebiasaan yang unik sebab kemana pun pergi dia selalu membawa handycam dan merekam apapun di sekitarnya. Muak dengan perlakuan ayahnya, Moon Young pergi dari rumah. Saat itulah Moon Young bertemu dengan Hee Soo (Jung Hyun). Dua wanita yang sama-sama terluka itu saling menghibur. 

Suatu hari, Moon Young melihat seseorang yang mirip sekali dengan ibunya sedang berjalan di sebuah subway. Moon Young yang selama ini diam saja, tiba-tiba mau mengeluarkan suara memanggil ibunya. Hee Soo kaget karena gadis yang selama ini dia kira bisu, ternyata bisa bicara. Lalu bagaimana akhir dari film ini?

2. The Handmaiden (2016)

  • Tahun rilis: 1 Juni 2016
  • Genre: Romansa, Misteri, Thriller, Drama. Psikologi erotis
  • Produksi: Moho Film, Yong Film
  • Sutradara: Park Chan Wook
  • Pemeran: Kim Min Hee, Kim Tae Ri, Ha Jung Woo, Cho Jin Woong

Film Kim Tae Ri yang tayang tahun 2016 ini memanen banyak penghargaan. The Handmaiden berhasil meraih beberapa penghargaan bergengsi sekaligus dinominasikan untuk beberapa kategori. Pada ajang Blue Dragon Film Awards Kim Tae Ri bahkan memenangkan penghargaan sebagai Best New Actress. 

The Handmaiden bercerita tentang seorang gadis muda dari kelas bawah yang berprofesi sebagai copet. Dia adalah Nam Sook Hee (Kim Tae Ri). Suatu hari dia dipekerjakan di kediaman Hideko (Kim Min Hee) sebagai asisten rumah tangga. Hideko sendiri merupakan wanita kelas atas yang merupakan ahli waris dari Jepang.

Hideko tinggal bersama pamannya bernama Kouzuki (Choi Jin Woong) dan tinggal di daerah terpencil. Melihat kondisi Hideko yang demikian, Nam Sook Hee dan Count Fujiwara (Ha Jung Woo) merencanakan sesuatu. Fujiwara berencana untuk menikahi Hideko, mengambil kekayaannya lalu menjebloskan wanita itu ke dalam rumah sakit jiwa.

Untuk membantu rencana Fujiwara, Nam Sook Hee bertindak sebagai “mak comblang” bagi keduanya. Namun, sesuatu yang tidak tertebak justru terjadi antara Hideko dan Nam Sook Hee. Bagaimana cerita akhir dari film internasional terbaik versi British Academy Film Awards dan beberapa penghargaan lainnya ini?

3. 1987: When The Day Comes (2017)

  • Tahun rilis: 27 Desember 2017
  • Genre: Drama, Sejarah, Politik 
  • Produksi: Woojeung Film
  • Sutradara: Jang Joon Hwan
  • Pemeran: Kim Yoon Seok, Ha Jung Woo, Yoo Hae Jin, Kim Tae Ri, Park Hee Soon, Lee Hee Joon

Film Kim Tae Ri selanjutnya yang seru untuk ditonton adalah 1987: When The Day Comes. Film yang dibuat berdasarkan kisah nyata ini disutradarai oleh Jang Joon Hwan. 1987: When The Day Comes bercerita tentang sebuah peristiwa yang terjadi saat Gerakan Demokrasi Juni 1987.

Peristiwa tersebut bermula dengan meninggalnya Park Jong Chul (Yeo Jin Goo), mahasiswa yang ikut serta sebagai demonstran pro-demokrasi yang melawan rezim, saat proses interogasi. Kematian Jong Chul yang ditutup-tutupi adalah tanggungjawab pihak kepolisian yang ketika itu diperintahkan oleh Komisaris Park Cheo Won (Kim Yoon Seok).

Kejadian ini menimbulkan kecurigaan pada beberapa orang. Jaksa Choi Hwan (Ha Jung Woo) kemudian menolak upaya polisi untuk langsung mengkremasi korban. Tentu saja karena kremasi dapat menghilangkan bukti-bukti kekerasan yang diterima Park Jong Chul selama diinterogasi. Jaksa Choi lantas dipecat karena sikapnya tersebut.

Walau sudah dipecat, upaya Jaksa Choi untuk mengungkap kebenaran tidak berhenti. Dia meninggalkan sebuah dokumen kepada reporter Yoon Sang Sam (Lee Hee Joon) agar kejahatan komisaris Park Cheo Won dapat terekspos. Dalam film ini, Kim Tae Ri berperan sebagai Yeon Hee yang meski tidak terlibat dalam demonstrasi, tetapi membantu dalam beberapa pergerakan. 

4. Little Forest (2018)

  • Tahun rilis: 28 Februari 2018
  • Genre: Drama
  • Produksi: SBS
  • Sutradara: Yim Soon Rye
  • Pemeran: Kim Tae Ri, Ryu Jun Yeol, Moon So Ri, Jin Ki Joo

Bagi penggemar film-film bernuansa tenang dan menenangkan, Little Forest (2018) salah satu rekomendasi yang tidak akan mengecewakan. Di film ini Kim Tae Ri menjadi karakter utama bernama Hye Won. Dia adalah gadis desa yang mencoba peruntungan di kota. Usahanya untuk mencapai mimpi tidak kunjung membuahkan hasil. Hye Won pun kelelahan karena impiannya tidak juga terwujud. 

Gadis tersebut kemudian mengambil keputusan untuk kembali ke desa, ke rumah masa kecil yang pernah dia tinggali bersama mendiang ibunya. Di sana dia mulai menjalani hidup baru dengan mendekatkan diri pada alam. Hye Won menanam, memanen lalu memasak hasil kebunnya sendiri.

Di desa, Hye Won kembali berinteraksi dengan dua teman masa kecilnya. Yaitu Jae Ha (Ryu Jun Yeol) dan Eun Sook (Jin Ki Joo). Dia menemukan ketenangan dan sesuatu yang selama ini dicarinya. Film berdurasi 103 menit ini akan membuat Anda tiba-tiba ingin hijrah ke desa.

5. Space Sweepers (2020)

  • Tahun rilis: 20 November 2020 (Netflix)
  • Genre: Fiksi Ilmiah, Thriller 
  • Produksi: Bidangil Pictures
  • Sutradara: Jo Sung Hee
  • Pemeran: Kim Tae Ri, Song Joong Ki, Jin Seon Kyu, Yoo Hae Jin

Sinopsis & Review Space Sweepers

Film Kim Tae Ri yang selanjutnya direncanakan tayang pada 12 Juni 2020. Namun perilisannya ditunda menjadi tanggal 23 September 2020 sebab pandemi Covid-19. Jadwal tersebut kemudian kembali berubah hingga akhirnya diumumkan bahwa Space Sweepers rilis secara exclusive di Netflix pada 20 November 2020.

Space Sweepers bercerita tentang keadaan Bumi tahun 2092 yang hampir sudah tidak bisa dihuni. Spaceship Victory menjadi salah satu pesawat luar angkasa yang mampu bertahan. Ia dikendalikan oleh sekelompok orang yang dikepalai oleh Tae Ho (Song Joong Ki) yang jenius.

Di dalam pesawat tersebut terdapat mantan merompak yang merupakan seorang kapten, yakni Kapten Jang (Kim Tae Ri), mantan narapidana bernama Tiger Park (Jin Seon Kyu) dan robot militer bernama Bubs (Yoo Hae Jin) yang mengalami pemrograman ulang.

6. Alien (2021)

  • Tahun rilis: 2021
  • Genre: Kriminal, Fiksi Ilmiah
  • Produksi: CJ Entertainment
  • Sutradara: Choi Dong Hoon
  • Pemeran: Kim Tae Ri, Ryu Jun Yeol, Kim Woo Bin, Lee Ha Nui, So Ji Sub, Jo Woo Jin

Film Kim Tae Ri yang paling baru benar-benar bertabur bintang. Sebab Alien (2021) turut juga dibintangi oleh Ryu Jun Yeol, Kim Woo Bin, So Ji Sub dan Jo Woo Jin. Disutradarai Choi Dong Hoon, Alien bercerita tentang interaksi antara manusia dengan makhluk luar angkasa. Alien muncul sebagai satu subjek utama ketika mereka pergi dan kembali dari generasi ke generasi.

Proses pengambilan gambar untuk film ini dimulai pada awal 2020 lalu. Penasaran dengan film yang melibatkan banyak aktor dan aktris hebat ini? Anda masih harus menunggu tanggal mainnya!

Secara jumlah film Kim Tae Ri belum begitu banyak. Akan tetapi peran dan jalan cerita yang dipilihnya cukup berbobot. Sehingga film yang dibintanginya selalu menarik untuk disaksikan. Di antara film-film Kim Tae Ri di atas mana yang membuat Anda penasaran lebih dulu? 

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram