bacaterus web banner retina

11 Film Terbaik Jude Law dengan Peran-Peran yang Tidak Biasa

Jude Law merupakan seorang aktor kelahiran Inggris yang berkarisma dan berbakat. Ia telah berkarir cukup lama dan berakting dalam beragam genre film.

Sekalipun ia lebih terkenal karena peran-perannya sebagai peran pendukung, tapi hal itu tidak memudarkan pesonanya sama sekali. Hal itu terbukti dengan beberapa kali masuk nominasi dalam Academy Award dan Golden Globe.

Pesona dan kharisma yang ia miliki dapat kamu saksikan dalam film-film yang ia bintangi. Pesonanya yang dimilikinya pastinya akan membuatmu jatuh cinta dengan setiap karakter yang dimainkannya. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film terbaik yang dibintangi oleh Jude Law.

1. Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald

film-jude-law-1_

Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald merupakan sekuel kedua dari film Fantastic Beasts and Where to Find Them. Karya yang satu ini juga ditulis oleh J.K Rowling. Cerita sekuel ini masih seputar usaha untuk menghancurkan penyihir hitam Grindelwald (Johnny Depp). Ia berhasil melarikan diri dari tahanan  Magical Congress of the United States of America (MACUSA).

Orang yang mampu melawan Grindelwald adalah orang yang pernah menjadi sahabatnya sendiri, yaitu Albus Dumbledore (Jude Law).  Tetapi ia tidak dapat melawan Grindelwald sendirian. Dumbledore membutuhkan bantuan. 

Orang yang dapat membantunya adalah Newt Scamander (Eddie Redmayne). Dia adalah mantan murid Dumbledore. Keduanya berusaha mencegah Grindelwald merekrut penyihir-penyihir  berdarah murni karena Grindelwald ingin menguasai orang-orang yang tidak memiliki kekuatan sihir.

2. Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore

film-jude-law-2_

Fantastic Beasts: The Secrets of Dumbledore adalah sekuel ketiga dari seri Fantastic Beasts. Skenario film ketiga ini ditulis oleh J.K Rowling dan Steve Kloves. Kali ini cerita berkisar tentang misi dari Professor Albus Dumbledore (Jude Law) yang menyadari kebangkitan dari kekuatan Grindelwald (Mad Mikkelsen).

Profesor Albus Dumbledore menyadari bahwa penyihir gelap Gellert Grindelwald telah bergerak untuk menguasai dunia. Ia pun mulai membentuk sebuah tim untuk menghadapi kekuatan penyihir gelap tersebut. Tim ini akan dipimpin oleh Newt Scamander (Eddie Redmayne). Mereka akan berhadapan dengan pengikut Grindelwald yang terus bertambah.

3. Hugo

film-jude-law-3_

Hugo merupakan sebuah film yang dibuat berdasarkan sebuah buku anak karya dari Brian Selznick dengan judul The Invention of Hugo Cabret.

Filmnya menceritakan perjalanan hidup Hugo (Asa Butterfield) seorang anak yatim piatu yang tinggal di stasiun kereta. Ia mencoba memecahkan misteri yang ditinggalkan ayahnya berupa automaton atau sebuah robot manusia.

Pada film Hugo ini Jude Law berperan sebagai ayah dari Hugo. Seorang pria yang pandai dalam memperbaiki dan membuat jam. Ia meninggal dalam sebuah kebakaran yang terjadi di pabriknya. Kematiannya menjadikan Hugo anak yatim piatu. Tetapi ia mewariskan kemampuannya memperbaiki jam pada Hugo.

4. The Grand Budapest Hotel

film-jude-law-4_

Film The Grand Budapest Hotel menceritakan kilas balik dari pemilik hotel yang bernama Gustaves (Ralph Fiennes) bersama dengan pelayan lobinya, Zero Moustafa (Tony Revolori). Zero terlibat dalam petualangan yang menegangkan bersama Gustave. 

Petualangan ini berawal dari kematian Madame D (Tilda Swinton). Tilda sendiri adalah tamu setia dari hotel Grand Budapest. Ia meninggalkan warisannya kepada Gustave yang berupa lukisan A Boy with Apple.

Anak-anak dari Tilda sendiri tidak setuju dengan keputusan ibunya tersebut. Hingga satu anaknya yang bernama Dmitri menuduh bahwa Gustave terlibat kematian ibunya.

Kisah pun bergulir menjadi petualangan yang menegangkan, tetapi disampaikan dengan bentuk komedi yang menarik. Pada film ini Jude Law berperan sebagai penulis yang membukukan kisah yang diceritakan oleh Zero tadi.

5. Gattaca

film-jude-law-5_
  • Tahun Rilis: 1997
  • Genre: Drama, Fiksi Ilmiah, Thriller
  • Produksi: Jersey Films, Columbia Pictures 
  • Sutradara: Andrew Niccol
  • Pemeran: Ethan Hawke, Uma Thurman, Jude Law, Gore Vidal, Xander Berkeley

Film Gattaca berlatarkan dunia dystopian, dimana seseorang dinilai oleh karakter genetik mereka. orang-orang yang terlahir secara alami diklasifikasikan sebagai invalid. Sedangkan yang terlahir dengan rekayasa genetika diklasifikasikan sebagai valid.

Orang yang terlahir alami hanya dapat bekerja sebagai pekerja kasar dan tak jarang mendapat diskriminasi karena genetika mereka. 


Vincent Freeman (Ethan Hawke) bercita-cita untuk menjadi astronot. Tetapi hal itu adalah hal yang mustahil karena ia terlahir secara alami.

Pada saat ada kesempatan untuk pelatihan astronot, ia pun membuat kesepakatan dengan pemilik genetika valid, Jerome Eugene (Jude Law). Jerome yang lumpuh karena kecelakaan akan meminjamkan genetikanya pada Vincent. 

Vincent akhirnya dapat mengikuti pelatihan tersebut dengan menggunakan sampel genetika Jerome. Kisah ini berkembang semakin menegangkan saat terjadi pembunuhan direktur dari pelatihan tersebut. Polisi pun mulai melakukan investigasi yang tentunya menjadi ancaman bagi Vincent, jika identitasnya diketahui. 

6. Road to Perdition

film-jude-law-6_
  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Kejahatan, Drama, Thriller
  • Produksi: Dreamworks Pictures, The Zanuck Company, Twentieth Century Fox 
  • Sutradara: Sam Mendes
  • Pemeran: Tom Hanks, Tyler Hoechlin, Liam Aiken, Jude Law, Jennifer Jason Leigh

Film yang dibintangi Jude Law ini merupakan sebuah film yang dibuat berdasarkan sebuah komik karya Max Allan Collin dengan judul Road to Perdition. Filmnya bercerita tentang pelarian seorang gangster bersama anaknya.

Michael Sullivans (Tom Hanks) harus melarikan diri setelah anak dari bosnya sendiri Connor Rooney (Daniel Craig) membunuh istrinya dan anak keduanya. 

Pada film ini Jude Law berperan sebagai Harlen Macquire. Dia adalah pembunuh bayaran yang mengincar hidup Sullivans beserta anaknya.

Tak hanya itu, Harlen Macquire juga menjadi fotografer yang senang mengabadikan korbannya. Peran Jude law sebagai seorang pembunuh bayaran cukup menarik karena karakternya yang ditampilkan ramah, seperti seseorang tanpa niat jahat.

7. The Talented Mr. Ripley

film-jude-law-7_
  • Tahun Rilis: 1999
  • Genre: kejahatan, Drama, Thriller
  • Produksi
  • Sutradara: Anthony Minghella
  • Pemeran: Matt Damon, Gwyneth Paltrow, Jude Law, Cate Blanchett

The Talented Mr. Ripley merupakan sebuah film thriller psikologi berdasarkan sebuah novel karya Patricia Highsmith dengan judul yang sama. Filmnya bercerita tentang Tom Ripley (Matt Damon) yang disewa oleh Herbert Greenleaf (James Rebhorn) untuk membawa anaknya, Dickie Greenleaf (Jude Law), pulang ke Amerika. 

Semua biaya perjalanan Ripley untuk membawa Dickie pulang ditanggung seluruhnya oleh Herbert. Awalnya Ripley dapat mendekati Dickie dan pasangannya Marge (Gwyneth Paltrow). Namun, ia tidak berhasil membujuk Dickie pulang. 

Kisah pun menjadi semakin menarik saat Ripley mulai terobsesi dengan kehidupan Dickie yang penuh kemewahan. Ia pun akhirnya mulai menipu orang lain dengan identitas Dickie. Masalah pun timbul saat ada seseorang yang sadar bahwa ia bukanlah Dickie yang sesungguhnya.

8. Enemy at the Gates

film-jude-law-8_

Enemy at The Gates merupakan film yang berlatar perang Dunia II. Film ini diadaptasi dari sebuah buku karya William Craig yang berjudul Enemy at the Gates: The Battle for Stalingrad. Bukunya sendiri merupakan buku non fiksi yang menggambarkan peristiwa pada saat pertempuran di Stalingrad. Pertempuran ini terjadi antara tentara Rusia dan Jerman.

Jude Law pada film ini berperan sebagai seorang sniper handal dari Rusia bernama Vassili Zaitsev. Ia seorang sniper yang terkenal karena keakuratannya. Ia pun harus berhadapan dengan seorang sniper Jerman andal bernama König (Ed Harris).

Film ini menjadi sebuah duel dari para sniper handal. Walau dinilai kurang akurat secara fakta sejarah, tetapi film perang ini tetap menarik untuk ditonton.

9. Sherlock Holmes

film-jude-law-9_

Sherlock Holmes tentunya karya yang sudah banyak dikenal orang. Tokoh detektif terkenal ini diciptakan oleh Sir Arthur Conan Doyle. Misteri yang harus dipecahkan oleh Holmes (Robert Downey Jr.) kali ini adalah kasus yang berkenaan dengan kekuatan supernatural.

Sherlock Holmes dan partnernya, Dr. John Watson (Jude Law), disewa oleh organisasi rahasia untuk menggagalkan sebuah rencana mengendalikan Inggris. Cara mengambil kendali tersebut dilakukan dengan hal-hal berbau mistis.

Kerja sama Robert Downey dan Jude Law memberikan persona yang berbeda pada kedua karakter ikonik ini. Selain itu, chemistry keduanya terasa lebih asyik.

10. Cold Mountain

film-jude-law-10_

Cold Mountain adalah film yang berlatar belakang perang saudara di Amerika Serikat yang terjadi di sekitar tahun 1861. Filmnya bercerita seputar William Inman (Jude Law) yang berusaha kembali pulang kepada kekasihnya setelah terluka dalam perang. Inman berencana pulang ke Cold Mountain, tempat tinggal kekasihnya yang bernama Ada (Nicole Kidman).

Perang Saudara ini membuat perjalanan pulang Inman menjadi tidak mudah. Jalan pulang Inman menuju Cold Mountain dipenuhi dengan banyak rintangan. Dalam perjalanan pulangnya pun Inman nyaris tewas saat terjadi baku tembak dengan tentara serikat. Pertemuan dengan kekasihnya lah yang membuat ia terus bertahan dan menerjang semua rintangan.

11. Closer

film-jude-law-11_

Film Closer adalah film yang menggambarkan hubungan yang diwarnai dengan kebohongan dan juga perselingkuhan. Kisahnya berawal dari Dan (Jude Law) yang bertemu dengan Alice (Natalie Portman) saat ia ditabrak taksi di depan Dan. Awal pertemuan inilah yang membuat mereka berakhir menjadi sepasang kekasih.

Cerita perselingkuhan pun dimulai saat Dan mulai mendekati Anna (Julia Robert), seorang fotografer. Dan mendekati Anna saat pemotretan untuk novel yang ia buat.

Saat itu Anna juga telah menjalin hubungan Larry (Clive Owen), seorang dokter kulit. Bujukan dan rayuan Dan pada Anna pada akhirnya membuat mereka mengkhianati pasangan masing-masing.

Itulah beberapa film terbaik yang dibintangi oleh Jude Law. Pada film-film yang dibintanginya, sebagian besar merupakan posisi sebagai peran pendukung.

Kendati demikian, ia mampu memperlihat kharisma dan pesonanya pada setiap karakter yang ia mainkan. Ia pun bahkan mampu memainkan peran sebagai penjahat dengan baik dalam film Road To Perdition. Kemampuan aktingnya yang mumpuni membuatnya masuk nominasi untuk Academy Award dan juga Golden Globe.

Beberapa film ini membuktikan kemampuan akting dari Jude Law sebagai peran pembantu atau pun sebagai peran utama. Dari beberapa film ini, manakah film Jude Law yang jadi favoritmu?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram