Bacaterus / Film DC Comics / 15 Film Terbaik yang Menampilkan Karakter DC Comics

15 Film Terbaik yang Menampilkan Karakter DC Comics

Ditulis oleh - Diperbaharui 4 Oktober 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Bagi para pencinta komik, pasti sudah tidak asing lagi dengan komik-komik terbitan DC Comics. Ya, DC Comics adalah penerbit komik terkenal, terbesar dan tertua di dunia. Berdiri sejak 1934, DC Comics sudah banyak menghasilkan komik-komik superhero terkenal, seperti Superman, Batman dan Wonder Woman. Bahkan para villain-nya pun sangat melegenda, seperti Joker dan Lex Luthor.

Kisah-kisah superhero komik ini pun kemudian merambah layar kaca di tahun 1940-an lewat serial televisi berupa live-action ataupun animasi.

Baru di tahun 1950an, Superman menjadi karakter yang pertama tampil lewat film Superman and the Mole Man [1951] dengan George Reeves sebagai sang Pangeran Krypton. Film ini merupakan episode pilot dari serial Adventures of Superman yang disiarkan di Warner Bros. Television pada 1952-1958.

Dari puluhan film yang sudah diproduksi, kami pilihkan 15 yang terbaik di antaranya yang menampilkan superhero dan karakter dari DC Comics dalam performa terbaik mereka.

1. V for Vendetta

V for Vendetta

* sumber: www.moviehousememories.com

  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Action, Drama, Sci-Fi
  • Sutradara: James McTeigue
  • Pemeran: Hugo Weaving, Natalie Portman, Rupert Graves
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., Virtual Studios, Silver Pictures

Film thriller beraroma politik di dunia dystopia ini adalah adaptasi dari komik karya Alan Moore dan David Lloyd yang diterbitkan oleh Vertigo Comics yang merupakan salah satu divisi DC Comics dengan konten untuk orang dewasa yang mayoritas berisi kekerasan.

Film ini bersetting di Inggris yang pemerintahannya berideologi Neo-Fascist yang ditentang oleh karakter misterius bernama V. Dia menjadi sosok yang membuat munculnya revolusi di negara itu.

Wachowski bersaudara menjadi produser film yang dibintangi oleh Natalie Portman yang rela tampil dengan kepala gundul dari pertengahan hingga akhir film. Topeng Guy Fawkes yang dipakai oleh V saat ini telah menjadi icon yang populer dan sering digunakan ketika berdemonstrasi.

2. Road to Perdition

Road to Perdition

* sumber: www.empireonline.com

  • Tahun Rilis: 2002
  • Genre: Crime, Drama, Thriller
  • Sutradara: Sam Mender
  • Pemeran: Tom Hanks, Tyler Hoechlin, Rob Maxey
  • Perusahaan Produksi: The Zanuck Company

DC Comics tidak selalu mengusung tokoh superhero. “Road to Perdition” misalnya, ini merupakan sebuah film DC Comics yang menceritakan tentang kehidupan mafia, gangster, dan sejenisnya.

Dikisahkahkan bahwa Michael Sullivan (Tom Hanks) adalah kaki tangan seorang mafia bernama John Rooney (Paul Newman). Anggota keluarga Sullivan tidak ada yang mengetahui profesi yang digelutinya. Sampai pada suatu hari, putra Sullivan – Michael Sullivan Jr. (Tyler Hoechlin) – menyelidiki ayahnya secara diam-diam dan mengetahui pekerjaan sang ayah.

Naas, Sullivan Jr. juga menjadi saksi atas pembunuhan yang dilakukan oleh sang ayah dan Connor Rooney (Daniel Craig), anak John Rooney. Karena merasa terancam, Connor membunuh seluruh anggota keluarga Sullivan, tetapi Sullivan Jr. berhasil selamat. Michael Sullivan akhirnya membunuh Connor sebagai pembalasan dendam.

Setelah berhasil membunuh connor, Ayah dan anak Sullivan ini memutuskan untuk melarikan diri sejauh mungkin dari kejaran Rooney yang juga mendendam atas kematian putranya.

3. Watchmen

Watchmen

* sumber: variety.com

  • Tahun Rilis: 2009
  • Genre: Action, Drama, Mystery
  • Sutradara: Zack Snyder
  • Pemeran: Jackie Earle Haley, Patrick Wilson, Carla Gugino
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., Paramount Pictures, Legendary Entertainment

Film yang telah lama mengendap dalam proses pra-produksi sejak 1987 ini akhirnya berhasil dirilis di tahun 2009 dengan deretan bintang ternama sebagai pemeran superhero dalam jumlah banyak ini. Setting film berada di era Perang Dingin antara USA dan Uni Soviet di tahun 1985.

Dialog yang filosofis, intrik dan konspirasi yang misterius dan banyaknya karakter superhero yang ada, membuat komik karya Alan Moore ini pernah dinyatakan berstatus “Un-Filmable”, tetapi Zack Snyder berhasil menampilkan semua elemen dalam komiknya dengan sangat baik dan rapi, meski tetap terkesan berat dan filosofis.

4. Batman Film Series

Batman Film Series

* sumber: www.syfy.com

  • Tahun Rilis: 1943 – 2021
  • Genre: Action, Adventure, Crime, Fantasy
  • Sutradara: Lambert Hillyer, Spencer Gordon Bennet, Tim Burton, Joel Schumacher, Christopher Nolan, Zack Snyder, Matt Reeves, dll.
  • Pemeran: Lewis Wilson, Robert Lowery, Adam West, Michael Keaton, Kevin Conroy, George Cloney, Christian Bale, Ben Affleck, Robert Pattinson, dll.
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., PolyGram Filmed Entertainment, DC Comics, dll.

Batman adalah salah satu superhero besutan DC Comics yang memiliki banyak penggemar. Tokoh superhero yang satu ini juga sudah eksis dalam layar lebar sejak tahun 1943. Hingga saat ini sudah banyak sutradara yang memproduksi film-film Batman dan belasan aktor pun juga pernah membintangi tokoh pahlawan di Gotham City ini.

Salah satu film Batman terbaik yang pernah ada adalah “The Dark Knight Trilogy” yang digarap Christopher Nolan. Proyek reboot Batman ini menjadi pionir kebangkitan DC Comics di era 2000an dan setelahnya, setelah sebelumnya terpuruk dengan film-film superhero-nya yang digarap secara tidak berkualitas meski diperankan oleh aktor terkenal sekalipun.

Melalui Batman Begins (2005), Christopher Nolan menghadirkan dunia Batman yang kelam dan lebih realistis dengan menampilkan kembali kisah hidupnya dan motivasinya menjadi Batman. Christian Bale tampil sebagai Batman dan Bruce Wayne yang gagah dan kharismatik. Selain bertabur bintang, film ini meminimalisir penggunaan CGI dan lebih mengedepankan nilai cinematography dan sisi psikologis para karakternya.

The Dark Knight (2008) adalah film terbaik Batman dan DC Comics sejauh ini. Sutradara Christopher Nolan mampu mengerahkan kemampuan dirinya dan para cast film ini untuk tampil maksimal dalam perannya, terutama Heath Ledger sebagai Joker yang berhasil meraih Oscar di kategori Best Supporting Actor. Sayang, Oscar ini diraih setelah Heath Ledger wafat karena over dosis obat terlarang.

Nuansa kelam Gotham City berhasil ditampilkan dengan sangat baik dengan beberapa karakter yang kelak memegang peranan penting dalam kisah Batman selanjutnya. Selain itu, film ini meraih Oscar juga di kategori Best Sound Editing.

5. A History of Violence

A History of Violence

* sumber: lylesmoviefiles.com

  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Drama, Thriller
  • Sutradara: David Cronenberg
  • Pemeran: Viggo Mortensen, Maria Bello, Ed Harris
  • Perusahaan Produksi: New Line Cinema, BenderSpink, Media I! Filmproduktion München & Company

Tom (Viggo Mortensen) memiliki sebuah kedai makan di Millbrook, kota kecil yang terletak di Indiana. Di kalangan masyarakat, Tom dikenal sebagai pribadi yang ramah dan hangat. Bukan hanya disukai oleh masyarakat, Tom juga merupakan sosok family man yang sangat dicintai oleh istri dan anak-anaknya.

Suatu malam, dua orang bandit datang ke kedai makan Tom dan bermaksud membuat keonaran di sana. Tom tidak bisa tinggal diam begitu saja, apalagi mereka mengancam dengan menodongkan. Tom akhirnya membuat perlawanan dengan merebut senjata para bandit dan menghabisi mereka.

Setelah kejadian tersebut, Tom semakin dipuja-puja oleh masyarakat. Namanya jadi semakin terkenal sebagai seorang pahlawan. Namun, hal tersebut nampaknya membuat reputasi Tom terancam. Tersiar kabar bahwa Tom sebenarnya adalah mantan pembunuh bayaran.

6. Wonder Woman

Wonder Woman

* sumber: kungfukingdom.com

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Sutradara: Patty Jenkins
  • Pemeran: Gal GadotChris Pine, Robin Wright
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., Atlas Entertainment, Cruel & Unusual Films

Setelah sempat kecewa dengan Batman V Superman dan Suicide Squad karena kedua film tersebut dianggap kurnag memenuhi kualitas sebagai film DC terbaik, para fans DC kembali bergembira dengan film Wonder Woman yang rilis di pertengahan 2017. Film yang menjadi box office dengan pendapatan 821 juta dollar ini menunjuk Gal Gadot untuk memerankan tokoh Diana Prince alias Wonder Woman.

Film Wonder Woman lebih menceritakan tentang asal usul sosok Diana Prince. Walaupun dianggap sebagai sosok wanita super yang sangat kuat, ternyata Wonder Woman juga pernah jatuh cinta pada sosok Steve (Chris Pine), pilot Amerika yang juga turut andil dalam mengubah jalan hidup Diana Prince.

7. Superman Film Series

Superman Film Series

* sumber: www.denofgeek.com

  • Tahun Rilis: 1948 – 2016
  • Genre: Action, Adventure, Sci-Fi
  • Sutradara: Spencer Gordon Bennet and Thomas Carr, Richard Donner, Richard Lester, Bryan Singer, Zack Snyder, dll.
  • Pemeran: Kirk Alyn, Geoger Reeves, Christopher Reeve, Brandon Routh, Henry Cavill, dll
  • Perusahaan Produksi: Dovemead Ltd., International Film Production, Legendary Pictures, Peters Entertainment, Bad Hat Harry Productions, Warner Bros. Pictures, DC Entertainment, Syncopy, dll.

Tak kalah populer dengan karakter Batman, Superhero juga menjadi karakter superhero legendaris DC Comics yang juga memiliki sejumlah film. Kisah manusia dengan kekuatan luar biasa ini sudah difilmkan sejak tahun 1948. Meskipun filmnya tak sebanyak Batman, Superman tetap memiliki sejumlah list film yang patut dibanggakan.

Zack Snyder adalah salah satu sutradara Superman Film Series yang cukup aktif membuat film-film Superman. Bahkan, Snyder pernah membuat film “Batman V Superman” yang cukup menarik perhatian masyarakat dunia.

Salah satu film Superman yang cukup populer adalah “Man of Steel”. Christopher Nolan yang sudah berhasil merebut hati fans DC Comics lewat trilogy Batman-nya, kembali dipercaya oleh para petinggi DC Comics dan Warner Bros. Pictures untuk membuat film superhero DC Comics lainnya.

Bermaksud melakukan reboot kisah Superman, Christopher Nolan merekrut Zack Snyder yang sukses lewat Watchmen untuk membuat pondasi rangkaian kisah DC Extended Universe yang nantinya akan dilanjutkan oleh film-film superhero DC Comics lainnya. Pemilihan Henry Cavill sebagai Superman baru sempat menuai kritik, tetapi setelah filmnya dirilis, kritikan itu pun memuai berganti dengan pujian.

Cast lainnya juga sesuai dengan karakter yang diperankan, seperti Amy Adams sebagai Lois Lane, Russell Crowe sebagai Jor-El, Michael Shannon sebagai General Zod, serta Kevin Costner dan Diane Lane sebagai pasangan Jonathan dan Mertha Kent.

8. Shazam!

Shazam

* sumber: www.metacritic.com

  • Tahun Rilis: 2019
  • Genre: Action, Adventure, Comedy
  • Sutradara: David F. Sandberg
  • Pemeran: Zachary Levi, Mark Strong, Asher Angel
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., DC Entertainment, DC Comics

Biasanya film super power identik dengan sosok yang serius dan biasanya digambarkan sebagai pria atau wanita remaja maupun dewasa. Shazam menawarkan hal yang berbeda. Di sini kalian akan terkagum-kagum dengan aksi bocah cilik yang berusaha menyelamatkan dunia dari ancaman iblis jahat.

Film yang diangkat dari salah satu hero DC comic ini mengangkat tema yang unik untuk diulik. Biasanya DC saat membuat film selalu bernuansa gelap, tetapi kali ini sangat menyenangkan untuk ditonton. Aksi kocak dan heroik bocah-bocah ini sangat menggelitik tapi juga mengaharukan. Perhatikan perkembangan karakter protagonisnya ya.

9. Red

Red

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Action, Comedy, Crime
  • Sutradara: Robert Schwentke
  • Pemeran: Bruce Willis, Helen Mirren, Morgan Freeman
  • Perusahaan Produksi: Di Bonaventura Pictures

Memasuki masa pensiunnya, Frank Moses (Bruce Willis) yang seorang mantan agen CIA hanya ingin hidup tenang sebagai masyarakat biasa. Namun sayangnya, sekali terjun ke dalam dunia intelijen rasanya susah sekali untuk bisa keluar dari sana.

Frank yang sedang menikmati hari-hari pertama pensiun tiba-tiba diserang oleh kelompok bersenjata. Beruntung Frank bisa selamat. Setelah berpikir keras, Frank tahu bahwa orang-orang mengincar nyawanya adalah pihak CIA yang sebenarnya tidak menginginkan dirinya pensiun.

10. Constantine

Constantine

* sumber: www.imdb.com

  • Tahun Rilis: 2005
  • Genre: Action, Fantasy, Horror
  • Sutradara: Francis Lawrence
  • PemeranKeanu Reeves, Rachel Weisz, Djimon Hounsou
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., Village Roadshow Pictures, DC Comics

Salah satu komik dewasa terbitan Vertigo Comics ini ditampilkan ke layar lebar oleh Francis Lawrence dalam debut penyutradaraannya dengan bintang Keanu Reeves sebagai karakter utama dari komik Hellblazer, yaitu Constantine.

Karakter rekaan Alan Moore ini memiliki kemampuan untuk memusnahkan setan-setan yang mengganggu manusia dengan melakukan perjanjian kepada surga dan neraka sekaligus. Dibalik penampilannya yang rapi, dirinya memiliki konflik besar dalam dirinya, yang akan kita ketahui di akhir film dimana dia bernegosiasi dengan Lucifer atas nyawanya.

11. Aquaman

Aquaman

* sumber: collider.com

  • Tahun Rilis: 2018
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Sutradara: James Wan
  • Pemeran: Jason Momoa, Amber Heard, Willem Dafoe
  • Perusahaan Produksi: DC Comics, DC Entertainment, Panoramic Pictures

Film yang didominasi aksi heroik dan romantis ini juga tak kalah seru. Film adaptasi dari komik DC Universe ini memanfaatkan keindahan pantai timur laut New South Wales, Australia. Selain memiliki latar tempat yang bagus, alur cerita juga dibikin apik dan menyentuh bahkan sejak awal film diputar.

Film ini menceritakan Arthur yang memiliki darah manusia dan darah bangsa laut Atlantis. Arthur lahir dengan kekecewaan atas bangsa laut yang memisahkan dirinya dan ibunya. Cerita mulai seru saat Arthur mencoba menghilangkan paham-paham kuno atas manusia dan bangsa laut.

12. Justice League

Justice League

* sumber: financerewind.com

  • Tahun Rilis: 2017
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Sutradara: Zack Snyder
  • Pemeran: Ben Affleck, Gal Gadot, Jason Momoa
  • Perusahaan Produksi: Warner Bros., RatPac Entertainment, DC Entertainment

Di penghujung tahun 2017, ada sebuah film dari DC yang dibenci sekaligus dicintai. Masyarakat memiliki ekspektasi lebih pada film garapan Zack Snyder ini. Sayangnya, film ini justru mendapat banyak kritikan dari kritikus film. Belum lagi di awal penayangannya, situs rating film seperti Rotten Tomatoes dan IMDB nampak seperti “sengaja” tidak membuka rating sampai film ini rilis dalam waktu beberapa hari.

Di luar dari semua itu, kita akan disajikan dengan efek CGI yang cukup bagus sepanjang film ini. Belum lagi di film ini kita bisa menyaksikan karakter-karakter superhero DC yang belum memiliki film sendiri, seperti Aquaman, Cyborg, dan The Flash. Para superhero yang tergabung dalam Justice League ini harus bekerja sama untuk menghalangi Steppenwolf menyatukan Mother Boxes.

Ada banyak kejutan menarik dari film ini, salah satunya adalah kebangkitan Superman yang dinyatakan mati dalam film Batman V Superman. Terlepas dari kritikan yang bertubi-tubi, film ini sangat layak ditonton untuk Anda penggemar film DCEU.

13. The Losers

The Losers

* sumber: www.thefilmyap.com

  • Tahun Rilis: 2010
  • Genre: Action, Adventure, Crime
  • Sutradara: Sylvain White
  • Pemeran: Idris Elba, Zoe Saldana, Jeffrey Dean Morgan
  • Perusahaan Produksi: Dark Castle Entertainment, Vertigo (DC Comics), Weed Road Pictures

Lima orang tergabung dalam pasuka elit satuan khusus AS. Mereka adalah Clay (Jeffrey Dean Morgan), Roque (Idris Elba), Jensen (Chris Evans), Pooch (Columbus Short), dan Cougar (Oscar Jaenada). Dalam melakukan tugasnya, mereka sudah biasa dikirim ke daerah berbahaya dan menjalani misi-misi yang mengancam keselamatan diri sendiri.

Kali ini, Clay dan teman-temannya dikirim ke sebuah hutan belantara. Namun, ada seseorang di balik semua ini menginginkan misi tersebut menjadi misi terakhir Clay cs. Seseorang yang diketahui bernama Max (Jason Patric) lah yang merencanakan semua hal ini dan menginginkan kematian mereka.

Merasa dikhianti, Clay cs. merencanakan sebuah pembalasan dendam. Siapa sangka jika cara balas dendam tersebut justru datang dari seorang wanita misterius?

14. Birds of Prey

Birds of Prey

* sumber: id.fanpop.com

  • Tahun Rilis: 2020
  • Genre: Action, Adventure, Crime
  • Sutradara: Cathy Yan
  • Pemeran: Margot Robbie, Rosie Perez, Mary Elizabeth Winstead
  • Perusahaan Produksi: DC Films, LuckyChap Entertainment, Kroll & Co. Entertainment, Clubhouse Pictures

Pasca patah hati karena putus cinta dengan Joker, Harley Quinn (Margot Robbie) berniat untuk move on dan membuktikan bahwa dirinya tak kalah kuat meskipun lepas dari bayang-bayang sang mantan.Uniknya, dalam film Quinn justru menjadi tokoh protagonis.

Quinn bergabung dengan beberapa wanita kuat lainnya, Black Canary (Jurnee Smollett-Bell), Huntress (Mary Elizabeth Winstead) dan Renee Montoya (Rosie Perez). Mereka menyelamatkan seorang gadis muda bernama Cassandra Cain (Ella Jay Basco) yang diburu oleh seorang penjahat kelas kakap bernama Black Mask (Ewan McGregor).

15. Suicide Squad

Suicide Squad

* sumber: www.theverge.com

  • Tahun Rilis: 2016
  • Genre: Action, Adventure, Fantasy
  • Sutradara: David Ayer
  • Pemeran: Will Smith, Jared Leto, Margot Robbie
  • Perusahaan Produksi: Atlas Entertainment, DC Comics, DC Entertainment

Meskipun banyak yang mengkritik film Suicide Squad, nyatanya film yang juga diadaptasi dari komik DC ini berhasil menjadi box office dengan perolehan hingga 746,8 juta dollar dari biaya produksinya yang hanya 175 juta dollar. Di samping itu, film yang disutradarai oleh David Ayer ini memenangkan piala Oscar untuk nominasi Best Makeup and Hairstyling.

Sinopsis Suicide Squad bermula dari ide perwira intelijen untuk membentuk sebuah tim beranggotakan penjahat super yang masih berada dalam tahanan. Kelompok ini beranggotakan Deadshoot (Will Smith), Harley Quinn (Margot Robbie), Killer Croc (Adewale Akinnuoye-Agbaje), Captain Boomerang (Jai Courtney), Enchantress (Cara Delevingne), Katana (Karen Fukuhara), El Diablo (Jay Hernandez) dan Slipknot (Adam Beach).

Tim ini bertugas untuk menyelamatkan dunia dari berbagai kejahatan dengan imbalan masa tahanan para penjahat yang menjadi anggota tim ini akan dikurangi. Sementara itu, di satu sisi Joker (Jared Leto) juga membentuk rencana jahatnya sendiri.

Sempat jatuh-bangun dalam kualitas dan finansial, film-film DC Comics saat ini seperti menemukan momentumnya dengan membuat DC Extended Universe yang bersaing dengan Marvel Cinematic Universe lewat hadirnya Superman, Batman dan Wonder Woman, serta akan hadirnya The Flash, Aquaman dan masih banyak lagi.

Karakter Superhero DC Comics cenderung lebih kelam dan bernuansa kemuraman, berbanding terbalik dengan karakter superhero Marvel yang warna-warni dan memiliki selera humor yang baik. Tetapi disitulah letak kekhasan DC Comics yang harus tetap dipertahankan oleh Christopher Nolan dan timnya sampai akhir kontrak mereka kelak.

Ada satu fakta menarik antara DC Comics dan Ben Affleck. Ketika muncul rumor reboot Superman, Ben Affleck didengungkan akan menjadi Superman baru. Ternyata gagal dan filmnya sendiri tidak jadi diproduksi.

Kemudian Ben Affleck berperan sebagai George Reeves yang memerankan Superman dalam Hollywoodland [2006]. Dan pada akhirnya dia didapuk sebagai Batman baru dalam rangkaian kisah DC Extended Universe ini.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *