Bacaterus / Film India / 10 Rekomendasi Film India Paling Inspiratif Sepanjang Masa

10 Rekomendasi Film India Paling Inspiratif Sepanjang Masa

Ditulis oleh - Diperbaharui 16 November 2019

India adalah negara salah satu negara penghasil film terbesar di dunia. Bagi orang awam, film India mungkin identik dengan roman picisan, lagu-lagu, dan tarian. Namun, belum banyak yang tahu kalau film India jauh lebih luas daripada itu. Ada film aksi, komedi, sampai film inspiratif.

Kalau kamu belum tahu banyak soal film India dan ingin mencari hiburan yang inspiratif, film-film yang akan diulas di sini bisa menjadi referensi yang baik. Berikut adalah daftar rekomendasi film India inspiratif terbaik sepanjang masa versi Bacaterus, yang sangat menarik untuk ditonton.

1. 3 Idiots (2009)

3 Idiots (2009)

* sumber: www.imdb.com

3 idiots adalah salah satu film India yang paling populer dan sukses di pasaran. Bahkan banyak orang yang sebelumnya tidak pernah menonton film India menyempatkan diri untuk menonton film ini. Ya, film India inspiratif yang satu ini memang sebagus itu. Pendidikan jadi fokus utama film ini, yang dikemas dengan kasual tetapi mendalam.

Film ini mengisahkan Farhan, Raju, dan Rancho yang bertemu dan bersahabat di kampus tempat mereka kuliah teknik mesin. Raju yang banyak takut, Farhan yang sebenarnya tidak ingin menjadi insinyur karena lebih suka fotografi, dan Rancho yang jenius sekaligus misterius. Akankah mereka berhasil di kampus itu? Kisah mereka sangat inspiratif, terlalu sayang untuk dilewatkan.

2. P.K (2014)

P.K (2014)

* sumber: www.imdb.com

Kalau kamu belum pernah menonton film India, cobalah saksikan film ini karena bisa mengubah sudut pandang kamu seutuhnya tentang film India. P.K adalah sebuah film inspiratif dengan genre komedi satir yang sukses di pasaran. Tidak hanya menghibur, film ini juga memberikan banyak pelajaran buat penontonnya.

P.K mengisahkan sosok alien yang mendarat di Bumi. Dia kehilangan satu-satunya alat komunikasi untuk menghubungi pesawat ruang angkasa miliknya. Maka, dia tidak punya pilihan lain selain berpetualang di Bumi dan bertemu dengan para manusia. Petualangannya inilah yang sangat inspiratif dan seru untuk disaksikan.

3. Slumdog Millionaire (2008)

Slumdog Millionaire (2008)

* sumber: www.imdb.com

Kalau kamu ingat, dulu sempat ada acara kuis Who Wants To Be a Millionaire yang disiarkan di televisi. Acara ini cukup digemari di seluruh dunia. Seorang yang terpilih akan duduk di kursi panas untuk menjawab pertanyaan. Dia akan mendapatkan sejumlah uang setiap kali menjawab dengan benar. Nah, film India inspiratif yang satu ini bercerita tentang kuis itu.

Seorang pemuda dari daerah kumuh di Mumbai mengikuti kuis ini demi meraih cintanya. Sisi menariknya bukan mengenai kuisnya, tetapi cerita dibaliknya. Setiap pertanyaan yang diajukan pembawa acara sangat berkorelasi dengan hidup pemuda itu. Tentang cinta, kemiskinan, dan konflik sosial yang dia alami sendiri. Film ini agak menampar penonton dengan cara yang unik.

4. Dangal (2016)

Dangal (2016)

* sumber: www.imdb.com

Kalau kamu suka mengikuti dunia olahraga, film India inspiratif yang ini jangan sampai dilewatkan. Kenapa? Karena film ini diadaptasi dari kisah nyata seorang atlet gulat perempuan di India. Cerita yang diangkat adalah drama keluarga dan perjuangan seorang ayah dalam menyukseskan anak-anaknya.

Mahavir Phogat gagal membawa pulang medali emas untuk negaranya. Dia ingin penerusnya yang berhasil mempersembahkan medali. Masalahnya, dia tidak mempunyai anak laki-laki. Jadi, dia melatih dua anak perempuannya untuk menjadi atlet. Perjuangan mereka yang akan membuat kamu takjub dan bisa sangat menginspirasi.

5. Bhaag Milkha Bhaag (2013)

Bhaag Milkha Bhaag (2013)

* sumber: www.imdb.com

Film India inspiratif yang ini masih seputar dunia olahraga, tapi dalam cabang yang berbeda. Dalam film ini, yang dibahas adalah dunia atletik. Ceritanya diangkat dari kisah hidup Milkha Singh, seorang pelari legendaris India yang mendapat julukan The Flying Singh. Dia adalah atlet paling ikonik dari India.

Milkha Singh harus menjalani proses yang menyakitkan selama menjadi atlet. Dia dihadang oleh beragam hambatan yang mencoba menjatuhkannya. Namun, keinginannya untuk menjadi seorang atlet Olimpiade dan juara dunia membuatnya tetap berlari. Kisah ini, seperti kisah perjuangan lainnya bisa membakar semangat kamu untuk tetap berusaha meraih mimpi.

6. Chak De! India (2007)

Chak De! India (2007)

* sumber: www.imdb.com

Chak De! India adalah film inspiratif India lainnya yang mengangkat cerita dunia olahraga. Kali ini, ceritanya berasal dari cabang olahraga hoki. Olahraga ini tidak sepopuler sepak bola atau atletik, karena itulah film ini menjadi sangat menarik untuk ditonton. Kita disuguhi dunia baru yang mungkin sepenuhnya asing.

Ini tentang Kabir Khan, seorang atlet andalan pada masanya. Sayangnya, dia harus mengalami kekalahan yang memalukan di lapangan. Bertahun-tahun setelah menghadapi kekalahan itu, dia kembali sebagai pelatih tim hoki wanita India. Dia ingin mengabdi sekaligus membuktikan diri kepada negara.

7. Hotel Mumbai (2018)

Hotel Mumbai (2018)

* sumber: www.imdb.com

Biasanya kita melihat seorang pahlawan di dalam film dengan kekuatan super, kostum keren, dan senjata yang mematikan. Film ini berbeda, karena itulah film ini layak disebut film India inspiratif. Apalagi, film ini diangkat dari kisah nyata. Siapa tokoh utamanya? Ia adalah seorang staf hotel yang menyelamatkan tamu-tamunya.

Taj Hotel di Mumbai diserang oleh sekelompok teroris. Mereka mencoba membantai semua orang yang ada di hotel itu. Seorang staf hotel mempertaruhkan hidupnya untuk menjaga para tamu supaya tetap aman ketika kebanyakan orang berusaha untuk menyelamatkan diri sendiri. Film ini membuktikan kalau semua orang bisa menjadi pahlawan.

8. Super 30 (2019)

Super 30 (2019)

Film India inspiratif yang ini mengangkat cerita dari dunia sains. Bisa dibilang kalau film Super 30 adalah drama biografi karena diadaptasi dari kisah nyata seorang jenius matematika bernama Anand Kumar. Super 30 adalah program pendidikan yang digagas olehnya, sehingga kisah film ini layak untuk disaksikan.

Anand Kumar berasal dari keluarga sederhana di Bihar. Dia tumbuh dan melihat kenyataan kalau hanya anak raja yang bisa menjadi raja. Karena itu, dia mempunyai misi untuk membuktikan kalau anak-anak keluarga miskin juga mampu menjadi orang jenius tingkat dunia. Maka, dia membuat Super 30 yang mendidik anak-anak itu agar sukses menjadi profesional.

9. Gold (2018)

Gold (2018)

Satu lagi film India inspiratif yang datang dari dunia olahraga. Plot film ini masih seputar kisah nyata seorang atlet dan perjuangannya untuk meraih medali. Gold mengadaptasi peristiwa bersejarah tentang medali emas pertama India di Olimpiade. Tokoh utama yang diangkat di film ini adalah Tapan Das, seorang atlet hoki legendaris India.

Olimpiade Musim Panas 1948 menjadi sejarah untuk India. Tim hoki India mempersembahkan permainan gemilang yang mengantarkan negaranya sampai ke final melawan Inggris. Di atas kertas, Inggris mungkin unggul. Namun, Tapan Das membantah itu dengan dua gol yang dicetaknya.

10. Neerja (2016)

Neerja (2016)

Film India inspiratif yang ini cukup menegangkan. Apalagi film ini termasuk thriller biografi yang artinya diangkat dari kisah nyata. Ketegangan yang disajikan sepanjang film benar-benar dirasakan oleh pihak-pihak yang terkait. Tokoh kuncinya bukanlah orang besar, melainkan seorang pramugari bernama Neerja.

Suatu hari di tahun 1986, Neerja bekerja seperti biasa. Dia berangkat dengan penerbangan Pan Am 73. Dia tidak tahu kalau di dalam pesawat itu ada teroris yang mengancam keselamat penumpang. Neerja melakukan segala cara untuk melindungi para penumpang. Tidak banyak film inspiratif seperti ini, teman-teman! Sayang kalau tidak dinonton!

Itulah daftar film India paling inspiratif yang bisa membuat kamu takjub dan terinspirasi. Bacaterus juga memiliki kumpulan artikel mengenai film inspiratif lainnya, seperti film inspiratif tentang memasak, pengusaha, penemuan, dan masih banyak lagi.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *