Bacaterus / Entertainment / Film Asia / 10 Film Horor Malaysia Terseram yang Bikin Nggak Bisa Tidur!

10 Film Horor Malaysia Terseram yang Bikin Nggak Bisa Tidur!

Ditulis oleh - Diperbaharui 19 November 2018

Cerita yang mencekam, akting yang meyakinkan, suara dan suasana yang menegangkan, hingga penampakan hantu yang mengerikan sudah menjadi hal umum yang dicari oleh sebagian penonton film horor. Dibuat tegang dengan cerita yang kelam maupun penampakan yang mengerikan merupakan suatu kenikmatan bagi para pencinta horor.

Cerita horor pun semakin beragam termasuk dalam industri film. Film-film horor yang ditonton pun tidak hanya yang berasal dari Hollywood, industri horor di berbagai negara terus bersaing melahirkan film horor yang berkualitas.

Malaysia turut menjadi negara yang mampu memproduksi beberapa film horor yang terbilang seram dan patut untuk diperhitungkan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi film horor Malaysia yang paling seram dan wajib untuk ditonton.

10 Film Horor Malaysia Terseram

1. Munafik (2016)

* sumber: www.brilio.net

Salah satu adegan paling ikonik dalam film ini adalah ketika salah satu tokoh mengalami kerasukan dan berbicara dalam bahasa Arab sembari menyebutkan nama Dajjal. Film ini banyak menyajikan tradisi Islam yang sangat kental dan mengangkat isu mengenai keimanan seorang muslim. Adegan-adegan dalam film ini melibatkan pengusiran jin melalui cara yang Islami.

Film Munafik ini bisa dikatakan sebagai film horor Malaysia yang paling dikenal di Indonesia dan mendapat sambutan yang positif. Film yang disutradarai oleh Syamsul Yusof ini bercerita mengenai seorang praktisi ruqyah yang mengalami fenomena mengerikan semenjak kematian istrinya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa unsur spiritual yang dimasukan ke dalam film ini mampu menyentuh rasa takut yang sangat mendalam pada diri manusia terutama bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas menganut agama Islam.

Di sisi lain, hal ini juga bisa memenuhi dahaga kita akan horor yang tidak melulu memperlihatkan pengusiran setan dengan gaya Hollywood. Dengan demikian, film ini bisa menjadi salah satu pilihan horor yang unik. Film ini direncanakan sebagai trilogi, adapun seri kedua dari Munafik dirilis pada tahun 2018 ini.

2. Santau (2009)

santau

Cerita mengenai santet memang sebuah cerita yang tidak bisa habis untuk dibicarakan. Mitos-mitos yang menyelubungi kebiasaan ini terus bermunculan terutama karena kesulitannya untuk dijabarkan. Dalam hal ini, Santau berhasil menyajikan cerita mengenai santet yang begitu dekat dengan masyarakat.

Santau dalam bahasa Indonesia berarti santet atau guna-guna. Film ini menceritakan sebuah keluarga seorang kontraktor yang mendapatkan cobaan ketika istrinya mengalami hal-hal aneh. Lama kelamaan, keanehan dan teror yang diterima istrinya membuatnya berpikir bahwa keluarga mereka sedang berada dalam bahaya.

3. Hantu Kak Limah (2018)

* sumber: www.star2.com

Hiburan yang disajikan berupa perpaduan yang pas antara horor dan komedi memberikan sesuatu yang segar sekaligus menegangkan. Adapun Kak Limah sendiri merupakan arwah istri dari salah satu teman karakter utama dalam film tersebut.  Hantu Kak Limah merupakan seri ketiga dari Hantu Kak Limah Balik Rumah (2010) dan Husin, Mon, dan Jin Pakai Toncit (2013). Film dengan genre horor komedi ini berhasil menarik perhatian publik.

4. Villa Nabila (2015)

* sumber: www.insing.com

Cerita yang diambil dari kisah nyata seringkali memberikan daya tarik yang lebih kuat. Begitu juga dengan film ini yang seolah memberikan pandangan dan pengetahuan akan salah satu kisah nyata di negara tetangga yakni Malaysia. Akibatnya, kita seolah diseret untuk mengetahui kasus yang sedang disajikan.

Film ini mengangkat cerita mengenai sebuah villa yang dikenal angker di daerah Johor Bahru, Malaysia. Film ini juga menceritakan mengenai hilangnya seorang remaja dan kejadian-kejadian mengerikan yang dialami oleh para pekerja.

5. Pontianak Harum Sundal Malam (2004)

Pontianak Harum Sundal Malam (2004)

Adapun salah satu daya tarik utama dari film ini ialah Maya Karin yang mampu menampilkan peran ganda dalam dua latar waktu yang berbeda. Kemampuan akting dari pemain tentu saja menjadi salah satu unsur penting dalam film termasuk film horor.

Pontianak dalam film ini mengacu pada hantu perempuan yang menyerupai Kuntilanak dalam mitos Indonesia. Film ini terdiri dari dua seri, bagian pertama yang dirilis pada tahun 2004 serta bagian kedua yang dirilis satu tahun kemudian yakni pada tahun 2005. Kedua seri film ini merupakan tontonan yang bisa menjadi pilihan Anda.

Akting yang baik mampu menghasilkan suasana mencekam yang benar-benar terasa nyata. Beberapa ulasan mengenai film menyatakan bahwa akting dari Maya Karin ini mengingatkan penonton Indonesia pada kemahiran akting Suzana dalam film horor Indonesia.

6. Khurafat: Perjanjian Syaitan (2015)

Khurafat Perjanjian Syaitan (2015)

* sumber: duniaonlinekamu.blogspot.com

Film ini merupakan film lain yang digarap oleh Syamsul Yusof. Meskipun tidak sepopuler Munafik, film ini bisa menjadi pilihan lain untuk menikmati horor Malaysia yang menyeramkan.

Khurafat bercerita tentang sepasang suami istri yang baru menikah namun mengalami hal tidak terduga berupa penampakan mahluk yang menakutkan bersamaan dengan kedatangan mantan pacar dari sang suami. Perlahan-lahan misteri dalam film ini akan terbuka. Perjanjian dengan setan yang dibuat oleh salah satu tokoh akan memberikan dampak yang mengerikan.

7. Sumpahan Kum Kum (2012)

* sumber: www.themoviedb.org

Cerita dalam film ini terinspirasi dari urban legend mengenai Hantu Kum Kum yang pernah muncul di Malaysia pada tahun 90-an. Kum Kum merupakan sebutan untuk hantu wanita tua yang datang dari rumah ke rumah untuk mencari gadis muda agar bisa dijadikan korban.

Konon, hantu ini adalah jelmaan dari seorang perempuan yang terobsesi dengan kecantikan. Sebuah obsesi yang memakan korban tentu saja mampu melahirkan cerita yang sangat mengerikan.

8. Karak (2011)

Karak (2011)

* sumber: thesmartlocal.com

Karak bercerita mengenai salah satu jalanan paling angker di Malaysia. Diceritakan terdapat 4 sekawan yang mendapat teror ketika melewati jalan tersebut. Bahkan, kengerian terus berlanjut sebab mahluk-mahluk yang mereka temui terus mengikuti mereka.

Film ini bisa dikatakan sebagai film horor dengan penampakan hantu yang cukup ekstrem sehingga sangat cocok bagi penyuka jumpscare maupun penyuka penampilan hantu yang terpampang dengan jelas dalam film.

9. Dukun (2018)

Dukun (2018)

* sumber: www.star2.com

Film ini terinspirasi dari kasus pembunuhan di Malaysia sehingga mampu menampilkan kengerian yang nyata. Cerita dalam film ini berfokus pada seorang pengacara yang berusaha menemukan anaknya yang hilang. Keputusasaan dan rasa tertekan digambarkan dengan cukup baik dalam film ini. Pada akhirnya, kegelisahan yang dialami oleh karakter utama membawanya pada satu rahasia yang benar-benar gelap.

10. Sini Ada Hantu (2011)

Sini Ada Hantu (2011)

Perpaduan antara perjalanan yang panjang di malam hari sambil membawa keranda mayat dengan cerita-cerita hantu yang disajikan mampu memberikan suasana yang mencekam dan menegangkan.

Film ini bercerita mengenai perusahaan pengantar barang dan penyewaan kendaraan yang mendapat tugas untuk mengantarkan keranda mayat ke luar kota. Di sepanjang perjalanan, para pekerja berusaha mengusir kantuk dengan bercerita mengenai berbagai cerita menyeramkan.

Itulah beberapa film horor Malaysia terseram yang wajib untuk Anda tonton. Apabila ada rekomendasi lain ataupun ulasan yang lebih lengkap, Anda bisa menambahkannya pada kolom komentar. Film-film tersebut bisa menjadi pilihan untuk ditonton ketika sendirian maupun ketika berkumpul dengan teman atau keluarga. Tapi hati-hati, mungkin ada tamu tidak diundang yang ingin ikut menonton!

Oh iya, Anda juga jangan lewatkan 10 Film Horor Indonesia Terseram dan terbaik sepanjang masa, dijamin Anda pasti akan merinding ketakutan!

Baca juga artikel lainnya tentang , atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

Lahir dini hari di bulan Agustus

Leave A Comment