bacaterus web banner retina

Daftar Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

Film bergenre horor adalah film yang paling disukai oleh masyarakat kita. Untuk sebagian dari kita mungkin tidak begitu suka dengan film genre horor karena dianggap hanya khayalan semata yang membuat orang takut untuk diam di rumah sendirian.

Akan tetapi, film horor Indonesia banyak pula yang berdasarkan kisah nyata atau cerita rakyat setempat. Sayangnya, film horor di Indonesia saat ini sudah didominasi oleh film horor murahan yang balut dengan berbagai adegan hot.

Karena banyaknya adegan panas tersebut, sekarang film horor Indonesia banyak diidentikkan dengan film mesum yang tidak mendidik. Padahal sebenarnya Indonesia juga memiliki banyak judul film horor yang layak untuk diacungi jempol.

Film-film tersebut benar-benar menampilkan suasana mistis dan mencekam. Tidak ada adegan panas dan tidak pula mendatangkan bintang film porno dari luar negeri.

Maka dari itu walaupun anda merasa ngeri untuk menontonnya, Anda akan tetap selalu penasaran untuk menonton film horor terbaik buatan anak negeri kita tersebut. Berikut ini saya bagikan film horor Indonesia terbaik yang berkualitas dan pastinya akan membuat Anda merinding.

2020 - Sekarang

Sudah siap untuk mengetahui film-film horor terbaik apa saja yang tayang dari tahun 2020 sampai sekarang? Yuk, simak list-nya berikut ini!

1. KKN Di Desa Penari

Film horor indonesia terbaik_KKN Di Desa Penari_

Film satu ini memang menjadi salah satu film yang paling dinantikan dan paling viral di tahun 2022. Berulang kali mengundurkan jadwal penayangan, KKN Di Desa Penari (2022) tetap berhasil membuat banyak penonton kagum.

Film besutan Awi Suryadi ini dinilai sangat mirip dengan thread buatan @SimpleMan yang ada di Twitter. KKN Di Desa Penari (2022) mengisahkan pengalaman Nur, Widya, Ayu, Bima, Anton dan Wahyu melakukan KKN di sebuah desa terpencil.

Kegiatan yang seharusnya menolong masyarakat justru berbuah petaka ketika beberapa dari mereka melakukan hal-hal tercela. Ayu dan Bima yang bersekutu dengan Badarawuhi harus kehilangan nyawa, sementara yang lainnya pulang dengan trauma mendalam.

2. The Doll 3

film horor indonesia terbaik_The Doll 3_

Film satu ini tidak hanya terasa horor, tapi dipenuhi dengan adegan kejar-kejaran dan penusukan sadis. Teror boneka Bobby yang dirasuki oleh roh adik Jessica Mila ternyata menelan banyak korban tidak bersalah.

The Doll 3 (2022) menjadi teror hantu paling kejam yang mungkin akan sangat sulit untuk dilupakan dan membuatmu terjaga setiap malam.

Masih di sutradarai oleh Rocky Soraya, The Doll 3 (2022) ternyata menghabiskan budget yang cukup fantastis, lho. Untuk pembuatan boneka Bobby saja, pihak produksi sampai menghabiskan hingga dua miliar rupiah.

Bahkan film ini juga terpengaruh Covid-19, yang membuat penayangan perdana filmnya ditunda untuk beberapa waktu. 

3. Kuntilanak 3

Film horor indonesia terbaik_Kuntilanak 3_

Memiliki vibes yang sangat berbeda dari kebanyakan film horor Indonesia, Kuntilanak 3 (2022) justru terasa enjoyable untuk ditonton.

Memang film ini tidak terlalu menegangkan, tapi mata para penontonnya akan dimanjakan dengan efek visual yang keren. Makanya banyak orang yang berkata, film ini memiliki nuansa yang sama dengan Harry Potter (2001) versi kearifan lokal.

Kali ini Dinda memilih untuk bersekolah di Sekolah Mata Hati dengan tujuan agar bisa mengendalikan kekuatannya. Namun gadis ini tidak tahu, ternyata ia adalah keturunan terakhir Mangkujiwo dan Jagal Kuntilanak yang menjadi incaran Eyang Sukma.

Ternyata Eyang Sukma adalah jelmaan dari Ratu Kuntilanak yang hidup dengan mengkonsumsi anak-anak cenayang seperti Dinda. 

4. Makmum 2

film horror indonesia terbaik_Makmum 2_

Makmum 2 (2021) langsung menjadi pembicaraan banyak warganet sejak hari pertama penayangannya. Film besutan sutradara Guntur Soeharjanto ini berhasil membuat banyak orang merinding dan lebih menakutkan dari prekuelnya.


Kisahnya mengenai Rini yang sedang berduka pasca sang suami dan Budenya meninggal dalam waktu berdekatan. Perempuan ini pergi ke kampung untuk melayat makam Bude, namun putranya Hafis tiba-tiba hilang dan ditemukan di hutan.

Sejak saat itu, ia kerap diganggu oleh sosok gaib yang membuat imannya goyah dan membuat orang tersayangnya dalam bahaya.

5. Iblis dalam Kandungan

film horror indonesia terbaik_Iblis dalam Kandungan_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Horror, Drama
  • Sutradara: Adhe Dharmastriya
  • Pemeran: Nafa Urbach, Ali Syakieb, Denira Wiraguna, Adhiyat
  • Produksi: Darihati Films

Salah satu film yang cukup viral di kalangan para pecinta film horor, inilah Iblis dalam Kandungan (2022). Film yang dibintangi Nafa Urbach dan Ali Syakieb ini memang seram banget, apalagi ada kasus penonton yang kesurupan saat di bioskop.

Adapun film ini mengisahkan Amelia yang akhirnya bisa hamil pasca mengadopsi dua kakak-beradik bernama Alani dan Vito. Karena kondisi sang istri yang kurang baik, Verdi memutuskan untuk pindah dari Jakarta ke perkebunan di Kaki Gunung Salak.

Siapa sangka, mereka malah diganggu oleh banyak arwah jahat yang ingin mengambil bayi dalam kandungan Amelia.

6. Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2

Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2
*

Sekuel film “Sebelum Iblis Menjemput” ini mengambil setting 2 tahun setelah peristiwa kelam yang dialami oleh Alfie (Chelsea Islan) dan Nara (Hadijah Shahab). Keduanya melanjutkan hidup meskipun Alfie masih sering dihantui perasaan bersalah dan mendapat beberapa penglihatan yang tak wajar.

Peristiwa kelam yang sebenarnya ingin dilupakan oleh Alfie kembali terulang tatkala sekelompok pemuda meminta bantuan Alfie untuk menghadapi sosok kegelapan yang ternyata masih berhubungan dengan masa lalu Alfie. Apakah kali ini Alfie juga berhasil mengusir sosok iblis yang hendak merenggut nyawa Alfie dan sekelompok pemuda tersebut?

7. Mangkujiwo

Film Mangkujiwo
*

Sempat menghiasi layar lebar di tahun 2020, “Mangkujiwo” adalah film horor yang mengangkat tentang urban legend asal-usul Kuntilanak. Sebagaimana yang kita ketahui, kuntilanak adalah salah satu hantu populer di Indonesia yang keberadaannya diyakini masih ada hingga saat ini.

Brotoseno (Sujiwo Tejo) menaruh dendam pada Cokrokusumo (Roy Marten) karena ia disingkirkan dari Keraton yang membuatnya kehilangan jabatannya. Kemudian Brotoseno menghasut Kanti (Asmara Abigail), seorang wanita yang juga menyimpan dendam kepada Cokrokusumo.

Brotoseno dan Kanti menyusun rencana balas dendam dengan melibatkan kekuatan gaib. Ritual ilmu hitam yang mereka lakukan justru mendatangkan malapetaka yang berimbas pada masa depan.

8. Tarian Lengger Maut

film horror indonesia terbaik_Tarian Lengger Maut_

Tarian Lengger adalah salah satu tarian khas dari Banyumas yang sangat dijaga kelestariannya oleh warga sekitar. Ingin mengangkat tema budaya dalam filmnya, Yongki Ongestu membuatnya dalam format film horor berjudul Tarian Lengger Maut (2021). Film yang diproduksi oleh Visinema ini dibintangi oleh Della Dartya dan Refal Hady.

Kisahnya bermula ketika Dr. Jati yang bertugas di Desa Pagar Alas, ternyata seorang pembunuh berdarah dingin yang terobsesi dengan jantung manusia. Suatu hari, sang dokter tidak sengaja bertemu dengan seorang penari Lengger bernama Sukma. Sejak saat itu, banyak kejadian-kejadian aneh dan mencekam yang terjadi pada masyarakat desa.

9. Rasuk 2

Rasuk 2
*

“Rasuk 2” mengusung Isabella (Nikita Willy) sebagai tokoh utamanya. Isabella sendiri adalah mahasiswi kedokteran yang sering melihat penampakan makhluk astral.

Awalnya, Isabella merasa bahwa semua hal gaib yang dialami adalah gangguan psikis. Ia pun memutuskan untuk berkonsultasi dengan psikiater yang juga mengaminkan bahwa Isabella selama ini hanya berhalusinasi.

Mati-matian Isabella melakukan denial terhadap karunia indra keenam yang ia miliki. Namun, kekuatan gaib tersebut semakin kuat dan menunjukkan kemampuannya. Keistimewaan yang dimilikinya membawa Isabella ke dalam sebuah misteri yang harus ia pecahkan.

10. Asih 2

Asih 2
*

Asih (Shareefa Daanish) kembali menebar teror. Kali ini, keluarga Sylvia (Marsha Timothy) yang menjadi korban teror hantu Asih.

Pada mulanya, Sylvia yang bekerja di rumah sakit menangani pasien seorang anak perempuan yang mengalami kecelakaan. Bocah berusia 6 tahun itu tidak memiliki kerabat. Akhirnya, timbul keinginan Sylvia untuk merawat anak perempuan tersebut.

Kehadiran anak perempuan yang dinamai Ana (Anantya Rezky) itu membawa kehangatan dalam keluarga Sylvia dan Razan (Ario Bayu), suaminya. Namun, kebahagiaan itu tak berlangsung lama karena ada beberapa kejadian aneh yang dialami Sylvia semenjak membawa pulang Ana.

Sylvia tak menyadari bahwa kedatangan Ana juga dibarengi dengan kedatangan hantu Asih yang selama 6 tahun terakhir ‘mengasuh’ Ana.

1 234
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram