Bacaterus / Film Horror / 10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata yang Menegangkan

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata yang Menegangkan

Ditulis oleh - Diperbaharui 1 Maret 2019

Film horor memang selalu menarik untuk dibahas. Banyak orang rela mengeluarkan uang untuk membeli tiket demi menonton film horor langsung di bioskop. Penulis skenario dan sutradara film horor harus bekerja keras untuk bisa membuat film horor jadi mendebarkan sekaligus menakutkan. Tujuannya hanya satu, agar keseraman film tersebut dapat menjadi suguhan yang menarik bagi penontonnya.

Dari semua judul film horor yang ada, Bacaterus sudah mengumpulkan 10 film horor berdasarkan kisah nyata. Bahkan, Anda mungkin tidak menyangka bahwa kisah dari sejumlah film horor yang kami sebutkan di sini benar-benar terjadi.

10 Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata

1. A Nightmare on Elm Street [1984]

A Nightmare on Elm Street Film Horor Berdasarkan Kisah Nyata

Siapa yang tidak kenal dengan Freddy Krueger? Makhluk misterius ini sangat senang membunuh korbannya di dalam mimpi. Akibatnya, para korban yang sudah merasa diincar oleh Freddy pasti akan menjaga matanya agar tidak tidur.

A Nightmare on Elm Street termasuk film horor berdasarkan kisah nyata karena ada sekeluarga pengungsi dari Kamboja yang memiliki seorang putra yang masih muda. Si putra sering mengeluhkan tidak bisa tidur karena selalu bermimpi buruk.

Suatu hari ketika putra mereka akhirnya tertidur, keluarganya merasa tenang. Tak beberapa lama kemudian, mereka mendengar suara teriakan di tengah malam. Kemudian, setelah dicek si anak itu meninggal di tengah mimpi buruknya.

2. The Amityville Horror [1979]

The Amityville Horror

Bagi Anda pecinta film horor klasik pasti sudah familiar dengan judul film The Amityville Horror. Film ini diambil dari kisah nyata yang dialami oleh keluarga Lutz. Kala itu, keluarga ini baru saja membeli rumah di Amityville, New York. Akan tetapi, rumah baru di Amityville ini adalah rumah terkutuk yang dihantui oleh kekuatan gaib.

Usut punyat usut, Ronald DeFeo Jr (pemilik rumah sebelumnya) pernah membunuh seluruh anggota keluarganya di rumah ini. Berbagai kejadian mistis dialami oleh keluarga Lutz, mulai dari fenomena lendir hijau yang keluar dari dinding, bau aneh, suara-suara mengerikan, dan penampakan makhluk astral yang membuat bulu kuduk merinding.

3. The Exorcist [1973]

The Exorcist

Jauh sebelum film The Conjuring meledak di pasaran, The Exorcist menjadi salah satu film horor tentang pengusiran setan yang paling fenomenal. Apalagi film yang rilis di tahun 1973 ini juga berdasarkan kisah nyata.

Tokoh Regan, anak perempuan berusia 12 tahun di film ini terinspirasi dari Robbie, bocah berusia 14 tahun yang dirasuki setan setelah bermain dengan papan ouija. Pengusiran setan dalam film ini dilakukan oleh dua orang tokoh agama yang ahli dalam exorcism. Namun, kedua pemuka agama itu justru tewas ketika melakukan pengusiran roh jahat pada tubuh Regan.

4. The Conjuring [2013]

The Conjuring

Yang satu ini adalah film horor berdasarkan kisah nyata yang langsung meledak di pasaran. Adalah The Conjuring yang menceritakan tentang pengalaman nyata sepasang paranormal, Ed dan Lorraine Warren. Di film ini, Ed dan Lorraine memperoleh tantangan untuk mengusir roh jahat di sebuah rumah pertanian angker milik keluarga Perron.

Roh jahat yang bernama Bathsheba dalam film ini berusaha merasuki ibu di keluarga Perron karena ingin menguasai rumah tersebut. Terror tidak hanya dirasakan oleh ibu dari keluarga Perron, seluruh anggota keluarga pernah melihat penampakan hantu dan mengalami kejadian-kejadian aneh di rumah tersebut.

5. The Girl Next Door [2007]

The Girl Next Door

Jauh dari cerita hantu, The Girl Next Door lebih cocok masuk dalam kategori film horor kriminal. Namun, film ini diambil dari kisah nyata pembunuhan Sylvia Likens di tahun 1965.

Sylvia adalah gadis berusia 16 tahun yang harus tinggal dengan salah satu kerabat orang tuanya, Gertrude Baniszewski, lantaran mereka harus bekerja di luar kota. Sylvia tinggal di rumah Baniszewski dengan saudara perempuannya yang berusia 15 tahun, Jenny.

Bukannya dirawat, Sylvia justru memperoleh siksaan dari Baniszewski dan anak-anaknya. Ia dikunci di ruang bawah tanah, tidak diberi makan, dan dipukuli. Pada akhirnya, Sylvia meninggal karena kekurangan gizi dan terdapat pendarahan di otak akibat pukulan-pukulan yang selama ini diterimanya.

6. The Haunting in Connecticut [2009]

The Haunting in Connecticut

Lagi-lagi ada sebuah film horor berdasarkan kisah nyata dari pengalaman Ed dan Lorraine Waren. The Haunting in Connecticut adalah film yang menceritakan tentang perpindahan sebuah keluarga ke rumah yang mereka sewa di Connecticut.

Di film ini, diceritakan tentang Matt, anak laki-laki dalam sebuah keluarga yang pindah ke rumah tersebut, menderita kanker stadium akhir. Setelah berminggu-minggu tinggal di sana, Matt mengalami penglihatan dan mimpi buruk tentang rumah tersebut. Mereka menemukan fakta bahwa rumah di Connecticut itu dipenuhi roh jahat. Bahkan, penyakit yang diderita oleh Matt juga disebabkan oleh salah satu roh jahat di sana.

Peran Ed dan Lorraine Warren dalam kisah The Haunting in Connecticut ini tentu saja sebagai pengusir roh jahat. Namun, berhasilkah sepasang paranormal menangani kasus di Connecticut ini?

7. The Possession [2012]

The Possesion

The Possession merupakan film yang menceritakan tentang seorang gadis yang membeli sebuah kotak antik tua. Namun, ketika berhasil membuka kotak tersebut, gadis itu juga melepaskan roh jahat yang dikurung dari kotak tersebut. Ayah si gadis berusaha untuk mencari orang yang bisa mengusir roh jahat yang mengganggu putrinya itu.

Film ini terinspirasi dari kisah nyata di artikel Los Angeles Times, di mana ada seseorang yang membeli kotak kayu kecil melalui eBay. Kotak tersebut disinyalir mengandung dybbuk, roh jahat dalam cerita rakyat dalam Bangsa Yiddish.

8. The Strangers [2008]

The Strangers

Suka film horor dengan sentuhan thriller? The Strangers adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, film horor berdasarkan kisah nyata ini menceritakan tentang tiga pembunuh bertopeng yang meneror pasangan yang berada di sebuah rumah di pinggiran kota. Sutradara film ini, Bryan Bertino, mengatakan bahwa The Strangers terinspirasi dengan kisah yang dialaminya sendiri pada waktu masih anak-anak.

Kala itu, ia hanya berdua dengan saudarinya di rumah. Ada sejumlah orang yang mengetuk pintu malam-malam dan menanyakan nama seseorang yang tidak ada di rumah Bryan. Belakangan Bryan mengetahui bahwa orang-orang itu adalah perampok yang coba mengecek apakah rumah itu ada orangnya atau tidak.

9. Annabelle [2014]

Annabelle

Anabelle adalah judul film sekaligus nama boneka yang diduga mengandung roh jahat di dalamnya. Kisah Annabelle sendiri bermula dari pasangan yang sedang menanti kelahiran sang buah hati, John dan Mia, tapi mendapat serangan dari pasangan pemuja setan. Salah satu pasangan pemuja setan itu tewas dan rohnya masuk ke dalam boneka Annabelle yang ada di rumah John dan Mia.

Boneka Annabelle sendiri memang benar ada dan kini disimpan dalam museum milik Ed dan Lorraine Warren. Konon, meskipun disimpan di dalam kotak kaca yang sudah disegel dengan mantra khusus, boneka Annabelle tetap bisa melakukan kejahatan.

Pernah ada sepasang kekasih datang ke museum Warren dan mengejek Annabelle. Dalam perjalanan pulang, pasangan kekasih itu mengalami kecelakaan di mana sepeda motor mereka menabrak pohon.

10. Winchester [2018]

Winchester

Salah satu film horor berdasarkan kisah nyata yang paling baru adalah Winchester. Ini merupakan film yang menceritakan tentang kisah nyata Sarah Winchester, seorang wanita pewaris perusahaan senjata api.

Sarah percaya bahwa hantu orang-orang yang dibunuh dengan senapan buatan pabriknya akan menghantui dirinya. Oleh karena itu, Sarah membangun rumah yang dilengkapi dengan “penjara” untuk mengurung roh-roh jahat yang mengganggu keluarga Winchester.

Sejumlah film horor berdasarkan kisah nyata ini bisa menjadi referensi bagi Anda yang ingin menonton film horor terbaik yang kisahnya benar-benar terjadi di dunia. Punya rekomendasi film horor lainnya yang diangkat dari kisah nyata? Silakan tulis rekomendasi Anda di kolom komentar.

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan komentar