Ditulis oleh - Diperbaharui 24 Januari 2019

Film bergenre horror adalah film yang paling disukai oleh masyarakat kita. Untuk sebagian dari kita mungkin tidak begitu suka dengan film genre horror karena menganggap film horror itu hanya hayalan semata yang membuat orang takut untuk diam dirumah sendirian. Akan tetapi, film horor Indonesia banyak pula yang berdasarkan kisah nyata atau cerita rakyat setempat.

Sayangnya, film horor di Indonesia saat ini sudah didominasi oleh film horor murahan yang balut dengan berbagai adegan hot. Karena banyaknya adegan panas tersebut, sekarang film horor Indonesia banyak diidentikan dengan film mesum yang tidak mendidik.

Padahal sebenarnya Indonesia juga memiliki banyak judul film horor yang layak untuk diacungi jempol. Film-film tersebut benar-benar menampilkan suasana mistis dan mencekam. Tidak ada adegan panas dan tidak pula mendatangkan bintang film porno dari luar negeri.

Maka dari itu walaupun anda merasa ngeri untuk menontonnya, Anda akan tetap selalu penasaran untuk menonton film horror terbai buatan anak negeri kita tersebut. Berikut ini saya bagikan film horor Indonesia terbaik yang berkualitas dan pastinya akan membuat Anda merinding.

10 Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

1. Jelangkung (2001)

film horor Indonesia jelangkung

Film yang digarap oleh Rizal mantovani dan Jose Purnomo ini berhasil menjadi film horror yang kembali membangkitkan perfilman Indonesia dalam genre horror. Dengan mengusung sebuah ritual kuno yang melegenda di indonesia dengan judul Jelangkung, film yang dibintangi oleh Winky Wiryawan, Melanie Ariyanto, Rony Dozer, dan Harry Pantja ini pastinya akan membuat Anda merinding bukan main.

Film Jelangkung ini bercerita tentang  sekawan yang penasaran mencari pengalaman ke tempat-tempat seram dan berakhir di sebuah desa bernama Angker Batu. Di desa inilah mereka memulai pengalaman seram mereka karena mereka memanggil arwah dengan bermain jelangkung di atas kuburan yang sudah lama tidak terurus yang berujung dengan teror dari arwah tersebut.

Dengan tag line “datang tak diundang, pulang tak diantar..” film ini meraup banyak respon positif dari masyarakat karena berhasil memunculkan kembali cerita permainan kuno yang cukup seram untuk dicoba. Tertarik untuk bermain jelangkung? Saya harap tidak.

2. Tusuk Jelangkung (2003)

film horor Indonesia tusuk jelangkung

Tusuk Jelangkung adalah film sekuel lanjutan dari film Jelangkung yang sudah rilis pada tahun 2001 dan tidak kalah mengerikan dibanding film sebelumnya. Alur cerita yang kembali melanjutkan cerita Jelangkung sebelumnya ditambah dengan akting para pemainnya akan membuat Anda merasakan j ketakutan.

Para pemeran film ini adalah Marcella Zalianty (Rea), Iqbal Rizantha (Zacky), Dinna Olivia (Visi), A.A. Gde Wipra (Dudung), Thomas Nawilis (Unay), dan Samuel Rizal (Marcel). Pengalaman mistis yang dialami oleh Rea dan teman-temannya ini berawal dari Rea yang bermain Jelangkung dan tidak sengaja memanggil arwah yang sama dengan arwah yang ada di film Jelangkung (2001).

Setelah bertanya pada paranormal bagaimana cara supaya tidak terus dihantui, mereka harus mencabut kembali boneka yang ditancapkan di atas kuburan arwah tersebut. Akan tetapi setelah mereka berhasil mencabut boneka jelangkung itu, semuanya belum berakhir.

3. Kuntilanak (2006)

film horor Indonesia kuntilanak

Lagi-lagi film bergenre horror Indonesia diambil dari cerita urban masyarakat, hal ini memang menambah daya tarik Anda untuk menontonnya bukan? Kuntilanak adalah hantu perempuan yang sering digambarkan dengan sosok rambutnya yang panjang berantakan dengan pakaian lusuh yang kadang berupa baju putih panjang.

Nah, dalam film kuntilanak yang disutradarai oleh Rizal mantovani ini bercerita tentang Sam (Julie Estelle) yang memiliki kemampuan menembangkan sebuah durmo yang memanggil kuntilanak. Pemeran lainnya ada kekasih Sam yaitu Agung (Evan Sanders) yang berusaha menghentikan kebiasaan Sam memanggil kuntilanak karena arwah itu memakan banyak korban.

Latar rumah tua besar yang sedikit tidak terurus dan pohon beringin besar di depan rumahnya akan menambah ketakutan anda pastinya. Setelah menonton film Kuntilanak ini semoga Anda tidak penasaran mencoba menembangkan durmo memanggil kuntilanak yang dinyanyikan Julie Estelle ini ya.

4. Pocong 2 (2006)

film horor Indonesia pocong 2

Satu lagi film horror Indonesia yang ceritanya sangat dekat dengan kehidupan kita, Pocong. Siapa yang tidak tahu dengan pocong. Sebenarnya pocong adalah sesuatu yang memang biasa dilakukan oleh umat muslim ketika ada yang meninggal yaitu ‘dipocongi’. Namun dalam film ini, ditekankan bahwa jika orang meninggal dipocongi, jiwanya akan terkekang dan tetap tinggal di bumi.

Film ini dibintangi oleh Revalina sebagai Maya, Risty Tagor sebagai Andin, dan Ringgo sebagai Adam kekasih Maya. Diawali dari menempati apartemen aneh, mencekam dan ternyata tersimpan banyak misteri ini, banyak kejadian-kejadian aneh; penampakan pocong yang pasti membuat bulu kuduk berdiri.

Dibuatnya film ini berawal dari dicekalnya film Pocong pertama yang sudah dirilis karena banyak menampilkan adegan sadis dan mengandung SARA. Maka dari itu, dibuatlah film Pocong 2 ini yang tak kalah menarik pastinya.

5. Beranak Dalam Kubur (1971)

film horor Indonesia

Last but not least, film horor Indonesia yang belum ada lawannya yaitu Beranak dalam Kubur yang dibintangi oleh Suzanna. Film drama-horror ini dibuat berdasarkan komik karya Ganesh TH dengan judul ‘Tangisan di Malam Kabut’.

Bercerita tentang seorang adik yang dibunuh oleh kakak kandungnya yang sirik dan berhati dingin dengan cara dikubur hidup-hidup dalam keadaan hamil 9 bulan. Adiknya itu adalah Lila (Suzanna). Setelah malam dia dikubur hidup-hidup, tempat itupun menjadi sangat angker dan banyak orang yang dihantui oleh Lila (Suzanna).

Film Beranak Dalam Kubur ini merupakan film horror masterpiece Indonesia, walaupun dibuat di tahun 1971 tapi belum ada yang bisa menandingi film yang melegenda ini. Kalau mengaku pecinta film horror, tentunya anda harus menonton film ini dulu.

6. Pengabdi Setan (1980)

Pengabdi Setan (1980) Film Horor Indonesia

Di tahun 1980, film Pengabdi Setan menjadi salah satu film horor Indonesia yang cukup laris. Pada tahun 2017, sutradara Joko Anwar membuat remake film ini dengan sedikit perubahan cerita.

Pengabdi Setan mengisahkan tentang sebuah keluarga yang jauh dari agama. Sang ayah, Munarto, sibuk dengan bisnisnya; putranya yang bernama Tomi adalah sosok pendiam; dan putrinya yang bernama Rita gemar berpesta. Sejak kematian sang ibu, Mawarti, Tomi tertarik memperdalam ilmu hitam.

Di saat itu pula, ayahnya mendapatkan pembantu rumah tangga baru bernama, Darminah. Sejak kedatangan Darminah, keluarga itu diteror dengan berbagai penampakan hantu, mulai dari kuntilanak sampai mayat hidup (zombie).

Berbagai cara telah dilakukan untuk menghentikan teror hantu-hantu itu, tapi orang yang terlibat malah tewas dengan mengenaskan. Belakangan, keluarga itu mengetahui bahwa Darminah adalah jelmaan dari setan yang memang mengintimidasi keluarga yang imannya lemah. Berhasilkah keluarga ini mengenyahkan Darminah dan teror-terornya?

7. Rumah Dara (2010)

Rumah Dara

Film horor tidak selalu melulu menceritakan tentang hantu. Rumah Dara adalah film horor jagal dengan genre thriller yang berhasil meraih penghargaan di kancah festival film nasional maupun internasional. Shareefa Danish berhasil memerankan sosok Dara, wanita misterius yang hidup sejak jaman Belanda.

Singkatnya, sebuah rombongan yang akan menuju ke Jakarta menghentikan mobilnya ketika melihat wanita muda yang mengaku telah dirampok. Ketika rombongan tersebut mengantarkan wanita itu ke rumahnya, mereka diminta untuk mampir. Rumah tersebut milik Dara dan wanita yang mengaku dirampok tadi adalah Maya, anak Dara.

Awalnya mereka mendapat jamuan makan malam dari Dara. Setelah menyantap makanan tersebut, mereka pingsan dan ketika sadar mereka dihadapkan pada kenyataan bahwa Dara dan anak-anaknya adalah pembunuh sadis yang gemar memutilasi korbannya.

Sepanjang film kita akan disuguhkan dengan adegan yang menegangkan. Film ini sangat jauh dari kata “membosankan” dan sangat cocok bagi penikmat film thriller dengan adegan berdarah-darah.

8. Danur (2017)

Danur

Film yang dirilis pada tahun 2017 ini dibintangi oleh aktris muda yang memang sedang booming saat itu, yakni Prilly Latuconsina. Di film ini, Prilly dipertemukan dengan Shareefa Danish, pemeran Dara di film Rumah Dara. Danur merupakan kisah nyata dari Risa Sariswati, wanita indigo yang memiliki pengalaman dengan berbagai mahluk astral.

Prilly memerankan tokoh Risa yang sudah “berkawan” dengan mahluk tak kasat mata sejak ia kecil. Ibunya berusaha menjauhkan Risa dari sahabatnya yang berasal dari dunia lain. 9 tahun berlalu, Risa dan adiknya, Riri, harus kembali ke rumah neneknya. Di sana, Risa harus berhadapan dengan hantu jahat yang berusaha membawa Riri ke dunia lain.

9. Malam Satu Suro (1988)

Malam Satu Suro

Sebagai ratu film horor Indonesia, Almh. Suzanna memang banyak bermain dalam film horror yang booming pada jamannya. Salah satu yang terkenal adalah Malam Satu Suro. Suzanna memerankan sosok Suketi, yang merupakan sundel bolong yang dijadikan manusia oleh seorang dukun sakti.

Suketi menikah dengan manusia bernama Bardo. Hidup mereka sangat sempurna dan dikaruniai 2 orang anak. Akan tetapi, saingan bisnis Bardo, Joni, berniat untuk menghancurkan usaha dan keluarga Bardo. Joni pergi ke dukun bernama Mak Talo. Di sana, Mak Talo mengatakan bahwa istri Bardo dulunya adalah Sundel Bolong. Bersama Mak Talo, Joni berniat mencabut paku di kepala Suketi untuk membuatnya jadi sundel bolong lagi.

Situasi bertambah runyam ketika komplotan Joni menculik Preti, anak bungsu Bardo dan Suketi. Preti tak sengaja terbunuh oleh komplotan Joni sehingga membangkitkan amarah Suketi yang telah menjadi sundel bolong. Suketi membalas dendam dengan membunuh satu persatu orang yang menghancurkan keluarganya.

Film ini tidak melulu disuguhi dengan wajah seram sundel bolong. Sesekali kita bisa tertawa ketika melihat adegan Suketi mengisengi tukang bakpau atau saat menggoda Bokir dan Dorman Borisman. Hingga saat ini, Malam Satu Suro juga masing kerap kali ditayangkan di stasiun TV nasional.

10. The Doll 1 dan The Doll 2 (2016 & 2017)

The Doll 1

Film ini memiliki alur cerita dan pemeran yang berbeda. Namun, ada benang merah di antara kedua film ini. The Doll 1 diperankan oleh Shandy Aulia dan Denny Sumargo yang dipasangkan sebagai suami-istri, Anya dan Daniel.

Suatu hari Daniel menemukan sebuah boneka di lokasi proyek tempatnya bekerja. Ia membawa pulang boneka itu dan memberikan kepada Anya. Sejak kedatangan boneka itu di rumah, mereka sering diteror oleh mahluk halus. Belakangan diketahui bahwa boneka itu adalah milik Uci, seorang anak kecil yang dibunuh bersama keluarganya oleh perampok sadis.

Film The Doll 2 menawarkan alur cerita yang lebih kompleks dan seram. Herjunot Ali berperan sebagai Aldo dan Luna Maya sebagai Maira. Aldo dan Maira adalah suami istri yang baru saja kehilangan anaknya, Kayla, dalam sebuah kecelakaan tragis. 6 bulan sejak kematian Kayla, Maira merasakan kehadiran sosok tak kasat mata yang disangkanya adalah Kayla.

The Doll 2

Berdasarkan saran dari seorang teman, Maira bermaksud untuk mengajak Kayla berkomunikasi melalui boneka Sabrina, boneka kesayangan Kayla. Setelah proses pemanggilan arwah Kayla, Maira diteror dengan berbagai kejadian mistis. Sampai akhirnya ia meminta bantuan Bu Laras, paranormal yang juga hadir di film The Doll 1. Bu Laras mengatakan bahwa peristiwa yang dialami Maira lebih buruk dibanding peristiwa sebelumnya.

Demikian 10 besar film horor Indonesia versi bacaterus.com, tidak kalah dengan film horror Hollywood kan? Tentunya tidak mungkin kalah karena kebanyakan film horror Indonesia diambil dari cerita urban masyarakat kita. Jadi tentunya Anda sudah pernah mendengar cerita tentang hantu-hantu itu sebelum membaca daftar film-film horror di atas.

Semoga artikel ini dapat memberi Anda sedikit referensi menyangkut film horor Indonesia yang berkualitas baik. Setelah menonton film horror yang disebutkan di atas, jangan sampai jadi ketakutan yang berkepanjangan ya. Selamat menonton dan jangan nonton film horror sendirian!