Bacaterus / Film Jepang / 10 Film School Comedy Jepang yang Kocak dan Menghibur

10 Film School Comedy Jepang yang Kocak dan Menghibur

Ditulis oleh - Diperbaharui 25 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Jepang memiliki beragam genre film yang pastinya setiap orang memiliki genre favorit masing-masing. Dari yang terkenal dengan cerita gangster atau yakuza, film dengan bertemakan horor sampai dengan kisah percintaan.

Film Jepang yang bertemakan komedi pun tak kalah banyak penggemarnya. Karena ceritanya yang kebanyakan ringan dan bisa menghibur para penontonnya. Tema film komedi pun banyak jenisnya, salah satunya school comedy.

Film yang bertemakan school comedy ini umumnya menceritakan kisah para siswa di sekolah dengan keseharian mereka yang tentunya akrab dengan keseharian juga tingkah konyolnya.

Jika kamu sedang butuh tontonan yang ringan, berikut ini Bacaterus telah merangkum 10 film bertemakan school comedy yang kocak dan dapat menghibur kamu.

1. Lovely Complex (2006)

Lovely Complex

* sumber: blog.livedoor.jp

Film Lovely Complex diangkat berdasarkan manga terlaris karya Aya Nakahara dengan judul yang sama. Film yang berpusat pada dua orang siswa di SMA bernama Risa Koizumi (Fujisawa Ema) dan Otani Atsushi (Koike Teppei).

Risa merupakan seorang gadis tertinggi di kelasnya dan tingginya jauh diatas rata-rata gadis seusianya. Berkebalikan dengan Otani, ia merupakan laki-laki terpendek diatas rata-rata laki-laki seusianya.

Memiliki perbedaan tinggi yang cukup jauh, tak jarang membuat mereka sering saling ejek dan bertengkar. Karena hal tersebut, mereka dijuluki duo lawak hanshin-kyojin oleh teman-teman sekelasnya.

Masalah tinggi badan yang membuat mereka merasa sulit untuk mendapatkan kekasih hingga mereka melakukan taruhan untuk mendapatkan kekasih. Namun, dibalik semua itu tingkah konyol dari Risa dan juga Otani ini bisa menghibur kamu.

2. Ouran High School Host Club the Movie (2012)

Ouran High School Host Club the Movie

Bagi pecinta J-drama pasti kenal dengan serial Ouran High School Host Club. Tidak hanya sukses dengan serial dramanya, tapi di anime dan juga manganya. Film Ouran High School Host Club The Movie merupakan lanjutan dari cerita dari dramanya.

Sama dengan kisah di dramanya, dengan enam anggota laki-laki dan juga Haruhi (Kawaguchi Haruna) yang menyamar menjadi laki-laki dan terpaksa menjadi anggota klub Ouran demi melunasi hutangnya.

Di film ini menampilkan pemeran baru Michelle (Shinoda Mariko) murid pindahan dari Singapura dan juga aktor Korea Nickhun sebagai Monaru Lawrence Shin. Kehadiran Michelle cukup membuat sikap Tamaki (Yusuke Yamamoto) berubah.

Tingkah konyol dari para anggota ouran host club juga adegan komedi yang dibalut lebay ini sangat menghibur para penontonnya dari awal sampai akhir.

3. Daily Live of High School Boys (2013)

Daily Live of High School Boys

Film ini merupakan adaptasi dari manga berjudul Danshi Koukousei no Nichijou. Setelah animenya yang sukses menghibur para penggemarnya, filmnya pun tak kalah menghibur penontonnya.

Film yang menceritakan seputar kehidupan keseharian siswa SMA di sekolah khusus laki-laki dan fokus pada tiga sahabat laki-laki Tadakuni (Masaki Suda), Yoshitake (Shuhei Nomura) dan Hidenori (Ryo Yoshizawa) yang tingkahnya seringkali konyol.

Sama halnya seperti di dalam manga maupun anime, para laki-laki ini sulit untuk berkomunikasi dengan wanita. Hingga suatu ketika, kepala sekolah memutuskan untuk mengadakan bunkasai atau festival kesenian sekolah gabungan dengan sekolah khusus wanita agar lebih ramai.

4. Setoutsumi (2016)

Setoutsumi

* sumber: madmovieman.com

Film yang diadaptasi dari manga karya Konomoto Kazuya dengan judul yang sama. Film ini menceritakan kisah kehidupan dua siswa SMA dari daerah Kansai. Di film ini kalian akan mendengarkan bahasa Jepang full dalam dialek atau logat daerah Kansai.

Seto (Masaki Suda) dan Utsumi (Ikematsu Sosuke) merupakan dua sahabat yang memiliki kehidupan sekolah yang normal. Biasanya mereka akan menghabiskan waktu sepulang sekolah di pinggiran sungai untuk sekedar berbincang.

Kepribadian Seto dan Utsumi yang bertolak belakang, mereka sering berbagi pengalaman dalam kehidupannya masing-masing. Mereka juga sangat menikmati perbincangannya yang terkesan bodoh dan tak lazim.

Perbincangan sederhana yang nyeleneh dan konyol tersebut justru lebih asik ketimbang ketika mereka di sekolah dan perbincangan ini juga yang akan membuat kamu tertawa terpingkal-pingkal.

5. Teiichi’s Country (2017)

Teiichi’s Country

Film ini merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama atau dalam Bahasa Jepangnya dikenal dengan Teiichi no Kuni karya Usamaru Furuya.

Film ini berpusat pada karakter Teiichi Akaba (Masaki Suda) merupakan salah satu siswa dari sekolah tinggi Kaitei. Teiichi, siswa yang memiliki ambisi menjadi perdana menteri dan menciptakan negerinya sendiri di masa mendatang.

Banyak alumni dari sekolah tersebut yang memiliki koneksi yang kuat di dunia politik dan keuangan. Namun untuk menjadi bagian dari kabinet di masa depan, para siswa harus bersaing agar bisa menjadi ketua OSIS untuk mendapatkan hak istimewa tadi.

Demi mewujudkan impiannya tersebut, Teiichi bertekad untuk menjadi ketua OSIS di SMA. Teiichi melakukan berbagai cara untuk menjadi ketua OSIS. Tingkah dari Teiichi yang kocak ini akan sangat menghibur kamu lho.

Baca juga: Film Jepang Tentang Sekolah yang Dijamin Bikin Baper

6. You Still Don’t Get Gunma (2017)

You Still Don’t Get Gunma

* sumber: www.hulu.jp

Film ini merupakan adaptasi dari manga dengan judul Omae wa Mada Gunma wo Shiranai. Sama seperti dalam manga, film ini menceritakan kisah orang-orang yang cinta dengan budaya Gunma.

Tokoh Nori Kamitsuki (Shotaro Mamiya) merupakan siswa SMA baru yang pindah dari Prefektur Chiba ke Prefektur Gunma. Sebelum pindah, ia sempat mencari info tentang Gunma dan menemukan fakta yang cukup mengejutkan.

Ketika pindah pun ia dikejutkan dengan masyarakat juga teman-temannya disana yang sangat cinta dengan daerah dan budaya Gunma. Kamitsuki pun sering diejek oleh teman-teman barunya disana.

Suatu ketika, Kamitsuki jatuh cinta pada Kyo Shinoka (Fumika Baba), tapi ia ditolak karena ia hanya akan menyukai laki-laki yang berasal dari Gunma. Selain itu, Kamitsuki juga terlibat pertarungan antara perfektur Tochigi dan perfektur Gunma.

7. Tori Girl (2017)

Tori Girl

* sumber: www.flixwatch.co

Film Tori Girl merupakan adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Kou Nakamura. Menceritakan kisah seorang gadis bernama Toriyama Yukina (Tao Tsuchiya) yang tidak memiliki tujuan hidup juga benci dengan kehidupan universitasnya.

Ia kaget dengan suasana kampus yang merupakan sekolah teknik. Sekolah tersebut berisi laki-laki yang semuanya mengenakan kemeja flanel kotak-kotak juga berkacamata. Suatu ketika kehidupannya berubah ketika bergabung dengan klub human powered flight.

Disana ia bertemu dengan Kei Takahasi (Takasugi Mahiro) dan membuat Yukina bekerja keras agar dapat menjadi pilot Bersama dengan Kei. Namun, Yukina harus bersaing dengan Taishi Sakaba (Shotaro Mamiya).

Yukina dan Sakaba sering sekali bertengkar karena mereka sama-sama orang yang suka ngotot. Tapi dari persaingan tadi justru Yukina malah menjadi pasangan pilot dan saling memotivasi.

8. Sensei Kunshu (2018)

Sensei Kunshu

Film Sensei Kunshu ini merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama karya Momoka Koda yang diterbitkan pada Juli 2013.

Sensei Kunshu menceritakan kisah seorang siswi SMA bernama Ayuha Samaru (Minami Hamabe) yang merupakan gadis yang jujur dan pekerja keras dalam berbagai hal, dan apapun yang terjadi.

Suatu ketika ia mengalami masalah di sebuah restoran Gyudon karena lupa tidak membawa uang. Beruntungnya ia ditolong oleh seorang laki-laki bernama Hiromitsu Yoshitaka (Takeuchi Ryoma) membayarkan makanannya.

Kemudian esok harinya ia terkejut karena bertemu kembali dengan laki-laki yang menolongnya dan menjadi seorang guru pengganti di sekolahnya. Ayuha yang Kembali bertemu dengan laki-laki tersebut, percaya kalau dia adalah jodohnya terus berusaha mengungkapkan perasaannya kepada Yoshitaka.

9. Nisekoi (2018)

Nisekoi

Nisekoi merupakan adaptasi dari manga dengan judul yang sama. Film ini menceritakan Ichijou Raku (Nakajima Kento) seorang anak dari bos yakuza dan diperkirakan akan melanjutkan kepemimpinan ayahnya.

Suatu ketika ia bertemu dengan siswi pindahan bernama Chitoge Kirisaki (Nakajo Ayami) dan satu kelas dengan Raku. Mereka yang tidak memiliki kecocokan satu sama lain, membuat mereka sering bertengkar.

Namun, ayahnya Raku dan ayahnya Chitoge sama-sama bos yakuza, ingin meredam dendam antara kedua geng ini. Akhirnya kedua bos yakuza ini membuat Raku dan Chitoge harus berpura-pura menjadi pacar.

Pembawaan karakter baik Raku dan juga Chitoge juga efek adegan komedi yang dibuat lebay ini akan menghibur kamu yang menonton.

10. Kyou Kara Ore Wa!! The Movie (2020)

Kyou Kara Ore Wa The Movie

Film terakhir yang akan dibahas merupakan film yang akan tayang pada 17 Juli 2020 mendatang. Film yang diadaptasi dari manga karya Nishimori dengan judul yang sama yaitu  Kyou Kara Ore Wa.

Setelah berhasil dengan serial dramanya kini dibuat pula versi filmnya. Dengan dua pemeran utama yang sama yaitu Kaku Kento sebagai Mitsuha Takashi dan Ito Kentaro sebagai Ito Shinji juga empat penambahan karakter baru.

Masih berpusat pada cerita siswa SMA pindahan yaitu Mitsuha Takahasi yang digambarkan memiliki rambut pirang, licik dan juga berpegang pada keyakinannya. Kemudian ia bertemu dengan Ito Shinji yang digambarkan memiliki rambut runcing ke atas, serius dan memiliki rasa keadilan yang kuat.

Mereka berdua akhirnya membentuk duo dan menjadi berandalan di sekolah baru mereka dan sering terlibat pertarungan. Namun karakter mereka digambarkan dengan sifat yang kocak dan juga lebay khas komedi Jepang.

Itulah rangkuman 10 film bertemakan school comedy yang kocak dan dapat menghibur kamu. 10 film tadi cocok untuk menemani kamu yang sudah bosan diam dirumah terus. Kira-kira film mana yang jadi favorit kamu? Jika ada rekomendasi film lainnya, bisa dituliskan di kolom yang tersedia di bawah ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *