10 Film Ju-On Terbaik dari Seluruh Jagat Ju-On Universe

Ditulis oleh Gerryaldo

Seperti tak pernah usai, kutukan dari hantu Kayako akan selalu mengikuti kemana pun kalian pergi. Ini dibuktikan dari beberapa film dari Ju-On Universe. Total film Ju-On yang mengisahkan tentang dendam kesumat atas hantu Kayako itu berjumlah 13 tidak termasuk 2 film pendek yang mengisahkan hal yang sama dan game bertema hantu Kayako juga.

Merasa belum cukup,  salah satu layanan streaming; yaitu Netflix, bahkan membuat film seri nya berjudul Ju-On: The Origins. Dari segi cerita, film seri tersebut seperti merangkum seluruh film tentang kutukan Kayako yang ada.

Namun sebelum mengintip akun Netflix kalian untuk menonton Ju-On: The Origins, lebih baik kalian coba tonton dulu film Ju-On terbaik sebelumnya. Nih, Bacaterus akan bantu kalian pilihkan filmnya!

1. Ju-On: The Curse

The Curse (Copy)

  • Tahun rilis: 2000
  • Genre: Horror
  • Produksi: Toei Video Company
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemain: Yurei Yanagi, Chiaki Kuriyama, Hitomi Miwa

Mungkin memang menjadi trademark dari film Ju-On, kalau plot cerita tidak berfokus kepada sebagian karakter utama saja. Dalam film ini, sang sutradara Takashi membawa cerita kutukan Kayako untuk pertama kalinya. Dikisahkan Kayako dibunuh oleh suaminya karena salah sangka setelah membaca buku harian lama Kayako. Isinya adalah rasa suka pada seseorang jauh sebelum bertemu dengan Takeo.

Takeo yang marah akhirnya membunuh Kayako, Toshiko anaknya dan seekor kucing peliharaan mereka. Hal tersebut membuat isi rumah diisi oleh amarah Kayako sehingga siapapun orang yang masuk kesana akan meninggal beserta seluruh orang terdekatnya. Benar saja, bertahun-tahun setelah kasus pembunuhan itu, rumah Kayako ditempati keluarga Murakami yang akhirnya tertimpa sial berulang kali.

Anak dari keluarga Murakami kehilangan rahangnya, anak yang satunya tewas dan Ibu nya menjadi histeris. Kutukan tersebut kembali menghampiri agen penjualan rumah The Suzuki Real Estate, sang kakak dari pemilik agen perumahan itu, Kyoko, memiliki kemampuan spiritual. Saat mampir ke rumah terkutuk tersebut, Kyoko mengalami shock hebat setelah bertemu dengan hantu Kayako (Takako Fuji).

2. Ju-On: The Curse 2

Curse 2 (Copy)

  • Tahun rilis: 2000
  • Genre: Horror
  • Produksi: Toei Video Company
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemain: Taro Suwa, Denden, Yuuko Daike

Masih menyambung dengan film sebelumnya, kini cerita berputar dari sudut pandang orang lain yang akan segera meninggal setelah berhubungan dengan kutukan Kayako atau rumah terkutuk itu.

Dimulai dari Kobayashi, guru SD Toshiko. Kobayashi khawatir karena Toshiko tidak juga masuk sekolah sehingga dirinya pergi ke rumahnya. Naas, disana ia malah menemukan mayat Kayako dan menerima kutukannya.

Istri Kobayashi yang sedang hamil dibunuh dan janinnya dihancurkan oleh hantu Takeo (suami Kayako). Belum sempat keluar dari rumah itu, Kobayashi juga meregang nyawa dibunuh oleh Kayako.

Kutukan itu menyebar  ke orang lain, masih ingatkah agen perumahan Suzuki yang dibahas di film sebelumnya? Sang empunya agen tersebut Tatsuya meninggal karena dibunuh oleh keluarga yang kini menempati rumah itu.

Bahkan detektif Yoshikawa yang menangani kasus tersebut ikut kena kutukan. Yoshikawa dan istrinya ditemukan meninggal di rumahnya sedangkan 2 petugas lain, Kamio dan Iizuka yang ikut membantu juga harus ikut teseret masuk ke dalam lingkaran setan itu. Mereka semua meninggal di tangan Kayako yang marah terhadap mereka.

3. Ju-On: The Grudge

The Grudge JP (Copy)

  • Tahun rilis: 2002
  • Genre: Horror
  • Produksi: Pioneer LDC
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemain: Megumi Okina, Misaki Ito, Takshi Matsuyama

Beberapa tahun setelah kasus pembunuhan di rumah itu berakhir, keluarga Tokunaga yang terdiri dari Katsuya, Kazumi dan Ibu Katsuya yang sedang sakit, Sachie menempati rumah itu. Belum lama dihuni, Kazumi dirasuki oleh arwah Kayako dan suaminya, Katsuya dirasuki oleh arwah Takeo. Mereka berdua meninggal menyisakan Ibu Katsuya, Sachie sendiri. Bahkan kakak Katsuya pun terbunuh di kantornya.

Tak selang berapa lama, seorang pekerja sosial bernama Rika (Megumi Okina) ditugaskan oleh atasannya untuk merawat Sachie, karena Sachie sudah terdaftar sebagai orang yang butuh perawatan. Baru saja ditugaskan, Rika harus menyaksikan arwah Kayako mengambil nyawa Sachie di depan mata Rika dan Rika menemukan mayat Katsuya dan Kazumi. Rika ketakutan bukan main. Dia segera menghubungi polisi.

Polisi pun menyerah, bahkan polisi lama yang pernah menangani kasus di rumah terkutuk itu tidak mau lagi berurusan dengan kasus apapun yang menimpa rumah tersebut. Rika benar-benar stress karena dirinya selalu dihantui oleh Kayako. Menganggap semua baik-baik saja setelah kasus itu ditutup, Rika pindah dari wilayah itu dan memulai hidup baru sampai Kayako kembali lagi pada Rika.

4. Ju-On: The Grudge 2

The grudge 2 JP (Copy)

  • Tahun rilis: 2003
  • Genre: Horror
  • Produksi:  Toho Studios
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemain: Noriko Sakai, Chiharu Niiyama, Kei Horei

Kyoko Harase (Noriko Sakai) merupakan seorang aktris, dirinya yang sedang hamil selalu diantar tunangannya, Masashi Ishikura (Ayumu Saito). Saat selesai syuting untuk siaran paranormal di sebuah stasiun TV, Kyoko dan Masashi mengalami kecelakaan yang diakibatkan munculnya arwah Takeo secara tiba-tiba di hadapan mobil mereka. Masashi koma dan Kyoko mengalami keguguran.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram