Bacaterus / Hiburan / Film Indonesia / 10 Film Horor Indonesia Terbaik dan Paling Menyeramkan

10 Film Horor Indonesia Terbaik dan Paling Menyeramkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 15 Oktober 2018

Film bergenre horror adalah film yang paling disukai oleh masyarakat kita. Untuk sebagian dari kita mungkin tidak begitu suka dengan film genre horror karena menganggap film horror itu hanya hayalan semata yang membuat orang takut untuk diam dirumah sendirian. Akan tetapi, film horor Indonesia banyak pula yang berdasarkan kisah nyata atau cerita rakyat setempat.

Sayangnya, film horor di Indonesia saat ini sudah didominasi oleh film horor murahan yang balut dengan berbagai adegan hot. Karena banyaknya adegan panas tersebut, sekarang film horor Indonesia banyak diidentikan dengan film mesum yang tidak mendidik.

Padahal sebenarnya Indonesia juga memiliki banyak judul film horor yang layak untuk diacungi jempol. Film-film tersebut benar-benar menampilkan suasana mistis dan mencekam. Tidak ada adegan panas dan tidak pula mendatangkan bintang film porno dari luar negeri.

Maka dari itu walaupun anda merasa ngeri untuk menontonnya, Anda akan tetap selalu penasaran untuk menonton film horror terbai buatan anak negeri kita tersebut. Berikut ini saya bagikan film horor Indonesia terbaik yang berkualitas dan pastinya akan membuat Anda merinding.

10 Film Horor Indonesia Terbaik Sepanjang Masa

1. Jelangkung (2001)

film horor Indonesia jelangkung

Film yang digarap oleh Rizal mantovani dan Jose Purnomo ini berhasil menjadi film horror yang kembali membangkitkan perfilman Indonesia dalam genre horror. Dengan mengusung sebuah ritual kuno yang melegenda di indonesia dengan judul Jelangkung, film yang dibintangi oleh Winky Wiryawan, Melanie Ariyanto, Rony Dozer, dan Harry Pantja ini pastinya akan membuat Anda merinding bukan main.

Film Jelangkung ini bercerita tentang  sekawan yang penasaran mencari pengalaman ke tempat-tempat seram dan berakhir di sebuah desa bernama Angker Batu. Di desa inilah mereka memulai pengalaman seram mereka karena mereka memanggil arwah dengan bermain jelangkung di atas kuburan yang sudah lama tidak terurus yang berujung dengan teror dari arwah tersebut.

Dengan tag line “datang tak diundang, pulang tak diantar..” film ini meraup banyak respon positif dari masyarakat karena berhasil memunculkan kembali cerita permainan kuno yang cukup seram untuk dicoba. Tertarik untuk bermain jelangkung? Saya harap tidak.

2. Tusuk Jelangkung (2003)

film horor Indonesia tusuk jelangkung

Tusuk Jelangkung adalah film sekuel lanjutan dari film Jelangkung yang sudah rilis pada tahun 2001 dan tidak kalah mengerikan dibanding film sebelumnya. Alur cerita yang kembali melanjutkan cerita Jelangkung sebelumnya ditambah dengan akting para pemainnya akan membuat Anda merasakan j ketakutan.

Para pemeran film ini adalah Marcella Zalianty (Rea), Iqbal Rizantha (Zacky), Dinna Olivia (Visi), A.A. Gde Wipra (Dudung), Thomas Nawilis (Unay), dan Samuel Rizal (Marcel). Pengalaman mistis yang dialami oleh Rea dan teman-temannya ini berawal dari Rea yang bermain Jelangkung dan tidak sengaja memanggil arwah yang sama dengan arwah yang ada di film Jelangkung (2001).

Setelah bertanya pada paranormal bagaimana cara supaya tidak terus dihantui, mereka harus mencabut kembali boneka yang ditancapkan di atas kuburan arwah tersebut. Akan tetapi setelah mereka berhasil mencabut boneka jelangkung itu, semuanya belum berakhir.

3. Kuntilanak (2006)

film horor Indonesia kuntilanak

Lagi-lagi film bergenre horror Indonesia diambil dari cerita urban masyarakat, hal ini memang menambah daya tarik Anda untuk menontonnya bukan? Kuntilanak adalah hantu perempuan yang sering digambarkan dengan sosok rambutnya yang panjang berantakan dengan pakaian lusuh yang kadang berupa baju putih panjang.

Nah, dalam film kuntilanak yang disutradarai oleh Rizal mantovani ini bercerita tentang Sam (Julie Estelle) yang memiliki kemampuan menembangkan sebuah durmo yang memanggil kuntilanak. Pemeran lainnya ada kekasih Sam yaitu Agung (Evan Sanders) yang berusaha menghentikan kebiasaan Sam memanggil kuntilanak karena arwah itu memakan banyak korban.

Latar rumah tua besar yang sedikit tidak terurus dan pohon beringin besar di depan rumahnya akan menambah ketakutan anda pastinya. Setelah menonton film Kuntilanak ini semoga Anda tidak penasaran mencoba menembangkan durmo memanggil kuntilanak yang dinyanyikan Julie Estelle ini ya.

4. Pocong 2 (2006)

film horor Indonesia pocong 2

Satu lagi film horror Indonesia yang ceritanya sangat dekat dengan kehidupan kita, Pocong. Siapa yang tidak tahu dengan pocong. Sebenarnya pocong adalah sesuatu yang memang biasa dilakukan oleh umat muslim ketika ada yang meninggal yaitu ‘dipocongi’. Namun dalam film ini, ditekankan bahwa jika orang meninggal dipocongi, jiwanya akan terkekang dan tetap tinggal di bumi.

Film ini dibintangi oleh Revalina sebagai Maya, Risty Tagor sebagai Andin, dan Ringgo sebagai Adam kekasih Maya. Diawali dari menempati apartemen aneh, mencekam dan ternyata tersimpan banyak misteri ini, banyak kejadian-kejadian aneh; penampakan pocong yang pasti membuat bulu kuduk berdiri.

Dibuatnya film ini berawal dari dicekalnya film Pocong pertama yang sudah dirilis karena banyak menampilkan adegan sadis dan mengandung SARA. Maka dari itu, dibuatlah film Pocong 2 ini yang tak kalah menarik pastinya.

5. Beranak Dalam Kubur (1971)

film horor Indonesia

Last but not least, film horor Indonesia yang belum ada lawannya yaitu Beranak dalam Kubur yang dibintangi oleh Suzanna. Film drama-horror ini dibuat berdasarkan komik karya Ganesh TH dengan judul ‘Tangisan di Malam Kabut’.

Bercerita tentang seorang adik yang dibunuh oleh kakak kandungnya yang sirik dan berhati dingin dengan cara dikubur hidup-hidup dalam keadaan hamil 9 bulan. Adiknya itu adalah Lila (Suzanna). Setelah malam dia dikubur hidup-hidup, tempat itupun menjadi sangat angker dan banyak orang yang dihantui oleh Lila (Suzanna).

Film Beranak Dalam Kubur ini merupakan film horror masterpiece Indonesia, walaupun dibuat di tahun 1971 tapi belum ada yang bisa menandingi film yang melegenda ini. Kalau mengaku pecinta film horror, tentunya anda harus menonton film ini dulu.

Baca juga artikel lainnya tentang atau tulisan menarik lainnya dari .

About the Author:

INFP, Gemini, O type.

Leave A Comment