15 Film Terbaik Rio Dewanto, Si Aktor yang Serba Bisa

Ditulis oleh Sri Sulistiyani

Rio Dewanto menjadi salah satu aktor Indonesia yang sudah dikenal dengan banyak karya-karya filmnya. Karirnya di dunia film dimulai saat ia mendapatkan peran figuran dalam film berjudul Pintu Terlarang dan dan Ratu Kosmopolitan pada tahun 2009 dan 2010. Satu tahun setelahnya, Rio pun didapuk sebagai pemeran utama sebuah film.

Rio DewantoSumber: fimela.com

Setelah itu, popularitasnya sebagai aktor layar lebar pun terus melesat. Hingga kini, Rio Dewanto telah bermain di berbagai judul film dengan berbagai genre.

Di luar kemampuannya berakting, Rio Dewanto juga mulai merambah dunia modelling hingga tarik suara. Dari sederet film yang dibintanginya, inilah 10 film terbaik Rio Dewanto untuk rekomendasi tontonanmu.

1. The Antique Shop

film rio dewanto_The Antique Shop_
  • Tahun Rilis: 2022
  • Genre: Horror
  • Produksi: LeayDoDee
  • Sutradara: E Suphakorn Riansuwan
  • Pemeran: Bae Jin Young, Mean Phiravach, Xu Bin, Rio Dewanto

The Antique Shop (2022) menjadi film Rio Dewanto yang paling populer dan tidak boleh dilewatkan. Film yang jadi kolaborasi dari empat negara Asia ini diproduksi oleh sutradara E Suphakorn Riansuwan.

Tapi yang membuat heboh, Rio Dewanto akan beradu akting dengan nama beken seperti Bae Jin Young, lalu dengan aktor muda Thailand bernama Mean Phiravich dan aktor Singapura bernama Xu Bin.

Dalam film bergenre horor ini, Rio Dewanto akan berperan sebagai seorang perantau bernama Wadi. Pria ini nekat pergi ke Thailand untuk mengadu nasib.

Namun bukannya untung, malah buntung. Ia mengalami banyak masalah terutama dengan majikannya yang ternyata seorang anggota mafia. Sialnya lagi, Wadi malah ditangkap oleh geng mafia yang membuatnya berakhir di “Chair of Death”.

2. Filosofi Kopi

Filosofi KopiSumber: journal.sociolla.com
  • Tahun Rilis: 2015
  • Genre: Drama
  • Produksi: Visinema Pictures
  • Sutradara: Angga Dwimas Sasongko
  • Pemeran: Rio Dewanto, Chicco Jerikho, Julie Estelle

Filosofi Kopi merupakan film yang diadaptasi dari sebuah cerita pendek karya Dewi Lestari. Pada ajang Festival Film Indonesia 2015, film ini berhasil masuk dalam lima nominasi dan memenangkan dua piala citra. Dalam film ini, Rio Dewanto berperan sebagai tokoh Jody. Ia merupakan seorang pengusaha yang juga merupakan sahabat baik dari Ben.

Bersama dengan Ben, Jody membuka usaha kedai kopi yang mereka namakan Filosofi Kopi. Namun hutang yang mereka miliki membuat kedai tersebut terancam bangkrut, Bersama Ben yang merupakan seorang barista, Jody pun memulai petualangan untuk menemukan biji kopi terbaik dan menyelamatkan kedai Filosofi Kopi.

3. Filosofi Kopi 2: Ben & Jody

filosofi Kopi 2: Ben & JodySumber: mldspot.com
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Drama
  • Produksi: Visinema Pictures
  • Sutradara: Angga Dwimas Sasongko
  • Pemeran: Rio Dewanto, Chicco Jerikho, Luna Maya, Nadine Alexandra

Baca Juga: 10 Film Terbaik dari Sutradara Angga Dwimas Sasongko

Menyusul kesuksesan dari sekuel pertama Filosofi Kopi, Rio Dewanto kembali membintangi sekuel kedua film ini yang berjudul Filosofi Kopi 2: Ben & Jody. Dalam film keduanya ini, Rio Dewanto masih berperan sebagai Jody. Filosofi Kopi 2: Ben & Jody juga masih mengisahkan perjalanan Ben dan Jody untuk mempertahankan kedai Filosofi Kopi mereka.

Setelah kedai Filosofi Kopi semakin ramai dan sukses, Ben dan Jody mulai berpikir untuk mengembangkan bisnis tersebut. Mereka mencoba banyak cara, mulai dari berkeliling menggunakan food truck hingga membuka kedai Filosofi Kopi di Yogyakarta. Seiring dengan perkembangan Filosofi Kopi, keduanya pun mulai terlibat perbedaan pendapat yang mempertanyakan lagi visi mereka.

4. Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini

Film Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini atau yang juga dikenal dengan film NKCTHI merupakan film yang diangkat dari buku Marchella FP. Film NKCTHI juga menjadi salah satu film tersukses yang bisa meraup lebih dari lima ratus ribu penonton dalam waktu sepekan. Dalam film ini, Rio Dewanto berperan sebagai tokoh Angkasa.

Angkasa merupakan anak sulung dari keluarga Narendra dan kakak dari Aurora serta Awan. Di balik perannya yang selalu berusaha untuk menjadi kakak yang kuat, Angkasa justru menyimpan sebuah rahasia besar keluarga tersebut yang ia pendam sejak kecil.

Suatu waktu, Angkasa pun tak sanggup lagi memendam semua itu dan meluapkan emosinya pada semua anggota keluarga.

5. Kamu Tidak Sendiri

film rio dewanto_Kamu Tidak Sendiri_

Kamu Tidak Sendiri menjadi film yang paling dinantikan sejak tahun 2021 hingga 2022. Film yang disutradarai oleh Arwin T. Wardhana ini terus saja menunda tanggal penayangan.

Alhasil, banyak penonton yang penasaran, kira-kira akan seberapa menegangkan sih film ini. Apalagi jajaran pelakonnya merupakan nama-nama terkenal, seperti Adinia Wirasti hingga Ganindra Bimo.

Adapun film ini mengisahkan dua orang yang terjebak di dalam sebuah lift selama beberapa jam. Di film ini, Rio Dewanto memerankan karakter bernama Adrian yang bertugas untuk menangani krisis.

Ia berusaha untuk menenangkan Mira dan Mika, yang saat itu terjebak di dalam lift. Pria ini mencari cara agar dua orang tadi tetap tenang, ketika tim penyelamat melakukan tugasnya.

6. 7-24

film rio dewanto_7-24_

Beralih ke film bergenre romantis, kali ini Rio Dewanto didapuk untuk menjadi pemeran utama di film berjudul 7-24 (2022). Beradu akting dengan aktris cantik Enzy Storia, film ini disutradarai oleh Dyan Sunu Prastowo.

Filmnya mengisahkan hubungan pernikahan yang penuh rahasia antara Aini dan Anggara, yang ternyata sama-sama mengidap kelainan otak. Di film ini, Rio Dewanto akan memerankan sosok Anggara yang merupakan suami Aini.

Pria ini bisa dikatakan sangat cuek, makanya ia jarang sekali bisa merasakan jatuh cinta. Namun saat bertemu dengan Aini, Anggara merasakan hal yang berbeda hingga ia ingin menikahi wanita itu. Film 7-24 (2022) juga bisa kamu saksikan lewat layanan streaming di KlikFilm, sejak tanggal 18 Maret 2022.

1 23»
cross linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram