Bacaterus / Film Korea / 10 Film Gangster Korea Ini Nggak Kalah Sama Hollywood

10 Film Gangster Korea Ini Nggak Kalah Sama Hollywood

Ditulis oleh - Diperbaharui 23 Oktober 2019

Meski lebih dikenal akan dramanya sebenarnya Korea punya banyak film aksi yang seru. Salah satunya film gangster. Mungkin karena yang cewek-cewek nggak terlalu suka film gangster, sementara yang suka film gangster kebanyakan cowok dan nggak banyak tahu soal film Korea.

Kamu suka film gangster? Boleh dicoba nonton film gangster Korea, kualitas filmnya nggak kalah sama Hollywood kok. Jalan ceritanya juga kuat, kalau kamu sudah sering nonton film Korea mungkin tahu kalau Korea punya industri film yang matang. Nggak usah ragu soal kualitas. Kalau kamu tertarik, inilah 10 film gangster Korea yang bisa kamu jadikan referensi.

1. The Divine Move [2014]

The Divine Move (Copy)

Perjudian merupakan salah satu cara para gangster mencari uang. Kalau Amerika biasanya dengan permainan kartu atau kasino, gangster di Korea punya cara berbeda. Gangster di film ini mencari uang dengan perjudian baduk. Buat yang belum tahu, baduk adalah permainan papan strategis yang dimainkan dua orang. Kurang lebih seperti catur.

Tae Sok pemain baduk yang pandai. Suatu hari dia diminta kakaknya untuk bermain curang supaya bisa menang dalam permainan baduk bawah tanah yang dikelola oleh Sal Soo. Mereka ketahuan lalu ditangkap.

Tae Sok disiksa sementara kakaknya dibunuh. Nggak cuma itu, Tae Sok juga dijadikan tersangka atas pembunuhan kakaknya. Dia dipenjara, di dalam penjara itulah dia merencanakan balas dendam kepada para gangster yang membunuh kakaknya. Apakah dia berhasil? Nonton film ini supaya tahu keseruannya.

2. The Man From Nowhere [2010]

The Man From Nowhere (Copy)

Film ini bukan cuma menegangkan, tetapi juga menyentuh. Ini tentang seorang pria misterius yang harus berhadapan dengan gangster keji demi menyelamatkan anak kecil yang padahal bukan siapa-siapa dia. Pria itu seorang pendiam yang membuka usaha gadai di rumahnya. Dia cuma berteman dengan seorang anak kecil yang tinggal di dekat rumahnya.

Kemudian, anak kecil itu diculik oleh sekelompok gangster yang berencana menjual organ tubuh anak itu. Pria misterius itu, memutuskan untuk melawan para gangster tersebut demi menyelamatkan si anak. Siapakah pria itu sehingga punya keberanian dan keterampilan yang cukup buat berhadapan sama para gangster? Ikuti ceritanya dengan menonton filmnya, ya!

3. A Bittersweet Life [2005]

A Bittersweet Life (Copy)

Lee Byung Hun, yang menjadi karakter film ini memang seorang aktor yang sering bermain di film aksi.  Bahkan dia beberapa kali bermain di film Hollywood seperti RED 2 dan G.I Joe. Itu membuktikan kualitas akting yang dimilikinya. Dalam film ini dia berperan sebagai Sun Woo, yang bekerja untuk seorang gangster.

Dia hidup sendiri dan kesepian. Satu waktu, dia ditugaskan untuk mengawasi pacar bosnya yang masih muda. Perasaannya terusik, perintah dari bosnya itu membawa dia pada fase hidup baru. Dia melindungi perempuan itu setulusnya, bahkan meskipun dia harus mengorbankan dirinya sendiri. Film ini mengandung banyak kekerasan dan unsur romantisnya sedikit, tetapi pas dan mengena. Sangat layak jadi hiburan untuk mengisi waktu luang.

4. Gangnam Blues [2015]

Gangnam Blues (Copy)

Penggemar Lee Min Ho mana suaranya? Ini film yang menunjukkan sisi lain seorang Lee Min Ho yang seringkali bermain drama romantis. Film ini juga dikenal dengan judul Gangnam 1970. Selain Lee Min Ho yang berperan sebagai Jong Dae, film ini juga menampilkan Kim Rae Won sebagai Yong Ki.

Mereka adalah yatim piatu yang tumbuh bersama hingga hubungan mereka seperti kakak-adik. Kemudian, mereka berpisah dan menjalani hidup masing-masing. Jong Dae bergabung dengan kelompok gangster, dan Yong Ki bergabung dengan kelompok gangster yang lain. Dua kelompok gangster itu saling berebut daerah kekuasaan. Kira-kira mana yang lebih penting? Persaudaraan atau persaingan? Nonton saja filmnya, ya.

5. Nameless Gangster [2012]

Nameless Gangster (Copy)

Film ini mengambil latar cerita di Busan tahun 1980an dan 1990an. Tepatnya waktu pemerintah mendeklarasikan perang terhadap korupsi dan kejahatan pada 1990. Ada nama Ha Jung Woo yang membintangi film ini. Untuk sebagian orang yang suka film Korea, nama itu seolah menjadi garansi akan kualitas filmnya. Di film ini dia menjadi bos kelompok gangster bernama Hyung Bae.

Ik Yun adalah seorang karyawan di kantor bea cukai. Dia dan teman-temannya termasuk petugas yang kotor. Satu waktu, dilakukan penyelidikan dan Ik Yun diminta untuk mengorbankan diri demi nama baik instansi. Dia bersedia asalkan diperkenankan menjual heroin yang dia temukan waktu bertugas.

Dari sanalah akhirnya Ik Yun bertemu dengan Hyung Bae yang ternyata masih satu marga dengannya. Film gangster yang ini memadukan antara kriminal dan drama dengan baik. Porsi keduanya pas, sayang sekali kalau sampai melewatkan film ini.

6. My Wife is a Gangster [2001]

My Wife is a Gangster (Copy)

Judulnya saja sudah sangat menggelitik, ya? Berbeda dengan film gangster lainnya, film yang ini mengandung unsur komedi romantis. Karakter utamanya adalah seorang wanita yang menjadi kepercayaan seorang kriminal kelas kakap paling berpengaruh. Tentu saja dia menjalani hidup yang berbeda dengan wanita pada umumnya.

Satu hari, kakaknya yang menderita kanker stadium akhir memintanya untuk menikah. Kakaknya ingin melihat dia menikah sebelum meninggal. Baginya, punya pasangan apalagi menikah jauh lebih sulit daripada menghabisi musuh.

Namun, dia nggak bisa menolak permintaan kakaknya. Alhasil, dia menyuruh anak buahnya mencari pria untuk menikah. Pilihannya jatuh pada seorang pria sederhana yang bekerja sebagai pegawai negeri. Kalau mau tahu keseruannya, ayo luangkan waktu buat nonton!

7. The Outlaws [2017]

The Outlaws (Copy)

Secara tema, film ini bisa dibilang sangat biasa. Masih soal gangster yang berebut kuasa dan penegak hukum yang berusaha menumpas mereka. Apa yang membuat film ini jadi menarik? Karena film ini diadaptasi dari kisahnya. Banyak mengandung adegan sadis tetapi sangat filmis karena porsinya yang pas tanpa terkesan dipaksakan.

Jang Chen adalah seorang gangster dari China yang datang ke Korea untuk menagih hutang kepada gangster Korea. Penagihan hutang itu berubah menjadi pembantaian gangster Korea beserta pemimpinnya. Jang Chen punya ambisi untuk mengambil alih bisnis gangster Korea.

Ma Soek Do, seorang penegak hukum diperintahkan untuk menangkap Jang Chen dan kelompoknya. Apakah Jang Chen yang brutal dan licin itu berhasil ditumpas Ma Soek Do? Nonton filmnya ya, dan bersiaplah karena akan banyak adegan berdarah yang menegangkan.

8. Gangsters [2019]

Gangsters (Copy)

Kita mungkin nggak akan heran kalau melihat seorang gangster baku hantam bahkan membunuh. Namun, apa jadinya kalau seorang gangster jatuh cinta? Film ini terfokus pada Yong Gae yang diperankan oleh Park Doo Shik. Dia seorang gangster yang paling brutal di Musan.

Suatu hari, Yong Gae bertemu dengan Su Yeon. Perempuan itu mengusik perasaan Yong Gae secara misterius. Di waktu yang sama, Bos Yong Gae mencoba untuk mengacak-acak daerah di mana Ayah Su Yeon berbisnis. Kira-kira apa yang akan dilakukan Yong Gae untuk perempuan yang dicintainya?

9. The Gangster, The Cop, The Devil [2019]

The Gangster, The Cop, The Devil (Copy)

Judulnya terdengar menarik, ada tiga kelompok berbeda disebutkan. Bagaimana hubungan ketiganya? Ketiganya adalah karakter kunci film ini. Bercerita tentang polisi yang memburu seorang pembunuh berantai.

Berawal ketika Jang Do Su seorang gangster yang disegani diserang oleh sosok misterius dan kalah. Beritanya menyebar dan melukai harga dirinya sebagai bos. Dia berencana untuk membalas dendam dan ini yang jadi penyebab dia bekerja sama dengan detektif Jung Tae Sok.

Mereka memburu sosok yang sama, seorang pembunuh berantai misterius yang identitas sulit diungkap. Bagaimana kisah perburuan itu? Nonton filmnya, nikmati ketegangannya! 

10. The Prison [2017]

The Prison (Copy)

Dari judulnya, jelas sekali kalau film ini bercerita tentang penjara. Penasaran nggak sama bagaimana kehidupan orang-orang di dalam penjara? Apa jadinya kalau di suatu tempat berkumpul para kriminal dengan kasus yang berbeda-beda? Bagaimana jadinya kalau seorang polisi masuk ke sana sebagai tahanan?

Song Yoo Gun adalah seorang polisi berprestasi. Satu hari, dia harus masuk penjara karena kasus tabrak lari. Di sanalah dia bertemu dengan Jung Ik Ho, seorang gangster paling berkuasa. Beberapa perkelahian terjadi, sampai akhirnya Ik Ho yang tertarik dengan keterampilan Yoo Gun mengajaknya bergabung. Kenapa seorang polisi mau bergabung dengan seorang kriminal? Apa motif dibalik itu? Cari tahu dengan menonton filmnya ya!

Demikian film gangster Korea yang bisa jadi referensi kamu kalau lagi butuh hiburan yang seru. Kalau kamu punya tambahan, kamu boleh kok menambahkan di kolom komentar yang sudah disediakan. Selamat menonton ya!

Topik Terkait:
Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on pinterest
Pinterest
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp

Baca Juga

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *