bacaterus web banner retina

10 Film Hollywood dengan Biaya Produksi Termahal

Ditulis oleh Erika Erilia - Diperbaharui 31 Maret 2021

Membuat film sekelas Hollywood tentu membutuhkan biaya produksi yang fantastis. Pihak produser rela menggelontorkan uang ratusan juta dolar demi membuat sebuah film dengan hasil yang luar biasa. Lalu film-film apa saja yang menghabiskan dana paling banyak?

Dari sekian banyak film Box Office, film berjenis seri atau franchise akan mendominasi daftar kali ini. Tentunya judul-judul film tersebut sudah tak asing lagi ditelinga para pencinta film. Berikut 10 film Hollywood dengan biaya produksi termahal yang menarik untuk kamu ketahui.

1. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides ($376,5 juta)

Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides (6,5 juta)
  • Tahun Rilis: 2011
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Jerry Bruckheimer Films, Moving Picture Company (MPC)
  • Sutradara: Rob Marshall
  • Pemeran: Johnny Depp, Penélope Cruz, Ian McShane

Di urutan pertama ada film "Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides" yang dibintangi oleh Johnny Depp. Film ini sukses meraup pendapatan hingga $1 miliar. Pada 2014, Forbes mengungkapkan bahwa film tersebut menelan biaya produksi sebesar $376,5 setelah dipotong pajak senilai $34,1 juta.

Film ini menceritakan kelanjutan petualangan Kapten Jack Sparrow (Johnny Depp) dalam mencari mata air legendaris yang bisa membuat awet muda. Ia juga akan bertemu dengan wanita dari masa lalu bernama Angelica (Penelope Cruz) yang justru mengantarkannya berhadapan dengan sang musuh, Blackbeard (Ian McShane).

2. Avengers: Endgame ($350 juta)

Avengers: Endgame (0 juta)

Seri terakhir dari franchise Avengers ini berhasil mengumpulkan penghasilan sebesar $2,8 miliar. The New York Times sempat melaporkan bahwa film ini menghabiskan budget hingga sekitar $350 juta. Namun di tahun 2020, Deadline mengungkapkan bahwa produksi "Avengers: Endgame" menelan biaya sebesar $356 juta.

Film ini sendiri mengisahkan perjuangan terakhir para Avengers setelah Thanos berhasil memporak-porandakan bumi dan menghilangkan setengah populasi dunia. Seluruh superhero berkumpul dan bekerja sama mengembalikkan orang-orang yang menghilang sekaligus mengalahkan Thanos.

3. Avengers: Infinity War ($325 juta)

Avengers: Infinity War (5 juta)
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Produksi: Marvel Studios, Jason Roberts Productions, South Pictures
  • Sutradara: Anthony Russo, Joe Russo
  • Pemeran: Robert Downey Jr., Chris Evans, Mark Ruffalo, Chris Hemsworth

Film ini sukses mendapatkan penghasilan senilai $2 miliar. Sedangkan untuk biaya produksi, awalnya dilaporkan sebesar sekitar $300 juta oleh The Wall Street Journal di 2018. Lalu Deadline melaporkan bahwa film ini menghabiskan dana $316 juta. Namun pada tahun 2019, Deadline merevisi laporannya bahwa "Infinity War" menelan biaya hingga $325 juta.

Film "Avengers: Infinity War" berpusat pada tokoh superhero Marvel yang harus berhadapan dengan musuh terkuat bernama Thanos. Thanos rupanya berusaha mengumpulkan seluruh infinity stones untuk menjalankan rencananya melenyapkan setengah populasi di dunia. 

Hal ini membuat para Avengers kewalahan. Mereka harus berkejaran dengan waktu demi mencegah Thanos mendapatkan seluruh batu tersebut.

4. Pirates of the Caribbean: At World's End ($300 juta)

Pirates of the Caribbean: At World's End (0 juta)
  • Tahun Rilis: 2007
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Jerry Bruckheimer Films, Second Mate Productions
  • Sutradara: Gore Verbinski
  • Pemeran: Johnny Depp, Orlando Bloom, Keira Knightley

Di urutan keempat ditempati oleh sekuel "Pirates of the Caribbean" yang sukses mengumpulkan pendapatan hingga $961 juta. The Wall Street Journal melaporkan bahwa film yang dirilis tahun 2007 tersebut menghabiskan biaya produksi sebesar $300 juta.

Film "Pirates of the Caribbean: At World's End" menceritakan Will Turner (Orlando Bloom), Elizabeth Swann (Keira Knightley), dan Kapten Barbossa (Geoffrey Rush) yang bekerja sama untuk membebaskan Kapten Jack Sparrow dari Davy Jones. Mereka juga harus berhadapan dengan Sao Feng (Chow Yun-Fat), seorang bajak laut China yang sangat licik.

5. Justice League ($300 juta)

Justice League (0 juta)

Pada tahun 2017, The Wall Street Journal membuat laporan bahwa film “Justice League” menelan biaya produksi hingga sekitar $300 juta. Sementara itu, film ini berhasil meraup pendapatan di seluruh dunia hingga mencapai $657,9 juta.

"Justice League" mengambil latar belakang waktu pasca kematian Superman yang mengakibatkan kriminalitas merajalela. Batman (Ben Affleck) tak bisa tinggal diam dan meminta bantuan Wonder Woman (Gal Gadot) untuk mengumpulkan beberapa superhero. 

Mereka pun mulai merekrut Flash (Ezra Miller), Aquaman (Jason Momoa), hingga Cyborg (Ray Fisher). Mereka kemudian bekerja sama untuk melawan Steppenwolf, pemimpin pasukan Parademons yang ingin menghancurkan dunia.

6. Solo: A Star Wars Story ($275 juta)

Solo: A Star Wars Story (5 juta)
  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Produksi: Lucasfilm, Walt Disney Pictures, Allison Shearmur Productions
  • Sutradara: Ron Howard
  • Pemeran: Alden Ehrenreich, Woody Harrelson, Emilia Clarke

Film yang dirilis tahun 2018 ini meraup penghasilan di seluruh dunia hingga mencapai $392,9 juta. Sementara itu biaya produksinya diperkirakan menghabiskan dana sebesar $275 juta. Ditambah dengan biaya marketing, film ini dilaporkan sampai menggelontorkan dana hingga $400 juta.

Cerita film "Solo: A Star Wars Story" berfokus pada tokoh Han Solo (Alden Ehrenreich) yang masih muda. Film ini mengisahkan awal mula pertemuan Han Solo dengan co-pilot sekaligus sahabat setianya, Chewbacca. 

Selain itu, Han Solo juga akan bertemu dengan tokoh lainnya bernama Lando Calrissian (Donald Glover). Di sini akan diceritakan bagaimana ia mendapatkan Millenium Falcon, pesawat luar angkasa yang ia kemudikan bersama Chewbacca di Galactic Civil War.

7. Star Wars: The Rise of Skywalker ($275 juta)

Star Wars: The Rise of Skywalker (5 juta)
  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Lucasfilm, Bad Robot
  • Sutradara: J.J. Abrams
  • Pemeran: Daisy Ridley, John Boyega, Oscar Isaac

Masih dari franchise Star Wars, film yang satu ini juga sama-sama menelan biaya produksi hingga sekitar $275 juta. Ditambah dengan biaya marketing, total biaya yang harus dikeluarkan oleh film "Star Wars: The Rise of Skywalker" mencapai $400 juta. Sementara itu, film ini tergolong sukses di pasaran dengan meraup pendapatan hingga $1,1 miliar.

"Star Wars: The Rise of Skywalker" merupakan seri penutup dari Skywalker Saga sekaligus melanjutkan kisah dari "Star Wars: The Last Jedi" yang dirilis tahun 2017. Film ini akan berfokus pada karakter utama Rey, murid dari Luke Skywalker. 

Selama ini banyak yang bertanya-tanya tentang orang tua Rey, bahkan tak sedikit yang beranggapan bahwa ia adalah anak dari Skywalker atau Obi Wan Kenobi. Di film ini, semua teka-teki tentang Rey dan siapa sosok orang tuanya akhirnya terungkap.

8. John Carter ($263,7 juta)

John Carter (3,7 juta)
  • Tahun Rilis: 2012
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Produksi: Walt Disney Pictures
  • Sutradara: Andrew Stanton
  • Pemeran: Taylor Kitsch, Lynn Collins, Willem Dafoe

Film "John Carter" – seperti yang dilaporkan oleh Forbes – memakan biaya produksi mencapai $263,7 juta setelah dipotong pajak sebesar $42,9 juta, sedangkan biaya marketingnya mencapai $100 juta. Sayangnya, film yang rencananya akan dibuat franchise ini justru merugi karena hanya mengumpulkan pendapatan sebesar $284,1 juta saja.

Film bergenre fiksi fantasi ini bercerita tentang John Carter (Taylor Kitsch) yang merupakan seorang mantan tentara Amerika. Saat sedang dalam pengejaran karena suatu masalah, John Carter bersembunyi di sebuah gua keramat. 

Tiba-tiba saja John melintasi ruang dan waktu hingga akhirnya terdampar di tempat yang sangat asing. Rupanya ia sedang ada di Mars yang juga disebut Barsoom oleh penduduk setempat. Di tempat inilah John memulai petualangannya melawan suatu kerajaan yang ingin menghancurkan Mars.

9. Batman v Superman: Dawn of Justice ($263 juta)

Batman v Superman: Dawn of Justice (3 juta)
  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Produksi: Warner Bros., Atlas Entertainment, Cruel & Unusual Films
  • Sutradara: Zack Snyder
  • Pemeran: Ben Affleck, Henry Cavill, Amy Adams

Film superhero DC ini sukses mendapatkan penghasilan hingga $873,6 juta. The Hollywood Reporter pernah melaporkan bahwa budget pembuatan film ini lebih dari $250 juta sebelum dipotong pajak. Di tahun 2016, FilmLA membuat laporan bahwa film yang dirilis tahun 2016 ini memakan biaya produksi $263 juta setelah dipotong pajak sebesar $37 juta.

Sesuai judulnya, film ini menceritakan perselisihan antara Batman dan Superman. Ceritanya bermula ketika Superman bertempur melawan penjahat dan memporak-porandakan Gotham. 

Batman menilai kalau Superman adalah superhero yang buruk karena tak peduli dengan sekitar saat sedang melawan penjahat. Dari sinilah keduanya mulai berseteru. Padahal di sisi lain, ada kejahatan yang lebih besar sedang mengancam mereka.

10. Star Wars: The Last Jedi (US$262 juta)

Star Wars: The Last Jedi (US2 juta)
  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Produksi: Walt Disney Pictures, Lucasfilm, Ram Bergman Productions
  • Sutradara: Rian Johnson
  • Pemeran: Daisy Ridley, John Boyega, Mark Hamill

Urutan terakhir ditempati oleh "Star Wars: The Last Jedi" yang dirilis tahun 2017. Film ini sukses mengumpulkan pendapatan hingga $1,3 miliar, sedangkan biaya produksinya diperkirakan hampir mencapai $250 juta oleh Forbes. 

Sementara itu, The New York Times sempat mengungkapkan kalau "The Last Jedi" menghabiskan biaya hingga $350 juta untuk  biaya produksi dan marketing. Di tahun 2016, FilmLA kemudian melaporkan bahwa total biaya produksi film ini mencapai angka $262 juta setelah dikurangi pajak senilai $54 juta.

Film ini menceritakan Rey (Daisy Ridley) yang meninggalkan kelompok Resistance. Ia menemui Luke Skywalker (Mark Hamill) yang dipercaya sebagai Jedi terakhir yang sudah lama menghilang. Meski mendapat respon dingin, Rey terus membujuk Luke untuk bergabung dengan Resistance dan melawan First Order yang terus menebar ancaman.

“Star Wars: The Last Jedi” menutup daftar kita kali ini sebagai salah satu film Hollywood dengan biaya produksi termahal. Dari daftar ini kita jadi tahu bahwa besaran biaya rupanya tidak menjamin kesuksesan sebuah film. Faktanya, tak sedikit film yang ‘mahal’ tapi justru mendapat review buruk bahkan rugi di pasaran.

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram