20 Film Keluarga Terbaik untuk Menghabiskan Akhir Pekan

Ditulis oleh Dhany Wahyudi

SepasaSebuah keluarga pasti memerlukan hiburan dalam mengisi keseharian dalam kehidupan mereka terutama disaat liburan. Saat liburan, yang biasanya terdapat di musim panas dan musim dingin di AS, adalah sebuah pasar yang bagus bagi perfilman Hollywood untuk merilis film-film bertema keluarga.

Mayoritas film yang dirilis adalah film animasi, tetapi tidak sedikit juga yang berupa live-action. Film animasi lebih banyak disukai oleh seluruh anggota keluarga karena sudah pasti akan menarik minat anak-anak untuk menonton meski hanya melihat tampilan posternya saja yang lucu dan berwarna-warni.

Di format film non-animasi, atau live-action, yang diperankan oleh aktor-aktris Hollywood, banyak juga yang memiliki kualitas yang bagus dengan pesan moral yang menyentuh. Tetapi mayoritas film keluarga live-action ini didominasi oleh film-film comedy slapstick yang hanya menarik bagi anak kecil tetapi akan membuat bosan para orang tuanya.

Untuk itu, Bacaterus pilihkan 20 film keluarga terbaik yang diperankan oleh aktor-aktris terkenal yang sangat direkomendasikan untuk ditonton oleh seluruh anggota keluarga.

1. Hachiko: A Dog Story

Hachiko A Dog Story

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Family
  • Produksi: Hachiko, LLC, Grand Army Entertainment,
  • Sutradara: Lasse Hallström
  • Pemeran: Richard Gere, Joan Allen, Cary-Hiroyuki Tagawa

Diangkat dari kisah nyata, “Hachiko: A Dog Story” menceritakan tentang kesetiaan anjing jenis Akita kepada sang majikan. Cerita tentang Hachiko yang selalu menunggu sang majikan di depan Stasiun Shibuya, Tokyo, ini sangat mengharukan dan pernah diangkat ke film layar lebar versi Jepang maupun barat.

“Hachiko: A Dog Story” adalah film tentang Hachiko versi barat. Bermula dari Profesor Parker yang menemukan seekor anjing di peron kereta. Si profesor membawa pulang dan memelihara anjing tersebut. Hari demi hari, ikatan kasih sayang antara sang majikan dengan anjing kesayangannya semakin kuat. Setiap hari Hachiko selalu menanti Profesor Parker pulang tepat di depan stasiun.

Suatu hari, profesor meninggal dunia sebelum sempat sampai di rumah. Hachiko tetap menunggu dengan setia di depan stasiun tanpa tahu bahwa sang majikan telah tiada. Setiap hari Hachiko datang ke depan stasiun dan tetap menunggu majikannya pulang.

2. Wonder

Wonder

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Family
  • Produksi: Lionsgate, Mandeville Films, Participant Media
  • Sutradara: Stephen Chbosky
  • Pemeran: Jacob Tremblay, Julia Roberts, Owen Wilson, Izabela Vidovic

Film keluarga yang satu ini tak kalah mengharukan dari “Hachiko: A Dog Story”. “Wonder” adalah film yang mengusung aktris senior, Julia Roberts, sebagai pemeran utamanya. Film ini menceritakan tentang August, seorang bocah laki-laki yang lahir dengan kelainan wajah. Selama bertahun-tahun August tidak bersekolah di sekolahan umum. Pada kelas 5 SD, ibunya mendaftarkan August di sekolah umum.

August berusaha berbaur dan membuktikan bahwa dirinya sama dengan anak-anak lainnya. Namun, teman-temannya di sekolah tidak menyukainya. Hal ini juga membuat kedua orang tua dan kakak August terus berjuang untuk menguatkan mental dan rasa percaya diri August.

3. The Wizard of Oz

The Wizard of Oz

* sumber: www.britannica.com

  • Tahun Rilis: 1939
  • Genre: Adventure, Family, Fantasy
  • Produksi: Metro-Goldwyn-Mayer
  • Sutradara: Victor Fleming
  • Pemeran: Judy Garland, Frank Morgan, Ray Bolger

Jauh sebelum “Alice in Wonderland”, Dorothy (Judy Garland) sudah memulai petualangan ajaib terlebih dahulu di “The Wizard of Oz”. Film fantasi yang dirilis pada tahun 1939 ini cukup menyenangkan. Meskipun format audio-visualnya belum sesempurna film-film zaman sekarang, tapi penonton bakal cukup terhibur dengan akting pemerannya dan jalan ceritanya yang unik.

Dorothy, seorang gadis dari Kansas, yang memutuskan untuk kabur bersama kucing kesayangannya yang bernama Toto. Bukan tanpa sebab, Dorothy kabur karena tetangganya yang kaya raya, Miss Gulch (Margaret Hamilton) merasa terganggu dengan keberadaan Toto dan berencana untuk melenyapkannya.

Niat kabur Dorothy ternyata berujung panjang. Rumahnya yang tertiup badai kencang berakhir di sebuah tempat tinggal para penyihir dan kurcaci. Dari sinilah petualangan Dorothy dimulai. Gadis ini bertemu dengan beberapa jenis penyihir dan makhluk-makhluk ajaib. Dorothy harus menemukan jalan pulang untuk kembali ke Kansas.

4. The Sound of Music

The Sound of Music

* sumber: www.parkcircus.com

  • Tahun Rilis: 1965
  • Genre: Biography, Drama, Family
  • Produksi: Argyle Enterprises, Inc.
  • Sutradara: Robert Wise
  • Pemeran: Julie Andrews, Christopher Plummer, Eleanor Parker

Bukan sekadar film keluarga, sejatinya “The Sound of Music” juga masuk dalam genre musikal dan roman. Pasalnya, di dalam film ini ada beberapa adegan menyanyi dan menari disertai dengan romansa antara dua tokoh utamanya.

Kapten von Trapp (Christopher Plummer) kewalahan ketika harus mengurus tujuh orang anaknya pasca istrinya meninggal. Akhirnya sang kapten mempekerjakan Maria (Julie Andrews) sebagai pengasuh. Meskipun pada awalnya Maria mendapat sambutan yang tidak baik dari anak-anak von Trapp, tapi lama kelamaan ia bisa mengambil hati mereka. Maria sering mengajarkan bernyanyi dan menari sehingga anak-anak itu menyukainya.

1 2345»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram