Bacaterus / Film Jepang / 10 Film Jepang Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

10 Film Jepang Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Maret 2019

Tidak hanya terkenal dengan film horornya, namun film romantis dari negeri sakura pun tidak kalah seru dan menghibur. Selain itu, film Jepang romantis juga tidak kalah dengan film romantis dari Korea yang sekarang sedang ngetrend di kalangan anak muda Indonesia.

Film romantis dari negeri Sakura ini memiliki ruang tersendiri bagi penggemar dunia ‘Jepangan’. Film bergenre romantis ini dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi yang menontonnya. Bahkan dengan alur cerita yang sederhana pun para penonton dapat merasakan hal yang digambarkan pemain dari film tersebut.

Berikut ini beberapa film Jepang romantis yang wajib ditonton kalau sedang merasa jatuh cinta atau bagi Anda yang memang pecinta film romantis.

10 Film Jepang Romantis Terbaik

1. Tada Kimi Wo Aishiteru

Tada Kimi Wo Aishiteru

Ini cerita romantis yang mengharu biru. Bercerita tentang dua orang mahasiswa yang mengalami pertemuan yang cukup unik, yakni di jalan raya. Pertemuan tersebut terjadi ketika Shizuru Satanoka (Aoi Miyazaki) hendak menyebrangi jalan yang menuju ke kampusnya dan Makoto Segawa (hiroshi Tamaki) yang sedang asik memotret.

Pertemuan tersebut membuat keduanya lama-kelamaan menjadi akrab. Hingga suatu saat Shizuru jatuh cinta pada Makoto. Setelah lama mengenal Shizuru, Makoto mengetahui penyakit yang diidap oleh Shizuru. Penyakit langka yang menyebabkan Shizuru tampak seperti anak kecil dan pikiran yang seperti anak kecil pula, padahal sebetulnya ia sudah dewasa.

Suatu saat Shizuru berulang tahun, dan meminta permohonan kepada Makoto yakni untuk menciumnya dalam sebuah foto. Kemudian makoto mengabulkan permohonan tersebut sebagai hadiah untuk Shizuru dan mengabadikannya dalam sebuah foto.

2. Koizora (Sky of Love)

koizora film jepang romantis terbaik

Film Koizora ini diadaptasi dari kisah nyata ini diperankan oleh Haruma Miura (Sakurai Hiroki), Yui Aragaki (Tahara Mika) dan Koide keisuke (Yuu). Film ini menceritakan kisah percintaan yang cukup mengharukan.

Diawali dengan Mika siswi SMA yang jatuh cinta pada seorang laki-laki bernama Hiro yang terlihat nakal karena penampilannya serta gaya rambut blondenya. Mika tidak peduli dengan tanggapan orang lain mengenai hubungan mereka. Mereka tetap menjadi pasangan kekasih.

Demi mendapatkan izin dari kedua orang tua Mika, Hiro kemudian mewarnai rambutnya menjadi hitam. Namun ayah Mika tidak mengizinkan hubungan tersebut. Tapi Hiro tidak putus asa untuk memperjuangkan hubungan mereka.

Sayangnya Mika tidak mengetahui kalau Hiro menderita penyakit Leukimia. Sehingga Hiro memutuskan untuk membuat Mika merasa cemburu, bahkan marah dengan perilakunya. Sehingga Mika dan Hiro tidak pernah saling menghubungi.

3. Taiyou no Uta

Taiyou no Uta

Bagi para penggemar YUI mungkin tidak asing lagi dengan film yang satu ini. Filmnya sendiri dimainkan langsung oleh Yui (Kaouru Amane). Film ini diadaptasi dari sebuah manga dengan judul yang sama.

Kaoru yang mengidap penyakit xeroderma pigmentosum (XP) ini tidak bisa terkena paparan sinar matahari sehingga ia tidak dapat keluar rumah pada siang hari. Kaoru sebenarnya telah lama memperhatikan seorang lelaki yang bernama Kouji Fujishirou (Takashi Tsukamoto).

Suatu saat di malam hari, dengan polosnya Kaoru mengajak lelaki tersebut berkenalan. Di malam hari berikutnya Kaoru yang suka bermain gitar dan membuat lagu ini pergi ke stasiun untuk menyanyikan lagu-lagunya.

Kouji mengajak Kaoru ke Yokohama dengan sepeda motornya karena tempat yang biasanya di tempati Kaoru telah ada yang menempati. Banyak orang yang menyukai lagu-lagu Kaoru, Kouji pun jatuh cinta pada Kaoru.

4. Kimi Ni Todoke

film jepang romantis

Kembali dilatarbelakangi dengan kehidupan anak SMA di Jepang. Mengisahkan kisah percintaan antara seorang gadis bernama Sawako Kunomura (Mikako Tabe) dan Shota Kazehaya (Haruma Miura).

Sawako adalah gadis pintar dan cantik, namun tak ada yang mau berteman dengannya karena ketika kecil ia mirip dengan sadako. Mungkin karena ia memiliki rambut hitam panjang terurai dan selalu menundukkan kepalanya.

Bertolak belakang dengan Kazehaya yang merupakan cowok populer di sekolahnya. Tidak hanya populer, Kazehaya memiliki banyak teman, idaman para gadis, baik, pintar dan juga aktif. Ia pun tidak sombong dan hanya ia yang meu mendekati Sawako. Setelah lama mereka menjadi dekat dan akhirnya jatuh cinta.

5. Cyborg She

Cyborg She

Cyborg She atau My Girlfriend is a Cyborg merupakan film yang dibintangi oleh Koide Keisuke dan Ayase Haruka. Film yang dirilis pada tahun 2008 ini menceritakan seorang mahasiswa bernama Jiro yang selalu hidup sendiri tanpa seorang kekasih.

Namun semua itu berubah ketika ia bertemu dengan seorang wanita cantik yang tak diketahui asalnya. Wanita tersebut kemudian menghilang dan baru muncul kembali satu tahun kemudian. Namun wanita yang muncul itu tidak seperti manusia biasa, karena tingkah lakunya seperti robot.

Namun Jiro yang sudah kepalang jatuh cinta tidak memperdulikannya. Hari demi hari berlalu hingga akhirnya Jiro menyadari jika wanita tersebut adalah robot dengan kekutan super yang dikirim dari masa depan.

6. Rainbow Song

rainbow song

Rainbow Song (Niji no Megami) adalah sebuah film yang menceritakan persahabatan antara Tomoya Kishida (Hayato Ichihara) dan Aoi Sato (Juri Ueno). Keduanya menjadi sahabat secara tidak sengaja karena Tomoya selalu membuntuti Aoi yang merupakan teman dari mantan kekasih Tomoya.

Mereka kemudian sering pergi bersama hingga akhirnya bekerja sama untuk membuat film amatir. Namun di balik persahabatannya tersebut, mereka berdua diam-diam saling mencintai satu sama lain namun tidak ada yang berani mengungkapkannya.

7. The Liar and His Lover

the liar and his lover

The Liar and His Lover menceritakan tentang seorang penulis lirik lagu terkenal yangg keluar dari band-nya karena ia tidak suka musik hanya dijadikan sebagai ladang bisnis. Ia hanya ingin menulis lirik dan bermusik karena passion. Oleh karena itu, ia kemudian hanya menulis lirik lagu saja untuk band tersebut.

Ia kemudian merahasiakan identitasnya, bahkan dengan pacar barunya sendiri. Namun gairahnya untuk bermusik akhirnya muncul kembali ketika mengetahui bahwa pacarnya tersebut memiliki bakat bernyanyi yang luar biasa. Film ini dibintangi oleh Sato Takeru dan Ohara Sakurako.

8. Hanamizuki

Hanamizuki

Siapa sangka cerita cinta ketika remaja bisa begitu pelik seperti dalam film Hanamizuki? Sae dan Kohei menjalin cinta ketika baru lulus SMA. Namun, mereka terpisah karena Sae harus melanjutkan studi di kota. Kohei pun harus merelakan Sae untuk mengejar cita-citanya.

Di kota, Sae menjalin hubungan dekat dengan Junichi. Kohei yang menyusul Sae ke kota mengetahui hubungan Sae dengan Junichi dan marah. Akan tetapi, mereka kembali bersama sampai 4 tahun kemudian Sae mendapat tawaran kerja di luar negeri dan Kohei tidak bisa meninggalkan ibu dan adiknya di desa. Akhirnya, mereka putus dan menjalani hidup masing-masing.

Saat Kohei telah menikah dengan wanita lain dan Sae pun menjadi dekat dengan Junichi, mereka kembali dipertemukan setelah Kohei bercerai dan Junichi meninggal saat berperang. Akhir cerita Hanamizuki ini happy ending meskipun pada awalnya ada banyak konflik yang memisahkan hubungan Sae dan Kohei.

9. Be With You

Be With You

Sebuah film Jepang romantis yang satu ini memiliki cerita yang begitu menyentuh. Seorang anak laki-laki bernama Yuji tinggal berdua dengan ayahnya yang duda karena ibunya meninggal saat melahirkan Yuji. Sejak saat itu Yuji merasa bersalah lantaran karena dirinya-lah sang ibu meninggal.

Suatu saat Yuji dan ayahnya bertemu dengan seorang wanita yang memiliki wajah yang sangat mirip dengan ibunya. Namun yang membuat hal ini terasa aneh, wanita yang serupa dengan ibunya itu seperti kehilangan memori. Siapa sebenarnya wanita tersebut? Bagaimana kelanjutan kisah Yuji setelah bertemu wanita itu? Temukan jawabannya dengan menonton Be With You.

10. Dolls

Dolls

Doll akan membawa kita untuk menjelajahi 3 cerita cinta berbeda, tapi semuanya memiliki benang merah. Film garapan Takeshi Kitano ini menceritakan tentang cinta yang abadi. Cerita pertama datang dari seorang pemuda yang membatalkan pertunangannya dengan sang kekasih lantaran ia harus menikahi putri bosnya.

Sementara cerita kedua menceritakan kisah seorang yakuza yang kembali ke taman tempat ia bertemu kekasihnya dulu, kekasih yang telah lama hilang meninggalkannya. Di cerita ketiga ada kisah seorang pemuda yang sangat memuja bintang pop bernama Haruna, lalu dia membutakan dirinya saat idolanya terlibat dalam sebuah kecelakaan.

Sang sutradara mengemas tiga cerita ini dengan sangat apik dan menarik. Tanpa kita sadari ketiga cerita tersebut memiliki benang merah satu sama lain.

Rekomendasi Film Lainnya

Jika Anda merupakan penikmat film Jepang romantis, maka Anda pasti tidak akan melewatkan 10 film di atas, bukan? Sebagai tambahan referensi, berikut ini adalah 5 film Jepang romantis lainnya yang bisa Anda tonton selanjutnya.

11. Paradise Kiss

Paradisse Kiss

Film yang diadaptasi dari komik dengan judul yang sama ini dimainkan dengan tokoh utama Yukari Hayasaka sebagai Keiko Kitagawa dan Osamu Mukai sebagai George Koizumi. Keiko adalah seorang murid SMA yang hidupnya dipenuhi dengan belajar dan belajar. Tidak ada waktunya untuk bersenang-senang layaknya siswi SMA pada umumnya. Hal ini semua disebabkan karena keinginan ibunya.

Namun suatu saat ia bertemu dengan George yang mengubah kehidupannya. George adalah seorang desainer sekolah tingkat tiga. Yukari kerap kali ketakutan ketika bertemu dengan George.

Kemudian Yukari menjadi model untuk rancangan busana yang dibuat oleh George. Ibu Yukari sempat menentang dengan keputusan Yukari untuk menjadi model. Namun akhirnya Ibunya pun menyetujuinya. Yukari dan George pun akhirnya jatuh cinta. Namun mereka harus berpisah akibat dari kontes terakhir yang George ikuti hanya menjadi juara kedua.

12. The Girl In The Sun

The girl in the sun

Film Jepang romantis yang berikutnya masih mengusung alur cerita mengenai cinta pertama di masa sekolah. Mao dan Kosuke adalah sepasang remaja yang menjalin cinta, tapi karena Kosuke harus pindah sekolah maka ia meninggalkan Mao. Singkatnya, 10 tahun kemudian mereka dipertemukan kembali dan akhirnya mereka memutuskan untuk menikah.

Semua hal berjalan dengan indah sampai muncul sebuah tragedi dan Mao menghilang setelah tragedi tersebut. Sampai akhirnya Kosuke memutuskan untuk pergi ke sebuah tempat yang menjadi kenangan dia dan Mao. Kosuke merasa ingin mencari tahu apa rahasia yang sebenarnya disimpan oleh Mao yang tidak ia ketahui sebelumnya.

13. Su-ki-da

Su-ki-da

Dewasa ini, sudah banyak film drama Jepang yang mengangkat kisah romantisme remaja. Su-ki-da adalah salah satu film Jepang romantis yang menghadirkan cerita cinta remaja yang ringan, tetapi mampu memainkan emosi penontonnya.

Su-ki-da bercerita mengenai seorang gadis berusia 17 tahun bernama Yu Hirahara yang diam-diam menyukai teman sekelasnya, Yosuke Fuji.Diam-diam Yu selalu memperhatikan Yosuke memainkan gitarnya sambil bernyanyi di tepi sungai.

Di sisi lain, Yu memiliki seorang kakak perempuan yang kekasihnya baru saja meninggal. Setiap kali bertemu dengan Yu, Yosuke selalu menanyakan keadaan kakak Yu.

Awalnya Yu tidak menaruh curiga, tetapi setelah ia menyadari bahwa kakaknya sudah kembali ceria, ia pun menyadari bahwa Yosuke menyukai kakaknya, pun begitu dengan kakaknya. Yu dihadapkan dalam sebuah dilema untuk mengorbankan hatinya atau kebahagiaan sang kakak.

14. Love Letter

Love Letter

Love Letter adalah sebuah film Jepang romantis yang dirilis pada tahun 1995 dan merupakan satu dari sekian banyak film bertema cinta yang layak untuk ditonton. Plot Love Letter menceritakan pasangan kekasih Itsuki dan Hiroko. Kehidupan mereka bahagia sampai suatu ketika Itsuki kecelakaan dan meninggal dunia.

Tahun berganti tahun Hiroko masih belum mampu melupakan Itsuki. Suatu ketika ia mengunjungi makam Itsuki dan bertemu dengan Ibu Itsuki. Kerinduan Hiroko semakin besar tatkala Ibu Itsuki mengajak Hiroko mampir ke rumahnya. Banyak kenangan yang ditinggalkan Itsuki di kamarnya.

Sampai suatu ketika Hiroko menulis surat kepada Itsuki untuk menumpahkan kerinduannya. Betapa kagetnya Hiroko ketika surat itu mendapat balasan dari orang yang mengaku bernama Itsuki. Hiroko sempat menyangka bahwa surat itu dibalas oleh Itsuki dari alam yang berbeda, tetapi nyatanya si pembalas surat itu adalah seseorang dari masa lalu Hiroko dan Itsuki.

15. My Rainy Days

Rainy Days

Jika Anda melihat film My Rainy Days, mata Anda pasti akan dimanjakan dengan penampilan pemerannya yang cantik-cantik dan tampan-tampan. Selain itu, My Rainy Days mengangkat sebuah cerita yang umum terjadi di kehidupan sehari-hari sehingga alurnya lebih ringan dan tidak membosankan.

Kisah bermula dari seorang gadis bernama Rio Ozawa yang terpaksa menjadi wanita penghibur untuk membiayai sekolahnya. Ketika Rio sudah menikmati pekerjaannya, ia harus menerima kenyataan bahwa ia sedang hamil tanpa diketahui siapa ayah bayi dalam kandungannya itu. Teman-temannya menyarankan Rio untuk menggugurkan kandungan di sebuah rumah sakit.

Tanpa ia duga, di sana Rio bertemu dengan Kouki Ozawa, pria dingin yang divonis hidupnya hanya tinggal beberapa tahun saja lantaran mengidap tumor. Dari situlah kedua insan tersebut mulai dekat dan belajar menerima kenyataan hidup dengan lebih tegar. Di bawah rinai hujan yang membasahi kota, kisah cinta mereka berjalan dengan menemui berbagai rintangan.

16. Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso

Shigatsu wa Kimi no Uso merupakan salah satu film live action dari sebuah anime dengan judul yang sama. Tak kalah seru dan romantisnya dengan film lainnya, Shigatsu wa Kimi no Uso cukup bisa bikin penontonnya baper. Bukan hanya ceritanya, bahkan pemainnya pun bikin penonton terpesona, Kento Yamazaki yang berduet dengan Suzu Hirose dan Anna Ishii.

Dikisahkan, Kosei Arima (Kento Yamazaki) seorang pianis handal berkat dukungan sang ibu. Namun, dukungan tersebut lenyap ketika sang ibu menjemput ajalnya. Kosei merasa putus asa dan tidak bisa melanjutkan sebagai pianis. Hingga suatu hari, ia bertemu dengan Kaori Miyazono (Suzu Hirose) teman masa kecilnya.

Melalui Kaori, Kosei pun mengenal teman Kaori bernama Tzubaki Sawabe (Anna Ishii) yang punya kepribadian ceria dan selalu riang. Berkat pertemuan Kosei dengan Tzubaki, akhirnya Kosei pun mulai berani untuk bermain piano lagi. Tapi belum selesai sampai di situ, karena ternyata Tzubaki punya rahasia pribadi yang akan diungkap di akhir cerita.

17. Let Me Eat Your Pancreas

Let Me Eat Your Pancreas

Memang, film live action dari anime dengan judul yang sama ini bisa dibilang romantis. Hanya saja, saat Anda menontonnya harus menyiapkan banyak tisu, ya! Pasalnya, Let Me Eat Your Pancreas cukup menyayat hati penonton dengan kisah cinta antara “I” dan wanitanya, Sakura Yamauchi.

Karakter yang digambarkan sebagai “I” ini punya kisah romantis dengan Sakura. Sayangnya, keromantisan mereka harus berakhir karena Sakura mengidap penyakit yang menyerang pankreasnya. Hingga bertahun-tahun kemudian, karakter “I” masih mengenang Sakura sebagai cinta sejatinya. Akankah “I” bisa move on atau justru larut dalam cintanya dengan Sakura?

18. I Give My First Love to You

I Give My First Love to You

Lagi, film Jepang yang romantis ini merupakan adapatasi dari anime dengan judul yang sama. I Give My First Love to You memberikan efek yang bikin baper kepada penontonnya dengan lika-liku romansa antara Mayu dan Takuma. Dikisahkan, Takuma cukup putus asa akibat penyakit yang menyerangnya. Bahkan, ia divonis tidak akan hidup lama.

Di sisi lain, ada seorang gadis bernama Mayu yang sangat menyayangi dan mencintai Takuma dengan tulus. Mayu juga tidak pernah kendor untuk selalu menyemangati Takuma. Sayangnya, pikiran Takuma berbeda. Ia mulai menjauhi Mayu karena tidak mau melihat wanitanya menangis.

Mayu yang mulai merasa dijauhi, akhirnya ia didekati oleh seorang pria dan membuat hati Mayu goyah. Tak hanya itu, di rumah sakit pun ternyata Takuma dipertemukan seorang gadis yang punya penderitaan yang sama dengannya. Akankah rasa cinta antara Mayu dan Takuma berubah?

Itulah beberapa film Jepang romantis yang bisa mengaduk-aduk perasaan Anda ketika menontonnya.  Jika belum pernah menonton film tersebut, tontonlah karena ceritanya juga bagus. Jika ada rekomendasi film bergenre romantis lainnya dari negeri Sakura, silahkan ceritakan kepada kami pada kolom komentar di bawah.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

17 pemikiran pada “10 Film Jepang Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton”

  1. Postnya keren tapi mengandung banyak spoiler. Lebih bagus kalau review di buat biar pembaca penasaran dan bakalan nonton itu untuk tahu ceritanya 🙂

  2. akak tanya ya, Apa hukum menonton film dalam agama dan khusnya film jepang berbau roman?

  3. Shigatsu wa Kimi no Uso (Your Lie in April), pasti bikin baper T.T

  4. Hmm ngebahas jpang y…..klo gw sih lbih suka anime ny….mnurut gw anime ny lbih krasa romance ny

  5. min, request 10 film terbaik indonesia dari berbagai genre donk. terima kasih…

  6. I want eat your pancreas kok ngak ada min ITU paling Sedih min,coba lihat min filmnya

    • Terima kasih atas masukannya. 🙂

  7. Btw post yg your liefl ini April salah tuh,harusnya Kaori bkn tsubaki

Tinggalkan komentar