bacaterus web banner retina

Daftar Film Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Saat ini, dunia perfilman di Indonesia bisa dikatakan sedang berkembang cukup baik. Sudah banyak judul film Indonesia yang disaksikan oleh lebih dari satu juta pasang mata.

Dalam beberapa waktu ke belakang, kita cukup sering mendengar informasi tentang film Indonesia dengan penonton yang membludak di banyak bioskop. Itu menunjukkan kalau film buatan sineas tanah air sedang mengalami tren yang positif.

Takaran sebuah film itu baik atau tidak bisa diambil dari jumlah orang yang menontonnya. Film-film berkualitas pastinya akan menarik minat banyak orang untuk datang ke bioskop.

Selain faktor marketing, orang yang datang ke bioskop juga bisa jadi karena informasi dari orang-orang dekatnya yang memberitahu mereka bahwa ada film yang bagus untuk ditonton.

Nah, ingin tahu kan apa saja film-film terbaik Indonesia? Berikut ini adalah daftar film Indonesia terbaik sepanjang masa berdasarkan jumlah penonton maupun antusiasme masyarakat terhadap film tersebut.

2020 - Sekarang

Meskipun tak begitu banyak film nasional yang tayang selama tahun 2020, tapi masih ada beberapa film yang sempat tayang sebelum bioskop ditutup saat pandemi. Beberapa di antaranya juga tetap tayang melalui layanan streaming. Yuk, simak daftar film-film Indonesia terbaik dari tahun 2020 sampai saat ini.

1. KKN Di Desa Penari

Film Indonesia terbaik_KKN Di Desa Penari_

KKN Di Desa Penari (2022) memang wajib dimasukan dalam jajan film terbaik di tahun 2022. Film ini diadaptasi dari kisah nyata yang diceritakan oleh @SimpleMan dalam thread di akun Twitter miliknya.

Film yang berhasil ditonton oleh lebih dari 3 juta penonton ini memang menjadi visualisasi yang tepat dan terasa sangat menegangkan. Kisahnya bermula ketika Nur, Widya, Ayu, Bima, Wahyu dan Anton melakukan KKN di sebuah desa terpencil di dalam hutan.

Anak-anak ini tidak pernah menyangka, bahwa perilaku mereka telah menyinggung penguasa lelembut di desa tersebut. Hingga nyawa Ayu dan Bima tidak bisa tertolong, karena sukmanya ditahan oleh Badarawuhi di Angkara Murka.

2. Kukira Kau Rumah

Film Indonesia terbaik_Kukira Kau Rumah_

Beralih ke film selanjutnya, ada Ku Kira Kau Rumah (2022) yang sempat membuat heboh di awal tahun 2022. Film debut Umay Shahab sebagai sutradara ini berhasil menyadarkan banyak orang mengenai pentingnya menjaga kesehatan mental.

Film yang dibintangi oleh Prilly Latuconsina dan Jourdy Pranata ini tidak hanya bikin nyesek, tapi sarat akan makna. Filmnya mengisahkan seorang gadis bernama Niskala, yang diketahui mengidap penyakit bipolar.

Tak ingin berdiam diri, Niskala diam-diam berkuliah untuk membuktikan bahwa ia masih bisa berprestasi meski dengan segala keterbatasannya. Hingga suatu hari ia bertemu dengan Pram yang berhasil mengisi kekosongan dalam hatinya sekaligus membawa konflik dalam hidupnya.

3. Makmum 2

Film Indonesia terbaik_Makmum 2_

Makmum 2 (2021) memang wajib dimasukkan ke dalam daftar film terbaik karena berhasil meraih rekor muri atas prestasinya. Film ini berhasil mendapatkan 1,5 juta penonton hanya dalam kurun waktu tiga hari saja. Bahkan lokasi pembuatan filmnya sampai dijadikan sebagai destinasi wisata berbasis misteri.

Makmum 2 (2021) mengisahkan Rini dan sang putra yang pulang ke kampung halaman untuk melayat budenya. Namun sesampainya di sana, mereka kerap diganggu oleh sosok gaib yang menyerupai makmum yang membuat iman Rini goyah. Sebenarnya siapa sosok makmum yang mendatangi mereka?

4. Yuni

Ada Dua Versi Film Yuni yang Telah Dirilis

Film yang berhasil menarik perhatian di ajang Festival Film Internasional Toronto tahun 2021 ini, memang layak masuk dalam list film terbaik. Yuni (2021) menjadi film yang menunjukkan realita kehidupan remaja Indonesia yang sesungguhnya.


Kisahnya berfokus pada karakter Yuni (Arawinda Kirana), ketika gadis yang akan segera lulus SMA ini dihadapkan dengan mitos soal pernikahan. Alasannya karena Yuni yang sudah menolak dua lamaran, diisukan akan sulit mendapatkan jodoh.

Di sisi lain, Yuni juga merasa bingung dengan fenomena anak remaja di sekitarnya. Soal cinta, pacaran, berhubungan seks hingga menikah di usia dini, kenapa mereka bisa melakukan hal ini? Gadis yang sangat menyukai warna ungu ini berusaha mencari jawaban, agar ia bisa menentukan masa depannya.

5. Penyalin Cahaya

Penyalin Cahaya_

Melakukan penayangan pertamanya di Festival Film Internasional Busan tahun 2021, Penyalin Cahaya (2021) memang pantas disebut film terbaik. Film yang dibintangi oleh Shenina Cinnamon ini mengangkat isu kekerasan seksual di area kampus atau instansi pendidikan.

Hal ini belakangan sedang marak terjadi di Indonesia, kasus mahasiswa/i melawan kekuasaan di kampus. Kisahnya berputar pada kehidupan Sur (Shenina Cinnamon), yang berusaha mencari tahu dalang di balik penyebaran foto mabuknya.

Akibat kejadian ini, Sur sampai kehilangan beasiswa dan diusir dari rumah oleh ayahnya. Penyelidikan ini mengarah pada satu nama yang tidak pernah diduganya, bahkan Sur dan korban lainnya sampai harus melawan kampus karena kasus ini.

6. Ali & Ratu Ratu Queens

Ali & Ratu Ratu Queens
*

Meski gagal tayang di bioskop, Ali & Ratu Ratu Queens (2021) berhasil menjadi salah satu film yang paling banyak diperbincangkan. Film yang dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan ini tidak hanya lucu, tapi menyentuh hati para penontonnya.

Kisahnya bermula ketika Ali (Iqbaal Ramadhan) nekat pergi ke New York untuk bertemu dengan ibu yang sudah lama tidak pernah ia lihat. Sesampainya di Queens, alamat tempat tinggal ibunya kini diisi oleh empat ibu-ibu rempong dan kocak.

Ada Party, Biyah, Ance dan Chinta yang akhirnya membantu Ali mencari keberadaan sang ibu. Awalnya semua baik-baik saja, hingga Ali bertemu dengan sosok ibu yang selama ini ia rindukan. Sayangnya pertemuan ini malah membuat Ali sakit hati, hal ini berimbas pada emosinya yang meledak-ledak.

7. Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini

Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini
*

Setiap keluarga punya rahasia” Ya, bahkan keluarga yang terlihat harmonis sekalipun tetap memiliki masalah internalnya sendiri. Hal tersebut dialami oleh sebuah keluarga di mana ketiga orang anak di keluarga tersebut, Angkasa (Rio Dewanto), Aurora (Sheila Dara Aisha), dan Awan (Rachel Amanda).

Dari luar keluarga mereka terlihat harmonis, apalagi sang ayah (Donny Damara) dan ibu (Susan Bachtiar) begitu mencintai mereka. Namun, ketiga anaknya sama-sama saling menyimpan “kepahitan” di dalam keluarga. Lama dipendam sendiri, “kepahitan” yang mereka simpan akhirnya harus meluap. Keluarga yang semula terlihat baik-baik saja, pada kenyataannya tidak sedang dalam keadaan yang baik.

8. Arini by Love.inc

Film Indonesia terbaik_Arini by Love.inc_

Menjadi spin-off dari Love for Sale, Arini by Love.inc (2022) menjadi salah satu film yang enjoyable untuk ditonton. Film yang dibintangi oleh Della Dartyan ini memang sangat berbeda dari film-film Indonesia pada umumnya.

Film besutan Adrianto Sinaga ini akan memberikan experience yang berbeda karena kisahnya terasa mencekam dan memiliki vibes ala film fiksi ilmiah. Arini by Love.inc (2022) menitik beratkan kisahnya pada sosok Arini yang ternyata seorang agen perempuan yang misterius.

Ia sudah membuat banyak pria patah hati. Namun, dibalik sosok ini ternyata ada banyak sekali misteri yang tersembunyi. Arini yang hidup mewah tidak pernah bisa menikmati hidupnya dan kini berusaha mencari tahu siapakah dirinya di masa lalu?

9. Pelangi Tanpa Warna

Film Indonesia terbaik_Pelangi Tanpa Warna_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Family, Drama
  • Sutradara: Indra Gunawan
  • Pemeran: Rano Karno, Maudy Koesnaedi, Zayyan Sakha, Ratna Riantiarno
  • Produksi: Falcon Pictures

Pasangan Rano Karno dan Maudy Koesnaedi memang tidak pernah gagal untuk memberikan kemistri terbaik mereka. Hal ini juga bisa kamu lihat saat menonton film Pelangi Tanpa Warna (2022) garapan sutradara Indra Gunawan.

Fyi, film ini bukanlah sekuel atau spin-off dari Si Doel The Movie (2018) sebab memiliki kisah yang sangat berbeda dan bikin penontonnya baper.

Filmnya mengisahkan kehidupan Fedi yang harus menerima kenyataan saat sang istri didiagnosa mengidap alzheimer. Semua impian indah mereka pun hancur.

Setiap harinya Kirana selalu saja melupakan hal sederhana hingga hal penting. Fedi pun merasa sangat tertekan dan stress karena kesulitan untuk menjaga keseimbangan rumah tanpa sang istri.

10. Akhirat: A Love Story

Akhirat-Teaser-Poster-1-1_

Akhirat: A Love Story (2021) menjadi salah satu film yang berhasil bikin banyak orang kagum. Alasannya karena premisnya yang tidak biasa, yiatu kisah cinta pasangan muda di alam baka.

Bagaimana bisa? Inilah yang terjadi pada Timur (Adipati Dolken) dan Mentari (Della Dartyan). Pasangan yang memiliki banyak sekali perbedaan namun tetap berusaha untuk mempertahankan cinta mereka.

Hingga suatu hari, karena kecelakaan mereka harus terbaring koma di ranjang rumah sakit. Timur dan Mentari bertemu lagi, tapi bukan di dunia melainkan alam baka menuju kematian.

Meski berada di alam yang berbeda, keduanya tetap tidak ingin terpisahkan. Alhasil Timur dan Mentari seakan menjelajahi ruang antar dunia, yang mungkin bisa membawa mereka kembali ke dunia.

11. Layla Majnun

Layla Majnun Poster

Cerita legendaris Layla dan Majnun memang sudah tidak aneh lagi, kisah cinta ini tetap hits dari generasi ke generasi. Hingga kisah Layla dan Majnun benar-benar terjadi dalam hidup Acha Septriasa dan Reza Rahadian.

Awalnya Layla (Acha Septriasa) terpaksa menerima perjodohan yang telah dirancang oleh pamannya, sebagai balas budi karena sudah menampung keluarganya. Tapi sebelum menikah, Layla meminta agar ia bisa tetap di izinkan pergi ke Azerbaijan untuk mengajar di sana.

Takdir berkata lain, ketika di Azerbaijan Layla malah bertemu dengan salah satu mahasiswanya  yang bernama Samir (Reza Rahadian). Pria sederhana, baik hati dan romantis ini berhasil menumbuhkan cinta di dalam hati Layla, tapi bagaimana dengan perjodohannya di tanah air?

12 Milea: Suara dari Dilan

Milea Suara dari Dilan

Jika dua film sebelumnya menceritakan kisah cinta dari sudut pandang Milea (Vanesha Prescilla), “Milea: Suara dari Dilan” akan mengangkat cerita dari sudut pandang Dilan (Iqbaal Ramadhan). Bukan hanya sekadar menceritakan awal mula hubungannya dengan Milea, di sini Dilan juga mengungkap latar belakang keluarganya.

Dalam film ini, hubungan Dilan dan Milea terpaksa harus berakhir. Namun, mereka kembali dipertemukan pada saat reuni SMA-nya. Akankah Dilan dan Milea bisa bersatu kembali? Atau justru keduanya harus rela melepaskan masa lalunya yang indah untuk menjalani kehidupan masing-masing?

13. Akhir Kisah Cinta Si Doel

Akhir Kisah Cinta Si Doel
*

“Akhir Kisah Cinta Si Doel” adalah film layar lebar ketiga dari rangkaian “Si Doel The Movie”. Film ini nampaknya juga menjadi pamungkas dari trilogi tersebut.

Cerita berkutat pada kepulangan Sarah (Cornelia Agatha) dan Dul (Rano Karno) ke Jakarta. Keluarga Dul menyambut bahagia kedatangan mereka. Namun, konflik dengan Zaenab (Maudy Koesnaedi) menanti mereka di Indonesia. Zaenab hamil dan masih merasa trauma karena pernah kehilangan buah hatinya di masa lalu.

Zaenab sendiri dilanda kebingungan antara harus bertahan di sisi Dul atau merelakan pria yang ia cintai itu kembali menjalin keutuhan keluarganya bersama Sarah.

14. Guru-Guru Gokil

Guru-Guru Gokil
*

Sebuah film ber-genre komedi tayang di layanan streaming Netflix. Film tersebut adalah “Guru-Guru Gokil” yang mendapuk Gading Marten dan Dian Sastrowardoyo sebagai pemeran utamanya.

Sinopsis film ini bercerita tentang pemuda bernama Taat Pribadi (Gading Marten) yang punya impian untuk jadi orang kaya. Bagi Taat, orang yang sukses adalah orang yang kaya dan memiliki banyak harta. Mimpinya ini membuat Taat berani merantau ke kota. Ia bertekad tidak ingin menjadi guru seperti ayahnya.

Bertahun-tahun hijrah ke kota ternyata Taat belum menjadi orang sukses. Sampai suatu keadaan akhirnya memaksa Taat untuk pulang ke kampung dan menjadi guru di sekolah tempat ayahnya mengajar. Apesnya, Taat yang sebenarnya kurang pintar itu harus mengajar mata pelajaran sejarah.

15. Story of Kale: When Someone's in Love

Story of Kale When Someone's in Love
*

Kalau kamu sudah menonton film “Nanti Kita Cerita tentang Hari Ini”, kamu pasti akrab dengan sosok Kale yang mematahkan hati Awan di film tersebut. Ya, Kale di film “NKCTHI” memang mendapat julukan fuckboy dari sejumlah orang yang sudah menonton film tersebut. Di “Story of Kale: When Someone’s in Love” kamu akan diajak mengenal masa lalu Kale yang sedikit banyak mempengaruhinya menjadi sosok fuckboy.

Kale (Ardhito Pramono) berniat membantu Dinda (Aurélie Moeremans) keluar dari hubungan yang toxic. Setelah berhasil meninggalkan kekasihnya yang kasar, Dinda akhirnya melabuhkan hatinya pada Kale. Pasangan yang sedang dimabuk cinta ini benar-benar menikmati kehidupan mereka bersama.

Bagai petir di siang bolong, suatu hari Dinda meminta putus kepada Kale. Dinda terang-terangan berkata bahwa dirinya selingkuh. Kale yang masih sangat mencintai Dinda merasa bahwa hubungan mereka baik-baik saja dan menolak untuk putus. Sementara di satu sisi Dinda pun merasa bahwa hubungannya dengan Kale juga sudah menjurus ke toxic.

Film ini tidak sempat tayang di bioskop. Kalau kamu ingin menontonnya, kamu bisa langsung mengakses filmnya di bioskoponline.com dengan membeli tiket sekitar 10 ribuan rupiah.

16. A Perfect Fit

A Perfect Fit

Tayang di Netflix, A Perfect Fit (2021) menjadi salah satu film romantis terbaik di tahun 2021. Film yang juga berhasil menggambarkan keindahan Bali ini dibintangi oleh Nadya Arina dan Refal Hady.

Premisnya juga sederhana, sebuah ramalan yang membawa dua insan saling bertemu dan jatuh cinta. Tapi kisah cinta ini tidak lengkap tanpa bumbu perselingkuhan, perselisihan hingga kecemburuan.

Kisahnya berawal ketika Saski (Nadya Arina) diramal akan mendatangi sebuah toko sepatu yang mempertemukan dengan jodohnya.

Benar saja, hari itu Saski datang ke toko sepatu milik Rio (Refal Hady) dan keduanya mulai saling jatuh cinta. Namun hubungan ini tidak berjalan baik, pasalnya mereka sudah terikat dengan perjodohan keluarga. Apakah Saski dan Rio bisa bersatu?

17. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2

Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2
*

Setelah dua tahun terbebas dari teror iblis, Alfie (Chelsea Islan) dan Nara (Hadijah Shahab) kembali melanjutkan hidup mereka. Sayangnya, Alfie tidak benar-benar hidup damai lantaran terkadang ia masih dihantui oleh perasaan bersalah dan mendapat penglihatan yang tidak wajar.

Suatu hari, sekelompok muda-mudi yang dulu pernah tinggal di panti asuhan bersama mencari Alfie. Mereka meminta bantuan Alfie untuk menghadapi sosok kegelapan dengan kekuatan yang besar dan siap menyembut nyawa mereka. Apakah kali ini Alfie berhasil lolos dari teror iblis tersebut?

18. Mangkujiwo

Film Mangkujiwo
*

Tak banyak film horor yang dirilis pada tahun 2020. “Mangkujiwo” menjadi salah satu film horor fresh yang sempat meramaikan layar lebar sebelum sejumlah bioskop ditutup karena pandemi COVID-19.

Film yang digarap oleh sutradara Azhar Kinoi Lubis ini menceritakan tentang asal usul kuntilanak, makhluk astral fenomenal di Indonesia yang diyakini keberadaannya masih eksis sampai saat ini.

Alkisah seorang pria bernama Brotoseno (Sujiwo Tejo) berniat untuk membalas dendam kepada Cokrokusumo (Roy Marten). Untuk melancarkan aksi balas dendam tersebut, Brotoseno memanfaatkan seorang perempuan hamil bernama Kanti (Asmara Abigail). Dengan ilmu hitam, Brotoseno mengubah Kanti menjadi sosok gaib yang dikenal sebagai kuntilanak.

19. Ghibah

Ghibah (film)_

Monty Tiwa kembali membuat film horor berjudul Ghibah (2021) yang akan membuat anak muda agak ketakutan untuk bergosip. Bisa dikatakan, hal ini didasari dari kebiasaan anak muda yang suka membicarakan orang lain disekitarnya yang disebut dengan nama “Ghibah”.

Film ini mengisahkan Firly (Anggika Bölsterli) dan dua teman kosannya yang gemar sekali berghibah setiap hari. Ketiganya sudah sering sekali diingatkan untuk tidak bergosip sembarangan, tapi mereka tetap saja melakukannya.

Hingga berbagai kejadian aneh mulai menggantui, bahkan hal ini membuat semua orang di kampus menjauhi mereka. Untungnya ada Arga (Verrell Bramasta) yang membantu Firly mencari jalan keluar dari situasi yang menyeramkan tersebut.

20. Aku Tahu Kapan Kamu Mati

Aku Tahu Kapan Kamu Mati
*

Sebuah film horor yang diadaptasi dari cerita Wattpad ini mengisahkan tentang gadis SMA bernama Siena (Natasha Wilona) yang sempat mengalami mati suri. Setelah peristiwat tersebut Siena memiliki kemampuan melihat pertanda orang yang akan mati. Teman-teman Siena tak ada yang mempercayai kemampuannya itu.

Suatu ketika, Siena melihat pertanda kematian pada diri Brama (Al Ghazali), kakak kelas yang ia cintai. Siena berusaha keras menggagalkan ajal yang hendak menjemput cowok yang ia sukai itu.

1 234
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram