bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik John Gallagher Jr, Aktor yang Serba Bisa

John Gallagher Jr adalah seorang musisi dan aktor yang sukses di layar kaca dan di layar lebar. Ia sudah banyak muncul dalam panggung Broadway dan juga di beberapa acara televisi.

Mendengar nama John Gallagher Jr, kita pasti teringat dengan perannya sebagai Aaron Sorkin dalam serial The Newsroom. Selain terkenal sebagai aktor drama, John Gallagher Jr pun muncul di beberapa film horror.

Sebelum ia terjun ke dunia seni peran, John Gallagher Jr aktif bermusik dalam sebuah band. Ia bergabung dalam grup folk-rock bernama Old Spring Pike.

Karir beraktingnya dimulai saat ia bermain dalam Delaware Children’s Theatre sebagai Tom Sawyer muda. Apa saja film-film terbaik John Gallagher Jr? Informasi menariknya bisa kamu temukan di bawah ini.

1. The Best of Enemy

film-john-gallagher-1_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama, History, Biography
  • Produksi: Astute Film, Material Pictures
  • Sutradara: Robin Bissell
  • Pemeran: Taraji P Henson, Sam Rockwell, Wes Bentley

Di daftar pertama, ada film The Best of Enemy yang dibintangi oleh John Gallagher Jr. Dalam film ini ia kebagian lakon sebagai Lee Trombley, seorang veteran perang yang kembali pulang ke kampung halamannya di Amerika dan terlibat dengan orang-orang keturunan Amerika-Afrika.

The Best of Enemy adalah sebuah film yang diangkat dari kisah nyata tentang dua orang yang berasal dari ras yang berbeda. Mereka terlibat perseteruan di tahun 70-an. Di kurun waktu tersebut konflik ras memang sedang memanas di Amerika.

Kisah dalam film ini berfokus pada seorang aktivis HAM, Ann Atwater (Taraji P Henson) yang berseteru dengan CP Ellis (Sam Rockwell), seorang pemimpin Ku Klux Klan. Pertikaian tersebut dipicu oleh adalah rasisme di sebuah sekolah di Durham, California Utara.

2. American Woman

film-john-gallagher-2_
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Drama
  • Produksi: Killer Film
  • Sutradara: Semi Chellas
  • Pemeran: Hong Chau, Sarah Gadon, John Gallagher Jr

Sutradara Semi Chellas mendapuk Hong Chau sebagai pemeran utama dalam film garapannya. Ia memainkan peran sebagai Jenny Shimada, seorang aktivis politik yang setuju merawat tiga orang buronan yang sedang dalam pencarian polisi.

Salah satu buronan tersebut adalah Patty Hearst, cucu dari raja surat kabar yang kaya raya. Ia menjadi pesohor yang diketahui bergabung dengan kelompok revolusioner.

Dalam film ini, John Gallagher Jr berperan sebagai Juan, orang yang bertikai dengan Jenny dan berusaha mengejar wanita beserta tiga buronan yang dijaganya.

3. Peppermint

film-john-gallagher-3_

Tahun 2018, John Gallagher Jr dipertemukan dengan Jennifer Garner dalam film Peppermint. Film dramatis bergenre laga yang emosional ini mengisahkan tentang Riley North (Jennifer Garner), seorang ibu rumah tangga yang balas dendam pada kartel narkoba Diego Garcia (Juan Pablo) karena membunuh suami dan anak perempuannya.

Riley berkelana ke penjuru kota untuk menemukan siapa saja yang terlibat dalam aksi mengerikan itu. Ia berusaha memberikan hukuman yang setimpal atas perbuatan para penjahat itu sebab mereka lolos dari hukuman begitu saja.

Dalam waktu beberapa tahun Riley sudah bertransformasi menjadi seorang wanita ahli bela diri dan jago memainkan senjata. Ia menghabisi anak buah Diego Garcia dengan brutal. FBI menduga bahwa kematian anak buah kartel narkoba tersebut disebabkan ulah Riley yang menghilang bertahun-tahun.

Maka dari itu, mereka mengejar si pelaku pembunuhan. Salah satu agen FBI yang mengejar pembunuh yang diduga Riley itu adalah Detektif Stan Carmichael yang diperankan oleh John Gallagher Jr.

4. Hush

film-john-gallagher-4_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Mystery, Thriller, Slasher
  • Produksi: Blumhouse Production, Intrepid Pictures
  • Sutradara: Mike Flannagan
  • Pemeran: Kate Siegel, John Gallagher Jr, Michael Trucco, Samantha Sloyan

John Gallagher Jr mendapat peran menantang dalam film Hush. Ia berperan sebagai pembunuh bertopeng yang berusaha membunuh Maddie (Kate Siegel). Sebenarnya membunuh Maddie adalah di luar rencananya. Pasalnya ia tidak sengaja bertemu dengan wanita itu ketika sedang melancarkan aksinya membunuh Sarah (Samantha Sloyan).

Dikisahkan Maddie adalah seorang penulis tuna rungu. Ia menyepi ke sebuah rumah di tepi hutan demi bisa merampungkan novel terbarunya. Di sana ia bertemu dengan tetangganya, Sarah, yang merupakan penggemar novel-novel karya Maddie.

Nahas, Sarah tidak pernah pulang kembali sebab ia dibunuh oleh seorang pemuda bertopeng yang membawa pisau.

Malam saat Sarah tewas, Maddie tidak menyadari bahwa pembunuh itu masuk ke rumahnya. Ia yang tidak bisa mendengar apa pun asyik berkegiatan dan menulis tanpa sadar bahwa di belakangnya psikopat itu sudah siap menghujamkan pisau di tangannya ke tubuh Maddie.

Butuh waktu yang cukup lama Maddie menyadari bahwa nyawanya terancam. Maddie harus berusaha menyelamatkan diri dari kejaran si pembunuh brutal yang ingin menghabisi nyawanya. Karena tidak ada orang lain di sekitar rumah itu, Maddie hanya bisa mengandalkan diri dan kecerdikannya untuk bertahan hidup.

5. 10 Cloverfield Lane

film-john-gallagher-5_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Drama, Horror
  • Produksi: Bad Robot Production
  • Sutradara: Dan Trachtenberg
  • Pemeran: John Goodman, Mary Elizabeth Winstead, John Gallagher Jr

10 Cloverfield Lane berkisah tentang perjuangan seorang wanita yang disekap dalam sebuah bunker oleh pria tidak dikenal. Kisah bermula saat Michelle (Mary Elizabeth Winstead) mengalami kecelakaan dan ia siuman sudah dalam keadaan tangan dan kaki terborgol.

Di bunker tersebut ia bertemu dengan Howard (John Goodman) yang mengaku menyelamatkannya dari kecelakan maut itu. Pria gemuk itu bercerita bahwa di luar sedang terjadi perang senjata kimia antara manusia dan alien.

Menurut penuturannya, bunker itu adalah tempat yang paling aman. Di bunker itu, ia bertemu dengan Emmet DeWitt (John Gallagher Jr) yang juga bernasib sama. Serupa dengan Michelle, Emmet juga katanya diselamatkan oleh Howard.

Namun, keduanya tidak percaya kata-kata Howard sampai suatu hari kecurigaan mereka akhirnya terbukti. Howard bukanlah pria baik yang menolong mereka. Sejak saat itu, Emmet dan Michelle berusaha melarikan diri dari bunker itu dan dari Howard.

6. Short Term 12

film-john-gallagher-6_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Drama
  • Produksi: Demarest Film
  • Sutradara: Destin Daniel Cretton
  • Pemeran: Brie Larson, John Gallagher Jr, Kaitlyn Dever, Rami Malek, Lakeith Stanfield

Brie Larson dan John Gallagher Jr berkolaborasi dalam film Short Term 12 sebagai pasangan yang merawat anak-anak di sebuah panti rehabilitasi bernama Short Term 12. Anak-anak yang tinggal di panti mereka kebanyakan adalah anak-anak korban KDRT dan anak-anak yang mengalami gangguan psikis akibat pelecehan.

John Gallagher Jr berperan sebagai Mason, rekan Grace (Brie Larson) menjalankan panti tersebut. Bersama Grace, Mason bertemu dengan berbagai orang yang mengalami rupa-rupa konflik dalam hidupnya.

Ia bertemu dengan Marcus (Keith Stanfield) yang disiksa oleh ibunya sendiri, Jayden (Kaityln Dever) yang punya trauma masa kecil dan anak-anak lain yang sama-sama punya kisah buruk.

7. Broadway Idiot

film-john-gallagher-7_
  • Tahun Rilis: 2013
  • Genre: Documentary, Musical, Music
  • Produksi: -
  • Sutradara: Dough Hamilton
  • Pemeran: John Gallagher Jr, Matt Caplan, Michael Esper, Tony Vincent, Rebecca Naomi Jones, Mary Faber

Broadway Idiot merupakan kisah di balik layar dari proses yang dilalui oleh Billie Joe Armstrong dengan lagu “American Idiot”. Film dokumenter dari grup band ternama Green Day ini mengikuti kisah tiga pemuda, Johnny, will dan Tunny yang berasal dari daerah pinggiran dan mengalami perjalanan hidup yang berliku.

John Gallagher Jr berperan sebagai Johnny, protagonis dalam cerita ini. Ia mengalami banyak kegagalan, penolakan dan kehilangan cinta serta hidup luntang-lantung sebelum akhirnya sukses dengan band-nya.

8. Margaret

film-john-gallagher-8_
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Drama
  • Produksi: Camelot Pictures
  • Sutradara: Kenneth Lonergen
  • Pemeran: Anna Pacquin, J Smith Cameron, Jean Reno, Allison Janney

Margaret adalah sebuah film coming of age terbaik yang mengisahkan tentang pencarian jati diri seseorang. Adalah Lisa Cohen (Anna Pacquin), seorang gadis berusia 17 tahun yang menyaksikan sebuah kasus kecelakaan bus yang menewaskan seorang pejalan kaki.

Kecelakaan tersebut bermula karena Lisa tertarik pada topi koboi yang dimiliki oleh sang sopir bus. Dengan tingkahnya yang genit, Lisa berupaya menggoda sang sopir demi topi koboi tersebut. Namun, rencana tersebut berujung kematian seorang pejalan kaki sebab sang sopir lalai dan menabrak si pejalan kaki.

Kejadian tersebut tidak selesai dengan mudah. Perjalanan Lisa mencari keadilan melawan sang supir yang kabur sangat berliku. Ia banyak mengalami hal-hal yang menjadi titik balik pemikiran dewasanya.

Dalam perjalanan hidup Lisa, Darren Rodifer (John Gallagher Jr) menjadi bagian dari proses pendewasaannya. Ia adalah salah satu pria yang Lisa kencani.

9. Whatever Works

film-john-gallagher-9_
  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Comedy, Romance
  • Produksi: Perdido Production
  • Sutradara: Woody Allen
  • Pemeran: Ed Begley Jr, Patricia Clarkson, Larry David, Conleth Hill

Whatever Works berkisah tentang seorang gadis muda yang jatuh cinta pada pria berumur. Protagonis dalam film ini adalah Melody (Evan Rachel Wood), gadis berusia 21 tahun yang berpikiran sederhana.

Ia kabur dari orang tuanya dan tinggal bersama Boris (Larry David), pria paruh baya yang merupakan seorang pelatih catur yang sinis dan dingin.

Melody kemudian bekerja sebagai penjaga anjing dan ia bertemu dengan Perry Singleton (John Gallagher Jr) dan berkencan dengannya. Dalam waktu singkat, Melody merasa tidak cocok dengan Perry sebab ia punya cara pandangan yang berbeda. Ia melihat dengan Boris-lah ia justru lebih nyambung.

10. Piece of April

film-john-gallagher-10_
  • Tahun Rilis: 2003
  • Genre: Comedy, Drama
  • Produksi: IFC Production
  • Sutradara: Peter Hedges
  • Pemeran: Katie Holmes, Derek Luke, Sean Hayes, Alison Pill, Oliver Platt

Piece of April adalah sebuah film yang berkisah tentang April Burns (Katie Holmes) yang berasal dari keluarga tidak harmonis. Ia tinggal bersama pacarnya Bobby (Derek Luke) di sebuah apartemen kecil di pinggiran kota.

April berusaha untuk memperbaiki hubungan keluarganya dengan berkumpul di acara Thanksgiving. Apalagi hari khusus tersebut bisa jadi hari terakhir bagi Joy, ibunya, berkumpul bersama lantaran sang ibu menderita kanker.

Namun, melihat lingkungan tempat tinggal April, keluarga mereka yang jauh-jauh datang ke New York untuk bertemu dengan April, enggan menginjakan kaki mereka di sana. Setelah insiden emosional dengan saudara-saudara April, Joy, sang ibu akhirnya mau menemui April dan berbaikan dengannya.

Kisah mengharukan tersebut diabadikan oleh Timmy (John Gallagher Jr) lewat kameranya. Sejak keberangkatan, Timmy-lah orang yang rajin memotret momen keluarga mereka.

Itulah 10 film terbaik dari John Gallagher Jr. Selain deretan film-film di atas, sudah banyak judul serial drama yang pernah dibintanginya. Ia juga sudah menjajal berbagai peran berbeda yang semakin membuktikan bahwa ia adalah aktor serba bisa.

Nah, selain pandai berakting, John Gallagher Jr juga pandai menulis lagu. Masa remajanya dihabiskan dengan berlatih berbagai alat musik seperti bass, gitar, harmonika dan drum. Sudah ganteng, dia multitalenta juga. Sudah pernah melihatnya bermain musik dan berakting di film-film di atas?

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram