Bacaterus / Film Horror Indonesia / 20 Film Horor Indonesia Terbaik dan Paling Menyeramkan

20 Film Horor Indonesia Terbaik dan Paling Menyeramkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 6 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Film bergenre horror adalah film yang paling disukai oleh masyarakat kita. Untuk sebagian dari kita mungkin tidak begitu suka dengan film genre horror karena menganggap film horror itu hanya hayalan semata yang membuat orang takut untuk diam dirumah sendirian. Akan tetapi, film horor Indonesia banyak pula yang berdasarkan kisah nyata atau cerita rakyat setempat.

Sayangnya, film horor di Indonesia saat ini sudah didominasi oleh film horor murahan yang balut dengan berbagai adegan hot. Karena banyaknya adegan panas tersebut, sekarang film horor Indonesia banyak diidentikan dengan film mesum yang tidak mendidik.

Padahal sebenarnya Indonesia juga memiliki banyak judul film horor yang layak untuk diacungi jempol. Film-film tersebut benar-benar menampilkan suasana mistis dan mencekam. Tidak ada adegan panas dan tidak pula mendatangkan bintang film porno dari luar negeri.

Maka dari itu walaupun anda merasa ngeri untuk menontonnya, Anda akan tetap selalu penasaran untuk menonton film horror terbai buatan anak negeri kita tersebut. Berikut ini saya bagikan film horor Indonesia terbaik yang berkualitas dan pastinya akan membuat Anda merinding.

1. Pengabdi Setan [2017]

Pengabdi Setan

  • Rilis: 2017
  • Genre: Drama, Horror, Mystery
  • Sutradara: Joko Anwar
  • Pemeran: Tara Basro, Dimas Aditya, Bront Palarae, Ayu Laksmi
  • Perusahaan Produksi: Rapi Films

Film Pengabdi Setan sangat hype ketika sedang tayang. Film yang disutradarai oleh Joko Anwar (Pintu Terlarang) ini merupakan versi remake dengan sedikit sentuhan yang berbeda dari film Pengabdi Setan yang dirilis tahun 80-an silam.

Tentu, kisahnya tak kalah seru dengan film terdahulu, Kehadiran film Pengabdi Setan seolah menjadi angin segar bagi industri perfilman nasional, khususnya untuk film dengan genre horor yang kebanyakan dibumbui adegan khusus dewasa.

Pengabdi Setan dibintangi oleh aktris dan aktor papan atas seperti Tara Basro, Dimas Aditya hingga Ayu Laksmi. Aktor asal Negeri Jiran, Bront Palarae pun turut ambil peran, lho. Hayo, siapa yang belum nonton filmnya?

2. Suzzanna: Bernapas Dalam Kubur [2018]

Suzzanna Bernapas Dalam Kubur

  • Rilis: 2018
  • Genre: Comedy, Drama, Horror
  • Sutradara: Rocky Soraya, Anggy Umbara
  • Pemeran: Luna Maya, Herjunot Ali, Alex Abbad, Teuku Rifnu Wikana, Verdi Solaiman, Clift Sangra
  • Perusahaan Produksi: Soraya Intercine Film

Film horror yang satu ini merupakan salah satu film horror nasional yang sukses meraih jutaan penonton. Sosok Suzzanna yang dikenal sebagai legend ratu perfilman horror nasional diperankan oleh aktris cantik Luna Maya. Tak ada yang menyangka bahwa Luna begitu menjiwai perannya sehingga banyak yang berpendapat bahwa aktingnya mirip sekali dengan mendiang Suzzanna.

Kisah bermula dari keempat pegawai Satria (Herjunot Ali) yang hendak meminta kenaikan gaji. Keempat orang itu adalah Jonal (Verdi Solaiman), Umar( Teuku Rifnu Wikana), Dudun (Alex Abbad), dan Gino (Kiki Narendra). Permintaan mereka tidak terpenuhi dan akhirnya mereka sepakat untuk merampok rumah Satria sebagai kompensasi ketika mereka tak kunjung mendapat kenaikan gaji.

Kala itu, rumah Satria kosong karena Suzzanna (Luna Maya) dan beberapa pekerja di rumahnya pergi ke pasar malam. Keempat orang tersebut melancarkan aksinya merampok. Sayang, aksi mereka dipergoki oleh Suzzanna yang pulang sendiri lebih awal karena merasa tak enak badan.

Panik, keempat pecundang itu berusaha kabur. Namun, salah seorang dari mereka tak sengaja menusuk Suzzanna hingga wanita tersebut meninggal. Mereka berhasil menyembunyikan jenazah Suzzanna, tetapi arwah Suzzanna bangkit dari kubur dan menuntut balas terhadap mereka semua.

3. Kafir: Bersekutu dengan Setan [2018]

film horor indonesia kafir

  • Rilis: 2018
  • Genre: Drama, Horror, Mystery
  • Sutradara: Azhar Kinoi Lubis
  • Pemeran: Putri Ayudya, Nova Eliza, Indah Permatasari, Sujiwo Tejo, Tedy Syach
  • Perusahaan Produksi: Rapi Films

Hadirnya film remake dari Pengabdi Setan diikuti dengan film-film horor Indonesia berkualitas lainnya. Salah satunya film Kafir: Bersekutu dengan Setan. Film Kafir: Bersekutu dengan Setan sendiri mengisahkan tentang teror bertubi-tubi yang dialami keluarga Herman (Tedy Syach).

Semula, keluarga ini adem ayem saja, layaknya keluarga lainnya. Namun, semuanya berubah ketika sang ayah, Herman, tiba-tiba tewas mengenaskan saat sedang menikmati santapan malam bersama istri dan anaknya.

Film Kafir: Bersekutu dengan Setan layak untuk diacungi jempol. Teknik pengambilan gambar, penokohan yang bagus serta cerita yang kuat menjadikannya tidak kalah menarik dari film Pengabdi Setan.

4. Sebelum Iblis Menjemput 1 & 2 [2018, 2020]

Sebelum Iblis Menjemput (2018)

  • Rilis: 2018, 2020
  • Genre: Thriller, Horror, Mystery
  • Sutradara: Timo Tjahjanto
  • Pemeran: Chelsea Islan, Widika Sidmore, Pevita Pearce, Ray Sahetapy
  • Perusahaan Produksi: Starvision Plus

Di tahun yang sama dengan film Kafir: Bersekutu dengan Setan, film garapan sutradara Timo Tjahjanto, Sebelum Iblis Menjemput, muncul ke permukaan. Lagi-lagi, film ini menjadi angin segar bagi para pencinta film horor-thriller di Indonesia.

Sekuel filmnya dirilis tahun 2020 dengan judul Sebelum Iblis Menjemput: Ayat Dua. Dan tentu, film sekuelnya tidak kalah seru dan mencekam dari film pertamanya. Tertarik untuk menonton?

5. Perempuan Tanah Jahanam [2019]

Perempuan Tanah Jahanam

* sumber: iffr.com

  • Rilis: 2019
  • Genre: Drama, Horror, Mystery
  • Sutradara: Joko Anwar
  • Pemeran: Tara Basro, Marissa Anita, Ario Bayu, Christine Hakim
  • Perusahaan Produksi: Base Entertainment, CJ Entertainment, Ivanhoe Pictures

Joko Anwar selalu menunjukkan totalitasnya dalam membuat film. Setelah sukses dengan “Pengabdi Setan”, Joko Anwar kembali membuat film horror berjudul “Perempuan Tanah Jahanam” atau “Impetigore”. Seperti biasa, Joko selalu menawarkan film horror yang ‘tak biasa’ untuk menarik minat penonton.

Film ini mengangkat kisah Maya (Tara Basro), seorang wanita yang harus bertahan hidup di kerasnya kota besar. Tanpa keluarga, Maya hanya hidup ditemani oleh sahabatnya, Dini (Marissa Anita). Saat membutuhkan tambahan modal untuk usaha, Maya teringat bahwa dirinya memiliki warisan rumah peninggalan orang tuanya.

Maya dan Dini akhirnya memutuskan untuk berangkat ke desa tempat rumah warisan Maya. Desa tersebut sangat terpencil di dalam hutan. Sesampainya di sana, mereka berdua menemukan keanehan di mana banyak makam anak-anak.

Suatu malam, Maya mendengar jeritan wanita yang seperti hendak melahirkan. Maya mencari sumber suara dan menemukan wanita yang sedang bersalin. Betapa kagetnya Maya setelah menyaksikan proses persalinan tersebut. Dari kejadian itu, satu persatu misteri mengenai desa itu mulai terungkap dan hal itu membahayakan keselamatan Maya dan Dini.

6. Pintu Terlarang [2009]

film horor indonesia terbaik pintu terlarang

  • Rilis: 2009
  • Genre: Thriller, Horror, Mystery
  • Sutradara: Joko Anwar
  • Pemeran: Fachri Albar, Ario Bayu, Tio Pakusadewo, Marsha Timothy
  • Perusahaan Produksi: Lifelike Pictures

Jauh sebelum meluncurkan film Pengabdi Setan, Joko Anwar telah lebih dulu sukses dengan film Pintu Terlarang. Film noir ini mengisahkan tentang seorang pematung bernama Gambir (Fachri Albar) yang punya hidup sempurna.

Namun, kehidupannya mulai terusik saat Gambir menemukan sebuah pintu merah yang dilarang untuk dimasuki. Sejak itu, ia menerima ‘teror’ permintaan tolong yang misterius. Akankah Gambir berhasil memecahkan misteri yang ada? Tonton langsung saja film Pintu Terlarang.

FYI, film ini memenangkan penghargaan untuk kategori Film Terbaik di Pucheon International Fantastic Film Festival, lho. Keren, kan?

7. Jailangkung [2017]

Jailangkung

  • Rilis: 2017
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Rizal Mantovani, Jose Poernomo
  • Pemeran: Amanda Rawles, Jefri Nichol, Lukman Sardi, Hannah Al Rashid, Wulan Guritno
  • Perusahaan Produksi: Legacy Pictures, Screenplay Films

Jangan salah membedakan antara “Jailangkung” 2017 dengan “Jelangkung” 2001. Selain pemerannya berbeda, jalan cerita yang ditawarkan juga berbeda. Meskipun kedua film ini sama-sama dibintangi oleh Rizal Mantovani, tapi film remake-nya di tahun 2017 ini memperoleh pendapatan yang jauh lebih besar karena berhasil menarik 2,5 juta penonton.

“Jailangkung” adalah kisah tentang Bella (Amanda Rawles) yang hendak mencari tahu penyebab ayahnya yang tiba-tiba tak sadarkan diri. Bersama dengan dua orang saudarinya, Angel (Hannah Al Rashid) dan Tasya (Gabriella Quinlyn), Bella pergi ke tempat bernama Alamkramat.

Di tempat itu mereka menemukan jawaban atas ketidaksadaran diri ayah mereka. Ferdi (Lukman Sardi), ayah Bella, ternyata menggunakan jailangkung untuk memanggil mendiang istrinya, Sarah (Wulan Guritno). Sarah mengingatkan Ferdi agar tidak lagi memanggilnya karena jika dilakukan dua kali bukan arwah Sarah yang datang, melainkan makhluk jahat bernama Matianak.

Ferdi tak menghiraukan peringatan Sarah dan kembali menggunakan boneka jailangkung untuk berkomunikasi dengan arwah istrinya. Makhluk bernama Matianak itu datang dan membuat Ferdi tak sadarkan diri.

Ketiga putri Ferdi mencoba untuk kembali memainkan jailangkung dengan tujuan mengembalikan Matianak pada alamnya. Alih-alih pergi, Matianak justru menyerang Bella, Sarah, dan Angel.

8. Sabrina [2018]

Sabrina

* sumber: www.teras.id

  • Rilis: 2018
  • Genre: Horror, Thriller
  • Sutradara: Rocky Soraya
  • Pemeran: Luna Maya, Christian Sugiono, Sara Wijayanto, Richelle Georgette Skornicki

“Sabrina” memang bukan film horror nasional pertama yang mengangkat tema boneka berhantu. Akan tetapi, dibandingkan dengan film boneka berhantu lainnya, “Sabrina” termasuk salah satu yang sukses karena dapat menjaring 1,3 juta penonton.

Sinopsis film ini berfokus pada Maira (Luna Maya) yang memulai kehidupan pernikahan dengan Aiden (Christian Sugiono), pengusaha pemilik perusahaan boneka. Mereka berdua mengangkat Vanya (Richelle Georgette Skornicki), keponakan Aiden, sebagai anak mereka pasca gadis itu kehilangan ibunya.

Suatu hari, Vanya yang belum bisa mengikhlaskan kepergian ibunya bermain “Pencil Charlie” untuk memanggih arwah sang ibu. Usai melakukan ritual tersebut kejanggalan mulai terjadi. Pada awalnya, Maira dan Aiden tak percaya dengan kejadian-kejadian di luar nalar itu. Namun, mengingat teror terjadi akhirnya Maira memanggil seorang paranormal bernama Laras (Sara Wijayanto).

Laras mengatakan bahwa setelah ritual yang dilakukan Vanya bukan ibunya yang datang melainkan iblis jahat bernama Baghiah. Iblis tersebut tinggal di dalam boneka Sabrina milik Vanya dan tak akan berhenti meneror sampai ia mendapatkan tubuh manusia.

9. Sunyi [2019]

film horor indonesia terbaik sunyi

  • Rilis: 2019
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Awi Suryadi
  • Pemeran: Angga Yunanda, Amanda Rawles, Arya Vasco, Teuku Ryzki
  • Perusahaan Produksi: CJ Entertainment, Pichouse Films, Xing-Xing, Studio Invictus, Mixx Entertainment, MD Entertainment

Film Sunyi adalah film horor Indonesia yang diadaptasi dari film horor Korea dengan judul Whispering Corridors. Bisa dibilang, film yang disutradarai Awi Suryadi (Danur) ini menjadi salah satu sajian horor lokal yang bagus di tahun 2019 lalu.

Sunyi memuat kisah bullying yang dilakukan oleh para senior di sebuah sekolah yang membuat beberapa siswa meregang nyawa. Salah satu siswa yang kerap dirundung oleh para senior adalah Alex ( Angga Yunanda).

Tak ada teror dari arwah para siswa yang telah tiada. Namun, teror mulai muncul ketika para senior di sekolah itu meminta Alex untuk melakukan ritual untuk memanggil para arwah. Bagaimana kelanjutan kisah Alex dan para senior di sekolahnya? Saksikan langsung dalam film Sunyi.

10. Ratu Ilmu Hitam [2019]

film horor indonesia terbaik ratu ilmu hitam

  • Rilis: 2019
  • Genre: Horror, Mystery, Thriller
  • Sutradara: Kimo Stamboel
  • Pemeran: Adhisty Zara, Hannah Al-Rashid, Ario Bayu, Sheila Dara
  • Perusahaan Produksi: Rapi Films

Sukses menggarap beberapa judul film horor berkelas, Kimo Stamboel kembali memanjakan para pencinta film horor dengan Ratu Ilmu Hitam. Ya, film yang dibintangi Ario Bayu, Adhisty Zara, Hannah Al-Rashid hingga Shenina Cinnamon ini merupakan versi remake dari film terdahulu yang dirilis tahun 1981 silam.

Tentu, kesan mencekam sangat terasa ketika menonton film ini. Banyak adegan dari film yang cukup mengganggu untuk dilihat bagi sebagian penonton. Pokoknya, film ini berdarah-darah dan tak kalah seru dari film horor lainnya yang dirilis di tahun yang sama. FYI, penulis cerita dari Ratu Ilmu Hitam versi remake ini adalah sutradara Joko Anwar.

11. Jelangkung [2001]

film horor Indonesia jelangkung

  • Rilis: 2001
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Rizal Mantovani, Jose Poernomo
  • Pemeran: Winky Wiryawan, Melanie Ariyanto, Harry Pantja, Rony Dozer Karli
  • Perusahaan Produksi: Rexinema, Prima Entertainment

Film yang digarap oleh Rizal mantovani dan Jose Purnomo ini berhasil menjadi film horror yang kembali membangkitkan perfilman Indonesia dalam genre horror. Dengan mengusung sebuah ritual kuno yang melegenda di indonesia dengan judul Jelangkung, film yang dibintangi oleh Winky Wiryawan, Melanie Ariyanto, Rony Dozer, dan Harry Pantja ini pastinya akan membuat Anda merinding bukan main.

Film Jelangkung ini bercerita tentang  sekawan yang penasaran mencari pengalaman ke tempat-tempat seram dan berakhir di sebuah desa bernama Angker Batu. Di desa inilah mereka memulai pengalaman seram mereka karena mereka memanggil arwah dengan bermain jelangkung di atas kuburan yang sudah lama tidak terurus yang berujung dengan teror dari arwah tersebut.

Dengan tag line “datang tak diundang, pulang tak diantar..” film ini meraup banyak respon positif dari masyarakat karena berhasil memunculkan kembali cerita permainan kuno yang cukup seram untuk dicoba. Tertarik untuk bermain jelangkung? Saya harap tidak.

12. Rumah Dara [2010]

film horor indonesia terbaik rumah dara

  • Rilis: 2010
  • Genre: Horror, Drama, Thriller
  • Sutradara: Mo Brothers
  • Pemeran: Shareefa Daanish, Ario Bayu, Sigi Wimala, Julie Estelle
  • Perusahaan Produksi: Gorylah Pictures, Merah Production, Guerillas Visuals, Nation Pictures, Mediacorp Raintree Pictures

Film horor tidak selalu melulu menceritakan tentang hantu. Rumah Dara adalah film horor jagal dengan genre thriller yang berhasil meraih penghargaan di kancah festival film nasional maupun internasional. Shareefa Danish berhasil memerankan sosok Dara, wanita misterius yang hidup sejak jaman Belanda.

Singkatnya, sebuah rombongan yang akan menuju ke Jakarta menghentikan mobilnya ketika melihat wanita muda yang mengaku telah dirampok. Ketika rombongan tersebut mengantarkan wanita itu ke rumahnya, mereka diminta untuk mampir. Rumah tersebut milik Dara dan wanita yang mengaku dirampok tadi adalah Maya, anak Dara.

Awalnya mereka mendapat jamuan makan malam dari Dara. Setelah menyantap makanan tersebut, mereka pingsan dan ketika sadar mereka dihadapkan pada kenyataan bahwa Dara dan anak-anaknya adalah pembunuh sadis yang gemar memutilasi korbannya.

Sepanjang film kita akan disuguhkan dengan adegan yang menegangkan. Film ini sangat jauh dari kata “membosankan” dan sangat cocok bagi penikmat film thriller dengan adegan berdarah-darah.

13. Kuntilanak 1-3  [2006, 2007, 2008]

film horor indonesia terbaik kuntilanak

* sumber: montasefilm.com

  • Rilis: 2006, 2007, 2008
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Rizal Mantovani
  • Pemeran: Julie Estelle, Ibnu Jamil, Ida Iasha, Evan Sanders
  • Perusahaan Produksi: MVP Pictures

Lagi-lagi film bergenre horror Indonesia diambil dari cerita urban masyarakat, hal ini memang menambah daya tarik Anda untuk menontonnya bukan? Kuntilanak adalah hantu perempuan yang sering digambarkan dengan sosok rambutnya yang panjang berantakan dengan pakaian lusuh yang kadang berupa baju putih panjang.

Nah, dalam film Kuntilanak yang disutradarai oleh Rizal Mantovani ini bercerita tentang Sam (Julie Estelle) yang memiliki kemampuan menembangkan sebuah durmo yang memanggil kuntilanak. Pemeran lainnya ada kekasih Sam yaitu Agung (Evan Sanders) yang berusaha menghentikan kebiasaan Sam memanggil kuntilanak karena arwah itu memakan banyak korban.

Latar rumah tua besar yang sedikit tidak terurus dan pohon beringin besar di depan rumahnya akan menambah ketakutan anda pastinya. Setelah menonton film Kuntilanak ini semoga Anda tidak penasaran mencoba menembangkan durmo memanggil kuntilanak.

Lagunya dinyanyikan oleh Julie Estelle sendiri. Oh ya, kelanjutan kisah dari Samantha bisa disaksikan di film sekuel Kuntilanak 2 dan film Kuntilanak 3. Pssst, hati-hati! Jangan nonton sendirian, ya.

14. Mata Batin 1-2 [2017, 2019]

Mata Batin 1-2

* sumber: www.selipan.com

  • Rilis: 2017 – 2019
  • Genre: Horror, Thriller
  • Sutradara: Rocky Soraya
  • Pemeran: Jessica Mila, Denny Sumargo, Citra Prima, Bianca Hello
  • Perusahaan Produksi: Hitmaker Studios

Film pertamanya berhasil memperoleh 1,2 juta penonton, sedangkan sekuelnya hanya memperoleh 500 ribuan penonton. Ya, “Mata Batin” dibintangi oleh aktris muda Jessica Mila. Film ini mendapat prestasi yang lumayan dalam hal raihan jumlah penonton.

Bercerita tentang Alia (Jessica Mila) yang harus pindah dari Bangkok ke Jakarta pasca kedua orang tuanya meninggal. Di Jakarta, Alia tinggal bersama Abel (Bianca Hello). Abel selalu bersikap aneh karena dirinya dapat melihat makhluk tak kasat mata sejak masih kecil. Abel sering mengatakan bahwa di dalam rumah ada penghuni lain selain dirinya dan Alia.

Pada mulanya Alia tak menghiraukan Abel. Akan tetapi, lama kelamaan sikap Abel kian mengkhawatirkan. Sampai suatu saat Abel membawa Alia kepada Bu Windu (Citra Prima), paranormal yang kerap membantu Abel. Oleh Bu Windu, mata batin Alia dibuka agar ia juga dapat melihat makhluk tak kasat mata yang kerap dilihat oleh Abel.

Usai mata batinnya dibuka, Alia bisa melihat makhluk halus dengan berbagai wujud menyeramkan. Bahkan, ia menyadari bahwa penghuni di rumahnya tidak menyukai keberadaan Alia dan Abel. Baik Alia dan Abel tak memiliki pilihan lain selain bertahan di rumah yang ‘penghuninya’ sudah mulai menyakiti mereka berdua.

15. Tusuk Jelangkung [2003]

film horor indonesia terbaik tusuk jelangkung

* sumber: www.provoke-online.com

  • Rilis: 2003
  • Genre: Horror, Mystery
  • Sutradara: Dimas Djayaningrat
  • Pemeran: Marcella Zalianty, Dinna Olivia, Samuel Rizal, Thomas Nawilis
  • Perusahaan Produksi: Rexinema

Tusuk Jelangkung adalah film sekuel lanjutan dari film Jelangkung yang sudah rilis pada tahun 2001 dan tidak kalah mengerikan dibanding film sebelumnya. Alur cerita yang kembali melanjutkan cerita Jelangkung sebelumnya ditambah dengan akting para pemainnya akan membuat Anda merasakan j ketakutan.

Para pemeran film ini adalah Marcella Zalianty (Rea), Iqbal Rizantha (Zacky), Dinna Olivia (Visi), A.A. Gde Wipra (Dudung), Thomas Nawilis (Unay), dan Samuel Rizal (Marcel). Pengalaman mistis yang dialami oleh Rea dan teman-temannya ini berawal dari Rea yang bermain Jelangkung dan tidak sengaja memanggil arwah yang sama dengan arwah yang ada di film Jelangkung (2001).

Setelah bertanya pada paranormal bagaimana cara supaya tidak terus dihantui, mereka harus mencabut kembali boneka yang ditancapkan di atas kuburan arwah tersebut. Akan tetapi setelah mereka berhasil mencabut boneka jelangkung itu, semuanya belum berakhir.

16. Pocong 2 [2006]

film horor indonesia terbaik pocong 2

  • Rilis: 2006
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Rudy Soedjarwo
  • Pemeran: Revalina S. Temat, Ringgo Agus, Risty Tagor, Dwi Sasono
  • Perusahaan Produksi: SinemArt

Satu lagi film horror Indonesia yang ceritanya sangat dekat dengan kehidupan kita, Pocong. Siapa yang tidak tahu dengan pocong. Sebenarnya pocong adalah sesuatu yang memang biasa dilakukan oleh umat muslim ketika ada yang meninggal yaitu ‘dipocongi’. Namun dalam film ini, ditekankan bahwa jika orang meninggal dipocongi, jiwanya akan terkekang dan tetap tinggal di bumi.

Film ini dibintangi oleh Revalina sebagai Maya, Risty Tagor sebagai Andin, dan Ringgo sebagai Adam kekasih Maya. Diawali dari menempati apartemen aneh, mencekam dan ternyata tersimpan banyak misteri ini, banyak kejadian-kejadian aneh; penampakan pocong yang pasti membuat bulu kuduk berdiri.

Dibuatnya film ini berawal dari dicekalnya film Pocong pertama yang sudah dirilis karena banyak menampilkan adegan sadis dan mengandung SARA. Maka dari itu, dibuatlah film Pocong 2 ini yang tak kalah menarik pastinya.

17. DreadOut [2019]

film horor indonesia terbaik dreadout

  • Rilis: 2019
  • Genre: Horror, Adventure, Fantasy
  • Sutradara: Kimo Stamboel
  • Pemeran: Cailtlin Halderman, Jefri Nichol, Ciccio Manassero, Marsha Aruan
  • Perusahaan Produksi: GoodHouse Production, CJ Entertainment, MM2 Entertainment, Sky Media, Nimpurna Sinema, Lyto

Siapa yang tak kenal dengan game horor besutan developer lokal, DreadOut? Saking nge-hitsnya, game ini diadaptasi menjadi film dengan judul sama. Dan sutradara Kimo Stamboel-lah yang ditunjuk untuk menggarap film yang diproduksi oleh GoodHouse Production ini.

Film DreadOut memuat kisah dari beberapa siswa dan siswi SMA yang menelusuri sebuah gedung eks apartemen yang terkenal angker. Mereka membuat video live di platform sosial media agar dikenal banyak orang.

Sayang, ketika mereka menerobos ke satu ruangan yang disegel dan dilarang untuk dimasuki, teror mengerikan mulai terjadi. Satu persatu dari mereka menghilang masuk ke dalam portal misterius. Akankah mereka berhasil untuk bertahan hidup?

18. Beranak Dalam Kubur [1971]

film horor indonesia beranak

  • Rilis: 1971
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Awaludin, Ali Shahab
  • Pemeran: Suzanna, Mieke Widjaya, Dicky Suprapto
  • Perusahaan Produksi: PFN, Penas

Film horor Indonesia yang belum ada lawannya yaitu Beranak dalam Kubur yang dibintangi oleh Suzanna. Film drama-horror ini dibuat berdasarkan komik karya Ganesh TH dengan judul ‘Tangisan di Malam Kabut’.

Bercerita tentang seorang adik yang dibunuh oleh kakak kandungnya yang sirik dan berhati dingin dengan cara dikubur hidup-hidup dalam keadaan hamil 9 bulan. Adiknya itu adalah Lila (Suzanna). Setelah malam dia dikubur hidup-hidup, tempat itupun menjadi sangat angker dan banyak orang yang dihantui oleh Lila (Suzanna).

Film Beranak Dalam Kubur ini merupakan film horror masterpiece Indonesia, walaupun dibuat di tahun 1971 tapi belum ada yang bisa menandingi film yang melegenda ini. Kalau mengaku pecinta film horror, tentunya anda harus menonton film ini dulu.

19. Danur [2017, 2018, 2019]

film horor indo danur

  • Rilis: 2017, 2018, 2019
  • Genre: Horror
  • Sutradara: Awi Suryadi
  • Pemeran: Prilly Latuconsina, Shareefa Daanish, Sandrinna Michelle
  • Perusahaan Produksi: Pichouse Films, MD Pictures, Dee Company

Film yang dirilis pada tahun 2017 ini dibintangi oleh aktris muda yang memang sedang booming saat itu, yakni Prilly Latuconsina. Di film ini, Prilly dipertemukan dengan Shareefa Danish, pemeran Dara di film Rumah Dara. Danur merupakan kisah nyata dari Risa Sariswati, wanita indigo yang memiliki pengalaman dengan berbagai mahluk astral.

Prilly memerankan tokoh Risa yang sudah “berkawan” dengan mahluk tak kasat mata sejak ia kecil. Ibunya berusaha menjauhkan Risa dari sahabatnya yang berasal dari dunia lain. 9 tahun berlalu, Risa dan adiknya, Riri, harus kembali ke rumah neneknya. Di sana, Risa harus berhadapan dengan hantu jahat yang berusaha membawa Riri ke dunia lain.

Keseruan cerita dari film Danur dilanjutkan dalam sekuel yang berjudul Danur 2: Maddah yang dirilis tahun 2018. Dan film Danur 3: Sunyaruri dirilis di tahun berikutnya dengan Prilly Latuconsina yang masih ditunjuk memerankan tokoh utamanya.

Ada juga film-film lain yang masih berkaitan, di antaranya Rasuk (2018), Asih (2018), Silam (2018) dan Rasuk 2 (2020).

20. Malam Satu Suro [1988]

  • Rilis: 1988
  • Genre: Horror, Fantasy, Romance
  • Sutradara: Sisworo Gautama Putra
  • Pemeran: Suzzanna, Fendy Pradana, Nurmaningsih
  • Perusahaan Produksi: Soraya Intercine Films

Sebagai ratu film horor Indonesia, Almh. Suzanna memang banyak bermain dalam film horror yang booming pada jamannya. Salah satu yang terkenal adalah Malam Satu Suro. Suzanna memerankan sosok Suketi, yang merupakan sundel bolong yang dijadikan manusia oleh seorang dukun sakti.

Suketi menikah dengan manusia bernama Bardo. Hidup mereka sangat sempurna dan dikaruniai 2 orang anak. Akan tetapi, saingan bisnis Bardo, Joni, berniat untuk menghancurkan usaha dan keluarga Bardo. Joni pergi ke dukun bernama Mak Talo. Di sana, Mak Talo mengatakan bahwa istri Bardo dulunya adalah Sundel Bolong. Bersama Mak Talo, Joni berniat mencabut paku di kepala Suketi untuk membuatnya jadi sundel bolong lagi.

Situasi bertambah runyam ketika komplotan Joni menculik Preti, anak bungsu Bardo dan Suketi. Preti tak sengaja terbunuh oleh komplotan Joni sehingga membangkitkan amarah Suketi yang telah menjadi sundel bolong. Suketi membalas dendam dengan membunuh satu persatu orang yang menghancurkan keluarganya.

Film ini tidak melulu disuguhi dengan wajah seram sundel bolong. Sesekali kita bisa tertawa ketika melihat adegan Suketi mengisengi tukang bakpau atau saat menggoda Bokir dan Dorman Borisman. Hingga saat ini, Malam Satu Suro juga masing kerap kali ditayangkan di stasiun TV nasional.

Demikian 20 besar film horor Indonesia versi bacaterus.com, tidak kalah dengan film horror Hollywood kan? Tentunya tidak mungkin kalah karena kebanyakan film horror Indonesia diambil dari cerita urban masyarakat kita. Jadi tentunya Anda sudah pernah mendengar cerita tentang hantu-hantu itu sebelum membaca daftar film-film horror di atas.

Semoga artikel ini dapat memberi Anda sedikit referensi menyangkut film horor Indonesia yang berkualitas baik. Setelah menonton film horror yang disebutkan di atas, jangan sampai jadi ketakutan yang berkepanjangan ya. Selamat menonton dan jangan nonton film horror sendirian!

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *