bacaterus web banner retina
Bacaterus / Film Asia / 10 Film India Tentang Rumah Sakit yang Menyayat Hati

10 Film India Tentang Rumah Sakit yang Menyayat Hati

Ditulis oleh Desi Puji Lestari - Diperbaharui 12 April 2021

Industri film India adalah salah satu yang terbesar di dunia. Hingga kini, produksi mereka selalu saja berhasil membuat banyak penikmatnya terpesona. Tidak ketinggalan, film India tentang rumah sakit yang meski jumlahnya tidak terlalu banyak, tapi punya premis cerita menarik. 

Beberapa film berlatar belakang kondisi rumah sakit, sebagiannya lagi bercerita tentang konflik antara tenaga kesehatan, kisah cinta antara perawat dengan pasiennya hingga sindiran sosial terhadap pelayanan rumah sakit di India itu sendiri. Penasaran dengan film-film yang dimaksud? Berikut Bacaterus pilihkan beberapa film bertema medis yang sayang untuk dilewatkan!

1. Anand (1971)

Film India Tentang Rumah Sakit_Anand (1971)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 5 Maret 1972
  • Genre: Drama, Musikal
  • Produksi: Digital Entertainment, Shemaroo Video Pvt, Ltd (distributor)
  • Sutradara: Hrishikesh Mukherjee
  • Pemain: Rajesh Khanna, Amitabh Bachchan, Sumita Sanyal, Ramesh Deo

Film India tentang rumah sakit berjudul Anand (1971) ini menyoroti kebaikan hati seorang dokter, ahli onkologi bernama Dr. Bhaskar Banerjee (Amitabh Bachchan) yang mendedikasikan kemampuannya untuk mengobati masyarakat tidak mampu tanpa mengutip bayaran sedikit pun. Sudah begitu, hatinya kerap bersedih sebab melihat penderitaan orang miskin karena penyakitnya.

Dr. Bhaskar berteman dengan Dr. Prakash Kulkarni (Ramesh Deo). Suatu hari, Dr. Kulkarni mengenalkannya dengan seorang pasien bernama Anand Sehgal (Rajesh Khanna). Anand menderita limfosarkoma usus, jenis kanker yang langka. Walau dia tahu hidupnya tidak akan bertahan lama, penyakit tersebut tidak mengubah kepribadiannya yang ceria. 

Anand selalu berusaha menghibur orang-orang di sekelilingnya. Sifatnya yang demikian membuat Dr. Bhaskar terbawa semangat. Kondisi Anand semakin memburuk, tapi dia tidak ingin menghabiskan sisa waktunya di tempat tidur rumah sakit. Oleh karena itu dia memilih berjalan-jalan, membantu orang di rumah sakit yang membutuhkan.

Anand adalah sosok yang mengubah hidup Dr. Bhaskar. Sang dokter kemudian mengabadikannya dalam sebuah buku berjudul Anand. Film ini mendapat penghargaan dari Filmfare Award sebagai Film Terbaik tahun 1972. 

2. Armaan (2003)

Film India Tentang Rumah Sakit_Armaan (2003)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 16 Mei 2003
  • Genre: Drama, Roman
  • Produksi: Aarti Enterprises, Eros Entertainment (distributor)
  • Sutradara: Honey Irani
  • Pemain: Amitabh Bachchan, Anil Kapoor, Preity Zinta, Gracy Singh

Armaan berkisah tentang seorang dokter sekaligus pemilik rumah sakit bernama Dr. Siddharth Sinha (Amitabh Bachchan) yang ingin mengembangkan rumah sakit serta mengelolanya dengan lebih baik. Dia memiliki putra bernama Dr. Akash Sinha (Anil Kapoor) yang turut bekerja di rumah sakit sang ayah. Akash diceritakan menjalin asmara dengan Dr. Neha Mathur (Gracy Singh).

Hubungan kedua dokter tersebut berjalan baik hingga akhirnya Sonia Kapoor (Preity Zinta) masuk di antara keduanya. Sonia sangat terobsesi dengan Akash. Perempuan itu ingin memiliki sang dokter sepenuhnya dan bersedia melakukan apa pun. Sebagai putri seorang kaya raya, semua menjadi lebih mudah untuknya.

Sonia lantas meminta Gulshan Kapoor (Randhir Kapoor), sang ayah, untuk bantu membiayai pengembangan rumah sakit Dr. Siddharth yang taklama kemudian meninggal dunia. Kenyataannya Akash mengalami kesulitan dana untuk membangun rumah sakit. Lelaki itu pun bersedia menikahi Sonia walau tanpa cinta. Bagaimana akhir kisah cinta segitiga ini? 

3. Dard Ka Rishta (1982)

Film India Tentang Rumah Sakit_Dard Ka Rishta (1982)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 1982
  • Genre: Drama
  • Sutradara: Sunil Dutt
  • Pemain: Sunil Dutt, Reena Roy, Smita Patil, Padmini Kolhapure

Ravi Kant (Sunil Dutt) adalah seorang dokter yang menetap di New York bersama istrinya bernama Anuradha (Smita Patil) yang juga berprofesi sebagai dokter. Keduanya tengah melakukan penelitian terhadap leukemia. Suatu hari Ravi kembali ke India untuk menerima tawaran sebagai head of surgery di Tata Memorial Hospital di Bombay. 

Ravi kembali ke India tanpa istrinya sebab mereka sudah bercerai. Sayang, Anuradha ternyata sedang mengandung anak Ravi dan tidak mengabarkan hal tersebut lebih dulu pada mantan suaminya. Waktu pun berlalu hingga suatu hari Ravi harus mengobati seorang pasien bernama Bhardwaj. Saat itu pula Ravi bertemu dengan putrinya, Asha (Reena Roy).

Tanpa mengetahui bahwa keduanya adalah ayah dan anak, mereka menikah. Asha meninggal saat melahirkan putrinya dengan Ravi bernama Khushboo yang pada usia 11 tahun didiagnosis menderita leukemia. Atas beberapa rekomendasi rekan sesama dokter, Ravi membawa putrinya berobat ke New York. Di sana dia kembali bertemu dengan mantan istrinya, Anuradha. 

4. Dil Ek Mandir (1963)

Film India Tentang Rumah Sakit_Dil Ek Mandir (1963)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 8 Maret 1963
  • Genre: Roman
  • Sutradara: C.V. Sridhar
  • Pemain: Rajendra Kumar, Meena Kumari, Raaj Kumar, Mehmood

Film India tentang rumah sakit yang tayang tahun 1963 ini memiliki jalan cerita mengharukan. Berkisah tentang hidup seorang Sita (Meena Kumari) yang harus merawat suaminya Ram (Raaj Kumar) karena sakit kanker. Ram dirawat di sebuah rumah sakit dan ditangani langsung oleh Dr. Dharmesh (Rajendra Kumar). Belakangan diketahui bahwa Dr. Dharmesh adalah mantan kekasih Sita.

Latar belakang mereka membuat Sita khawatir jikalau Dharmesh tidak akan memberikan pengobatan terbaik untuk suaminya. Pembicaraan ini tanpa sengaja didengar oleh Ram. Alih-alih marah Ram justru meminta Sita menikah dengan sang dokter apabila nyawanya tidak bisa diselamatkan. Hari operasi pun tiba.

Dr. Dharmesh mempersiapkan ini dengan segenap hatinya. Dia bahkan melupakan makan dan istrirahat yang cukup untuk dirinya sendiri. Operasi pun berhasil dilakukan, Ram berhasil diselamatkan. Sayang, nyawa Dr. Dharmesh justru tidak tertolong. Beberapa waktu setelahnya Ram dan Sita meresmikan sebuah rumah sakit yang khusus dibangun untuk mengenang kebaikan Dr. Dharmesh. 

5. Khamoshi (1970)

Film India Tentang Rumah Sakit_Khamoshi (1970)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 25 April 1970
  • Genre: Drama
  • Produksi: Geetanjali Pictures
  • Sutradara: Asit Sen
  • Pemain: Waheeda Rehman, Rajesh Khanna, Dharmendra, Nazir Hussain

Radha (Waheeda Rehman) adalah seorang perawat yang jatuh cinta dan terbawa emosional ketika merawat seorang pasien bernama Dev Kumar (Dharmendra). Radha patah hati ketika Dev harus pergi meninggalkan rumah sakit. Suatu hari datang seorang Arun Choudhary (Rajesh Khanna), seorang penyair dan penulis yang menderita acute mania setelah ditolak oleh kekasihnya.

Radha semula menolak untuk merawan Arun. Namun, lambat laun, dia mau melakukannya. Kedekatan antara Radha dan Arun tidak bisa dihindarkan. Sang perawat kembali melibatkan perasaan saat merawat pasiennya. Hal ini membuatnya mengalami emotionally deranged. Radha pun dirawat dan Arun berjanji menunggunya sembuh.

6. Kyon Ki (2005)

Film India Tentang Rumah Sakit_Kyon Ki (2005)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 3 November 2005
  • Genre: Drama, Romantis
  • Produksi: Orion Pictures, MAD Entertainment Ltd
  • Sutradara: Priyadarshan
  • Pemain: Salman Khan, Kareena Kapoor, Rimi Sen, Jackie Shroff

Film India tentang rumah sakit yang satu ini berlatar belakang keadaan di sebuah rumah sakit jiwa. Di sana terdapat Dr. Khurana yang berwibawa sekaligus strict. Dia tidak sendiri sebab ditemani oleh Dr. Sunil (Jackie Shroff) dan putrinya, Dr. Tanvi Khurana (Kareena Kapoor). Antara ayah dan anak tersebut terdapat perbedaan mendasar dalam menangani pasien. 

Dr. Tanvi cenderung lebih lembut dan perhatian dibanding Dr. Khurana. Sebab itulah Tanvi sering berselisih dan tidak mendapat pengakuan apa pun dari ayahnya. Sakit hati diperlakukan demikian, Tanvi berjanji tidak akan mau mendekati pasien mana pun lagi.

Suatu hari rumah sakitnya kedatangan seorang pasien bernama Anand (Salman Khan). Anand kerap membuat keributan dan membuat Dr. Tanvi merasa kesal. Namun, ketika mengetahui masa lalu sang pasien, Dr. Tanvi berbalik merasa iba. Seperti apa masa lalu Anand hingga membuatnya berubah pikiran?

7. Munna Bhai M.B.B.S (2003)

Film India Tentang Rumah Sakit_Munna Bhai M.B.B.S (2003)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 19 Desember 2003
  • Genre: Drama, Komedi
  • Produksi: Vinod Chopra Production, Entertainment One (distributor)
  • Sutradara: Rajkumar Hirani
  • Pemain: Sanjay Dutt, Gracy Singh, Arshad Warsi, Boman Irani

Film yang masih berlatar belakang kehidupan medis dan rumah sakit ini bergenre drama komedi. Ia dibintangi oleh Sanjay Dutt yang berperan sebagai Murli Prasad Sharma. Murli adalah seorang penjahat dengan nama julukan Munna Bhai. Dia tinggal bersama teman serta sahabatnya dan berpura-pura menjadi seorang dokter di hadapan kedua orangtua.

Penyamarannya terbongkar setelah Jangdish Chandra Asthana (Boman Irani) mengungkapkan kebenaran profesi Munna kepada kedua orangtuanya. Hal ini membuat mereka kecewa dan malu. Munna kemudian bersumpah untuk membalas dendam terhadap Asthana dan putrinya.

Cerita berlanjut ketika Munna mendapatkan izin untuk masuk ke perguruan tinggi kedokteran. Tanpa dia sadari dekan dari perguruan tinggi tersebut adalah Asthana. Hal yang lebih mengelikan adalah Munna jatuh cinta pada seorang dokter yang ternyata adalah putri Asthana itu sendiri. 

8. Athiran (2019)

Film India Tentang Rumah Sakit_Athiran 2019
  • Tanggal/Tahun Rilis: 12 April 2019
  • Genre: Psychological Thriller, Horror, Misteri
  • Produksi: Century Investments
  • Sutradara: Vivek
  • Pemain: Fahadh Faasil, Sai Pallavi, Atul Kulkarni

Di sebuah rumah sakit jiwa yang menakutkan dan terletak di hutan belantara, seorang psikiater  bernama Dr. Kannan Nair (Fahadh Faasil) datang untuk menginspeksi. Di sana dia bertemu Dr. Benjamin (Atul Kulkarni) dan pasiennya Renuka (Lena). Dr. Benjamin adalah dokter utama sekaligus pemilik rumah sakit jiwa tersebut.

Mengetahui keadaan rumah sakit yang dikelola Dr. Benjamin, Dr Kannan merasa kesal. Ingin membuat sang inspector merasa terkesan, Dr. Benjamin memperlihatkan kemampuannya dalam menghipnotis. Sementara itu, Dr. Kannan merasa bahwa ada yang ganjil dari rumah sakit ini. Jumlah pasien yang disebutkan hanya berjumlah lima adalah data yang dimanipulasi.

Sang dokter mengetahui ada seorang pasien bernama Nithya (Sai Pallavi) yang dirantai di sebuah sel yang tersembunyi. Tindakan Dr. Benjamin ini semakin mengecewakan. Dr. Kannan menilai bahwa metode pengobatan di sini tidak logis, primitive dan illegal. Sementara Dr. Benjamin mengatakan bahwa Nithya adalah putrinya dan akan berbahaya jika melepasnya. Semenyeramkan apa Nithya? Pecinta film misteri wajib menyaksikan ini!

9. Gabbar is Back (2015)

Film India Tentang Rumah Sakit_Gabbar is Back (2015)
  • Tanggal/Tahun Rilis: 1 Mei 2015
  • Genre
  • Produksi: Bhansali Productions
  • Sutradara: Krish
  • Pemain: Akshay Kumar, Shruti Haasan, Suman Talwar, Sunil Grover

Potongan film Gabbar is Back (2015) sempat heboh beberapa waktu lalu. Dalam potongan tersebut diperlihatkan betapa bobroknya pelayanan kesehatan di India. Dokter yang semestinya mengutamakan nyawa pasien di atas biaya, justru sebaliknya. Mereka bersekongkol “mengeruk” uang sebanyak-banyaknya dari para pasien yang sangat membutuhkan.

Film Gabbar is Back dibintangi oleh aktor senior India Akshay Kumar yang berperan sebagai Professor Aditya Singh Raiput atau Gabbar. Gabbar adalah sosok yang mengekspos kebobrokan pelayanan rumah sakit di India setelah beberapa peristiwa yang mengiris hatinya. Berhasilkan Gabbar menghentikan hal memalukan semacam itu?

Beberapa film India tentang rumah sakit di atas datang dari tahun-tahun yang berbeda. Sebagian merupakan film lama dan sebagiannya lagi bahkan masih berwarna hitam putih. Namun, soal cerita pasti membuat Anda penasaran. Bukan begitu?

Selain film bertemakan rumah sakit, Bacaterus juga punya rekomendasi film india bertemakan sekolah, perang, pendidikan dan keluarga yang sayang untuk dilewatkan.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram