bacaterus web banner retina

10 Film Terbaik yang Dibintangi oleh Aktris Jeon Do Yeon

Ditulis oleh Desi Puji Lestari
ARTIKEL INI ADA VERSI INGGRISNYA!
Jika meng-update artikel ini, WAJIB tulis link-nya di sheet ini

Memulai karir dalam sebuah drama televisi di tahun 1992, Jeon Do Yeon menjadi salah satu Chungmuro yang menandakan bahwa dia adalah aktris yang sudah diakui kualitasnya di Korea Selatan.

Jeon Do Yeon terjun ke industri film di tahun 1997 sebagai karakter utama dalam film The Contact (1997) bersama aktor Han Suk Kyu, pemeran Kim Sa Bu dalam drama Dr. Romantic (2016).

Perlahan, namanya semakin tercetak tebal sebagai salah satu aktris yang menghasilkan film-film sukses. Sampai saat ini, Jeon Do Yeon bahkan menjadi satu-satunya aktris Korea Selatan yang pernah mendapatkan penghargaan Best Actress di ajang bergengsi Cannes Film Festival.

Lalu, apa saja film terbaik dari Jeon Do Yeon? Bacaterus sudah merangkum beberapa film terbaiknya dalam ulasan berikut ini!

Baca juga: Bikin Kaum Hawa Deg-Degan, Ini 7 Drama Terbaik Lee Hyun Woo

1. Secret Sunshine

Secret Sunshine

Melalui film Secret Sunshine (2007), Jeon Do Yeon dianugerahi penghargaan Best Actress di ajang bergengsi Cannes Film Festival 60th. Selain itu, Jeon Do Yeon juga memborong banyak piala di berbagai award, seperti Grand Bell Awards dan Blue Dragon Award yang diketahui sebagai penghargaan tertinggi untuk insan perfilman di Korea Selatan.

Di film ini Jeon Do Yeon berperan sebagai Lee Shin Ae. Lee Shin Ae dan putranya, Jun, pindah ke Miryang setelah suaminya meninggal karena kecelakaan. Sampai di Miryang dia bertemu dan banyak dibantu oleh mekanik lokal bernama Kim Jong Chan, termasuk bantu mencarikan tanah yang akan dipakai untuk membangun rumah.

Sebenarnya ucapan Shin Ae tentang mencari tanah untuk mendirikan rumahnya adalah sebuah kebohongan. Dia hanya ingin terlihat kaya padahal tidak memiliki uang sepeser pun.

Hingga pada suatu hari Jun menghilang, lalu Shin Ae diminta untuk membayar tebusan atas penculikan anaknya. Hal ini membuatnya sangat bingung bagaimana menebusnya.

Tak lama kemudian, petugas polisi datang dan membawa Shin Ae ke sebuah waduk, tempat jasad Jun ditemukan. Anehnya, saat Jun dimakamkan Shin Ae tidak terlihat meneteskan air mata.

2. Beasts Clawing at Straws

Beasts Clawing at Straws

Beasts Clawing at Straws (2020) merupakan film Jeon Do Yeon yang dibuat berdasarkan novel Jepang terbitan tahun 2011 karya Keisuke Sone. Film ini sekaligus menjadi project pertama Kim Yong Hoon sebagai sutradara.

Beasts Clawing at Straws (2020) bercerita tentang orang-orang kurang beruntung yang berkumpul di sekitar kantung uang. Joong Man kesulitan bertahan hidup karena hanya bekerja di sauna. Belum lagi dia harus merawat ibunya yang sakit.

Suatu hari dia menemukan tas berisi uang tunai dalam jumlah banyak di ruang ganti sauna tempatnya bekerja. Joong Man kemudian bertemu dengan orang-orang berbahaya dan terlibat masalah yang semakin dalam.

Salah satu orang yang Joong Man temui adalah Yeon Hee. Karakter yang diperankan oleh Jeon Do Yeon tersebut merupakan seorang sosiopat yang bertekad mengubah hidupnya dengan menghapus semua jejak masa lalu.

Yeon Hee membakar rumah Joong Man untuk menutupi pembunuhan yang dilakukannya demi mendapatkan uang. Namun, Yeon Hee justru berakhir di tangan seorang letnan.

3. Kill Bok Soon

Kill Bok Soon

Film Jeon Do Yeon berikutnya, Kill Bok Soon (2023), merupakan karya sutradara Byun Sung Hyun, yaitu sutradara yang juga mengarahkan film The Merciless (2017). Film ini tayang perdana pada 73rd Berlin International Film festival 2023 untuk kemudian dirilis secara global melalui Netflix.

Film ini bercerita tentang seorang single parent bernama Gil Bok Soon yang menjalankan peran ganda. Selain sebagai ibu dari seorang remaja putri yang mulai kritis, Bok Soon (Jeon Do Yeon) adalah seorang pembunuh bayaran terkenal.

Dia tidak pernah gagal melakukan tugasnya, tetapi hari itu Bok Soon ‘menyerah’. Bok Soon yang merahasiakan pekerjaannya dari sang putri, diam-diam mulai merasa khawatir. Kekhawatiran itu ternyata menjadi ancaman yang membahayakan nyawanya.

4. Emergency Declaration

Emergency Declaration

Film Jeon Do Yeon berjudul Emergency Declaration (2022) dibintangi sekumpulan pemain bintang Korea Selatan. Kamu bisa melihat Song Kang Ho, Lee Byun Hun, Kim Nam Gil, dan Yim Si Wan beradu akting dalam film yang menegangkan ini karena Emergency Declaration (2022) bercerita tentang sebuah teror di pesawat yang penuh penumpang.

Park Jae Hyuk adalah mantan pilot yang sudah pensiun sepuluh tahun lalu. Namun, demi kesehatan anaknya, dia bersedia terbang ke Hawaii. Saat berada di bandara, anaknya bertemu sesosok pria mencurigakan bernama Jin Seok, dan Jae Hyuk pun segera menyadari keanehan itu.

Tanpa diduga Jin Seok ternyata sengaja naik pesawat yang sama dengan ayah dan anak itu. Jin Seok ternyata memang sosok yang berbahaya. Dia adalah ilmuwan yang menciptakan racun dan siap menyebarkan racun yang dibawanya di dalam pesawat.

Ketika identitas Jin Seok terungkap, Sook Hee selaku Minister of Land, Infrastructure and Transport yang diperankan oleh Jeon Do Yeon, segera membentuk tim untuk mencari cara mendaratkan pesawat tersebut.

5. The Housemaid

The Housemaid

The Housemaid (2010) merupakan film erotic psychological film yang memasang nama-nama besar sebagai pemainnya. Selain Jeon Do Yeon sebagai pemeran utama, ada pula Lee Jung Hae, Youn Yuh Jung dan Seo Woo.

Film ini merupakan remake dari film The Housemaid (1960) karya sutradara Kim Ki Young. Hebatnya film ini juga turut berkompetisi untuk Palme d’Or di ajang Cannes Film Festival 2010.

The Housemaid bercerita tentang Eun Yi yang bekerja sebagai pengasuh sekaligus pembantu rumah tangga di keluarga kaya yang dipimpin oleh Hoon.

Eun Yi dapat bekerja di sana karena ditawari oleh seorang wanita bernama Byeong Sik. Semua berjalan lancar karena Eun Yi mudah disukai oleh para penghuni rumah, termasuk istri Hoon, Hae Ra, yang tengah hamil.

Namun, Eun Yi rupanya juga menarik perhatian Hoon. Sang kepala rumah tangga itu terlihat mulai menggodanya dan Eun Yi pun menyambutnya.

Hubungan terlarang antara majikan dan asisten rumah tangga itu akhirnya diketahui oleh Byeong Sik. Dia kemudian mengajarkannya pada Hae Ra dan ibunya. Saat mereka berusaha memisahkan keduanya, sebuah ancaman muncul ke permukaan.

6. Untold Scandal

Untold Scandal

Untold Scandal (2003) merupakan film Jeon Do Yeon yang dibuat berdasarkan novel Prancis tahun 1782 berjudul Les Liaisons dangereuse karya Pierre Choderlos de Laclos. Berlatarkan Joseon di akhir abad ke-18. Film ini bercerita tentang skandal yang melingkupi orang-orang di zaman itu.

Nyonya Joh terkenal sebagai istri berbakti, tapi sebenarnya dia punya banyak affair dengan pria lain. Nyonya Joh adalah cinta pertama bagi Jo Won, seorang sarjana dan ahli bela diri yang sebenarnya sangat berhasrat dalam merayu wanita. Keduanya menyembunyikan perasaan antara satu sama lain.

Joh kemudian menjodohkan Jo Won dengan So Ok, gadis yang akan jadi selir suaminya. Namun, perhatian Jo Won tertuju pada Lady Sue yang diperankan oleh Jeon Do Yeon.

Lady Sue bukan wanita sembarangan karena setelah kematian suaminya sembilan tahun lalu, dia tetap menjaga kesucian. Lantas bisakah Jo Won menaklukkan Lady Sue?

7. Happy End

Happy End

Dalam film Happy End (1999), Jeon Do Yeon beradu akting dengan Choi Min Sik sebagai sepasang suami istri. Dalam cerita film ini, Jeon Do Yeon berperan sebagai Choi Bora, seorang wanita karir yang sukses. Sayang, kesuksesan itu tidak terjadi di rumah tangganya.

Sang suami, Seo Min Ki, kehilangan pekerjaan sedangkan anak mereka masih bayi. Saat Seo Min Ki berjuang mendapatkan pekerjaan, Choi Bora menjalin hubungan dengan mantan kekasihnya, Il Beom.

Tanpa diduga Min Ki ternyata diam-diam mengetahui hal itu dan sibuk mengumpulkan bukti-bukti. Namun, Min Ki rupanya menerima hal itu karena sangat sadar dengan kekurangannya dan membiarkan dirinya diperlakukan tidak adil.

8. A Man and a Woman

A Man and a Woman
Tahun Rilis 2016
Genre
Sutradara
Pemeran Gong Yoo Jeon Do Yeon

A Man and Woman (2016) mempertemukan Jeon Do Yeon dengan aktor Gong Yoo sebagai pria dan wanita yang terlibat hubungan terlarang saat keduanya berada jauh dari Korea.

Jeon Do Yeon sebagai Sang Min bertemu Ki Hong saat keduanya mengantarkan anak-anak mengikuti kamp anak di Helsinki, Finlandia. Sang Min dan Ki Hong memutuskan mengikuti anak-anak mereka ke area perkemahan.

Dalam perjalanan pulang, badai salju memaksa keduanya menunda perjalanan. Mereka pun menghabiskan malam di sebuah penginapan dan tidur bersama.

Esok paginya mereka berpisah tanpa mengetahui nama masing-masing. Beberapa bulan kemudian Sang Min dan Ki Hong bertemu lagi di Korea dalam keadaan layaknya orang asing yang tak saling mengenal.

9. Memories of the Sword

Memories of the Sword

Memories of the Sword (2015) memasang Jeon Do Yeon, Lee Byung Hun dan Kim Go Eun sebagai pemeran utama. Dalam film ini Jeon Do Yeon berakting sebagai Seol Rang, salah satu dari tiga pendekar terkenal di era Goryeo.

Seol Rang, Deok Ki dan Poong Chun menjadi pembela rakyat di tengah kekusutan sistem pemerintahan saat itu. Sayangnya, persahabatan dan kerjasama rusak karena Deok Ki diketahui berkhianat. Saat Poong Chun akan membunuhnya, Seol Rang sebagai kekasih Deok Ki, sudah lebih dulu menghunuskan pedang padanya.

Akibat pertarungan itu Poong Chun dan istrinya tewas sedangkan putri mereka, Hong Yi, yang masih bayi terkena sabetan pedang di bagian punggung. Merasa bersalah terhadap sahabatnya, Seol Rang rela kehilangan penglihatan. Dia pun mengganti nama menjadi Wol So untuk merawat Hong Yi hingga gadis itu pandai bela diri.

Rahasia masa lalu Seol Rang terjaga sampai kemudian Hong Yi bertemu Deok Ki. Apakah Deok Ki akan membuka rahasia Seol Rang? Lantas bagaimana perasaan Hong Yi mengetahui fakta menyakitkan tersebut?

10. Way Back Home

Way Back Home
Tahun Rilis 2013
Genre
Sutradara
Pemeran Jeon Do Yeon Go Soo

Jeon Do Yeon sebagai Jung Yeon adalah istri dari Jong Bae (Go Soo(. Dari pernikahan mereka keduanya dikaruniai seorang putri yang diberi nama Hye Rin. Walau sederhana hidup mereka sebagai pemilik bengkel sudah cukup membahagiakan. Namun, semua berubah ketika teman Jong Bae bunuh diri.

Jong Bae sebagai penjamin untuk pinjaman yang dilakukan temannya itu harus berhadapan dengan utang dan bunga yang sangat tinggi. Mereka lantas menjual bengkel untuk melunasinya.

Dalam keadaan sulit Jong Bae mendapat tawaran pekerjaan dari salah satu temannya. Tanpa curiga dia bersedia melakukan hal itu, tapi Jong Bae berujung ditangkap oleh kepolisian Prancis.

Bicara mengenai film Jeon Do Yeon, kamu akan bertemu dengan judul-judul film laris Korea Selatan. Sebagian besar film yang dia mainkan, nyatanya memang sukses, baik dari segi penjualan atau di mata kritikus.

Untuk lebih mengagumi aktingnya, kamu bisa mulai menonton sepuluh film Jeon Do Yeon yang kami rekomendasikan melalui artikel ini!

cross
linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram