Bacaterus / Film Musikal / 10 Film Dance Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

10 Film Dance Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Ditonton

Ditulis oleh - Diperbaharui 29 Mei 2020

Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on pinterest
Share on linkedin
Share on whatsapp

Dance atau tarian (dansa) adalah sebuah seni dalam menggerakkan tubuh yang normalnya diiringi dan disesuaikan dengan musik. Dance ini banyak sekali cabangnya dan biasanya tergantung dari daerah darimana dance itu berasal dan juga berbentuk tradisional atau kontemporer.

Samba dari Brasil dan Tango dari Argentina adalah beberapa dance yang terkenal. Juga dari Amerika seperti Foxtrot dan berbagai macam bentuk dan gaya lainnya sesuai dengan musik yang digunakan.

Dalam film, dance sering dijadikan tema dan cerita utama. Mayoritas bercerita tentang proses menyukai sebuah jenis dance, kemudian berlatih, mengikuti kompetisi dan memenangkannya.Hollywood dalam kurun waktu 10 tahun terakhir sudah banyak merilis film-film dengan tema dance atau memiliki karakter seorang dancer.

Trend ini hadir kembali setelah dahulu di era disco akhir 1970an dan awal 1980an banyak juga film-film bertema dance. Untuk itu kali ini bacaterus.com akan mengulas 10 film dance terbaik sepanjang masa yang wajib untuk Anda tonton.

10 Film Dance Terbaik Sepanjang Masa

1. Saturday Night Fever [1977]

Saturday Night Fever [1977]

Film ini mengangkat karir John Travolta di perfilman Hollywood juga karir Bee Gees di dunia musik yang hadir membawakan musik bergenre disco yang kemudian menjadi trend di seluruh dunia. Koreografi yang ditampilkan oleh John Travolta dan artis lainnya di tata dengan baik dan menjadi acuan untuk generasi disco di akhir 1970an hingga awal 1980an.

Soundtrack film yang mayoritas diisi oleh lagu-lagu dari Bee Gees menjadi hits dan 6 diantaranya berhasil menjadi jawara Billboard Hot 100 dari 1977-1978. Tercatat sebagai salah satu film yang sudah diarsipkan di National Film Registry, Saturday Night Fever adalah film dance terpopuler hingga saat ini.

2. The Turning Point [1977]

The Turning Point

Film ini bercerita tentang kisah cinta di dunia ballet di kota New York. Dibintangi oleh artis terkenal di masa itu, yaitu Shirley MacLaine dan Anne Bancroft, film ini juga pertama kalinya memperkenalkan dancer terkenal asal Russia yaitu Mikhail Baryshnikov.

Performa dance Baryshnikov dan Leslie Browne banyak di puji karena kekompakan dan chemistry yang baik sehingga tampil prima di mata penonton.

3. All That Jazz [1979]

all that jazz

Film musical dengan penampilan dance yang baik dan musik disco yang saat itu berada di puncak kejayaannya. Film ini diangkat dari kisah perjalanan karir sutradara Bob Fosse ditambah dengan sedikit fantasy dan imajinasi sebagai bumbu-bumbu cerita.

Lagu “Bye Bye Love” milik The Everly Brothers ditampilkan dengan irama disco dan sedikit lirik yang diubah untuk mengiringi dance performance dari karakter yang diperankan oleh Roy Scheider. Film ini meraih penghargaan Palme d’Or di Cannes Film Festival 1980. Meski tidak populer, tetapi All That Jazz dianggap sebagai film dance terbaik hingga saat ini.

4. Fame [1980]

fame

Film ini menceritakan pergulatan beberapa remaja di sebuah institut seni untuk belajar dan menampilkan karya seni terbaik sesuai jurusan masing-masing. Kesuksesan film ini kemudian melahirkan serial televisi, film spin-off dan drama panggung yang masih dipentaskan sejak 1988. Lagu “Fame” yang dinyanyikan oleh salah satu aktrisnya, Irene Cara, berhasil meraih Academy Award di kategori Best Original Song.

5. Flashdance [1983]

Flashdance [1983]

Film yang disutradarai oleh Adrian Lyne dan dibintangi oleh Jennifer Beals ini pada awalnya banyak dicerca kritikus film. Tetapi setelah meraih box-office dan soundtrack-nya menjadi no.1, Berkat lagu “What a Feeling” dari Irene Cara, kemudian film ini lambat laun menjadi film berstatus cult classics. Performa Jennifer Beals sendiri sangat baik dan total dan sering dianggap sebagai Rocky versi dance.

6. Footloose [1984]

https://www.youtube.com/watch?v=6nSXtZPKms4

Film yang memiliki cerita sedikit absurd dimana kegiatan dance tidak diperkenankan di sebuah kota, ternyata berdasarkan kisah nyata yang terjadi di Elmore City, Oklahoma. Dibintangi oleh Kevin Bacon, film ini kemudian sukses dan terangkat berkat soundtrack yang mengiringinya. Film ini kemudian di remake pada tahun 2011 dengan aktris Julianne Hough sebagai bintangnya.

7. Dirty Dancing [1987]

Dirty Dancing [1987]

Keinginan yang kuat akan mengalahkan semua rintangan seberat apapun. Kira-kira itulah pesan yang ditampilkan oleh film yang melambungkan nama Patrick Swayze dan Jennifer Grey ini. Paradigma orang tua yang tidak setuju akan pilihan putrinya untuk belajar dansa berubah setelah melihat penampilan putrinya berdansa dengan sangat baik di atas panggung.

Lagu “(I’ve Had) The Time of My Life” yang menjadi soundtrack film ini berhasil merajai Billboard Hot 100 dan meraih Academy Award dan Golden Globe di kategori Best Original Song serta Grammy Award sebagai Best Duet Song.

Adegan final dance-nya menjadi salah satu moment terbaik di dunia perfilman Hollywood. Sejak tahun 2010, setiap tahunnya diadakan Dirty Dancing Festival di Lake Lure, North Carolina, untuk memperingati kesuksesan film ini.

8. Chicago [2002]

film dance terbaik chicago

Film musical yang dibintangi oleh 3 artis papan atas saat itu, Richard Gere, Chaterine Zeta-Jones dan Renee Zellweger, meruntuhkan semua keraguan tentang film musical yang berkualitas di era millennium.

Ceritanya diadaptasi dari drama panggung Broadway yang mengambil setting di era 1920an. Performa dance ketiga artis ini sangat apik dan memiliki sinergi yang baik. Maka tidak heran jika film dance terbaik ini berhasil meraih Best Picture di Academy Awards 2003.

9. Step Up [2006]

Step Up [2006]

Film yang di kemudian hari terus-menerus melahirkan sequel demi sequel ini diperankan oleh Channing Tatum dan Jenna Dewan yang akhirnya menjadi pasangan suami-istri karena film ini. Penampilan mereka penuh chemistry dan serasi dalam setiap gerakan dance kontemporer yang ditampilkan.

Film ini kemudian menjadi franchise dengan dirilisnya Step Up 2: The Streets [2008], Step Up 3D [2010], Step Up Revolution [2012] dan Step Up: All In [2014] dengan menghadirkan pasangan yang berbeda di setiap filmnya.

Meskipun begitu, film ini tetap memiliki benang merah cerita pada karakter Moose yang diperankan Adam Sevani. Franchise ini banyak menampilkan koreografi dahsyat dan spektakuler dari para dancer terbaik yang dipilih dari seluruh dunia.

10. Magic Mike [2012]

Magic Mike [2012]

Film yang mengangkat pengalaman pribadi Channing Tatum sebagai stripper sebelum terkenal sebagai aktor ini disutradarai oleh Steven Soderbergh. Meski terkesan erotis, tetapi film ini sangat menghibur dan memiliki drama yang baik.

Koreografi dance-nya sendiri cenderung biasa tetapi mampu menyihir mata penonton, terutama bagi wanita tentunya. Di tahun 2015, sequel film ini dengan judul Magic Mike XXL dirilis dan menjanjikan tampilan dance yang lebih baik dari sebelumnya.

Nah, itulah 10 film dance terbaik sepanjang masa versi Bacaterus. Kira-kira Anda ingin menonton film yang mana? Atau Anda memiliki rekomendasi film dansa lainnya? Silahkan tuliskan di kolom komentar ya.

Topik Terkait:

Artikel Terkait

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *