Bacaterus / Film Jepang / 10 Film Ju-On Terbaik dari Seluruh Jagat Ju-On Universe

10 Film Ju-On Terbaik dari Seluruh Jagat Ju-On Universe

Ditulis oleh - Diperbaharui 14 Juli 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Seperti tak pernah usai, kutukan dari hantu Kayako akan selalu mengikuti kemana pun kalian pergi. Ini dibuktikan dari beberapa film dari Ju-On Universe. Total film Ju-On yang mengisahkan tentang dendam kesumat atas hantu Kayako itu berjumlah 13 tidak termasuk 2 film pendek yang mengisahkan hal yang sama dan game bertema hantu Kayako juga.

Merasa belum cukup,  salah satu layanan streaming; yaitu Netflix, bahkan membuat film seri nya berjudul Ju-On: The Origins. Dari segi cerita, film seri tersebut seperti merangkum seluruh film tentang kutukan Kayako yang ada.

Namun sebelum mengintip akun Netflix kalian untuk menonton Ju-On: The Origins, lebih baik kalian coba tonton dulu film Ju-On terbaik sebelumnya. Nih, Bacaterus akan bantu kalian pilihkan filmnya!

1. Ju-On: The Curse

The Curse (Copy)

  • Tahun rilis: 2000
  • Genre: Horror
  • Produksi: Toei Video Company
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemain: Yurei Yanagi, Chiaki Kuriyama, Hitomi Miwa

Mungkin memang menjadi trademark dari film Ju-On, kalau plot cerita tidak berfokus kepada sebagian karakter utama saja. Dalam film ini, sang sutradara Takashi membawa cerita kutukan Kayako untuk pertama kalinya. Dikisahkan Kayako dibunuh oleh suaminya karena salah sangka setelah membaca buku harian lama Kayako. Isinya adalah rasa suka pada seseorang jauh sebelum bertemu dengan Takeo.

Takeo yang marah akhirnya membunuh Kayako, Toshiko anaknya dan seekor kucing peliharaan mereka. Hal tersebut membuat isi rumah diisi oleh amarah Kayako sehingga siapapun orang yang masuk kesana akan meninggal beserta seluruh orang terdekatnya. Benar saja, bertahun-tahun setelah kasus pembunuhan itu, rumah Kayako ditempati keluarga Murakami yang akhirnya tertimpa sial berulang kali.

Anak dari keluarga Murakami kehilangan rahangnya, anak yang satunya tewas dan Ibu nya menjadi histeris. Kutukan tersebut kembali menghampiri agen penjualan rumah The Suzuki Real Estate, sang kakak dari pemilik agen perumahan itu, Kyoko, memiliki kemampuan spiritual. Saat mampir ke rumah terkutuk tersebut, Kyoko mengalami shock hebat setelah bertemu dengan hantu Kayako (Takako Fuji).

2. Ju-On: The Curse 2

Curse 2 (Copy)

  • Tahun rilis: 2000
  • Genre: Horror
  • Produksi: Toei Video Company
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemain: Taro Suwa, Denden, Yuuko Daike

Masih menyambung dengan film sebelumnya, kini cerita berputar dari sudut pandang orang lain yang akan segera meninggal setelah berhubungan dengan kutukan Kayako atau rumah terkutuk itu.

Dimulai dari Kobayashi, guru SD Toshiko. Kobayashi khawatir karena Toshiko tidak juga masuk sekolah sehingga dirinya pergi ke rumahnya. Naas, disana ia malah menemukan mayat Kayako dan menerima kutukannya.

Istri Kobayashi yang sedang hamil dibunuh dan janinnya dihancurkan oleh hantu Takeo (suami Kayako). Belum sempat keluar dari rumah itu, Kobayashi juga meregang nyawa dibunuh oleh Kayako.

Kutukan itu menyebar  ke orang lain, masih ingatkah agen perumahan Suzuki yang dibahas di film sebelumnya? Sang empunya agen tersebut Tatsuya meninggal karena dibunuh oleh keluarga yang kini menempati rumah itu.

Bahkan detektif Yoshikawa yang menangani kasus tersebut ikut kena kutukan. Yoshikawa dan istrinya ditemukan meninggal di rumahnya sedangkan 2 petugas lain, Kamio dan Iizuka yang ikut membantu juga harus ikut teseret masuk ke dalam lingkaran setan itu. Mereka semua meninggal di tangan Kayako yang marah terhadap mereka.

3. Ju-On: The Grudge

The Grudge JP (Copy)

  • Tahun rilis: 2002
  • Genre: Horror
  • Produksi: Pioneer LDC
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemain: Megumi Okina, Misaki Ito, Takshi Matsuyama

Beberapa tahun setelah kasus pembunuhan di rumah itu berakhir, keluarga Tokunaga yang terdiri dari Katsuya, Kazumi dan Ibu Katsuya yang sedang sakit, Sachie menempati rumah itu. Belum lama dihuni, Kazumi dirasuki oleh arwah Kayako dan suaminya, Katsuya dirasuki oleh arwah Takeo. Mereka berdua meninggal menyisakan Ibu Katsuya, Sachie sendiri. Bahkan kakak Katsuya pun terbunuh di kantornya.

Tak selang berapa lama, seorang pekerja sosial bernama Rika (Megumi Okina) ditugaskan oleh atasannya untuk merawat Sachie, karena Sachie sudah terdaftar sebagai orang yang butuh perawatan. Baru saja ditugaskan, Rika harus menyaksikan arwah Kayako mengambil nyawa Sachie di depan mata Rika dan Rika menemukan mayat Katsuya dan Kazumi. Rika ketakutan bukan main. Dia segera menghubungi polisi.

Polisi pun menyerah, bahkan polisi lama yang pernah menangani kasus di rumah terkutuk itu tidak mau lagi berurusan dengan kasus apapun yang menimpa rumah tersebut. Rika benar-benar stress karena dirinya selalu dihantui oleh Kayako. Menganggap semua baik-baik saja setelah kasus itu ditutup, Rika pindah dari wilayah itu dan memulai hidup baru sampai Kayako kembali lagi pada Rika.

4. Ju-On: The Grudge 2

The grudge 2 JP (Copy)

  • Tahun rilis: 2003
  • Genre: Horror
  • Produksi:  Toho Studios
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemain: Noriko Sakai, Chiharu Niiyama, Kei Horei

Kyoko Harase (Noriko Sakai) merupakan seorang aktris, dirinya yang sedang hamil selalu diantar tunangannya, Masashi Ishikura (Ayumu Saito). Saat selesai syuting untuk siaran paranormal di sebuah stasiun TV, Kyoko dan Masashi mengalami kecelakaan yang diakibatkan munculnya arwah Takeo secara tiba-tiba di hadapan mobil mereka. Masashi koma dan Kyoko mengalami keguguran.

Flashback, Kyoko ikut syuting acara paranormal di rumah terkutuk Kayako. Dia bersama tim produksi, Keisuke , pembawa acara, Tomoka dan hairstylist, Megumi masuk kedalam rumah gila itu. Syuting awalnya berjalan lancar sampai akhirnya mengalami malfungsi setelah Kayako ikut nimbrung dalam proses pengambilan gambar. Kembalinya mereka di kantor, satu per satu mulai diganggu oleh Kayako.

Megumi harus meninggal di ruang ganti, Tomoko ditemukan tergantung bersama kekasihnya di apartemen miliknya dan Keisuke kerap dihantui oleh Kayako; begitu juga dengan Kyoko. Arwah Takeo malah mendatanginya dan memegang perutnya, seketika itu juga perut Kyoko membesar kembali. Dia hamil dengan usia kandungan 3 bulan. Horor terus menghantui Kyoko dan sisa orang yang selamat.

5. The Grudge

The grudge Sarah (Copy)

  • Tahun rilis: 2004
  • Genre: Horror
  • Produksi: Ghost House Pictures
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemain: Sarah Michelle Gellar, Jason Behr, Clea DuVall

Menilik kesuksesan film Ju-On versi Jepang, Sony Pictures akhirnya menggaet sang sutradara untuk remake film Ju-On ke versi Amerika. Penulis cerita Ju-On sebelumnya juga ikut menjadi bagian dari Ju-On versi Amerika ini. Berjudul The Grudge, tidak ada yang berbeda dari cerita sebelumnya, namun sentuhan Hollywood ada di dalam film ini membuat film semakin menyeramkan.

Keluarga William pindah dari Amerika ke Tokyo. Menempati rumah terkutuk itu sebagai tempat tinggalnya selama di Tokyo. Matt William membawa serta istrinya, Jennifer dan ibu nya yang sakit Emma. Celaka, belum lama mereka tinggal disana, kutukan sudah ada dalam kehidupan mereka. Matt dan Jennifer meninggal dan membuat ibu mereka, Emma sendirian.

Karen (Sarah Michelle Gellar) adalah seorang caretaker. Dirinya ditugaskan untuk merawat Emma. Sebelumnya sudah ada Yoko namun dia menghilang saat sampai di rumah tersebut maka dari itu Karen diminta untuk menggantikannya. Disinilah kutukan berpindah ke Karen. Hidupnya berubah total setelah masuk rumah tersebut, menyaksikan Emma meninggal dan kini harus melawan Kayako untuk tetap hidup

6. The Grudge 2

The Grudge 2 (Copy)

  • Tahun rilis: 2006
  • Genre: Horror
  • Produksi: Columbia Pictures
  • Sutradara: Takashi Shimizu
  • Pemain: Sarah Michelle Gellar, Amber Tamblyn, Arielle Kebbel

Mengira telah selamat dari kutukan Kayako dengan membakar rumah gila itu namun api sama sekali tidak membakar apapun, Karen (Sarah Michelle Gellar) terus menerus diganggu oleh Kayako. Aubrey (Amber Tamblyn) akhirnya berangkat ke Tokyo untuk menemui kakaknya tersebut. Malang, Karen terbunuh di depan Aubrey dan seorang perawat yang juga jurnalis bernama Eason (Edison Chen).

Setuju untuk mengetahui apa yang terjadi pada kakaknya, Aubrey dibantu oleh Eason mulai mengeksplor rumah terkutuk Kayako. Bisa ditebak kan apa yang terjadi selanjutnya? Baik Eason dan Aubrey sama-sama meninggal mengenaskan setelah mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi atas rumah itu. Namun Aubrey sempat mendapat jawaban mengapa Kayako menjadi arwah.

Ibu Kayako merupakan anggota dari suatu sekter supranatural yang bisa memanggil roh, kemudian berhasil, roh yang dipanggil Ibu Kayako meminta ‘makan’ dan Ibu Kayako menyerahkan anaknya sendiri. Ini kenapa Kayako sampai saat ini tidak bisa tenang setelah meninggal. Cerita kemudian berlanjut kepada 3 anak gadis SMA yang terlalu bodoh untuk main semacam truth or dare di rumah itu.

Aksi bodoh mereka akhirnya membawa kutukan ke Chicago setelah satu dari 3 anak SMA bernama Allison kembali ke kampung halamannya. Kutukan kali ini menyerang Jack dan keluarga Kimble.

7. The Grudge 3

Grudge 3 (Copy)

  • Tahun rilis: 2009
  • Genre: Horror
  • Produksi: Ghost House Pictures
  • Sutradara: Toby Willkins
  • Pemain: Johanna Braddy, Gil McKinney, Emi Ikehata

Untuk film kali ini, setting rumah terkutuk Kayako sudah tidak tampak. Berganti dengan gedung apartemen di Chicago. Jake Kimble yang masuk  ke rumah sakit Jiwa setelah melihat semua keluarganya terbunuh oleh kutukan Kayako juga akhirnya meninggal. Dr. Sullivan (Shawnee Smith) yang bertanggung jawab atas Jake akhirnya mencari tahu apa yang terjadi pada Jake namun akhirnya meninggal juga.

Berita kutukan ini akhirnya sampai di telinga adik Kayako, Naoko, membuat dirinya bergegas pergi ke Chicago untuk ikut menyelesaikan kutukan tersebut. Sesampainya di apartemen yang bermasalah itu, Naoko segera berbicara pada tuan tanah, Lisa (Johanna Braddy) supaya tempat itu dilakukan ritual pengusiran setan, awalnya Lisa enggan namun setelah adiknya Max kerasukan arwah Takeo, Lisa setuju.

Max yang sudah dirasuki arwah jahat Takeo tahu apa yang akan dilakukan oleh Naoko, Naoko mencoba menghilangkan kutukan tersebut dengan cara meminta seseorang yang ikut ritual selain dirinya meminum darah Kayako. Akhirnya Naoko dibunuh oleh Takeo sesaat setelah kutukan Kayako hilang karena salah satu anggota yang ikut ritual pengusiran setan, Rose (Jodie Hobson) berani meminum darah Kayako.

8. Ju-On: The Final Curse

The Final Curse (Copy)

  • Tahun rilis: 2015
  • Genre: Horror
  • Produksi:
  • Sutradara: Masayuki Ochiai
  • Pemain: Airi Taira, Renn Kiriyama, Nonoka Ono

Kali ini film berpusat tidak lagi pada Kayako, namun Toshio sang anak dari Kayako dan Takeo. Toshio yang diceritakan masih ‘hidup’ kembali tidak bersekolah membuat salah satu gurunya, Yui (Nozomi Sasaki) datang ke rumah Toshio namun akhirnya malah ikutan hilang. Hal ini membuat Mai (Airi Taira) berusaha untuk menemukan adiknya itu. Setelah mampir ke rumah terkutuk itu, Mai malah mengalami hal buruk.

Singkat cerita, Toshio sudah diambil oleh Bibinya setelah kedua orang tuanya meninggal secara tragis di rumah terkutuk. Kedatangan Toshio disambut baik oleh sepupunya Madoka (Miyabi Matsuura) dan teman-teman Toshio di sekolah baru pun senang berteman dengan Toshio. Sayang, keramahan mereka terhadap Toshio malah menghantarkan mereka masuk kedalam kutukan sadis.

Teror satu per satu mulai menghantui teman-teman Toshio bahkan Madoka dan Ibunya harus berjuang bertahan hidup untuk melawan kutukan yang dibawa Toshio. Belum tuntas masalah Toshio, dan Yui, kini Mai harus berhadapan dengan kenyataan buruk lainnya saat suami Mai meninggal secara misterius di apartemen mereka.

9. The Grudge (US)

The Grudge US (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Horror
  • Produksi: Screen Gems
  • Sutradara: Nicolas Pesce
  • Pemain: Andrea Riseborough, John Cho, Demian Bichir

Menjadi salah satu dari rentetan film horror paling menyeramkan versi bacaterus, film The Grudge paling anyar ini juga membuat kita kembali kepada cerita The Grudge versi Jepang yang sudah hits duluan di tahun 2004 silam. Masih menceritakan mengenai kutukan Kayako namun dengan versi yang berbeda. Kini rumah terkutuk itu pindah ke Amerika Serikat.

Seorang detektif bernama Muldoon (Andrea Riseborough) mendapatkan kasus untuk menyelidiki sebuah rumah yang menjadi tempat pembunuhan di sebuah desa pedalaman Amerika Serikat. Ternyata pembunuhan yang dilakukan seorang Ibu bernama Fiona terhadap suaminya, Sam, dan anaknya, Melinda, ini ada kaitannya dengan ritual pemanggilan setan yang saat itu terpanggil adalah arwah Kayako.

SIngkat cerita setelah kasus itu selesai dan rumah itu sudah layak huni, Peter (John Cho) seorang agen real estate membantu tuan tanah untuk menjual rumah tersebut.

Bukannya laku, kini Peter dan istrinya yang sedang mengandung malah dihantui oleh arwah Melinda dan Fiona. Arwah tersebut datang menganggu keluarga Peter mengingat Peter mengusik rumah mereka. Mampukah Peter menghadapi kutukan itu?

10. Ju-On: The Origins

Origin (Copy)

  • Tahun rilis: 2020
  • Genre: Horror
  • Produksi: Netflix
  • Sutradara: Sho Miyake
  • Pemain: Yoshiyoshi Arakawa, Yuina Kuroshima, Ririka

Kembali pada tahun ’90-an ketika rumah di wilayah Nerima, Jepang, menjadi terkutuk karena terbunuhnya Kayako dan Toshiko. Membuat seisi rumah dipenuhi amarah yang berubah menjadi kutukan sehingga siapapun orang yang mengusik rumah tersebut tidak akan pernah keluar lagi hidup-hidup. Dipercaya bagi semua orang namun beberapa lainnya tidak percaya bahkan hendak membeli rumah itu.

Adalah Haruka, seorang aktris baru, setelah kekasihnya berencana untuk membeli rumah itu sebagai mahar perkawinan mereka, Haruka dan kekasihnya Tatsuya malah jadi dihantui oleh arwah perempuan berbaju putih.

Hal-hal aneh itu Haruka ceritakan di sebuah program televisi yang sedang membahas cerita mistis. Salah satu narasumber Yasuo (Yoshiyoshi Arakawa) tertarik dan berniat menginvestigasi cerita itu.

Cerita kemudian berpindah ke sudut pandang dari Kiyomi (Ririka), seorang gadis SMA yang diperkosa oleh Yudai, teman sekolahnya. Mereka lalu menikah dan memiliki anak bernama Toshiki.

Namun pernikahan mereka berantakan. Yudai yang ringan tangan kerap menghajar Kiyomi dan Toshiki. Mundur ke belakang, Kiyomi diperkosa Yudai di rumah terkutuk itu dan Kiyomi sempat kerasukan. Akankah Kayako kembali menebar kutuk dan membunuh mereka semua? Lekas nonton film serinya di Netlix ya! Tapi, kalau mau tahu review filmnya dari kami bisa cek artikel ini.

10 Film Ju-On terbaik diatas itu lah yang bisa membantu kalian untuk lebih mengerti mengapa kutukan tersebut ada begitu juga perkenalan para tokohnya. Meski ada beberapa film yang agak sedikit keluar dari cerita utama, tapi tetap saja cerita itu masih berpusat pada kutukan Kayako. Kenapa hanya 10 dari 13 film yang dipilih? Ini karena film lain memiliki plot yang bergeser sehingga khawatir kalian akan bingung.

Semoga artikel ini membantu kalian jadi lebih dekat dengan hantu Kayako ya! Jangan lupa cek loteng kalian sehabis nonton film ini. Siapa tahu Kayako mampir. Hihihi.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *