Bacaterus / Film Keluarga / 15 Film Keluarga Terbaik untuk Menghabiskan Akhir Pekan

15 Film Keluarga Terbaik untuk Menghabiskan Akhir Pekan

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Sebuah keluarga pasti memerlukan hiburan dalam mengisi keseharian dalam kehidupan mereka terutama disaat liburan. Saat liburan, yang biasanya terdapat di musim panas dan musim dingin di AS, adalah sebuah pasar yang bagus bagi perfilman Hollywood untuk merilis film-film bertema keluarga.

Mayoritas film yang dirilis adalah film animasi, tetapi tidak sedikit juga yang berupa live-action. Film animasi lebih banyak disukai oleh seluruh anggota keluarga karena sudah pasti akan menarik minat anak-anak untuk menonton meski hanya melihat tampilan posternya saja yang lucu dan berwarna-warni.

Di format film non-animasi, atau live-action, yang diperankan oleh aktor-aktris Hollywood, banyak juga yang memiliki kualitas yang bagus dengan pesan moral yang menyentuh. Tetapi mayoritas film keluarga live-action ini didominasi oleh film-film comedy slapstick yang hanya menarik bagi anak kecil tetapi akan membuat bosan para orang tuanya.

Untuk itu, Bacaterus pilihkan 15 film keluarga terbaik yang diperankan oleh aktor-aktris terkenal yang sangat direkomendasikan untuk ditonton oleh seluruh anggota keluarga.

1. Home Alone

Home Alone

  • Tahun Rilis: 1990
  • Genre: Comedy, Family
  • Produksi: Hughes Entertainment
  • Sutradara: Chris Columbus
  • Pemeran: Macaulay Culkin, Joe Pesci, Daniel Stern

Film yang mengangkat karir Macalay Culkin sebagai aktor cilik termahal saat itu memang adalah film keluarga yang bisa dibilang sangat lucu. Sebenarnya film ini dipenuhi dengan adegan-adegan slapstick yang sudah pernah ada di film-film lainnya, tetapi ide cerita dan faktor Culkin cilik adalah nilai plus-nya.

Seorang bocah tertinggal di rumah oleh seluruh anggota keluarganya yang berangkat liburan ke Paris. Dikiranya dia hanya sendiri, tetapi ternyata ada 2 orang pencuri yang ingin memasuki rumahnya. Dengan segala cara dan peralatan yang ada di rumahnya, dia berusaha menghadang kedua pencuri itu untuk mengambil barang apapun di dalam rumahnya.

Joe Pesci dan Daniel Stern sebagai kedua pencuri tampil habis-habisan dikerjai oleh Culkin cilik hingga babak belur. Film ini terbukti sukses dan sangat disukai oleh anak-anak, hingga kemudian dibuatkan sequel-nya, Home Alone 2: Lost in New York (1992), dimana kali ini Culkin cilik terpisah dari keluarganya saat liburan di New York yang mempertemukannya kembali dengan 2 pencuri yang sama.

2. Harry Potter Films

Harry Potter

  • Tahun Rilis: 2001 – 2011 (8 Film)
  • Genre: Adventure, Family, Fantasy
  • Produksi: Warner Bros. Pictures, Heyday Films, 1492 Pictures
  • Sutradara: Chris Columbus; Alfonso Cuaron; Mike Newell; David Yates
  • Pemeran: Daniel Radcliffe, Emma Watson, Rupert Grint, Richard Harris, Michael Gambon, Robbie Coltrane, Alan Rickman

Siapa yang tak kenal dengan sosok Harry Potter yang diperankan oleh Daniel Radcliffe? Kisah petualangan penyihir cilik yang diadaptasi dari novel buatan JK Rowling ini diangkat menjadi 8 film layar lebar. Film perdananya rilis di tahun 2001 dengan judul “Harry Potter and the Philosopher’s Stone”. Sejak saat itu, hampir dipastikan bahwa semua film-film Harry Potter selanjutnya selalu sukses dan melejit.

Petualangan Harry Potter melawan kejahatan Voldemort selalu menarik untuk ditonton. 8 judul film Harry Potter ini tergolong film keluarga yang bisa ditonton bersama anak-anak. Yuk, ajak keluarga untuk turut larut dalam keseruan petualangan Harry Potter dan keunikan sekolah sihir Hogwarts!

3. Coco

Coco

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Animation, Adventure, Family
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios
  • Sutradara: Lee Unkrich, Adrian Molina
  • Pengisi Suara: Anthony Gonzalez, Gael Garcia Bernal, Benjamin Bratt

Disney dan Pixar kembali memproduksi film animasi keluarga yang mendapat sambutan positif di kalangan masyarakat. “Coco” dianggap sebagai film animasi paling sukses di tahun 2017. Film dengan jalan cerita sederhana tetapi diramu dengan skenario yang unik ini bisa dicerna oleh anak-anak sampai lansia.

Miguel adalah seorang anak laki-laki berusia 12 tahun yang punya mimpi menjadi musisi terkenal seperti Ernesto de la Cruz. Namun, kecintaan bermusik Miguel ditentang keras oleh keluarganya yang menjalankan usaha pembuatan sepatu secara turun temurun.

Suatu hari, pada saat Día de Muertos (Hari Peringatan bagi Orang-orang yang Telah Meninggal) Miguel berada di alam baka setelah melewati kejadian-kejadian aneh. Bersama dengan Hector – arwah yang memiliki kemampuan menipu – Miguel mengalami pengalaman yang luar biasa sampai ia menemukan kisah sebenarnya mengenai keluarganya.

4. Where the Wild Things Are

Where the Wild Things Are

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Adventure, Drama, Family
  • Produksi: Legendary Pictures, Village Roadshow Pictures, Wild Things Productions, Playtone
  • Sutradara: Spike Jonze
  • Pemeran: Max Records, Catherine O’Hara, Forest Whitaker

“Where the Wild Things Are” merupakan sebuah tontonan keluarga yang luar biasa menakjubkan. Konon, sang sutradara mengembangkan imajinasinya dari buku bergambar untuk anak-anak yang di dalamnya hanya terdapat 9 kalimat saja.

Cerita bermula dari bocah laki-laki bernama Max yang marah kepada ibunya. Dengan imajinasinya, Max menciptakan dunianya sendiri. Dunia imajinasi yang diciptakan Max tampak nyata di mana di dalamnya terdapat hutan maupun lautan. Dalam dunia tersebut ada 7 makhluk bertubuh besar dengan rupa yang mengerikan.

Alih-alih takut pada makhluk tersebut, Max justru berusaha meyakinkan mereka sehingga dirinya diangkat menjadi raja. Suatu saat, Max harus kembali pulang dari dunia khayalannya tersebut. Ketika kembali, Max menjadi sosok yang lebih baik dan berbeda dari sebelumnya karena berbagai pengalaman yang ia peroleh bersama makhluk-makhluk dalam dunia imajinasinya itu.

5. The Incredibles

The Incredibles

  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Animation, Action, Family
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Pixar Animation Studios
  • Sutradara: Brad Bird
  • Pengisi Suara: Craig T. Nelson, Samuel L. Jackson, Holly Hunter

Melihat superhero beraksi secara tim atau solo mungkin sudah biasa. Namun, bagaimana jika kali ini adalah superhero yang berasal dari satu keluarga? Ya, “The Incredibles” adalah film yang menceritakan tentang keluarga superhero. Baik sang ayah, ibu, anak perempuan, dan anak laki-lakinya merupakan manusia super yang selalu menumpas kejahatan.

Sekeluarga superhero ini pensiun dan menjalani kehidupan mereka sebagai manusia biasa. Akan tetapi, suatu ketika Mr. Incredible mendapat tugas kembali sebagai pahlawan super. Ia tidak ingin melibatkan istri dan anak-anaknya. Masalah terjadi ketika musuh lamanya berniat balas dendam. Istri dan anak-anak Mr. Incredible akhirnya mengetahui bahwa dirinya dalam bahaya dan mereka pun tidak tinggal diam.

6. Paddington

Paddington

  • Tahun Rilis: 2014
  • Genre: Adventure, Comedy, Family
  • Produksi: Heyday Films, StudioCanal UK, TF1 Films Production
  • Sutradara: Paul King
  • Pemeran: Hugh Bonneville, Sally Hawkins, Julie Walters, Ben Whishaw (Paddington’s Voice)

Seekor beruang remaja dari Peru yang bisa berbahasa manusia tersesat di London dan ditemukan oleh keluarga yang bersedia menampungnya untuk sementara. Karakter beruang Paddington ini dibuat oleh Michael Bond dan muncul sejak tahun 1958. Hingga kini sudah lebih dari 20 buku yang menceritakan petualangannya.

Filmnya sendiri yang berlokasi di Inggris sangat bagus secara visual dan enerjik secara penceritaan. Anggota keluarga yang awalnya kebanyakan menolak kehadiran Paddington, lama kelamaan menjadi simpati dan merasa Paddington adalah bagian dari keluarga mereka yang tidak bisa dipisahkan berkat petualangan dan kejujuran sang beruang.

7. Finding Neverland

Finding Neverland

  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Biography, Drama, Family
  • Produksi: FilmColony
  • Sutradara: Marc Foster
  • Pemeran: Johnny Depp, Kate Winslet, Julie Christie

Peter Pan adalah karakter terkenal di dunia anak-anak yang sudah sangat mendunia. Tetapi tahukah kalian siapa penulisnya dan apakah yang menginspirasinya untuk menulis kisah Peter Pan? Jawabannya bisa ditemukan di film yang disutradarai oleh Marc Forster ini.

J.M. Barrie adalah penulis asal Skotlandia yang membangun hubungan pertemanan dengan Sylvia Llewelyn Davies, seorang janda beranak 4. Keseharian Barrie bersama keempat anak-anak tersebut berhasil menginspirasinya untuk menulis cerita Peter Pan, or The Boy Who Never Grew Up yang diterbitkan di tahun 1911 dan menjadi terkenal hingga detik ini.

Finding Neverland tampil indah dalam setiap adegan dengan sinergi akting Johhny Depp dan Kate Winslet serta balutan musik karya Jan A.P. Kaczmarek. Di ajang Academy Awards, film ini dinominasikan di 7 kategori, yaitu Best Picture, Best Actor untuk Johnny Depp, Best Adapted Screenplay, Best Art Direction, Best Costume Design, Best Film Editing dan berhasil meraih Oscar di kategori Best Original Score.

8. Hachiko: A Dog Story

Hachiko A Dog Story

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Drama, Family
  • Produksi: Hachiko, LLC, Grand Army Entertainment,
  • Sutradara: Lasse Hallström
  • Pemeran: Richard Gere, Joan Allen, Cary-Hiroyuki Tagawa

Diangkat dari kisah nyata, “Hachiko: A Dog Story” menceritakan tentang kesetiaan anjing jenis Akita kepada sang majikan. Cerita tentang Hachiko yang selalu menunggu sang majikan di depan Stasiun Shibuya, Tokyo, ini sangat mengharukan dan pernah diangkat ke film layar lebar versi Jepang maupun barat.

“Hachiko: A Dog Story” adalah film tentang Hachiko versi barat. Bermula dari Profesor Parker yang menemukan seekor anjing di peron kereta. Si profesor membawa pulang dan memelihara anjing tersebut. Hari demi hari, ikatan kasih sayang antara sang majikan dengan anjing kesayangannya semakin kuat. Setiap hari Hachiko selalu menanti Profesor Parker pulang tepat di depan stasiun.

Suatu hari, profesor meninggal dunia sebelum sempat sampai di rumah. Hachiko tetap menunggu dengan setia di depan stasiun tanpa tahu bahwa sang majikan telah tiada. Setiap hari Hachiko datang ke depan stasiun dan tetap menunggu majikannya pulang.

9. Wonder

Wonder

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Family
  • Produksi: Lionsgate, Mandeville Films, Participant Media
  • Sutradara: Stephen Chbosky
  • Pemeran: Jacob Tremblay, Julia Roberts, Owen Wilson, Izabela Vidovic

Film keluarga yang satu ini tak kalah mengharukan dari “Hachiko: A Dog Story”. “Wonder” adalah film yang mengusung aktris senior, Julia Roberts, sebagai pemeran utamanya. Film ini menceritakan tentang August, seorang bocah laki-laki yang lahir dengan kelainan wajah. Selama bertahun-tahun August tidak bersekolah di sekolahan umum. Pada kelas 5 SD, ibunya mendaftarkan August di sekolah umum.

August berusaha berbaur dan membuktikan bahwa dirinya sama dengan anak-anak lainnya. Namun, teman-temannya di sekolah tidak menyukainya. Hal ini juga membuat kedua orang tua dan kakak August terus berjuang untuk menguatkan mental dan rasa percaya diri August.

10. The Jungle Book

The Jungle Book

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Adventure, Drama, Family
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Fairview Entertainment
  • Sutradara: Jon Favreau
  • Pemeran & Pengisi Suara: Neel Sethi, Bill Murray, Ben Kingsley, Idris Elba, Lupita Nyong’o, Scarlett Johansson

Ada banyak efek CGI yang menakjubkan dalam film “The Jungle Book”. Yang pasti, anak-anak akan menyukai film produksi Disney ini.

Sinopsis “The Jungle Book” mengisahkan tentang Mowgli, anak laki-laki yang tumbuh besar di hutan bersama kawanan serigala. Hidup bersama hewan buas membuat Mowgli tidak memahami cara bersikap seperti manusia pada umumnya.

Keberadaan Mowgli di hutan tidak disukai oleh sebagian binatang di sana, termasuk harimau benggala bernama Shere Khan. Nyawa Mowgli terancam dan sekawanan serigala yang membesarkannya bermaksud mengantare Mowgli ke desa manusia. Sayangnya, dalam perjalanan mereka tak sedikit rintangan yang harus dilalui. Apalagi Shere Khan masih ingin membunuh Mowgli.

11. We Bought a Zoo

We Bought A Zoo

  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Comedy, Drama, Family
  • Produksi: Vinyl Films, LBI Entertainment, Dune Entertainment
  • Sutradara: Cameron Crowe
  • Pemeran: Matt Damon, Scarlett Johansson, Thomas Haden Church

Diangkat dari memoir Benjamin Mee dalam membina keluarganya sebagai single parent, film ini dibintangi oleh Matt Damon dan aktris cilik Maggie Elizabeth Jones yang lucu.

Berencana memulai awal yang baru dengan sebuah rumah baru, uang yang mereka punya hanya cukup untuk membeli rumah yang merupakan kawasan kebun binatang yang telah terbengkalai. Kemudian mereka berusaha membuka kembali kebun binatang tersebut meski banyak kendala yang merintangi niat baik mereka.

Film ini menampilkan hubungan yang erat antara seorang ayah dan putrinya dalam usaha saling bahu-membahu membangun kembali kebun binatang di atas kesulitan keuangan keluarga. Tetapi senyuman sang putri selalu menjadi semangat bagi sang ayah sesulit apapun masalah yang dihadapi.

12. Holes

Holes

  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Adventure, Comedy, Drama
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Walden Media, Phoenix Pictures, Chicago Pacific Entertainment
  • Sutradara: Andrew Davis
  • Pemeran: Shia LaBeouf, Sigourney Weaver, Jon Voight

Film produksi Walt Disney Pictures dan Walden Media ini merupakan adaptasi dari novel karya Louis Sachar yang diterbitkan di tahun 1998. Bercerita tentang seorang remaja yang dikirim oleh orang tuanya ke sebuah camp untuk anak nakal dimana mereka dihukum dengan menggali lubang-lubang di tengah padang pasir.

Cerita yang menarik dengan berbagai misteri yang terbuka satu demi satu hingga akhir film dan menyimpan banyak kejutan ini sarat akan pesan moral yang baik untuk anak-anak. Shia LaBeouf didapuk sebagai pemeran utama dimana dia menampilkan akting yang natural sehingga diramalkan akan menjadi bintang film besar suatu saat nanti.

Para aktor seniornya pun tampil baik, seperti Sigourney Weaver, Jon Voight dan Patricia Arquette. Apa motivasi sebenarnya dari hukuman berupa menggali lubang tersebut? Jika penasaran, tonton saja film keluarga terbaik ini.

13. Jumanji

Jumanji

  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Adventure, Comedy, Family
  • Produksi: TriStar Pictures, Interscope Communications, Teitler Film
  • Sutradara: Joe Johnston
  • Pemeran: Robin Williams, Kirsten Dunst, Bonnie Hunt

Apa jadinya jika papan permainan yang kita mainkan bisa mengeluarkan binatang dan kita pun tersedot masuk ke dalamnya? Semua keanehan tersebut bisa kamu lihat dalam film “Jumanji” yang rilis pada tahun 1995.

Alan dan temannya, Sarah, menemukan papan permainan yang akhirnya mereka coba mainkan di malam hari. Kemudian, Alan tersedot masuk ke dalam papan permainan tersebut.

26 tahun kemudian, Judy dan Peter merupakan anak dari keluarga yang menempati rumah Alan dulu. Mereka berdua menemukan papan permainan yang pernah dimainkan Alan. Ketika sedang memainkannya, muncul seorang pria tua yang diketahui adalah Alan. Mereka bertiga akhirnya menuju ke rumah Sarah. Betapa kagetnya Sarah karena dirinya dan semua orang mengira Allah telah meninggal.

Mereka berempat sepakat untuk memainkan papan permainan bernama Jumanji itu. Selama bermain banyak keanehan yang terjadi. Sampai pada akhirnya salah satu dari mereka berhasil mencapai titik Jumanji dan cerita kembali lagi pada masa Alan dan Sarah memainkan permainan tersebut untuk pertama kalinya.

14. Field of Dreams

Field of Dreams

  • Tahun Rilis: 1989
  • Genre: Drama, Family, Fantasy
  • Produksi: Gordon Company
  • Sutradara: Phil Alden Robinson
  • Pemeran: Kevin Costner, James Earl Jones, Ray Liotta

Seorang pemilik ladang jagung di Iowa mendengar suara-suara di pikirannya yang dia terjemahkan sebagai petunjuk untuk membangun lapangan baseball di atas ladangnya. Meski banyak pertentangan dari warga sekitar, tetapi dengan dukungan istri dan anaknya, dia terus membangun lapangan tersebut. Dan akhirnya tim Chicago White Sox datang ke lapangan tersebut, meski dalam bentuk gaib.

Sutradara Phil Alden Robinson mengembangkan film ini dari novel Shoeless Joe karya W.P. Kinsella dan menunjuk Kevin Costner sebagai aktor utamanya. Didukung oleh Amy Madigan, James Earl Jones, Ray Liotta dan Burt Lancaster, Field of Dreams berhasil masuk nominasi Academy Awards di kategori Best Original Score, Best Adapted Screenplay dan Best Picture.

15. The Karate Kid

The Karate Kid

  • Tahun Rilis: 1984
  • Genre: Action, Drama, Family
  • Produksi: Delphi II Productions, Jerry Weintraub Productions
  • Sutradara: John G. Avildsen
  • Pemeran: Ralph Macchio, Pat Morita, Elisabeth Shue

John G. Avildsen adalah sutradara film Rocky (1976), maka tidak heran jika film ini pun memiliki nuansa yang sama, hanya saja target pasarnya untuk remaja dan keluarga. Ralph Macchio seketika melejit namanya setelah membintangi film ini bersama Pat Morita dan Elisabeth Shue.

Bercerita tentang seorang remaja yang selalu di bully di sekolahnya sehingga membuat dia ingin belajar bela diri karate dari Kesuke Miyagi, seorang master karate yang rendah hati. Tidak hanya mengajari ilmu karate saja, tetapi Miyagi juga mengajarkan mental seorang kesatria pada diri muridnya, sehingga bisa membawa diri, motivasi dan emosinya.

Film ini sukses besar dan mengantarkan Pat Morita masuk nominasi Oscar di kategori Best Supporting Actor. Kisah guru dan murid ini kemudian dilanjutkan di The Karate Kid, Part II (1986) yang berlokasi di Okinawa, The Karate Kid, Part III (1989) dan The Next Karate Kid (1994) dengan Hilary Swank sebagai murid baru Miyagi.

Di tahun 2010, The Karate Kid muncul lagi dalam versi reboot dengan Jaden Smith sebagai murid dari Jackie Chan. Bedanya, bela diri yang diajarkan adalah kungfu dan setting berlokasi di China.

Itulah 15 film keluarga terbaik yang wajib ditonton oleh seluruh anggota keluarga, bukan hanya untuk anak-anak saja, tetapi juga bagi ayah dan ibunya. Cerita yang menarik dan penuh petualangan adalah unsur yang harus selalu ada di film jenis ini untuk tetap menarik minat anak-anak agar tetap antusias menyimak filmnya dan menangkap pesan moral yang disuguhkan dengan tetap terhibur dari awal hingga akhir film.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *