bacaterus web banner retina

15 Film Jepang Romantis Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Tidak hanya terkenal dengan film horornya, namun film romantis dari negeri sakura pun tidak kalah seru dan menghibur. Selain itu, film Jepang romantis juga tidak kalah dengan film romantis dari Korea yang sekarang sedang ngetrend di kalangan anak muda Indonesia.

Film romantis dari negeri Sakura ini memiliki ruang tersendiri bagi penggemar dunia ‘Jepangan’. Film bergenre romantis ini dapat meninggalkan kesan tersendiri bagi yang menontonnya. Bahkan dengan alur cerita yang sederhana pun para penonton dapat merasakan hal yang digambarkan pemain dari film tersebut.

Berikut ini beberapa film Jepang romantis yang wajib ditonton kalau sedang merasa jatuh cinta atau bagi kamu yang memang pecinta film romantis.

1. What Did You Eat Yesterday? [2021]

film jepang romantis terbaik_What Did You Eat Yesterday_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Food, Comedy, Romance, Life
  • Produksi: Toho
  • Sutradara: Kazuhito Nake
  • Pemeran: Nishijima Hidetoshi, Uchino Seiyou

Film ini merupakan film adaptasi dari seri manga dengan judul yang sama karya Yoshinaga Fumi. Film ini menceritakan tentang dua orang laki-laki yang berpacaran bernama Kakei Shiro dan Yabuki Kenji.

Shiro, seorang laki-laki yang berusia 45 tahun bekerja sebagai pengacara di sebuah instansi kecil. Disamping pekerjaannya sebagai seorang pengacara, Shiro dikenal sebagai orang yang pandai memasak, teliti dan juga hemat.

Shiro selalu membuat anggaran makanan bulanan hingga 25.000 yen. Shiro selalu pulang tepat waktu dari kantor dan biasanya mampir ke supermarket terdekat yang sedang mengadakan diskon.

Sementara pasangannya, Kenji, berusia lima tahun lebih muda dari Shiro. Ia merupakan seorang penata rambut yang baik hati. Mereka berdua tinggal di apartemen yang sama dan selalu makan bersama setiap harinya di apartemen mereka.

Shiro dan Kenji telah menjalin hubungan selama tiga tahun. Sebenarnya, orang tua Shiro tahu kalau anaknya adalah seorang gay. Tapi, Shiro tidak pernah mengungkapkan fakta kepada siapa pun kalau dia adalah seorang gay dan berpacaran dengan Kenji.

2. Life: Love on the Line [2020]

film jepang romantis terbaik_Life Love on the Line Director's Cut_

Film ini merupakan film adaptasi dari seri BL (Boys Love) manga populer dengan judul yang sama dan dirilis pada tahun 2017. Film ini dikenal juga dengan judul Life: Senjou no Bokura: Director’s Cut. Filmnya sendiri fokus pada kisah dua orang laki-laki remaja SMA bernama Ito dan Nishi.

Suatu ketika sepulang sekolah, Ito melihat Nishi di arah yang berlawanan. Ito langsung jatuh cinta pada pandangan yang pertama kepada Nishi. Pada hari berikutnya, Ito dan Nishi kembali bertemu di sebuah trotoar tempat pertama kali bertemu.

Hubungan Ito dan Nishi perlahan-lahan semakin berkembang. Hingga suatu ketika, Ito tiba-tiba mencium Nishi yang ternyata memiliki perasaan yang sama dengan dirinya.

Hubungan antara Ito dan Nishi bertahan hingga mereka beranjak dewasa dan mereka pun harus menghadapi tantangan hidup baru yang menguji kisah cinta mereka berdua.

3. Love Letter [1995]

film jepang romantis terbaik love letter
  • Tahun Rilis: 1995
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Fuji TV Network
  • Sutradara: Shunji Iwai
  • Pemeran: Miho Nakayama, Etsushi Toyokawa, Bunjaku Han, Takashi Kashiwabara

Love Letter adalah sebuah film Jepang romantis yang dirilis pada tahun 1995 dan merupakan satu dari sekian banyak film bertema cinta yang layak untuk ditonton. Plot Love Letter menceritakan pasangan kekasih Itsuki (Takashi Kashiwabara) dan Hiroko (Miho Nakayama). Kehidupan mereka bahagia sampai suatu ketika Itsuki kecelakaan dan meninggal dunia.

Tahun berganti tahun Hiroko masih belum mampu melupakan Itsuki. Suatu ketika ia mengunjungi makam Itsuki dan bertemu dengan Ibu Itsuki. Kerinduan Hiroko semakin besar tatkala Ibu Itsuki mengajak Hiroko mampir ke rumahnya. Banyak kenangan yang ditinggalkan Itsuki di kamarnya.

Sampai suatu ketika Hiroko menulis surat kepada Itsuki untuk menumpahkan kerinduannya. Betapa kagetnya Hiroko ketika surat itu mendapat balasan dari orang yang mengaku bernama Itsuki. Hiroko sempat menyangka bahwa surat itu dibalas oleh Itsuki dari alam yang berbeda, tetapi nyatanya si pembalas surat itu adalah seseorang dari masa lalu Hiroko dan Itsuki.

4. Be With You [2004]

be with you
  • Tahun Rilis: 2004
  • Genre: Drama, Romance, Fantasy
  • Produksi: TBS, Toho Company
  • Sutradara: Nobuhiro Doi
  • Pemeran: Akashi Takei, Shido Nakamura, Yuko Takeuchi

Sebuah film Jepang romantis yang satu ini memiliki cerita yang begitu menyentuh. Seorang anak laki-laki bernama Yuji (Akashi Takei) tinggal berdua dengan ayahnya yang duda karena ibunya meninggal saat melahirkan Yuji. Sejak saat itu Yuji merasa bersalah lantaran karena dirinya-lah sang ibu meninggal.


Suatu saat Yuji dan ayahnya bertemu dengan seorang wanita yang memiliki wajah yang sangat mirip dengan ibunya. Namun yang membuat hal ini terasa aneh, wanita yang serupa dengan ibunya itu seperti kehilangan memori. Siapa sebenarnya wanita tersebut? Bagaimana kelanjutan kisah Yuji setelah bertemu wanita itu? Temukan jawabannya dengan menonton Be With You.

5. Dolls [2002]

film jepang romantis terbaik dolls
  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Bandai Visual Company, Office Kitano
  • Sutradara: Takeshi Kitano
  • Pemeran: Miho Kanno, Hidetoshi Nishijima, Tatsuya Mihashi

Dolls akan membawa kita untuk menjelajahi 3 cerita cinta berbeda, tapi semuanya memiliki benang merah. Film garapan Takeshi Kitano ini menceritakan tentang cinta yang abadi. Cerita pertama datang dari seorang pemuda yang membatalkan pertunangannya dengan sang kekasih lantaran ia harus menikahi putri bosnya.

Sementara cerita kedua menceritakan kisah seorang yakuza yang kembali ke taman tempat ia bertemu kekasihnya dulu, kekasih yang telah lama hilang meninggalkannya. Di cerita ketiga ada kisah seorang pemuda yang sangat memuja bintang pop bernama Haruna, lalu dia membutakan dirinya saat idolanya terlibat dalam sebuah kecelakaan.

Sang sutradara mengemas tiga cerita ini dengan sangat apik dan menarik. Tanpa kita sadari ketiga cerita tersebut memiliki benang merah satu sama lain.

6. My Tomorrow, Your Yesterday [2016]

film jepang romantis terbaik_My Tomorrow, Your Yesterday_
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Romance, Youth, Sci-Fi
  • Produksi: Toho
  • Sutradara: Miki Takahiro
  • Pemeran: Fukushi Sota, Komatsu Nana

Film ini merupakan film adaptasi dari novel dengan judul Boku wa Ashita, Kinou no Kimi to Date Suru karya Takafumi Natsuki. Filmnya mengikuti kisah seorang laki-laki bernama Takatoshi Minamiyama dan seorang wanita bernama Emi Fukuju.

Takatoshi merupakan mahasiswa jurusan seni di sebuah universitas yang ada di Kyoto. Suatu ketika saat ia sedang berangkat menuju ke kampus, di dalam kereta ia melihat seorang Emi dan langsung jatuh cinta pada pandangan pertama.

Takatoshi mencoba mengumpulkan keberaniannya dan mulai mengajak Emi berbincang. Tak lama, Takatoshi dan Emi mulai berpacaran. Mereka berdua menikmati hari-hari yang bahagia bersama. Hingga suatu ketika Emi mengungkapkan sebuah rahasia kepada Takatoshi.

7. Tada Kimi Wo Aishiteru [2006]

Tada Kimi Wo Aishiteru
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Avex Entertainment, IMJ Entertainment
  • Sutradara: Takehiko Shinjo
  • Pemeran: Hiroshi Tamaki , Aoi Miyazaki, Keisuke Koide

Ini cerita romantis yang mengharu biru. Bercerita tentang dua orang mahasiswa yang mengalami pertemuan yang cukup unik, yakni di jalan raya. Pertemuan tersebut terjadi ketika Shizuru Satanoka (Aoi Miyazaki) hendak menyeberangi jalan yang menuju ke kampusnya dan Makoto Segawa (hiroshi Tamaki) yang sedang asik memotret.

Pertemuan tersebut membuat keduanya lama-kelamaan menjadi akrab. Hingga suatu saat Shizuru jatuh cinta pada Makoto. Setelah lama mengenal Shizuru, Makoto mengetahui penyakit yang diidap oleh Shizuru. Penyakit langka yang menyebabkan Shizuru tampak seperti anak kecil dan pikiran yang seperti anak kecil pula, padahal sebetulnya ia sudah dewasa.

Suatu saat Shizuru berulang tahun, dan meminta permohonan kepada Makoto yakni untuk menciumnya dalam sebuah foto. Kemudian makoto mengabulkan permohonan tersebut sebagai hadiah untuk Shizuru dan mengabadikannya dalam sebuah foto.

8. Your Eyes Tell [2020]

film jepang romantis terbaik_Your Eyes Tell_

Film ini merupakan sebuah remake dari film Korea yang berjudul Always (2011). Kalau kamu pernah menonton film versi Koreanya, pasti sudah tidak asing dengan jalan ceritanya. Siap-siap untuk dibuat terharu ya.

Film ini mengikuti kisah cinta antara Kaori dan Rui. Kaori adalah seorang wanita yang kehilangan penglihatan dan keluarganya dalam sebuah kecelakaan. Kaori berjuang untuk hidup bahagia sambil menikmati hal-hal kecil dalam hidupnya.

Sementara Rui adalah seorang mantan kickboxer handal. Tapi, karena sesuatu terjadi di masa lalunya, ia kehilangan masa depannya sebagai seorang kickboxer. Kaori dan Rui bertemu karena kesalahpahaman kecil. Keduanya pun mulai saling berbincang dan perlahan tertarik satu sama lain.

Kemudian Rui mengetahui tentang kecelakaan yang terjadi pada Kaori di masa lalu. Lantas, Rui memutuskan untuk membantu Kaori agar bisa melihat kembali. Tapi setelahnya, apakah mereka berdua masih bisa hidup bahagia bersama?

9. His [2020]

film jepang romantis terbaik_His_

Film ini menceritakan kisah cinta laki-laki sesama jenis atau BL. Sepasang kekasih sesama jenis ini bernama Shun dan Nagisa. Mereka berdua pertama kali bertemu dan jatuh cinta saat masih SMA.

Namun, kisah cinta keduanya harus berakhir saat Shun lulus kuliah. Nagisa mengatakan kalau mereka tidak memiliki masa depan dan hubungan mereka pun berakhir, meski sama-sama masih saling menyukai.

Bertahun-tahun berlalu, Shun kini telah memiliki sebuah toko di daerah pedesaan tempatnya tinggal. Sementara Nagisa telah memiliki anak gadis yang berusia enam tahun. Tiba-tiba Nagisa dan putrinya, Sora, muncul di hadapan Shun. 

Shun menyadari kalau ia masih menyukai Nagisa. Tapi, mampukah Nagisa berdamai dengan perasaannya pada Shun?

10. Rainbow Song [2006]

film jepang romantis terbaik rainbow song
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Amuse Soft Entertainment
  • Sutradara: Naoto Kumazawa
  • Pemeran: Hayato Ichihara, Juri Ueno, Yu Aoi

Rainbow Song (Niji no Megami) adalah sebuah film yang menceritakan persahabatan antara Tomoya Kishida (Hayato Ichihara) dan Aoi Sato (Juri Ueno). Keduanya menjadi sahabat secara tidak sengaja karena Tomoya selalu membuntuti Aoi yang merupakan teman dari mantan kekasih Tomoya.

Mereka kemudian sering pergi bersama hingga akhirnya bekerja sama untuk membuat film amatir. Namun di balik persahabatannya tersebut, mereka berdua diam-diam saling mencintai satu sama lain namun tidak ada yang berani mengungkapkannya.

11. Restart After Come Back Home [2020]

film jepang romantis terbaik_Restart After Come Back Home_
  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Romance, Drama
  • Produksi: Canter
  • Sutradara: Inoue Ryuta
  • Pemeran: Furukawa Yuki, Ryusei Ryo

Film ini diadaptasi dari manga karya Cocomi dengan judul Restart wa Tadaima no Atode. Adalah Mitsuomi Kozuka, seorang laki-laki yang berhenti dari pekerjaannya di Tokyo. Kemudian ia memutuskan untuk kembali ke kampung halamannya. Setelah 10 tahun, untuk pertama kalinya ia kembali pulang ke sana.

Sesampainya di kampung halamannya, Kozuka bertemu dengan seorang laki-laki bernama Kumai. Kumai merupakan anak angkat dari seorang pemilik peternakan di dekat rumah orang tua Kozuka. 

Kozuka dan Kumai pun perlahan menjadi teman baik setelah Kumai membujuk Kozuka untuk membantu di pertanian. Tapi, suatu malam, Kozuka tiba-tiba mencium Kumai yang sedang tertidur. Hubungan mereka berdua pun mulai berubah.

12. We Made a Beautiful Bouquet [2021]

film jepang romantis terbaik_We Made a Beautiful Bouquet_
  • Tahun Rilis: 2021
  • Genre: Romance, Life, Drama
  • Produksi: Tokyo Theatres, Little More
  • Sutradara: Doi Nobuhiro
  • Pemeran: Masaki Suda, Arimura Kasumi

Film ini dikenal juga dengan judul Loved Like a Flower Bouquet, sedangkan dalam bahasa Jepang film ini dikenal dengan judul Hanataba Mitai na Koi wo Shita. Film ini mengikuti kisah seorang pria bernama Yamane Mugi dan seorang wanita bernama Hachiya Kinu.

Film ini menceritakan kisah cinta romantis yang cukup realistis. Yamane Mugi dan Hachiya Kinu sama-sama berusia 22 tahun. Mereka bertemu di sebuah stasiun Meidaimae, Tokyo, setelah ketinggalan kereta terakhir mereka. Hubungan keduanya perlahan berkembang secara romantis, tapi akankah hubungan antara keduanya bisa bertahan lama?

13. Taiyou no Uta [2006]

film jepang romantis terbaik midnight sun
  • Tahun Rilis: 2006
  • Genre: Drama, Romance
  • Produksi: Geneon Entertainment, Nippon Shuppan Hanbai K.K.
  • Sutradara: Norihiro Koizumi
  • Pemeran: Yui, Takashi Tsukamoto, Eri Fuse

Bagi para penggemar YUI mungkin tidak asing lagi dengan film yang satu ini. Filmnya sendiri dimainkan langsung oleh Yui (Kaouru Amane). Film ini diadaptasi dari sebuah manga dengan judul yang sama.

Kaoru yang mengidap penyakit xeroderma pigmentosum (XP) ini tidak bisa terkena paparan sinar matahari sehingga ia tidak dapat keluar rumah pada siang hari. Kaoru sebenarnya telah lama memperhatikan seorang lelaki yang bernama Kouji Fujishirou (Takashi Tsukamoto).

Suatu saat di malam hari, dengan polosnya Kaoru mengajak lelaki tersebut berkenalan. Di malam hari berikutnya Kaoru yang suka bermain gitar dan membuat lagu ini pergi ke stasiun untuk menyanyikan lagu-lagunya.

Kouji mengajak Kaoru ke Yokohama dengan sepeda motornya karena tempat yang biasanya di tempati Kaoru telah ada yang menempati. Banyak orang yang menyukai lagu-lagu Kaoru, Kouji pun jatuh cinta pada Kaoru.

14. Little DJ [2007]

film jepang romantis terbaik_Little DJ_
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Romance, Life, Drama
  • Produksi: DesperaDo
  • Sutradara: Nagata Koto
  • Pemeran: Kamiki Ryunosuke, Fukuda Mayuko

Film ini mengikuti kisah manis seorang wanita bernama Tamaki yang bekerja sebagai seorang produser radio acara musik pada malam hari. Namun karena acaranya sepi, Tamaki mengambil cuti selama sebulan. Kemudian, Tamaki mengingat kembali seorang anak laki-laki yang menginspirasinya untuk menjadi seorang produser acara radio.

Suatu ketika, saat Tamaki masih menjadi siswa SMP, ia mengalami kecelakaan mobil dan dirawat di rumah sakit. Disana, ia bertemu dengan seorang anak laki-laki bernama Taro yang berusia satu tahun lebih muda dari Tamaki.

Taro menyukai baseball dan senang jika membuat orang lain senang. Taro juga menjadi seorang DJ saat jam makan siang di rumah sakit. Tamaki dan Taro perlahan semakin dekat dan mulai mengembangkan perasaan mereka satu sama lainnya.

15. Chihayafuru: Musubi [2018]

film jepang romantis terbaik_Chihayafuru Musubi_
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Comedy, Drama, Romance, Sport
  • Produksi: Toho
  • Sutradara: Koizumi Norihiro
  • Pemeran: Suzu Hirose, Shuhei Nomura, Mackenyu

Film ini diadaptasi dari seri manga terkenal dengan judul yang sama. Sebenarnya ceritanya lebih fokus pada permainan karuta (permainan kartu khas Jepang), dengan diselingi kisah comedy dan romance.

Ceritanya sendiri mengikuti kisah seorang gadis SMA bernama Chihaya yang sangat tergila-gila dengan permainan karuta. Bahkan, Chihaya bercita-cita untuk memiliki gelar queen (gelar master karuta bagi perempuan).

Awalnya, Chihaya belajar karuta dari teman laki-laki masa kecilnya yang bernama Arata. Kemudian bersama teman laki-laki satunya lagi yang bernama Taichi, Chihaya bermimpi untuk membuat tim karuta terbaik di Jepang. Chihaya mulai bingung ketika Arata menyatakan perasaannya sementara teman setimnya, Taichi, memutuskan untuk berhenti bermain karuta.

Itulah beberapa film Jepang romantis yang bisa mengaduk-aduk perasaanmu ketika menontonnya. Jika belum pernah menonton film tersebut, tontonlah karena ceritanya juga bagus. Jika ada rekomendasi film bergenre romantis lainnya dari negeri Sakura, silakan ceritakan kepada kami pada kolom komentar di bawah.

cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram