bacaterus web banner retina

10 Rekomendasi Film Mandarin yang Dibintangi oleh Kai Ko

Kai Ko yang dikenal juga dengan nama Ke Zhen-Dong atau Ko Chen-tung adalah aktor sekaligus penyanyi Taiwan kelahiran 1991.

Sebagai penyanyi, dia merilis Album pertamanya, Be Yourself, pada tahun 2011. Namun karir aktingnya jauh lebih berkembang. Berkat aktingnya dalam You Are the Apple of My Eye, Kai Ko menyabet penghargaan Best Performer pada the 48th Golden Horse Awards dan 12th Chinese Film Media Awards.

Di tahun 2021, Kai Ko dinominasikan sebagai Best Leading Actor dalam 58th Golden Horse Awards untuk perannya dalam film Moneyboys. Di tahun 2022 dia juga sukses meraih Best Actor untuk perannya dalam film Till We Meet Again pada ajang 24th Taipei Film Awards.

Kira-kira film apalagi yang dibintangi oleh Kai Ko? Berikut deretan film Kai Ko yang paling populer.

1. Moneyboys 

film kai ko-1_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: KGP Filmproduktion, Flash Forward Entertainment, Zorba Production
  • Sutradara: C.B. Yi
  • Pemeran: Kai Ko, Yufan Bai, Chloe Maayan, J.C. Lin

Film ini merupakan hasil kerja sama antara Taiwan dan Austria. Sang sutradara, C.B. Yi, merangkap sebagai penulis naskah juga. Film ini juga sempat tayang di Cannes Film Festival.

Kisahnya mengikuti kehidupan Liang Fei (Kai Ko) yang berprofesi sebagai seorang moneyboy. Istilah Moneyboy atau Rentboy, khususnya di Cina dan Thailand, mengacu pada PSK laki-laki muda.

Fei melakukan pekerjaan sebagai moneyboy untuk membiayai keluarganya. Saat kumpul keluarga, Fei menyadari kalau keluarganya tidak setuju dengan jalan hidupnya, tapi mereka mau uang hasil kerjanya.

Kenyataan ini membuat Fei hancur. Akhirnya Fei memulai kehidupan baru di kota bersama dengan teman masa kecilnya, yaitu Liang Long (Bai Yufan). Hubungan keduanya pun akhirnya berubah menjadi kekasih. Namun, tanpa diduga muncullah Xiaolai (JC Lin), seseorang yang Fei anggap penting dalam hidupnya. 

2. Till We Meet Again 

film kai ko-2_

Film yang sukses membuat Kai Ko mendapatkan penghargaan ini bercerita tentang seorang pria bernama Ah Lun (Kai Ko). Setelah dia meninggal akibat sambaran petir, dia terbangun di alam arwah dan diberikan pilihan untuk bereinkarnasi. 

Namun untuk bisa bereinkarnasi dia harus mengerjakan tugas dahulu. Dia mendapat tugas sebagai dewa cinta yang harus mengikat benang merah pada pasangan. Saat menjalankan tugasnya, dia bekerja bersama dengan Pinky (Gingle Wang), dewa cinta lainnya.

Salah satu misi dari Ah Lun adalah mengingatkan benang merah pada Xiaomi (Vivian Sung). Namun tiap kali dia mencoba mengikatkan benang merah pada gadis itu, benangnya selalu terbakar. Semua dewa cinta pun ikut mencoba mengikatkan benang pada Xiaomi tapi semua gagal. 

Ternyata ini ada hubungannya dengan kisah masa lalu Xiaomi yang sempat diikat jemarinya menggunakan benang merah oleh seseorang. Siapakah pria yang sudah mengikatkan benang merah di jari Xiaomi? Akankah Xiaomi menemukan jodohnya?

3. You Are the Apple of My Eye 

film kai ko-3_

Diadaptasi dari novel semi-otobiografi dengan judul yang sama karya Giddens Ko, film ini juga disutradarai oleh sang penulis novelnya. Gidden Ko juga dikenal sebagai penulis naskah untuk film berjudul Cafe. Waiting. Love.

Cerita film ini terjadi di tahun 1994 dan mengikuti kisah dua orang murid SMA, yaitu Ko Teng (Kai Ko) dan Shen Chia Yi (Michelle Chen). Dua orang murid satu sekolahan ini mempunyai karakter bak bumi dan langit.

Ko Teng digambarkan sebagai murid yang malas, bodoh, nakal plus pembuat onar. Namun Shen Chia Yi justru kebalikannya. Dia adalah murid tercantik dan terpandai di kelasnya.

Seperti cerita cinta pada umumnya, awalnya kedua murid ini saling membenci. Namun seperti kata orang zaman dulu, benci bisa berubah jadi cinta, begitu pula dengan Ko Teng dan Shen Chia Yi. Keduanya akhirnya saling menyukai satu sama lain. 

4. A Choo 

film kai ko-4_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Comedy, Action, Fantasy
  • Produksi: Star Ritz Productions Co, Beijing Enlight Pictures
  • Sutradara: Kevin Ko, Peter Tsi
  • Pemeran: Kai Ko, Talu Wang, Ariel Lin, Louis Koo

Film ini mengisahkan dua anak yang besar di panti asuhan. Keduanya adalah EJ (Kai Ko) dan Hsin-hsin (Ariel Lin). Tumbuh bersama membuat EJ akhirnya jatuh cinta pada Hsin-hsin. Keduanya pun menjadi semakin dekat. Saking dekatnya, tiap kali Hsin-hsin memikirkan EJ, dia akan bersin. 


Namun semuanya berubah saat dewasa. Ketika itu Hsin-hsin memutuskan untuk pergi ke kota. Berjauhan dengan wanita pujaannya ternyata membuat EJ semakin yakin dengan perasaannya.

Dia pun berencana untuk mengungkapkan perasaannya pada Hsin-hsin. Sayangnya, sang wanita pujaan hati sudah jatuh cinta dengan laki-laki lain. 

EJ teringat sewaktu kecil Hsin-Hsin mengatakan dia suka dengan pria yang kuat dan pemberani. Untuk membuktikan dia bisa jadi pria yang kuat, EJ pun berlatih tinju. Mampukah EJ menaklukkan hati Hsin-Hsin?

5. Tiny Times 

film kai ko-5_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Desen International Media, Shanghai Maisong Film Investment, Heli Chen’guang International Media, Le Vision Pictures (Tianjin) Co.
  • Sutradara: Jingming Guo
  • Pemeran: Mi Yang, Kai Ko, Amber Kuo, Rhydian Vaughan

Film ini diadaptasi dari novel best-seller dengan judul yang sama karya Guo Jinming. Tiny Times sendiri terdiri dari empat sekuel. Sekuel keempatnya dirilis tahun 2015.

Filmnya mengisahkan tentang 4 orang wanita muda bernama Gu Li (Amber Kuo), Lin Xiao (Yang Mi), Tang Wan Ru (Evonne Hsieh) dan Nan Xiang (Bea Hayden) yang merupakan teman satu sekolah. 

Keempatnya bersahabat hingga mereka dewasa dan berkarir di dunia masing-masing. Salah satu karakter dalam film ini adalah Lin Xiao. Dia adalah tipe wanita yang setia kawan, lemah lembut, tapi kurang percaya diri.

Lin Xiao berhasil mendapatkan pekerjaan di perusahaan fashion dan harus bekerja dengan bos yang kurang menyenangkan. Ditambah lagi dia bermasalah dengan pacarnya.

Sementara ketiga temannya pun harus berkutat dengan masalah mereka masing-masing. Gu Li bermasalah dengan pacarnya, Gu Yuan (Kai Ko), Wan Ru bermasalah dengan cinta dan cita-citanya. Sedangkan Nan Xiang bermasalah dengan pacarnya yang bernama Xi Cheng (Jiang Chao).

6. The Road to Mandalay 

film kai ko-6_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Drama
  • Produksi: Bombay Berlin Film ProductionsCMC EntertainmentFine Time Entertainment
  • Sutradara: Midi Z
  • Pemeran: Kai Ko, Ke-Xi Wu

The Road to Mandalay mengisahkan cerita para imigran dari Burma yang akan menyeberang dan mencari kehidupan baru di Thailand. Dikisahkan ada dua imigran Burma bernama Lianqing (Wu Ke-xi) dan Guo (Kai Ko) berhasil masuk ke Thailand.

Keduanya pun memulai hidup baru. Untuk menyambung hidup, Lianqing bekerja sebagai tukang cuci piring, sedangkan Guo bekerja di pabrik tekstil.

Kedekatan dengan Lianqing membuat Guo jatuh hati padanya. Namun Lianqing lebih memilih untuk memikirkan bagaimana cara mendapatkan kartu identitas Thailand sehingga dia bisa menyeberang ke Taiwan.

Rencana ini bertentangan dengan Guo yang memiliki niat yang lain. Saat akhirnya Lianqing mendapatkan kartu identitas itu, hal terduga terjadi kepada keduanya.

7. Mama Boy 

film kai ko-7_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: A Really Good Film, Cinemark, My Video
  • Sutradara: Arvin Chen
  • Pemeran: Kai Ko & Vivian Shu

Seperti judulnya, film Mama Boy ini mengisahkan anak lelaki yang meski sudah berumur 30 tahun tapi hidupnya masih diatur oleh ibunya. Anak lelaki itu bernama Xiao-Hong (Kai Ko) dan dia bekerja di sebuah toko akuarium. 

Saking ketatnya sang ibu mengatur hidupnya, Xiao-Hong pun belum pernah jatuh cinta dengan perempuan. Maka muncullah ide di benak saudara sepupunya.

Xiao-Hong pun dibawa ke tempat dimana banyak dihuni oleh para PSK. Namun ternyata Xiao-Hong tidak tertarik dengan para PSK tersebut. Dia malah suka dengan Lele (Vivian Shu), pengawas para PSK tersebut. 

Berada jauh dari ibunya, Xiao-Hong pun memberanikan diri untuk mendekati Lele. Akankah cintanya diterima oleh perempuan pujaannya?

8. Together 

film kai ko-8_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Beijing Hualu Baina Film & TV, Film Group Corporation, China Movie Channel China (CFGC)
  • Sutradara: Clarence Fok
  • Pemeran: Kai Ko, Angelababy, Michelle Chen, Donnie Yen

Together merupakan sebuah film omnibus atau antologi yang memiliki dua kisah. Cerita pertama adalah tentang seorang polisi lalu lintas bernama Chen Guohua (Donnie Yen), yang dikenal juga sebagai Mr. Cool. 

Suatu hari dia bertemu dengan Jojo (Michelle Chen), seorang wanita yang mengalami amnesia. Rupanya dari pertemuan itu, Chen Guohua pun jatuh hati pada sang wanita yang sedang mencari tunangannya tersebut.

Cerita kedua adalah tentang pria bernama Ah Chai (Kai Ko) yang bertugas sebagai polisi. Dia mencintai seorang perempuan bernama Lin Sheng Nan (Angelababy). Setelah berpacaran selama beberapa waktu, ternyata terungkap identitas asli sang kekasih. 

9. Grit 

film kai ko-9_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Drama
  • Produksi: A Really Good Film
  • Sutradara: Ta-pu Chen
  • Pemeran: Kai Ko, Kang-sheng Lee, Angelica Lee, Kimi Hsia

Grit mengisahkan seorang pemuda anggota geng yang bernama Yu atau Croc (Kai Ko). Setelah keluar dari penjara, dia pun berusaha mencari pekerjaan. Berkat bantuan dari mantan bos gengnya, dia pun bisa bekerja di Kantor Dewan Kota Chang. 

Saat sedang melaksanakan tugasnya, tak sengaja dia bertemu seorang petani perempuan bernama Ping (Angelica Lee). Dia pun jatuh hati pada Ping.

Rupanya tanah pertanian Ping bermasalah. Dia pun meminta bantuan Yu yang dia tahu bekerja di kantor dewan kota. Meski menggebu-gebu ingin menolong Ping, tapi ternyata masalah Ping tak sesederhana itu. Berhasilkah Yu menolong Ping?

10. When a Wolf Falls in Love With a Sheep

film kai ko-10_
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Strawberry Time Films & Film Magic Pictures
  • Sutradara: Chi-jan Hou
  • Pemeran: Kai Ko, Bryan Shu-Hao Chang, Man-shu Jian, Shu-yao Kuo

Film ini mengisahkan tentang dua orang yang kehilangan kekasihnya. Tung/Wolf (Kai Ko) yang bekerja sebagai pegawai di tempat fotokopi patah hati karena putus dengan pacarnya. Dia berharap bisa bertemu lagi dengan sang mantan.

Sementara itu, Hsiao Yang (Man-shu Jian) adalah seorang pengawas ujian. Seperti halnya Tung, Hsiao Yang juga menunggu kekasihnya yang hilang. 

Keduanya dipertemukan berkat gambar yang mereka lukis di kertas fotokopi. Kemudian keduanya berusaha untuk memperbaiki hidup mereka pasca ditinggal kekasih mereka masing-masing.

Nah, itulah 10 film Kai Ko, aktor Taiwan yang sukses berkarya di layar lebar berkat perannya di film romantis, You Are The Apple of My Eye. Meski sempat didera masalah, namun Kai Ko akhirnya bisa kembali lagi ke layar lebar dengan membintangi film terbarunya berjudul Mama Boy.

Kemampuan aktingnya sudah tidak usah diragukan lagi. Dia berhasil menyabet beberapa penghargaan di ajang perfilman Taiwan. Beberapa filmnya juga berhasil mengikuti ajang festival film internasional. Kalau tertarik untuk melihat akting Kai Ko, jangan lewatkan judul-judul film di atas.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram