Bacaterus / Film Mandarin / Ini 10 Film Hong Kong Romantis yang Bikin Penonton Meleleh

Ini 10 Film Hong Kong Romantis yang Bikin Penonton Meleleh

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Berbicara tentang Hong Kong, pasti yang akan terlintas adalah destinasi wisata belanja dan taman bermain. Sementara untuk urusan dunia hiburan, banyak film-film dari negara Asia Timur itu sejak tahun 1990-an sudah ditayangkan Indonesia. Nggak heran kalau generasi 90-an sangat mengenal nama-nama seperti Chow Yun Fat dan Andy Lau.

Film-film Hong Kong yang populer di masyarakat adalah film aksinya yang menyajikan koreografi yang mengagumkan atau film bertema mafia karena salah satu gangster di dunia yaitu Triad berasal dari sana. Namun ada juga film-film Hong Kong yang ceritanya romantis dan bisa bikin kita meleleh. Ini dia 10 film Hong Kong romantis yang bikin penonton meleleh.

1. In the Mood for Love [2000]

In the Mood for Love [2000]

Film ini menggunakan set dari tahun 60-an. Chow Mo-wan, seorang jurnalis, menyewa sebuah apartemen bersamaan dengan Su Li-zhen, seorang sekretaris perusahaan pengiriman barang. Mereka tinggal bersamping-sampingan dan keduanya juga sudah mempunyai pasangan. Kebetulan pasangan mereka sering lembur bekerja sehingga mereka merasa sendirian.

Chow dan Su mulai mencurigai bahwa pasangan mereka berselingkuh. Sementara itu, Chow meminta Su untuk membantunya membuat artikel tentang martial arts. Mereka harus menghabiskan waktu bersama sementara pada dekade itu hubungan pertemanan antara dua orang berbeda jenis kelamin masih tabu. Ke manakah hubungan mereka bermuara?

2. Already Tomorrow in Hong Kong [2015]

Already Tomorrow in Hong Kong [2015]

Ruby tersesat dan kebingungan. Di dekatnya, ada Josh yang berbaik hati menawarkan diri untuk mengantar. Di perjalanan itulah rasa suka tumbuh, sampai pada suatu titik di mana Josh menceritakan bahwa dia punya pacar. Mendengar cerita itu, Ruby pergi meninggalkan Josh. Setahun kemudian, Ruby dan Josh kembali bertemu di sebuah kapal feri.

Mereka kembali berbincang dan mulai membangkitkan rasa suka. Sayangnya keduanya sudah mempunyai pasangan. Sementara itu Josh ketahuan oleh teman pacarnya sedang bersama Ruby. Mereka akhirnya pergi menuju taksi yang berbeda tapi keduanya juga sampai di tempat yang sama yaitu apartemennya Ruby, apa yang akan mereka lakukan selanjutnya?

3. An Autumn’s Tale [1987]

An Autumn’s Tale [1987]

Jennifer Lee, seorang mahasiswa yang pindah dari Hong Kong ke New York untuk kembali berhubungan dengan kekasihnya, Vincent. Sementara itu di New York, Jenny mempunyai seorang sepupu bernama Samuel Pang. Sejak pindah, Pang selalu membantu Jenny yang butuh orang lain untuk beradaptasi di negara baru.

Jennifer terlalu naif untuk New York, tapi justru karena itulah dia mendapat banyak pengalaman baru. Vincent ternyata sudah mempunyai hubungan dengan orang lain. Lama-kelamaan Jenny mengetahui perilaku kekasihnya, tapi apakah Pang bisa membantunya? Atau dia harus menghadapinya sendirian?

4. Comrades: Almost A Love Story [1996] 

Comrades: Almost A Love Story [1996] 

Li Xiao Jun yang merupakan orang Cina yang pergi ke Hong Kong untuk merantau. Di Hong Kong dia bertemu Li Qiao, yang juga sama-sama perantau dari Cina. Kemudian Xiao Jun menikah dengan tunangannya yang bernama Xiao Ting, sementara Qiao menikah dengan Pao yang merupakan seorang gangster.

Saat menikah, Pao sedang dalam keadaan finansial yang mengkhawatirkan, tapi Qiao rela membantunya melewati itu semua. Lama-kelamaan hubungan mereka justru memburuk. Qiao merasakan ada yang salah dengan pernikahannya. Ternyata, dia menyimpan perasaan pada Li Xiao Jun. Kira-kira, apakah mereka berdua bisa bersatu?

5. The Romancing Star [1987]

The Romancing Star [1987]

Fred, bekerja di bengkel sebagai montir mobil dengan dua sahabatnya, Tony dan Silver. Mereka juga menjalin persahabatan dengan sang pemilik yang bernama Ken. Ken selalu mendahulukan persahabatan di antara mereka walau seringkali mengakibatkan bengkelnya menghadapi permasalahan dalam hal kalkulasi.

Fred yang baru saja putus dari kekasihnya, berlibur bersama tiga sahabatnya ke Penang. Pada saat di pantai mereka bertemu dua orang wanita, Maggie dan Agnes. Mereka memutuskan untuk berkompetisi melalui poker. Hasilnya, Fred menang dan memilih Maggie sebagai targetnya. Namun ternyata, Maggie sangat sulit didekati. Bagaimana perjuangan Fred?

6. Love in a Puff [2010]

Love in a Puff [2010]

Pada tahun 2007, pemerintah Hong Kong mengeluarkan larangan merokok di ruang tertutup yang digunakan publik. Hal tersebut menyebabkan orang-orang berlomba ke luar ruangan pada saat jam istirahat kantor. Para perokok yang sering bertemu itu mulai menjalin kedekatan sampai terbentuk sebuah komunitas yang diberi nama Hot Pot Pack.

Jimmy, seorang eksekutif di perusahaan periklanan berteman dengan Cherie yang berprofesi sebagai sales kosmetik di komunitas Hot Pot Pack. Cherie melayangkan rayuan pada Jimmy lewat sms dan telepon sampai Jimmy putus dengan kekasihnya. Mereka pun mulai menjalin hubungan cinta. Di sisi lain mereka mempertanyakan; apa itu cinta?

7. 77 Heartbreaks [2017]

77 Heartbreaks [2017]

Adam dan Eva adalah sepasang kekasih yang sudah menjalin hubungan selama 10 tahun. Permasalahan dalam hubungan terjadi seperti biasa, tapi tiba-tiba Eva meninggalkan Adam. Adam merasa kesalahan-kesalahan yang dibuatnya bukanlah masalah besar sehingga mempertanyakan keputusan kekasihnya itu.

Setelah putus, Adam melihat-lihat barang yang dipakai Eva. Dia menemukan sebuah jurnal yang ditulis oleh mantan kekasihnya itu. Jurnal itu diberi judul “77 Heartbreaks”, isinya adalah sebuah filosofi yang dipegang Eva ketika menjalin hubungan.

Dia mempercayai bahwa tujuh kali memaafkan seseorang terlalu sedikit, sedangkan memaafkan 70 dikali tujuh terlalu banyak, maka maafkanlah sebanyak 77 kali. Adam yang baru memahami hal tersebut mencoba untuk mendapatkan cinta Eva kembali.

8. A Beautiful Life [2011]

A Beautiful Life [2011]

Seorang agen real estate, Li Peiru sedang mabuk di bar karaoke dan muntah di badan seorang polisi bernama Fang Zhendong. Zhendong memiliki keterkaitan dengan Peiru, sementara itu Peiru merupakan selingkuhan dari bosnya yang sudah menikah.

Hubungan Peiru dengan bosnya kemudian berakhir setelah dia mengetahui bosnya itu menyelingkuhinya. Peiru mengalami kesulitan dalam pekerjaannya, Zhendong membantu dengan menjual rumahnya dan pindah ke tempat lain.

Peiru semakin membaik sementara Zhendong kesehatan mentalnya memburuk sampai kehilangan pekerjaan. Mereka bertemu lagi saat Zhendong nggak mampu lagi membantu Peiru. Bisakah mereka menyatu lagi dengan keadaan yang berbalik?

9. Gorgeous [1999]

Gorgeous [1999]

Bu merupakan seorang gadis cantik dari kota kecil di Taiwan. Dia menemukan sebuah botol berisi pesan romantis dari seseorang. Dia kemudian pergi ke Hong Kong untuk mencari siapa yang menulis pesan yang dia temukan itu. Dia akhirnya menemukan pria yang menulis pesan itu, namanya Albert tapi sayangnya dia adalah pria penyuka sesama jenis.

Karena merasa kasihan pada Bu yang sudah jauh-jauh datang dari Taiwan, Albert mengijinkannya tinggal untuk sementara waktu. Bu kemudian membantu Albert dalam pekerjannya ketika pemotretan yang membuat dia bertemu dengan seorang miliuner kesepian bernama C.N. Chan.

Kedekatan mereka mulai terjalin karena Chan banyak bercerita kepada Bu. Bu mulai cinta pada Chan, sementara itu kekasihnya di Taiwan yang tahu hal tersebut mengirim orang untuk mencelakai Chan. Bagaimana hubungan antara Bu dan Chan selanjutnya?

10. Yesterday Once More [2004]

Yesterday Once More [2004]

Bagaimana ceritanya kalau sepasang suami-istri merupakan anggota sebuah kelompok pencuri? Itulah yang terjadi pada pasangan suami-istri Mr. dan Mrs. Thief. Mereka baru saja sukses mencari berlian berharga sangat mahal. Namun kesuksesan itu justru membuat mereka bertengkar dan akhirnya bercerai.

Dua tahun kemudian, Mrs. Thief akan dinikahi oleh seorang pria yang kaya raya. Sang calon mertua ternyata mempunyai kalung berharga mahal yang diincar oleh Mrs. Thief. Ternyata sang mantan suami juga mengincar benda yang sama. Akhirnya mereka berdua bersaing untuk mendapatkan kalung tersebut, tapi bibit-bibit cinta mulai tumbuh lagi di antara mereka.

Itulah 10 film Hongkong romantis yang mungkin bisa menjadi referensi hiburan kamu di akhir pekan. Kalau kamu bosan dengan film lokal atau film Hollywood, nggak ada salahnya mencoba menonton film Hongkong. Kualitas filmnya nggak mengecewakan kok! Kalau punya film Hongkong romantis lain, kamu bisa menambahkan di kolom komentar.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *