bacaterus web banner retina

Daftar Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Ditulis oleh Linda - Diperbaharui 28 September 2021

2000 – 2009

Tahun 2000 menjadi awal kebangkitan film-film nasional dengan kualitas yang lebih baik. Selama tahun 80 – 90, memang ada sejumlah film nasional yang bisa dibilang berkualitas. Namun tak sedikit pula film-film ‘panas’ yang mengutamakan adegan syur.

Berikut adalah daftar film Indonesia terbaik yang tayang selama 2000 – 2009!

1. Ayat-Ayat Cinta

Ayat-Ayat Cinta

Film ini diluncurkan di tahun yang sama dengan film Laskar Pelangi. Film Ayat-Ayat Cinta diadaptasi dari sebuah novel terkenal karya Habiburrahman El Shirazy yang berjudul sama dengan filmnya. Sutradara film adalah Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh sejumlah aktris dan aktor ternama tanah air.

Ayat-Ayat Cinta merupakan sebuah film religi yang di dalamnya ada kisah-kisah percintaan berlandaskan agama. Walaupun kisah cerita film dan novel itu berlatarkan kehidupan di kota Kairo, Mesir, namun tidak ada proses pengambilan gambar yang dilakukan di kota Seribu Menara itu. Film ini ditonton oleh 3.676.135 orang.

2. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi
*

Laskar Pelangi merupakan film Indonesia kesukaan penulis nih. Film ini seakan-akan membawa penontonnya kembali ke masa kecil yang penuh petualangan dan menyenangkan. Selain itu, di dalamnya kita akan disuguhkan dengan kondisi kehidupan mereka yang serba kekurangan, namun tidak pernah lelah untuk mengais ilmu dan meraih mimpi-mimpinya.

Hampir semua karakter di film Laskar Pelangi memiliki kekuatan yang setara walaupun aktor utamanya adalah seseorang yang bernama Ikal. Film ini diambil dari salah satu novel terlaris di Indonesia karya Andrea Hirata. Novel tersebut tidak hanya populer di dalam negeri saja, namun terkenal juga di banyak negara di seluruh dunia.

Film yang disutradarai oleh Riri Riza ini sukses menjadi film Indonesia terlaris di tahun 2008 dan terlaris ketiga sepanjang masa dengan 4.719.453 penonton. Film ini membawa banyak pesan moral bagi dunia pendidikan di Indonesia dan sangat cocok ditonton oleh anak-anak agar mereka pantang menyerah dalam meraih cita-citanya.

3. Perempuan Berkalung Sorban

Perempuan Berkalung Sorban

Anissa (Revalina S. Temat) adalah seorang gadis yang cerdas, berani, dan berpendirian kuat. Anissa tumbuh besar dalam lingkungan dan tradisi Islam konservatif. Maklum, Anissa adalah seorang kyai yang mengelola sebuah pesantren di Jawa Timur. Dalam lingkungan keluarganya, ilmu sejati hanya diperoleh dari al-Qur’an, Hadits, dan Sunnah. Buku-buku modern dianggap sebagai ajaran menyimpang.

Anissa cukup dekat dengan paman dari pihak ibunya, Khudori (Oka Antara). Hanya Khudori lah yang selalu sabar dan memahami Anissa. Diam-diam Anissa pun menaruh hati pada pamannya itu. Khudori tidak membalas perasaan Anissa lantaran ada perasaan tidak enak kepada ayah Anissa yang dianggapnya masih kerabat. Akhirnya Khudori memutuskan untuk pergi ke Kairo, Mesir, melanjutkan studinya.

Secara diam-diam Anissa juga mendaftarkan dirinya untuk berkuliah di Yogyakarta. Saat sudah diterima di perguruan tinggi impiannya, ayah Anissa melarang keras karena menurutnya perempuan yang belum menikah dan berada jauh dari orang tuanya bisa menimbulkan fitnah.

Meskipun memprotes penolakan ayahnya, Anissa tetap tak berdaya. Gadis itu justru dinikahkan dengan Samsudin(Reza Rahadian) yang merupakan anak dari Kyai pemilik pesantren besar. Alih-alih bahagia, Anissa justru semakin tersiksa menghadapi perangai Samsudin yang kasar. Bahkan, Samsudin menikahi wanita lain bernama Kalsum (Francine Roosenda).

Suatu ketika, Anissa kembali bertemu dengan Khudori. Baik ia dan Khudori sama-sama masih menyimpan perasaan. Anissa dengan kondisinya yang terhimpit berusaha memperjuangkan hak-hak wanita muslim di tengah rintangan keluarganya yang konservatif.

4. Rumah Dara

Rumah Dara
*

Di kancah Internasional, film thriller Indonesia yang satu ini hadir dengan judul Macabre. Dengan begitu, kualitas film ini sudah diakui di dunia perfilman internasional. Rumah Dara menyajikan kengerian yang nyata. Apa yang ada di dalam ceritanya mungkin bisa terjadi kepada siapa saja.

Ini tentang sekelompok orang biasa yang tadinya hanya berniat untuk mengantar kepergian teman mereka ke Bandara. Sebuah kegiatan yang sama sekali nggak aneh. Sampai kemudian mereka bertemu dengan Maia yang mengaku baru saja dirampok. Atas nama simpati, mereka mengajak Maia untuk pulang bersama.

Dari sanalah semuanya berawal, ketika Maia mengajak mereka mampir di rumah keluarganya. Keluarga Maia, bukan keluarga pada umumnya. Keanehan mulai tampak ketika mereka semua bersantap malam bersama. Satu demi satu pingsan, lalu semuanya harus menghadapi sesuatu yang lebih mengerikan daripada kematian.

5. Fiksi.

Fiksi.
Tahun Rilis 2008
Genre
Produksi
Sutradara
Pemeran Ladya Cheryl Donny Alamsyah Kinaryosih Rina Hasyim' Egi Fedly

Boleh dibilang bahwa “Fiksi.” termasuk film yang underatted tapi banyak mendapatkan pujian. Tak banyak yang tahu bahwa film ini telah memenangkan sejumlah penghargaan di Festival Film Indonesia 2008. Film yang dibintangi oleh Ladya Cheryl ini baru mulai ‘dilirik’ kembali pada Desember 2020 ketika layanan streaming Netflix mulai menayangkannya.

Alisha (Ladya Cheryl) merupakan gadis berusia 20 tahun yang berasal dari keluarga kaya raya. Meskipun kaya, Alisha sebenarnya sangat kesepian dan menyimpan trauma masa lalu karena pernah menyaksikan ibunya bunuh diri. Sang ibu mengakhiri hidupnya lantaran ayah Alisha berselingkuh. Sejak saaj itu diam-diam Alisha menyimpan dendam pada ayahnya.

Di suatu siang, Alisha melihat seorang pemuda membersihkan kolam renang di rumahnya. Pemuda tersebut adalah Bari (Donny Alamsyah) yang bekerja sementara di rumah Alisha. Tak hanya tertarik, Alisha mulai terobsesi dengan Bari hingga mengikuti pemuda itu ke tempat tinggalnya, sebuah rumah susun kumuh.

Alisha bahkan mencari cara untuk mengelabuhi supir pribadinya agar ia bisa kabur dan tinggal di rumah susun. Setelah berhasil, Alisha menyewa kamar yang berada persis di sebelah kamar Bari. Di situ Alisha tahu bahwa Bari tinggal bersama kekasihnya, Renta (Kinaryosih). Fakta bahwa Bari telah memiliki kekasih ternyata tidak menyurutkan niat Alisha mendekati Bari. Gadis itu semakin agresif dalam mendekati Bari.

Dengan menggunakan nama samaran Mia, Alisha berhasil mendekati Bari. Bari justru banyak bercerita tentang kehidupannya kepada Alisha. Pria itu berkata bahwa dirinya bercita-cita menjadi penulis. Bari juga bercerita bahwa dirinya menulis sebuah novel dengan karakter yang tinggal di rumah susun tersebut.

Ketika Bari curhat bahwa dirinya tak bisa meneruskan novel karena tidak mendapatkan inspirasi, Alisha berniat membantu pemuda itu menyelesaikan novelnya. Kejadian-kejadian mengerikan mulai menghantui rumah susun itu. Apa yang sebenarnya Alisha perbuat untuk membantu Bari menyelesaikan ceritanya?

6. Gie

Gie
*

Terinspirasi dari kisah nyata, “Gie” mengangkat tentang sepak terjang seorang aktivis keturunan Tionghoa, Soe Hok Gie. Sosok Gie dalam film ini diperankan oleh Nicholas Saputra.

Diceritakan bahwa Soe Hok Gie (Nicholas Saputra) adalah pemuda sederhana yang memiliki ketertarikan terhadap tokoh-tokoh besar di dunia. Gie juga sangat peduli terhadap setiap masalah di sekitarnya. Saat berada di perguruan tinggi, Gie merasa gundah melihat ketidakadilan yang terjadi pada masyarakat.

Dua sahabat Gie, Tan Tjin Han (Thomas Nawilis) dan Herman Lantang (Lukman Sardi), merasa khawatir dengan sepak terjang Gie sebagai aktivis. Puncaknya, Gie mulai berorasi dengan menulis artikel kritikan tajam terhadap pemerintahan yang penuh ketidakadilan dan penyalahgunaan kedaulatan.

Simpati dan pujian dilayangkan kepada Gie yang dinilai berani. Namun, tak sedikit pula yang berusaha menghancurkan pemuda tersebut. Gie juga kerap kali mendapat intimidasi dari pihak-pihak yang kontra dengan dirinya.

7. Arisan!

Arisan!
*
Tahun Rilis 2003
Genre ,
Produksi
Sutradara
Pemeran Cut Mini Tora Sudiro Aida Nurmala Surya Saputra Rachel Maryam

Ini adalah cerita tentang tiga sahabat yang sudah menjalin pertemanan sejak SMA. Mereka adalah Memey (Cut Mini), Andien (Aida Nurmal) dan Sakti (Tora Sudiro). Ketiganya memiliki kehidupan yang cukup settle, di mana Memey adalah desainer interior yang telah menikah dengan Ical (Nico Siahaan), Sakti merupakan arsitek, dan Andien adalah mantan sekretaris yang kini hidup bahagia setelah menikah dengan bosnya dan dikaruniai anak kembar.

Andien mengajak Memey untuk bergabung dengan klub arisannya, di mana ibu Sakti juga tergabung di dalamnya. Arisan menjadi ajang pamer kemapanan bagi seluruh anggotanya. Dari arisan tersebut, hubungan persahabatan Andien, Memey, dan Sakti jadi sangat dekat. Mereka berjanji untuk saling bercerita tentang masalah hidupnya masing-masing. Namun nyatanya mereka sendiri masih menyimpan rahasia satu sama lain.

Masalah yang mereka tutup rapat-rapat mulai terkuat satu persatu. Apakah mereka tetap bisa mempertahankan persahabatannya setelah tahu mengetahui rahasia masing-masing? Cari tahu jawabannya di “Arisan!” yang menjadi salah satu film nasional terbaik ini.

8. Ada Apa dengan Cinta?

Ada Apa dengan Cinta
*

Siapapun pasti setuju kalau “Ada Apa dengan Cinta?” (AADC) dinobatkan menjadi salah satu film terbaik yang pernah dibuat di tanah air. Film yang mengangkat tentang percintaan remaja ini dianggap membawa angin segar terhadap dunia perfilman Indonesia yang pada tahun 90-an didominasi oleh film-film ‘panas’ yang syarat adegan syur.

AADC menceritakan tentang Cinta (Dian Sastrowardoyo), gadis cerdas dan pintar bergaul. Cinta memiliki sebuah geng yang beranggotakan 5 orang. 4 orang di antaranya adalah Alya (Ladya Cheryl), Carmen (Adinia Wirasti), Maura (Titi Kamal), dan Milly (Sissy Priscillia).

Kehidupan normal Cinta sebagai remaja mulai sedikit ‘terusik’ karena kehadiran Rangga (Nicholas Saputra), cowok ganteng di sekolahnya yang pendiam, dingin, dan menyukai sastra. Hubungan Cinta dan Rangga tidak bisa dibilang baik. Keduanya bahkan saling menyimpan kesal satu sama lain.

Namun berkat kejadian-kejadian tak terduga, Cinta dan Rangga jadi semakin dekat. Lambat laun mereka sadar bahwa ada perasaan spesial di hati masing-masing.

9. Petualangan Sherina

Sherina (Sherina Munaf) merupakan seorang gadis kecil yang luar biasa kreatif, pintar dan banyak teman. Setelah Ayahnya (Mathias Muchus) pindah pekerjaan yang membuat dirinya sekeluarga harus pindah dari Jakarta ke Bandung, sifat Sherina berubah menjadi murung ditambah lagi dia jadi bahan rundungan teman sekelasnya bernama Sadam (Derby Romero).

Namun semua berubah setelah kejadian penculikan terjadi oleh anggota kelompok kriminal yang dipimpin oleh Kertarejasa. Mereka menculik Sadam dan Sherina yang tengah asyik mengelilingi hutan milik keluarga Sadam. Kertarajasa menculik mereka dengan tebusan 3 miliar, akan tetapi semua rencana gagal ketika Sherina yang punya sejuta ide mampu mengalahkan mereka semua.

10. Jelangkung

Jelangkung
*

Berawal dari obsesi yang sama untuk bisa berinteraksi dengan makhluk astral, empat sekawan yang terdiri dari Ferdi (Winky Wiryawan), Gita (Melanie Ariyanto), Gembol (Rony Dozer), dan Soni (Harry Pantja), memutuskan untuk berkunjung ke Angkerbatu, sebuah daerah yang terkenal angker. Konon, di Angkerbatu sering terlihat penampakan atau orang-orang mengalami kerasukan.

Setelah menunggu cukup lama, mereka tak kunjung melihat penampakan atau interaksi makhluk gaib di sana. Soni yang ingin memiliki ilmu gaib akhirnya diam-diam melakukan ritual jelangkung. Namun boneka jelangkung tersebut tak menunjukkan reaksi apapun. Soni pun kesal dan meninggalkan boneka itu di sebuah kubur batu. Mereka berempat memutuskan kembali ke kota.

Sesampainya di kota, mereka mengalami rentetan peristiwa aneh yang berhubungan dengan makhluk gaib. Ulah Soni dalam melakukan ritual jelangkung sedikit banyak berpengaruh terhadap teror gaib yang mereka alami di kota.

12 3 4

MENU

© Bacaterus Digital Media
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram