Bacaterus / Film Jepang / 5 Rekomendasi Drama dan Film Jepang Bertema Hacker

5 Rekomendasi Drama dan Film Jepang Bertema Hacker

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Juni 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Hacker atau dikenal juga dengan peretas merupakan orang atau sekelompok orang yang memiliki keahlian dalam bidang komputer yang mempelajari, menganalisis, memodifikasi juga menerobos ke dalam jaringan dan sistem komputer.

Awal kemunculan hacker pada tahun 1960-an ini memiliki makna yang positif. Karena keahlian yang dimiliki para hacker pada saat itu digunakan untuk pengembangan program komputer yang telah dibuat sebelumnya agar lebih baik lagi.

Namun, pada pada tahun 1983 istilah hacker menjadi memiliki konotasi negatif. Konotasi negatif ini muncul karena seringnya terjadi kasus pembobolan untuk aksi kriminal yang diduga dilakukan oleh para hacker sehingga merugikan pihak tertentu.

Kemudian para hacker yang ‘asli’ ini menyebut mereka dengan istilah cracker. Mereka para cracker memanfaatkan kelemahan pada celah-celah keamanan suatu sistem yang belum diperbaiki (bug) untuk merusak dan menyusupnya. Seperti mengubah tampilan suatu web, menyisipkan kode-kode virus dan lain sebagainya.

Karena kejadian dan kesalahpahaman tersebutlah kini muncul dua istilah yang digunakan untuk penyebutan hacker. Yakni, White Hat Hacker yang merupakan hacker sesungguhnya atau bisa dibilang hacker yang baik dan Black Hat Hacker yang melakukan peretasan yang mengakibatkan suatu pihak atau yang dikenal juga dengan cracker.

Pada era digital ini, banyak yang menjadikan tema hacker untuk diangkat menjadi sebuah drama maupun film. Tema hacker di dunia film ini cukup banyak penggemarnya. Aksi para hacker di film yang sedang berusaha untuk meretas tak jarang membuat para penonton ikut tegang dan terkagum-kagum akan aksinya.

Jepang pun menjadi salah satu negara yang ikut mengangkat tema hacker ini dan menjadikannya sebuah drama dan film. Nah, kali ini Bacaterus telah merangkum beberapa drama dan film Jepang yang bertema hacker. Berikut ini beberapa rangkuman drama dan film bertemakan hacker.

1. Bloody Monday (2008)

Bloody Monday

* sumber: naonchan.blog.fc2.com

Bloody Monday adalah drama tentang hacker pertama yang rilis di Jepang. Merupakan drama yang diadaptasi dari manga karya Ryo Ryumon dengan judul yang sama.

Film yang menceritakan seorang murid SMA yang memiliki kemampuan untuk meretas bernama Fujimaru Takagi (Haruma Miura) dengan inisial hackernya ‘Falcon’. Fujimaru direkrut oleh FBI Jepang yang dikenal dengan Third-I yang merupakan tempat bekerja ayahnya.

Karena kepintaran yang dimiliki Fujimaru, ia direkrut untuk membantu memecahkan kode rahasia yang dicurigai merupakan ancaman teroris di Jepang. Ancaman yang disebut dengan ‘Bloody Monday’, karena pada hari senin para teroris mengancam akan menyebarkan virus mematikan yang bisa membunuh masyarakat Jepang. Dimana kasus yang serupa pernah terjadi juga di Rusia.

Namun aksi Fujimaru bergabung dengan Third-I ini justru membuat orang di sekitarnya termasuk keluarga juga temannya jadi ikut terlibat terancam bahaya dari para teroris.

2. Bloody Monday 2 (2010)

Bloody Monday 2

* sumber: naonchan.blog.fc2.com

Bloody Monday 2, merupakan lanjutan drama Bloody Monday yang tayang pada tahun 2008. masih dengan pemeran yang sama, kali ini Fujimaru kembali harus menggunakan kemampuan hacker-nya untuk menghentikan para teroris.

Jika di Bloody Monday pertama para teroris mengancam dengan virus, di season kali ini para teroris mengancam dengan yang lebih dahsyat lagi yaitu ancaman bom nuklir.

Fujimaru Kembali direkrut oleh Third-I untuk menghentikan aksi teroris. Tapi tidak hanya harus menghentikan ledakan bom nuklir tapi Fujimaru juga harus bertarung dengan para hacker dari teroris yang ternyata memiliki kemampuan lebih hebat dari Fujimaru.

Di Bloody Monday 2 ini akhirnya diungkapkan dalang dari teroris yang selalu mengancam. Dan diungkapkan juga mengapa para teroris itu melakukan aksi tersebut.

Baca juga: Film Hollywood Bertema Hacker Terbaik Sepanjang Masa

3. Lupin III (2014)

Lupin III

* sumber: gennnya.com

Lupin III atau yang dikenal juga dengan sebutan Rupan Sansei atau Lupin the Third merupakan live-action adaptasi dari manga dan anime karangan Monkey Punch dengan judul yang sama dan  tayang pada tahun 2014.

Lupin III dimainkan oleh Shun Oguri yang menjadi pemeran utama. Di film ini tidak hanya aktor Jepang yang dapat kamu lihat. Tapi ada juga aktor dari Taiwan, Jerry Yan sebagai Michael Lee yang merupakan teman Lupin III sesama pencuri.

Dan ada juga aktor dari Korea, Kim Joon sebagai Pierre yang merupakan salah satu hacker temannya Lupin III. Pierre ditugaskan oleh Lupin III untuk membantunya dalam aksi pembobolan tempat persembunyian penjahat yang sudah lama sulit ditangkap polisi.

Meski aksi hacker yang ada pada film ini hanya sebagai pemeran pendukung saja, tapi tetap menarik untuk ditonton lho. Menariknya lagi, di film ini kamu tidak hanya akan mendengarkan percakapan dalam bahasa Jepang, tapi ada juga bahasa Korea dan juga Bahasa Inggris.

4. Kaito Yamaneko (2016)

Kaito Yamaneko

* sumber: naonchan.blog.fc2.com

Kaito Yamaneko merupakan drama yang diadaptasi dari novel “Kaito Tantei Yamaneko Series” karya Manabu Kaminaga. Drama ini dikenal juga dengan Yamaneko the Phantom Thief dan Mysterious Thief Detective Yamaneko.

Drama yang diperankan oleh Kamaneshi Kazuya sebagai Yamaneko seorang pencuri. Narimiya Hiroki sebagai Katsumura Hideo seorang reporter majalah yang menjadi teman satu tim Yamaneko, dan Hirose Suzu sebagai Takasugi Mao murid SMA yang jago hacker.

Mao yang Ketika sekolah sering menjadi korban bully ini ternyata seorang yang memiliki bakat hacker yang jenius. Dengan keahlian yang dimiliki Mao, ia dibujuk untuk mau bergabung dengan tim Yamaneko dan sekaligus menggantikan hacker pribadi Yamaneko yang meninggal.

5. Dele (2018)

Dele

* sumber: www.tv-asahi.co.jp

Drama yang bertema hacker satu ini bisa dibilang cukup unik. Dele merupakan drama yang berasal dari novel karya Takayoshi Honda yang berjudul sama dengan dramanya.

Dele menceritakan kisah seorang Sakagami Keiji atau yang sering dipanggil dengan Kei (Yamada Takayuki). Ia diceritakan memakai kursi roda karena kakinya lumpuh tanpa diketahui penyakitnya apa. Lantas ia mendirikan perusahaan yang bernama dele.LIFE.

Perusahaan tersebut merupakan perusahaan asuransi yang unik, dimana perusahaan itu memberikan jasa menghapus data dari laptop, komputer, maupun ponsel klien yang sudah meninggal. Ketika kliennya meninggal muncul notifikasi ke laptop khusus Kei dan barulah datanya bisa dihapus.

Karena keterbatasannya Kei, ia tidak dapat bekerja sendirian. Dan pada suatu hari ia dipertemukan dengan Mashiba Yutaro (Suda Masaki). Pekerjaan Yutaro itu hanya untuk memastikan kliennya benar-benar sudah meninggal.

Namun karena seringnya muncul rasa penasaran dan terlalu ikut campur dengan urusan klien, Kei dan Yutaro selalu bertengkar. Dan tak jarang juga mengakibatkan Yutaro dan Kei terlibat dalam kasus kliennya.

Itulah sederet daftar drama dan film Jepang bertemakan hacker yang telah dirangkum Bacaterus. Drama dan film yang harus ditonton bagi kamu yang tertarik dengan cerita-cerita hacker. Kira-kira drama dan film mana yang jadi favoritmu? Kalau kamu punya rekomendasi film hacker lainnya silakan komen di kolom yang tersedia ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *